Apakah contoh limbah keras organik?

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Limbah keras. Foto: Pixabay

Limbah merupakan sisa sampah produksi yang dihasilkan industri atau rumah tangga. Masyarakat pada umumnya menghasilkan buangan berupa limbah dalam kegiatan sehari-hari. Salah satu jenis limbah adalah limbah keras yang memiliki bentuk keras, padat, tidak mudah berubah bentuk, dan tidak mudah diurai.

ADVERTISEMENT

Berdasarkan sifatnya, limbah keras dibedakan menjadi dua, yaitu limbah keras organik dan anorganik. Limbah keras organik adalah limbah keras yang berasal dari alam. Contohnya yaitu sisik ikan, tulang hewan, cangkang kerang laut, tempurung kelapa, dan sebagainya.

Sedangkan limbah keras anorganik adalah limbah yang berasal dari bahan kimia tidak terbaharui dan berpotensi menjadi polutan. Contoh dari limbah ini adalah plastik, pecahan keramik dan kaca, botol kaleng, dan lain-lain.

Apapun bentuknya, limbah harus diolah dan dikelola agar tidak menimbulkan masalah baru bagi masyarakat. Perwujudan limbah keras yang sulit untuk dikelola harus dimaksimalkan sebisa mungkin untuk mengurangi tumpukan sampah. Oleh karenanya, dibutuhkan tangan kreatif untuk dapat merubah limbah keras menjadi barang yang bisa dimanfaatkan.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Botol salah satu bentuk limbah keras yang tidak dapat diurai. Foto: Pixabay

Pemanfaatan Limbah Keras Untuk Kerajinan

Bagi para pecinta seni, limbah keras dapat dijadikan sebuah barang kerajinan yang memiliki nilai guna. Proses pengolahannya dibutuhkan ketelitian dan kesabaran sehingga menghasilkan barang baru di masyarakat.

ADVERTISEMENT

Prinsip kerajinan bahan limbah keras harus menerapkan sistem upaya 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Proses ini diperlukan untuk meminimalisir sampah yang dihasilkan dalam proses produksi kerajinan.

Limbah keras yang dapat didaur ulang antara lain cangkang kerang, sisik ikan, tempurung kelapa, botol plastik, dan sebagainya. Jika dinilai tidak layak pakai, maka limbah dapat dibakar. Jika dinilai masih memiliki nilai guna, maka akan dibentuk dan dibuat kerajinan yang akan menjadi nilai ekonomis di masyarakat.

Contoh kerajinan yang dihasilkan dari bahan limbah keras yaitu:

  1. Vas bunga dari bambu atau kayu

  2. Pigura dari stik eskrim

  3. Ornamen hias dari batu alam

  4. Kerajinan cangkang kerang

  5. Kerajinan dari sisik dan tulang ikan

  6. Mangkok dari tempurung kelapa

  7. Tas dari plastik atau karung

  8. Ornamen dari pecahan kaca

ADVERTISEMENT

(HDP)

Video

Advertising