Apakah Imam Syafi i menghalalkan musik?

Fotodakwah.com -

๐Ÿ“#PosterAFN

.

Fatwa Ulama Syafiโ€™iyah Tentang Musik

Memang benar sebagian ulama Syafiโ€™iyah membolehkan al ghinaโ€™ dan maโ€™azif. Syamsyuddin Asy Syarbini mengatakan:

ุงู„ู’ู…ูŽุนูŽุงุฒููู ุขู„ูŽุงุชู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู’ูˆูุŒ ูˆูŽู…ูู†ู’ ุงู„ู’ู…ูŽุนูŽุงุฒููู ุงู„ุฑู‘ูŽุจูŽุงุจู ูˆูŽุงู„ู’ุฌูู†ู’ูƒู [ู„ูŽุง] ุงุณู’ุชูุนู’ู…ูŽุงู„ู [ูŠูŽุฑูŽุงุนู] ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุงู„ุดู‘ูŽุจู‘ูŽุงุจูŽุฉูุŒ ุณูู…ู‘ููŠูŽุชู’ ุจูุฐูŽู„ููƒูŽ ู„ูุฎูู„ููˆู‘ู ุฌูŽูˆู’ููู‡ูŽุงุŒ ููŽู„ูŽุง ุชูŽุญู’ุฑูู…ู [ูููŠ ุงู„ู’ุฃูŽุตูŽุญู‘ู] ุ› ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูู†ูŽุดู‘ูุทู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ูŽูŠู’ุฑู ูููŠ ุงู„ุณู‘ูŽููŽุฑู [ู‚ูู„ู’ุช: ุงู„ู’ุฃูŽุตูŽุญู‘ู ุชูŽุญู’ุฑููŠู…ูู‡ูุŒ ูˆูŽุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ู] ูƒูŽู…ูŽุง ุตูŽุญู‘ูŽุญูŽู‡ู ุงู„ู’ุจูŽุบูŽูˆููŠู‘ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู…ูู‚ู’ุชูŽุถูŽู‰ ูƒูŽู„ูŽุงู…ู ุงู„ู’ุฌูู…ู’ู‡ููˆุฑู ูˆูŽุชูŽุฑู’ุฌููŠุญู ุงู„ู’ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ุชูŽุจูุนูŽ ูููŠู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽุงููุนููŠู‘ู ุงู„ู’ุบูŽุฒูŽุงู„ููŠู‘ูŽ

โ€œAl Maโ€™azif adalah alat musik. Contohnya adalah ribab, hunuk, syababah [klarinet], dinamakan demikian karena bolong bagian dalamnya. Hukumnya tidak haram karena ia bisa membuat semangat ketika perjalanan dalam safar. [An Nawawi mengatakan: yang sahih hukumnya haram, wallahu aโ€™lam] sebagaimana juga dipilih oleh Al Baghawi dan ini juga merupakan pendapat jumhur [ulama Syafiโ€™i]. Namun yang tepat adalah pendapat pertama, dan ini juga dipilih oleh Ar Rafiโ€™i dan Al Ghazaliโ€.ย 

.

Adapun Abu Hamid Al Ghazzali, beliau mengharamkan maโ€™azif [alat musik] kecuali rebana. Beliau mengatakan:

ุงู„ู…ุนุงุฒู ูˆุงู„ุฃูˆุชุงุฑ ุญุฑูŽุงู… ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุชุดูˆู‚ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุดู‘ุฑู’ุจ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุดุนุงุฑ ุงู„ุดู‘ุฑู’ุจ ููŽุญุฑู… ุงู„ุชู‘ูŽุดูŽุจู‘ูู‡ ุจู‡ู… ูˆูŽุฃู…ุง ุงู„ุฏู‘ูู ุฅูู† ู„ู… ูŠูƒู† ูููŠู‡ู ุฌู„ุงุฌู„ ููŽู‡ููˆูŽ ุญูŽู„ูŽุงู„ ุถุฑุจ ูููŠ ุจูŽูŠุช ุฑูŽุณููˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณู„ู…

โ€œAl maโ€™azif dan sitar hukumnya haram, karena mereka membuat seseorang ingin minum khamr dan ia merupakan syiar para peminum khamr. Maka diharamkan menyerupai mereka. Adapun duff [rebana] jika tidak memiliki jalajil, maka halal hukumnya. Pernah dimainkan di rumah Rasulullah Shallallahuโ€™alaihi Wasallamโ€.

.

Namun sebagaimana dikatakan Asy Syarbini, jumhur ulama Syafiโ€™iyyah mengharamkan musik. Dan inilah pendapat muโ€™tamad mazhab Syafiโ€™i. Bahkan celaan terhadap musik datang dengan tegas dari Al Imam Asy Syafiโ€™i sendiri. Beliau mengatakan:

ุชูŽุฑูŽูƒู’ุชู ูููŠ ุงู„ู’ุนูุฑูŽุงู‚ู ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ูŠูู‚ูŽุงู„ู ู„ูŽู‡ู : ุงู„ุชู‘ูŽุบู’ุจููŠุฑู ุฃูŽุญู’ุฏูŽุซูŽู‡ู ุงู„ุฒู‘ูŽู†ูŽุงุฏูู‚ูŽุฉู ุŒ ูŠูŽุตูุฏู‘ููˆู†ูŽ ุจูู‡ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูŽ ุนูŽู†ู ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู

โ€œDi Irak aku meninggalkan sesuatu yang disebut taghbir, ini merupakan buatan orang-orang zindiq yang membuat orang-orang berpaling dari Al Qurโ€™anโ€.

.ย 

Al Jauhari dalam Tajul โ€˜Arus menjelaskan makna taghbir:

ุงู„ุชุบุจูŠุฑ: ุชู‡ู„ูŠู„ ุฃูˆ ุชุฑุฏูŠุฏ ุตูˆุช ูŠูุฑูŽุฏูŽู‘ุฏู ุจู‚ุฑุงุกุฉ ูˆุบูŠุฑู‡ุง.. ูˆุงู„ู…ุฑุงุฏ ุจู‡ ู…ุง ู‚ุงู„ ุงู„ู„ูŠุซ: ู…ุง ู†ุตู‡: ูˆู‚ุฏ ุณู…ูˆุง ู…ุง ูŠุทุฑุจูˆู† ู…ู† ุงู„ุดุนุฑ ููŠ ุฐูƒุฑ ุงู„ู„ู‡ ุชุบุจูŠุฑุงู‹ ูƒุฃู†ู‡ู… ุฅุฐุง ุชู†ุงุดุฏูˆู‡ ุจุงู„ุฃู„ุญุงู† ุทุฑุจูˆุง ูุฑู‚ุตูˆุง ูˆุฃุฑู‡ุฌูˆุง

โ€œAt Taghbir adalah mengiramakan dan mendayu-dayukan suara serta mengulang-ulang suatu bacaan atau semacamnya. Sebagaimana yang disebutkan Al Laits: mereka menamai perbuatan menyanyikan syair dengan alat musik tharab sebagai taghbir. Mereka menyanyikannya dengan lahn-lahn [irama-irama], mereka memainkan tharab, berjoget dan bergembiraโ€

.ย 

Imam Asy Syafiโ€™i juga mengatakan:

ุงู„ุบู†ุงุก ู„ู‡ูˆ ู…ูƒุฑูˆู‡ ูŠุดุจู‡ ุงู„ุจุงุทู„ ูˆู…ู† ุงุณุชูƒุซุฑ ู…ูู†ู’ู‡ู ูู‡ูˆ ุณููŠู‡ ุชุฑุฏ ุดู‡ุงุฏุชู‡

โ€œAl ghinaโ€™ [nyanyian] merupakan perkara melalaikan yang dibenci, merupakan kebatilan. Barangsiapa memperbanyaknya maka dia seorang yang bodoh. Persaksiannya ditolakโ€.ย 

.ย 

Imam An Nawawi [wafat 676H], ulama besar madzhab Syafiโ€™i, beliau berkata,

ุงู„ู’ู‚ูุณู’ู…ู ุงู„ุซู‘ูŽุงู†ููŠ: ุฃูŽู†ู’ ูŠูุบูŽู†ู‘ููŠูŽ ุจูุจูŽุนู’ุถู ุขู„ูŽุงุชู ุงู„ู’ุบูู†ูŽุงุกู ู…ูู…ู‘ูŽุง ู‡ููˆูŽ ู…ูู†ู’ ุดูุนูŽุงุฑู ุดูŽุงุฑูุจููŠ ุงู„ู’ุฎูŽู…ู’ุฑู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู…ูุทู’ุฑูุจูŒ ูƒูŽุงู„ุทู‘ูู†ู’ุจููˆุฑู ูˆูŽุงู„ู’ุนููˆุฏู ูˆูŽุงู„ุตู‘ูŽู†ู’ุฌู ูˆูŽุณูŽุงุฆูุฑู ุงู„ู’ู…ูŽุนูŽุงุฒููู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽูˆู’ุชูŽุงุฑู ูŠูŽุญู’ุฑูู…ู ุงุณู’ุชูุนู’ู…ูŽุงู„ูู‡ู ูˆูŽุงุณู’ุชูู…ูŽุงุนูู‡ู

โ€œJenis kedua, bernyanyi dengan alat-alat musik. Ini merupakan syiar para peminum khamr. Yaitu alat musik yang dipukul seperti tunbur, banjo, simbal dan alat-alat musik yang lainnya dan juga alat musik dengan senar, semuanya diharamkan menggunakannya dan mendengarkannyaโ€.

.ย 

Sedangkan Ar Rafiโ€™i mengatakan:

ุงู„ู…ุฐุงู‡ุจ ุงู„ุฃุฑุจุนุฉ ุนู„ู‰ ุจุทู„ุงู† ุจูŠุน ุฃู„ุงุช ุงู„ู„ู‡ูˆ ู…ุทู„ู‚ุง ูƒุงู„ู…ุฒู…ุงุฑ ูˆ ุงู„ุทู†ุจูˆุฑ ูˆ ุบูŠุฑู‡ุง

โ€œMadzhab yang empat berpendapat batalnya jual-beli alat musik secara mutlak seperti seruling, thanbur [mandolin], dan semisalnyaโ€ย 

.ย 

Kemudian Al Juwaini, Imamul Haramain, beliau mengatakan:

ุงู„ูุตู„ ูŠุดุชู…ู„ ุนู„ู‰ ู…ุง ูŠุชุนู„ู‚ ุงู„ุณู…ุงุน ุจู‡ ู…ู† ุถุฑูˆุจ ุงู„ุบู†ุงุก. ูˆุงู„ุจุฏุงูŠุฉ ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ูู† ุจุชุญุฑูŠู… ุงู„ู…ุนุงุฒู ูˆุงู„ุฃูˆุชุงุฑุŒ ูˆูƒู„ู‡ุง ุญุฑุงู…ุŒ ูˆู‡ูŠ ุฐุฑุงุฆุน ุฅู„ู‰ ูƒุจุงุฆุฑ ุงู„ุฐู†ูˆุจ

โ€œPasal yang mencakup seluruh nyanyian yang menggunakan alat musik pukul. Sebelumnya, dalam masalah ini telah diharamkan maโ€™azif [alat musik] dan gitar, semuanya haram. Karena menjadi wasilah yang mengantarkan kepada dosa-dosa besarโ€.ย 

.

Ibnu Hajar Al Haitami [wafat 973H], beliau berkata:

ุงู„ูƒุจูŠุฑุฉ ุงู„ุณุงุฏุณุฉ ูˆุงู„ุณุงุจุนุฉ ูˆุงู„ุซุงู…ู†ุฉ ูˆุงู„ุชุงุณุนุฉ ูˆุงู„ุฃุฑุจุนูˆู†ุŒ ูˆุงู„ุฎู…ุณูˆู† ูˆุงู„ุญุงุฏูŠุฉ ูˆุงู„ุฎู…ุณูˆู† ุจุนุฏ ุงู„ุฃุฑุจุนู…ุงุฆุฉ: ุถุฑุจ ูˆุชุฑ ูˆุงุณุชู…ุงุนู‡ุŒ ูˆุฒู…ุฑ ุจู…ุฒู…ุงุฑ ูˆุงุณุชู…ุงุนู‡ ูˆุถุฑุจ ุจูƒูˆุจุฉ ูˆุงุณุชู…ุงุนู‡

โ€œDosa besar yang ke 446, 447, 448, 449, 450, 451 adalah memainkan nada-nada, mendengarkannya, meniup seruling, mendengarkannya, menabuh gendang, dan mendengarkannya โ€.

.

Beliau juga mengatakan:

ูŠุญุฑู… ุณู…ุงุน ุงู„ุบู†ุงุก ู…ู† ุฃุฌู†ุจูŠุฉ ุญุฑุฉ ูƒุงู†ุช ุฃูˆ ุฃู…ุฉ ูˆู„ูˆ ู…ู† ูˆุฑุงุก ุญุฌุงุจ

โ€œDiharamkan mendengarkan al ghinaโ€™ [nyanyian] dari wanita ajnabiyah, baik yang merdeka atau pun budak. Walaupun dari balik hijabโ€.

.

Ibnu Shalah [wafat 643H], ulama besar di bidang hadis, beliau berkata,

ูˆูŽุฃู…ุง ุงุจุงุญุฉ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ุณู…ุงุน ูˆุชุญู„ูŠู„ู‡ ููŽู„ูŠุนู„ู… ุฃูŽู† ุงู„ุฏู‘ูู ูˆุงู„ุดุจุงุจุฉ ูˆุงู„ุบู†ุงุก ุฅูุฐุง ุงุฌู’ุชู…ุนุช ูุงุณุชู…ุงุน ุฐูŽู„ููƒ ุญุฑูŽุงู… ุนูู†ู’ุฏ ุฃูŽุฆูู…ู‘ูŽุฉ ุงู„ู’ู…ุฐูŽุงู‡ุจ ูˆูŽุบูŽูŠุฑู‡ู… ู…ู† ุนูู„ูŽู…ูŽุงุก ุงู„ู’ู…ูุณู„ู…ูŠู† ูˆูŽู„ู… ูŠุซุจุช ุนูŽู† ุฃุญุฏ ู…ูู…ู‘ูŽู† ูŠุนู’ุชุฏ ุจู‚ูˆู„ู‡ ูููŠ ุงู„ู’ุฅูุฌู’ู…ูŽุงุน ูˆุงู„ุงุฎู„ุงู ุฃูŽู†ู‡ ุฃูŽุจูŽุงุญูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ุณู…ุงุน

โ€œMengenai adanya anggapan bahwa nyanyian untuk mubah dan halal maka ketahuilah bahwa rebana, gitar dan nyanyian jika bercampur menjadi satu maka hukum mendengarkannya adalah haram menurut para imam mazhab dan seluruh ulama umat Islam selain mereka. Tidaklah benar ada ulama, yang pendapatnya yang diakui dalam ijmaโ€™ dan khilaf, yang membolehkan nyanyian semisal iniโ€.ย 

.

Bahkan mengenai musik Islami, beliau pernah ditanya,

ู…ูŽุณู’ุฃูŽู„ูŽุฉ ุฃูŽู‚ูˆุงู… ูŠูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ ุฅูู† ุณูŽู…ุงุน ุงู„ู’ุบู†ุงุก ุจุงู„ุฏู ูˆุงู„ุดุจุงุจุฉ ุญูŽู„ูŽุงู„ ูˆูŽุฅูู† ุตุฏุฑ ุงู„ู’ุบู†ุงุก ูˆุงู„ุดุจุงุจุฉ ู…ู† ุฃูŽู…ู’ุฑูŽุฏ ุฏู„ู‚ ุญุณู† ุงู„ุตู‘ูŽูˆู’ุช ูƒูŽุงู†ูŽ ุฐูŽู„ููƒ ู†ูˆุฑ ุนู„ู‰ ู†ูˆุฑ ูˆูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ูŠุญุถุฑู‡ู… ุงู„ู†ู‘ูุณูŽุงุก ุงู„ุฃุฌู†ุจูŠุงุช ูŠุฎุงู„ุทูˆู†ู‡ู… ูููŠ ุจุนุถ ุงู„ู’ุฃูŽูˆู’ู‚ูŽุงุช ูˆูŠุดุงู‡ุฏูˆู†ู‡ู† ุจู‚ุฑุจู‡ู… ูููŠ ุจุนุถ ุงู„ู’ุฃูŽูˆู’ู‚ูŽุงุช ูˆูŽูููŠ ุจุนุถ ุงู„ู’ุฃูŽูˆู’ู‚ูŽุงุช ูŠุนุงู†ู‚ ุงู„ุฑู‘ูุฌูŽุงู„ ุจูŽุนุถู‡ู… ุจูŽุนู’ุถู‹ุง ูˆูŠุฌุชู…ุนูˆู† ู„ุณูŽู…ูŽุงุน ุงู„ู’ุบู†ุงุก ูˆูŽุถุฑุจ ุงู„ุฏู‘ูู ู…ู† ุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ุฑูŽุฏ ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ูŠูุบู†ูŠ ู„ูŽู‡ูู… ู…ุตูˆุจูŠู† ุฑุคูˆุณู‡ู… ู†ูŽุญู’ูˆ ูˆูŽุฌู‡ ุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ุฑูŽุฏ ู…ุชู‡ุงู„ูƒูŠู† ุนู„ู‰ ุงู„ู’ู…ูุบู†ููŠ ูˆุงู„ู…ุบู†ู‰ ุซู…ู‘ูŽ ูŠุชูุฑู‚ูˆู† ุนูŽู† ุงู„ุณู…ุงุน ุจุงู„ุฑู‚ุต ูˆุงู„ุชุตููŠู‚ ูˆูŠุนุชู‚ุฏูˆู† ุฃูŽู† ุฐูŽู„ููƒ ุญูŽู„ูŽุงู„ ูˆู‚ุฑุจุฉ ูŠุชูˆุตู„ูˆู† ุจู‡ูŽุง ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ูˆูŽูŠูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽู‡ ุฃูุถู„ ุงู„ู’ุนูุจูŽุงุฏูŽุงุช ููŽู‡ูŽู„ ุฐูŽู„ููƒ ุญุฑูŽุงู… ุฃู… ุญูŽู„ูŽุงู„ ูˆูŽู…ู† ุงุฏู‘ุนู‰ ุชูŽุญู’ู„ููŠู„ ุฐูŽู„ููƒ ู‡ูŽู„ ูŠุฒู’ุฌุฑ ุฃู… ู„ูŽุง ูˆูŽู‡ู„ ูŠุฌุจ ุนู„ู‰ ูˆู„ูŠ ุงู„ู’ุฃูŽู…ุฑ ุฃูŽู† ูŠู…ู†ุนู‡ูู… ู…ู† ุฐูŽู„ููƒ ููŽุฅูุฐุง ู„ู… ูŠู…ู†ุนู‡ูู… ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู‚ูŽุงุฏุฑ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูŠูŽุฃู’ุซูŽู… ุจุฐู„ูƒ ุฃู… ู„ูŽุง

โ€œMengenai sebagian kaum yang mengatakan bahwa mendengarkan lagu dengan duff [rebana] dan klarinet itu halal. Padahal lagu tersebut dibawakan oleh pemuda amrad [yang ganteng dan tidak berjenggot] yang bagus suaranya, mereka mengatakan itu cahaya di atas cahaya. Acara ini juga dihadiri wanita ajnabiyah [yang bukan mahram] yang bercampur-baur pada sebagian waktu. Dan terkadang para penonton pria melihat para wanita itu dengan sangat dekat. Bahkan terkadang mereka juga saling berpelukan satu sama lain. Mereka berkumpul untuk mendengarkan lantunan musik dari gendang yang dimainkan pemuda amrad. Dan orang yang yang menikmati nyanyian ini semua mengarahkan wajah mereka ke arah si amrad namun mereka berbeda-beda gerakan, ada yang berjoget ada yang bertepuk tangan. Mereka meyakini ini halal dan merupakan bentuk taqarrub kepada Allah Taโ€™ala. Mereka juga mengatakan ini adalah ibadah yang paling afdhal. Jadi sebenarnya ini halal atau kan haram? Dan orang yang menganggap halal ini apakah perlu diberi peringatan atau tidak? Dan apakah wajib bagi pemerintah untuk melarang mereka? Jika pemerintah tidak melarang padahal mereka mampu, apakah pemerintah berdosa?โ€

.

Berikut ini jawaban Ibnu Shalah,

ุฃุฌูŽุงุจ ุฑูŽุถููŠ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู†ู‡ู ู„ูŠุนู„ู… ุฃูŽู† ู‡ูŽุคูู„ูŽุงุกู ู…ู† ุฅุฎู’ูˆูŽุงู† ุฃู‡ู„ ุงู„ู’ุฅูุจูŽุงุญูŽุฉ ุงู„ู‘ูŽุฐูŠู† ู‡ู… ุฃูุณุฏ ูุฑู‚ ุงู„ุถู‘ูŽู„ูŽุงู„ูŽุฉ ูˆูŽู…ู† ุฃุฌู…ุน ุงู„ุญู…ู‚ู‰ ู„ุฃู†ูˆุงุน ุงู„ู’ุฌูŽู‡ูŽุงู„ูŽุฉ ูˆุงู„ุญู…ุงู‚ุฉ ู‡ู… ุงู„ุฑุงูุถูˆู† ุดุฑุงุฆุน ุงู„ู’ุฃูŽู†ู’ุจููŠูŽุงุก ุงู„ู‚ุงุฏุญูˆู† ูููŠ ุงู„ู’ุนู„ู… ูˆูŽุงู„ู’ุนูู„ูŽู…ูŽุงุก ู„ุจุณูˆุง ู…ู„ุงุจุณ ุงู„ุฒู‡ุงุฏ ูˆุฃุธู‡ุฑูˆุง ุชุฑูƒ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ูˆุงุณุชุฑุณู„ูˆุง ูููŠ ุงุชู‘ูุจูŽุงุน ุงู„ุดู‘ูŽู‡ูŽูˆูŽุงุช ูˆูŽุฃูŽุฌูŽุงุจููˆุง ุฏูˆุงุนูŠ ุงู„ู’ู‡ูˆู‰ ูˆุชุธุงู‡ุฑูˆุง ุจุงู„ู„ู‡ูˆ ูˆุงู„ู…ู„ุงู‡ูŠ ูุชุดุงุบู„ูˆุง ุจูู…ูŽุง ู„ู… ูŠูƒู† ุฅูู„ู‘ูŽุง ูููŠ ุฃู‡ู„ ุงู„ุจุทุงู„ุฉ ูˆุงู„ู…ุนุงุตูŠ ูˆูŽุฒูŽุนูŽู…ููˆุง ุฃูŽู† ุฐูŽู„ููƒ ูŠู‚ุฑุจู‡ูู…ู’ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ุฒู„ูู‰ ู…ู‚ุชุฏูˆู† ูููŠู‡ู ุจูู…ู† ุชู‚ุฏู…ู‡ู… ู…ู† ุฃู‡ู„ ุงู„ุฑุดุงุฏ ูˆูŽู„ูŽู‚ูŽุฏ ูƒุฐุจููˆุง ุนู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽู‡ู ูˆูŽุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ูˆุนูŽู„ู‰ ุนุจุงุฏู‡ ุงู„ู‘ูŽุฐูŠู† ุงุตู’ุทูู‰ ุฃุญุจูˆู„ุฉ ู†ุตุจูˆู‡ุง ู…ู† ุญุจุงุฆู„ ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุทูŽุงู† ุฎุฏุงุนุง ูˆุงุนุฌูˆุจุฉ

โ€œIbnu Shalah, semoga Allah meridhainya, menjawab bahwa ketahuilah mereka para ikhwan yang membolehkan perbuatan tersebut merupakan firqah sesat yang paling jelek dan pemilik kebodohan yang paling bodoh. Dan mereka adalah orang-orang yang menolak untuk mengikuti jalan para Nabi, mereka orang-orang yang suka mencela ilmu dan ulama. Mereka berpakaian dengan pakaian zuhud, menampakkan diri bahwa mereka meninggalkan perkara duniawi namun mereka pindah kepada mengikuti syahwat. Mereka pun menjawab panggilan hawa nafsu dan bersenang-senang dengan hiburan dan kesia-siaan. Mereka menyibukkan diri dengan apa yang biasa dilakukan ahlul batil dan pelaku maksiat. Dan mereka mengira itu merupakan bentuk mendekatkan diri kepada Allah Taโ€™ala sedekat-dekatnya, yang menurut mereka hal itu karena meneladani orang-orang terdahulu yang tertunjuki. Sungguh mereka ini telah berdusta atas nama Allah Subhaanahu wa Taโ€™ala dan atas nama hamba-hambanya yang terpilih. Karena telah masuk dalam perangkap-perangkap yang di buat karena tertipu dan terkagum-kagum kepadanyaโ€.

.

Zainuddin Abu Yahya Zakariya Al Anshari mengatakan:

[ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ูˆูŽุณูŽุงุฆูุฑู ุงู„ู’ู…ูŽุนูŽุงุฒููู] ู„ูุฎูŽุจูŽุฑู ุงู„ู’ุจูุฎูŽุงุฑููŠู‘ู ยซู„ูŽูŠูŽูƒููˆู†ูŽู†ู‘ูŽ ูููŠ ุฃูู…ู‘ูŽุชููŠ ุฃูŽู‚ู’ูˆูŽุงู…ูŒ ูŠูŽุณู’ุชูŽุญูู„ู‘ููˆู†ูŽ ุงู„ู’ุญูุฑู‘ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุฎูŽู…ู’ุฑูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽุฑููŠุฑูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูŽุนูŽุงุฒูููŽยป ูˆูŽู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุชูŽุฏู’ุนููˆ ุฅู„ูŽู‰ ุดูุฑู’ุจู ุงู„ู’ุฎูŽู…ู’ุฑู ู„ูŽุง ุณููŠู‘ูŽู…ูŽุง ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุฑูุจูŽ ุนูŽู‡ู’ุฏูู‡ู ุจูู‡ู ูˆูŽู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ุชู‘ูŽุดูŽุจู‘ูู‡ูŽ ุจูุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ู…ูŽุนูŽุงุตููŠ ุญูŽุฑูŽุงู…ูŒ

โ€œPerkataan An Nawawi [semua maโ€™azif] ini berdasarkan hadis riwayat Al Bukhari: โ€œAkan datang kaum dari umatku kelak yang menghalalkan zina, sutera, khamr, dan maโ€™azif [alat musik]โ€. Karena memainkan maโ€™azif akan membawa kepada minum khamr, lebih lagi bagi orang yang dekat dengan khamr. Juga karena memainkan maโ€™azif itu menyerupai ahli maksiat. Hukumnya haramโ€.ย 

.ย 

Demikianlah fatwa para ulama-ulama besar dalam mazhab Syafiโ€™i, bahwasanya memainkan al maโ€™azif [alat musik] itu haram, bahkan diharamkan bahkan tidak boleh memperjualbelikannya. Inilah pendapat yang benar yang bersesuaian dengan dalil-dalil yang ada. Sangat jelas bagi orang yang mau merenungkannya dan lapang dadanya untuk menerima kebenaran.

.ย 

Penulis: Yulian Purnama

Artikel: Muslim.or.id

โž–

๐Ÿ’ก Aktifkan Notifikasi Kiriman Akun Ini Untuk Update Postingan Terbaru

โž–

๐Ÿ“ƒ Follow & Join di Akun Official Kami :

.

๐Ÿ“ฑ Instagram : instagram.com/al.firqotun.najiyah

๐Ÿ’ป FP Facebook : facebook.com/alfirqotunnajiyahcom

๐ŸŒ Telegram : t.me/alfirqotunnajiyah

๐Ÿ–ฅ YouTube : youtube.com/c/alfirqotunnajiyah

๐Ÿ“บ Twitter : twitter.com/alfirqotunnjyh

๐ŸŒ Website : www.alfirqotunnajiyah.com

โž–

๐Ÿ“ฃSilahkan Tag dan Share, Semoga bermanfaat!

โž–

#alfirqotunnajiyah

#alfirqotunnajiyahcom #joinwithafn #supportafn #pakeafnaja #donasi #mediasunnah #kajiansunnah #sunnah #manhajsalaf #tauhid #dakwahtauhid #belajarIslam #kajiansunnah #dakwahsunnah #ustadz #instagram #poster #islam #pemudahijrah #hijrah #keluarga #salaf #surabaya #bidah #tanggungjawabbersama

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Apakah Imam Syafi i mengharamkan musik?

Demikianlah fatwa para ulama-ulama besar dalam mazhab Syafi'i, bahwasanya memainkan al ma'azif [alat musik] itu haram, bahkan diharamkan bahkan tidak boleh memperjualbelikannya.

Bagaimana hukum musik Menurut Imam Syafi i?

Adapun Imam Syafi'i rahimahullah, maka para sahabat-sahabatnya yang mengenal madzhabnya secara terang-terangnya menegaskan akan keharaman alat-alat musik tersebut.

Siapa ulama yang menghalalkan musik?

Ada yang tetap mengharamkan namun ada juga yang menghalalkannya. Para sahabat Nabi SAW seperti Abdullah bin Ja'far, Abdullah bin Zubair, Al-Mughirah bin Syu'bah, Usamah bin Zaid, Imran bin Hushain, Muawiyah bin Abi Sufyan, Atha bin Abi Ribah, Abu Bakar Al-Khallal tetap menghalalkan musik dan juga lagu.

Apakah 4 imam madzhab mengharamkan musik?

Wahbah Az-Zuhaili dalam kitab al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu [III: 564], menjelaskan pendapat yang masyhur di kalangan empat Madzhab [Hanafi, Syafi'i, Ahmad, Malik], menggunakan alat musik hukumnya haram.

Bร i mแป›i nhแบฅt

Chแปง ฤแป