Apakah manfaat latihan keseimbangan untuk tubuh?

Merdeka.com - Banyak orang berolahraga dengan menargetkan kekuatan, kecepatan, daya tahan, atau fleksibilitas tubuh. Namun selain empat jenis latihan tersebut, ada satu latihan lagi yang sebenarnya penting namun sering diabaikan, yaitu latihan keseimbangan.

Sama seperti jenis latihan lainnya, latihan keseimbangan akan memberikan manfaat bagi tubuh Anda. Latihan keseimbangan akan membantu memperkuat otot inti dan meningkatkan stabilitas, serta membuat kaki Anda menjadi lebih ringan.

Pelatihan keseimbangan bermanfaat bagi siapa saja pada usia berapa pun. Para atlet membutuhkan latihan keseimbangan ini agar membuat mereka lebih kuat. Lansia dapat menjadikan latihan ini untuk mencegah cedera akibat jatuh. Dan bagi pecinta olahraga tahu bahwa latihan keseimbangan akan membantu meningkatkan latihan dan kehidupan mereka sehari-hari.

BACA JUGA:
Menjelang Lahiran, Ini Potret Bahagia Baby Shower Yuanita Christiani

Melatih keseimbangan bisa menjadi salah satu latihan yang berguna bagi tubuh. Dilansir dari laman active.com, berikut adalah cara melatih keseimbangan tubuh yang bisa dilakukan di rumah.

2 dari 4 halaman

One-Legged Balance

skimble.com

BACA JUGA:
3 Fakta Konser Memukau Simpay Panaratas, Musisi Sumedang yang Mengharumkan Indonesia

Cara melatih keseimbangan yang pertama adalah dengan latihan one-legged balance, atau keseimbangan dengan satu kaki. Caranya, Anda bisa menggunakan kursi yang stabil atau dinding sebagai sandaran selebar jangkauan lengan.

Kemudian angkat satu kaki dengan lutut menghadap ke depan atau ke samping. Tahan posisi dengan mata terbuka, lalu coba dengan mata tertutup. Ganti kaki dan ulangi selama empat repetisi pada setiap kaki.

womensrunning.com

BACA JUGA:
Potret Cantik Calon Istri Sahrul Gunawan, Lebih Muda 19 Tahun

Leg Swings

Cara melatih keseimbangan yang kedua adalah dengan leg swings, atau ayunan kaki. Caranya, berdiri dengan kaki kanan dan angkat kaki kiri tiga hingga enam inci dari lantai. Dengan lengan di sisi tubuh, ayunkan kaki kiri ke depan dan ke belakang, sentuh lantai untuk keseimbangan, sambil menjaga tubuh tetap tegak.

Sekarang, ulangi gerakannya, tetapi jangan biarkan kaki Anda menyentuh lantai. Kemudian variasikan gerakan dengan mengayunkan kaki kiri ke sisi kiri. Ganti kaki dan ulangi.

3 dari 4 halaman

One-Legged Clock With Arms

Cara melatih keseimbangan yang ketiga adalah dengan latihan one-legged clock with arms. Untuk melakukannya, angkat satu kaki dengan tubuh tegak lurus. Bayangkan Anda adalah sebuah jam, lalu arahkan lengan Anda lurus ke atas ke angka 12, lalu ke samping pada angka tiga, lalu melingkar rendah menuju angka sembilan tanpa kehilangan keseimbangan.

BACA JUGA:
Bukan Jimat, Ini Kunci Sukses Seleksi CPNS Menurut Wali Kota Bandung

homegymstrength.com

One-Legged Squat

Cara melatih keseimbangan yang keempat yaitu dengan gerakan one-legged squat, atau squat satu kaki. Untuk melakukannya, berdiri dengan kaki selebar pinggul. Arahkan kaki kiri Anda ke depan, dengan posisi yang hampir tidak menyentuh lantai.

Lalu dorong pinggul Anda ke belakang dan ke bawah ke posisi jongkok. Lutut kanan Anda harus ditekuk, dada tegak, dan lengan di depan. Perlahan dorong ke atas untuk kembali ke posisi awal dan ganti kaki.

4 dari 4 halaman

Single-Leg Dead Lift

24life.com

BACA JUGA:
Sempat Sakit Hati Dijuluki Babang Tamvan, Kini Andika Mahesa Mengaku Bersyukur

Cara melatih keseimbangan yang kelima adalah dengan single-leg dead lift. Caranya, seimbangkan tubuh dengan kaki kiri Anda, libatkan otot perut dan tekuk ke depan sambil tanah menjangkau ke tanah.

Pegang beban 5 hingga 10 pon dan angkat kaki kanan ke belakang Anda untuk penyeimbang. Kencangkan pantat saat Anda kembali ke posisi awal. Jaga agar lutut tetap rileks dan punggung tetap rata sepanjang gerakan. Lalu coba pada kaki lain.

Tree Pose

Cara melatih keseimbangan yang terakhir adalah dengan tree pose. Anda juga bisa menggunakan gerakan yoga untuk melatih keseimbangan. Untuk melakukannya, awali dengan berdiri tegak dan tangan terulur ke bawah.

BACA JUGA:
Pendaftaran SNMPTN Dibuka, Ini Hal Penting yang Wajib Kamu Ketahui

Lalu angkat kaki kanan perlahan, dan tempelkan telapaknya ke sisi betis atau paha sebelah kiri sembari menjaga keseimbangan tubuh. Kemudian angkat kedua lengan ke atas layaknya membuat cabang pohon atau tempelkan keduanya di depan dada Anda. Tahan posisi ini sekitar 30 detik, lalu ganti dengan kaki kiri.

(mdk/ank)