Apakah pengertian dari peluang usaha?

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Pengertian peluang usaha, ciri-ciri, dan sumbernya. Foto: Unsplash

Dalam membangun atau mulai merintis suatu bisnis, peluang usaha merupakan hal yang dibutuhkan untuk bisa mengembangkan bisnisnya tersebut.

ADVERTISEMENT

Meski demikian, peluang usaha termasuk kondisi yang relatif berisiko. Pasalnya, tidak ada yang bisa menebak apakah peluang usaha yang diambil akan membuat bisnis menjadi berkembang atau tidak.

Oleh karena itu, diperlukan ketelitian juga sebelum memutuskan mengambil peluang usaha tersebut. Tidak hanya itu, seorang pengusaha yang berani mengambil peluang usaha merupakan sosok yang bisa berpikir kreatif dan berani mengambil risiko.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang peluang usaha, simak ulasannya di bawah ini, yang dikutip dari berbagai sumber.

Pengertian Peluang Usaha

Mengutip Modul Peluang Usaha yang ditulis oleh Sri Ayu Ramadhani, peluang usaha merupakan kesempatan yang ada untuk bisa dimanfaatkan dalam memperoleh sebuah keuntungan bagi seorang pengusaha atau wirausaha.

Lebih lanjut, berikut beberapa pengertian peluang usaha yang dibeberkan oleh para ahli, yakni:

ADVERTISEMENT
  1. Arif F. Hadiparanata. Peluang usaha adalah sebuah risiko yang harus diambil dan dihadapi untuk mengelola dan mengatur segala urusan yang ada hubungannya dengan finansial.

  2. Thomas W. Zimmerer. Peluang usaha adalah sebuah terapan yang terdiri dari kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan melihat kesempatan yang dihadapi setiap hari.

Ciri-Ciri Peluang Usaha

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Ciri-ciri dari peluang usaha. Foto: Unsplash

Peluang usaha memang menjadi kesempatan yang baik bagi para pengusaha untuk mengembangkan usahanya. Namun, tidak semua peluang usaha bisa dimanfaatkan dengan baik.

Banyak peluang usaha yang justru tidak sesuai dengan kemampuan atau visi yang dijalani oleh pengusaha tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengetahui ciri-ciri dari peluang usaha.

Berikut ciri-ciri peluang usaha, seperti yang dikutip dari jurnal Produk Kreatif dan Kewirausahaan karya Ellya Fauzia, S.Sos M.Pd, dkk.

ADVERTISEMENT
  1. Peluang usaha itu orisinil dan tidak meniru.

  2. Peluang usaha itu harus dapat mengantisipasi perubahan persaingan dan kebutuhan pasar di masa mendatang.

  3. Peluang usaha sesuaikan dengan keinginan pengusaha agar bisa bertahan lama.

  4. Peluang usaha memiliki keyakinan untuk bisa mewujudkannya.

Semua usaha menginginkan keuntungan, tapi sebaik apa pun peluang usaha yang diberikan, tetap akan ada risiko yang mengikutinya. Perbedaannya, hanya pada besar atau kecil risiko yang akan didapatkannya.

Itu sebabnya, seorang pengusaha juga harus bisa memiliki wawasan luas dan ide yang kreatif agar bisa mengambil langkah-langkah yang tidak gegabah.

Sumber Peluang Usaha

Peluang usaha tidak bisa muncul begitu saja, itulah mengapa ada sumber peluang usaha. Berbagai sumber peluang usaha dapat diakses sebagai sarana untuk memulai usaha dan mengembangkannya, antara lain :

ADVERTISEMENT
  1. Diri sendiri. Sumber peluang usaha dari diri sendiri, misalnya ide kreatif yang didapatkan dari hobi, keterampilan, pengetahuan, dan lainnya.

  2. Lingkungan. Sumber peluang usaha dari lingkungan bisa saja berasal dari lingkungan pertemanan, keluarga, dan lain-lainnya yang bisa dimanfaatkan dengan baik.

  3. Konsumen. Sumber peluang usaha juga bisa berasal dari permintaan konsumen yang belum ada di pasaran, sehingga hal tersebut bisa menjadi peluang yang baik untuk menciptakan suatu produk.

(JA)

Apa contoh sumber usaha dari diri sendiri?
Sumber peluang usaha dari diri sendiri, misalnya ide kreatif yang didapatkan dari hobi, keterampilan, pengetahuan, dan lainnya.
Apa contoh sumber usaha dari lingkungan?
Sumber peluang usaha dari lingkungan bisa saja berasal dari lingkungan pertemanan, keluarga, dan lain-lainnya yang bisa dimanfaatkan dengan baik.
Apa contoh sumber usaha dari konsumen?
Sumber peluang usaha juga bisa berasal dari permintaan konsumen yang belum ada di pasaran, sehingga hal tersebut bisa menjadi peluang yang baik untuk menciptakan suatu produk.