Apakah pengertian dari perencanaan produksi?

DuniaPengertian.Com - Apa yang dikamsud denganPerencanaan Produksi...?Perencanaan produksi merupakan bagian dari perencanaan operasional di dalam perusahaan. Dalam penyusunan perencanaan produksi, hal yang perlu dipertimbangkan adalah adanya optimasi produksi sehingga akan dapat dicapai tingkat biaya yang paling rendah untuk pelaksanaan proses produksi tersebut. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian Perencanaan Produksi serta Jenis Perencanaan Produksi, Fungsi Dan Tujuan Perencanaan Produksi.

Baca Juga :Seputar Pengertian Produksi

Definisi Perencanaan Produksi

Menurut Agus Ahyari (2002;115), menyatakan bahwa : Perencanaan Produksi adalah perencanaan tentang produk apa dan berapa jumlah masing-masing yang segera akan diproduksi pada periode yang akan datang.

Menurut Fogarty, Blackstone dan Hoffman, (1991, h.42) Perencanaan produksi merupakan suatu perencanaan menggunakan informasi dari produk dan perencanaan penjualan untuk merencanakan laju rencana produksi serta tingkatan persediaan selama periode waktu dari sekelompok produk.

Menurut Nasution (1999), perencanaan produksi adalah suatu perencanaan taktis yang bertujuan untuk memberikan keputusan yang optimum berdasarkan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dalam memenuhi permintaan produk yang akan dihasilkan.

Baca Juga :Pengertian Penjualan Serta Jenis Dan Tujuannya

Sementara menurut Ginting (2007), perencanaan produksi merupakan pernyataan rencana produksi ke dalam bentuk agregat yang biasanya dijadikan sebagai pegangan untuk merancang jadwal induk produksi.

Menurut (Buffa & Sarin, 1996). Perencanaan produksi juga dapat didefinisikan sebagai proses untuk memproduksi barang-barang pada suatu periode tertentu sesuai dengan yang diramalkan atau dijadwalkan melalui pengorganisasian sumber daya seperti tenaga kerja, bahan baku, mesin dan peralatan lainnya. Perencanaan produksi menuntut penaksir atas permintaan produk atau jasa yang diharapkan akan disediakan perusahaan di masa yang akan datang. Dengan demikian, peramalan merupakan bagian integral dari perencanaan produksi.

Menurut (Biegel, et al., 2009). Perencanaan produksi merupakan pengorganisasian kebutuhan tenaga kerja, bahan-bahan baku, mesin dan peralatan lain serta modal yang diperlukan untuk memperoduksi sejumlah barang pada suatu periode tertentu di masa depan sesuai dengan kuantitas dan kualitas yang dikehendaki dengan keuntungan maksimum

Menurut Sukaria Simulingga (2013) perencanaan produksi meliputi:
  1. Mempersiapkan rencana produksi mulai dari tingkat agregat untuk seluruh pabrik yang meliputi perkiraan permintaan pasar dan proyeksi penjualan.
  2. Membuat jadwal penyelesaian setiap produkyang diproduksi.
  3. Merencanakan produksi dan pengadaan komponen yang dibutuhkan dari luar (bought-out items) dan bahan baku.
  4. Menjadwalkan proses operasi setiap orderpada stasiun kerja terkait.e.Menyampaikan jadwal penyelesaian setiap orderkepada para pemesan.

Jenis Perencanaan Produksi

1. Perencanaan Produksi Jangka Pendek (Perencanaan Operasional) adalah penentuan kegiatan produksi yang akan dilakukan dalam jangka waktu satu tahun mendatang atau kurang, dengan tujuan untuk mengatur penggunaan tenaga kerja, persediaan bahan dan fasilitas produksi yang dimiliki perusahaan pabrik. Oleh karenanyaperencanaan produksi jangka pendek berhubungan dengan pengaturan operasi produksimaka perencanaan ini disebut juga dengan perencanaan operasional.

2. Perencanaan Produksi Jangka Panjang adalah penentuan tingkat kegiatan produksi lebih daripada satu tahun. Biasanya sampai dengan lima tahun mendatang, dengan tujuan untuk mengatur pertambahan kapasitas peralatan atau mesin-mesin, ekspansi pabrik dan pengembangan produk (product development).

Fungsi Perencanan Produksi

  1. Menjamin rencana penjualan dan rencana produksi konsisten terhadapa rencana strategis perusahaan.
  2. Sebagai alat ukur performansi proses perencanaan produksi.
  3. Menjamin kemampuan produksi konsisten terhadap rencana produksi.
  4. Memonitor hasil produksi aktual terhadap rencana produksi dan membuat penyesuaian
  5. Mengatur persediaan produk jadi untuk mencapai targetproduksi dan rencana startegis.
  6. Mengarahkan penyusunan dan pelaksanaan jadwal induk Produksi.

Tujuan dari perencanan produksi

  1. Meramalkan permintaan produk yang dinyatakan dalam jumlah produk sebagai fungsi dari waktu.
  2. Menetapkan jumlah saat pemesanan bahan baku serta komponen secara ekonomis dan terpadu.
  3. Menetapkan keseimbangan antara tingkat kebutuhan produksi, teknik pemenuhan pesanan,serta memonitor tingkat persediaan produk jadi setiap saat.
  4. Membandingkannya dengan rencana persediaan dan melakukan revisi atas rencana produksi pada saat yang ditentukan.
  5. Membuat jadwal produksi, penugasan, pembebanan mesin dan tenaga kerja yang terperinci sesuai dengan ketersediaan kapasitas dan fluktuasi permintaan pada suatu periode.

Share :