Apakah Serum 24K Goldzan aman untuk remaja

Serum sering dianggap sebagai salah satu skincare yang hanya perlu kamu pakai ketika berusia 30 tahun ke atas. Kamu bisa menggunakannya ketika usia sudah beranjak dewasa, dan kulit sudah menampakkan masalah-masalahnya yang mengganggu penampilan, seperti kerutan dan flek hitam. Banyak orang belum menganjurkanmu untuk menggunakannya saat masih remaja atau baru menginjak usia 20-an. Namun, benarkah seperti itu, Bela?

Bagaimana jika kamu ingin menggunakan serum sebelum usia 30-an, apa itu dapat memberikan efek samping pada kulit? Kapan usia terbaik untuk menggunakan serum? Melansir dari Gritty Pretty, ini jawaban yang kamu cari.

Perlu diingat kalau nggak semua masalah kulit datang hanya pada saat kamu beranjak dewasa. Artinya, usia bukan menjadi satu-satunya indikasi atas kondisi kulitmu. Pola makan, rutinitas perawatan kulit, kondisi genetik, serta keadaan lingkungan sekitar memengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit. Jadi, kamu bisa mengalami kerutan atau bintik hitam sebelum memasuki usia 30 tahun. Lalu, bagaimana melawan atau mengatasinya? Dengan serum.

Seperti yang sudah disebutkan pada paragraf awal, serum sering dipasarkan atau diperkenalkan sebagai produk perawatan untuk kalangan usia 30 tahun ke atas. Ini memberi pengertian kalau seseorang yang berusia di bawah 30 belum dianjurkan atau belum cocok untuk menggunakannya. Faktanya, menambahkan serum wajah pada rutinitas kecantikanmu pagi dan malam hari, di usia 20-an, dapat memberikan perubahan besar, loh!

Kesalahpahaman paling umum tentang serum adalah produk tersebut nggak terlalu diperlukan dalam rutinitas kecantikan, serta berpotensi menyumbat pori-pori. Belum lagi konsistensi serum yang berlendir dan membuat wajah terasa lengket. Namun lagi-lagi, semua adalah kesalahpahaman yang perlu disingkirkan.

Serum merupakan produk dengan kandungan konsentrasi tinggi serta bahan aktif yang dapat bekerja efektif sampai ke dalam lapisan kulit. Nggak hanya itu, serum pun mengoptimalkan kinerja skincare lain yang kamu aplikasikan setelahnya. Jadi, masih yakin kalau produk ini nggak kamu perlukan dalam rutinitas kecantikanmu?

Serum umumnya memiliki konsistensi yang ringan, seperti cairan gel yang dingin. Konsistensi ini sangat sempurna, menjadikan serum dapat bekerja efektif pada masalah kulit yang ingin kamu atasi, seperti noda hitam, kulit yang sangat kering, atau iritasi. Kandungan bahan aktif dengan konsentrasi tinggi juga dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah munculnya masalah kulit lainnya.

Faktanya, serum dapat meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit. Namun perlu diingat kalau kamu perlu berhati-hati menggunakan serum jika berusia di bawah 20 tahun atau memiliki kulit yang sensitif. Banyak serum memiliki bahan aktif tinggi yang diformulasikan untuk meningkatkan metabolisme sel. Jadi, sangat mungkin sebagian serum dapat bekerja terlalu aktif untuk kulit yang lebih muda dan kulit yang cenderung breakout (kulit lebih mudah dan cenderung berjerawat sudah memiliki metabolisme aktif). Amannya, pilih serum yang aman dan dapat bekerja efektif.

Jadi, boleh nggak memakai serum sebelum berusia 30 tahun? Tentu boleh, Bela! Namun, selalu perhatikan kandungan serum yang akan kamu gunakan, kondisi kulit, serta masalah yang ingin diatasi. Beberapa serum bisa jadi terlalu aktif sehingga menimbulkan efek samping. Pilih serum yang aman dan sesuai dengan jenis serta masalah kulitmu.

Baca Juga: Jangan Bingung! Ini Pilihan Serum yang Cocok dengan Jenis Kulitmu

Saat memasuki usia remaja, kulit anak terkadang lebih rentan mengalami masalah seperti jerawat, komedo, minyak berlebih, sehingga menyebabkan wajah menjadi kusam. Namun Mama juga jangan khawatir, karena di usia ini tubuh anak sedang mengalami perubahan hormonal.

Namun masalah tersebut justru terkadang membuat anak menjadi tidak percaya diri. Untuk mengatasinya, remaja dapat menggunakan skincare seperti serum agar kulit lebih sehat dan mengurangi permasalahan kulitnya.

Masalah kulit yang dialami anak memang belum seperti masalah kulit orang dewasa, sehingga pilihlah produk serum dengan kandungan yang tidak menggunakan banyak bahan aktif, agar anak terhindar dari iritasi.

Nah untuk memilih serum yang tepat untuk masalah kulit remaja Mama, kali ini Popmama.com telah menyiapkan 7 rekomendasi serum yang aman digunakan anak remaja. Ada merek apa saja ya Ma? Yuk simak informasinya berikut ini!

Garnier Light Complete Vitamin C 30x Booster Serum

Blibli.com

Kandungan Vitamin C mungkin sudah tidak diragukan lagi bagi dunia kesehatan dan kecantikan. Dengan manfaatnya tersebut, Garnier mengeluarkan serum yang cocok digunakan oleh anak remaja yaitu Garnier Light Complete Vitamin C 30x Booster Serum.

Serum ini cocok bagi remaja yang memiliki masalah pada kulit kusam, noda hitam, dan bekas jerawat. Kandungan 30x Vitamin C diambil dari lemon Yuzu Jepang yang dapat mencerahkan kulit anak dan menghilangkan noda-noda di wajah.

Selain itu, Garnier Light Complete Vitamin C 30x Booster Serum ini memiliki tekstur yang ringan dan segar, sehingga mudah meresap. Harganya pun juga terjangkau yaitu sekitar Rp.80.000,- untuk kemasan 30ml.

ElsheSkin Sebum Reducer

Elshesupport.com

Serum selanjutnya yang aman untuk remaja adalah ElsheSkin Sebum Reducer. Serum ini cocok digunakan untuk remaja yang memiliki jenis kulit kombinasi, terutama yang memiliki minyak berlebih di area T-Zone.

Produk dari ElsheSkin ini memiliki formula yang aman dan efektif mengontrol minyak berlebih. Selain itu juga bisa mengatasi masalah pori-pori besar, komedo hitam, dan komedo putih tanpa membuat kulit jadi dehidrasi.

Untuk teksturnya, ElsheSkin Sebum Reducer ini memang lumayan kental namun tetap cepat meresap ke kulit. Jika digunakan teratur, kulit anak akan menjadi bebas minyak dan ternutrisi dengan baik. Serum ini bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp.118.000-an.

Everwhite Brightening Essence Serum

Shopee.co.id

Everwhite Brightening Essence Serum ini berfungsi sebagai serum dan juga essence yang mampu mencerahkan wajah, dan membuat kulit anak menjadi lebih sehat dengan noda-noda yang tersamarkan.

Selain itu, serum yang satu ini juga mampu membantu mengecilkan pori-pori, melembabkan kulit, dan membantu memperbaiki jaringan kulit. Sehingga Everwhite Brightening Essence Serum ini cocok untuk kulit remaja yang bermasalah dengan noda-noda bekas jerawat.

Produk ini juga memiliki kandungan Chroma Bright, Niacinamide, Hyaluronate, dan juga Vitamin C. Tak hanya cocok untuk anak remaja saja, tetapi produk ini juga bisa digunakan oleh ibu hamil serta ibu menyusui. Everwhite Brightening Essence Serum ini bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp.110.000an.

  1. 10 Cara Membuat Anak Memiliki Mental yang Kuat
  2. Jangan Disepelekan, 11 Penyebab Anak Sering Mengalami Pusing
  3. 10 Hal yang Harus Dihindari saat Anak Mengalami Panic Attack

Mineral Botanica Acne Care Serum

Mineralbotanica.com

Kulit berminyak memang paling mengganggu, karena bisa menyebabkan jerawat dan komedo. Maka untuk mengatasinya remaja bisa menggunakan Mineral Botanica Acne Care Serum jika bermasalah dengan kulit berminyak dan berjerawat.

Serum ini memiliki formula dengan bahan Anti-Acne, Adansonia Extract, Vitamin C, dan juga kolagen. Kandungan-kandungan tersebut bisa membantu remaja mengatasi permasalahan jerawat, sekaligus sebagai antioksidan yang melindungi kulitnya.

Kandungan kolagen dalam serum Mineral Botanica Acne Care Serum ini, juga bisa membantu untuk perbaiki elastisitas kulit. Teksturnya pun ringan sehingga mudah terserap kulit dan aman digunakan sehari-hari. Serum ini bisa dibeli dengan harga Rp.80.000an saja.

Pixy White Aqua Concentrated Brightening Serum

Blibli.com

Kemudian serum yang cocok untuk remaja adalah Pixy White Aqua Concentrated Brightening Serum. Serum ini memiliki formula berbahan dasar air dan diperkaya dengan Skin Bright Activator yang memiliki lebih banyak kandungan Brightening Agent.

Selain itu juga terdapat kandungan Intensive Hydra Active yang dapat membantu melembabkan kulit anak secara intensif. Tak hanya itu saja, serum Pixy White Aqua Concentrated Brightening Serum ini mengandung Vitamin C dan Vitamin E yang bermanfaat sebagai antioksidan.

Produk ini pun aman digunakan oleh anak yang memiliki kulit sensitif karena sudah teruji secara klinis dan bebas alkohol. Serum ini cocok untuk hampir semua jenis kulit, terutama kulit remaja dengan masalah kusam. Harga serum dari Pixy ini sekitar Rp.70.000-an.

Scarlett Acne Serum

Lazada.co.id

Serum remaja Scarlett Acne Serum ini tergolong baru, namun sudah banyak yang memberikan review bahwa serum ini tepat digunakan oleh remaja dengan kulit berjerawat.

Kandungan serum ini ada Tea Tree Leaf Water, Salicylic Acid, Jeju Centella Asiatica, Liquotrice Extract, dan juga Vitami C. Produk Scarlett Acne Serum ini dapat membantu menyembuhkan jerawat sekaligus kulit kemerahan.

Jika digunakan secara rutin, serum ini dapat membantu menghaluskan, memudarkan bekas jerawat, dan juga mencerahkan kulit. Bahkan minyak berlebih yang mengganggu di wajah remaja juga bisa terkontrol. Serum ini memiliki harga yang terjangkau, yaitu sekitar Rp.75.000-an saja.

Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum

Shop.wardahbeauty.com

Rekomendasi selanjutnya adalah Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum. Serum ini cocok untuk remaja yang memiliki jenis kulit normal dan cenderung berminyak. Serum ini memiliki tekstur yang ringan sehingga mudah diserap oleh kulit.

Selain itu, serum ini juga mengandung Vitamin E yang membantu melembabkan dan melindungi kulit anak dari radikal bebas. Serum dari Wardah ini juga mengandung bahan aktif seperti Witch Hazel Extract yang berfungsi sebagai astringent untuk membersihkan dan mengecilkan pori-pori.

Kemudian, Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum ini juga mengandung Hyaluronic Acid yang membantu menjaga kelembaban dan elastisitas kulit anak. Harga serum ini juga terjangkau, yaitu sekitar Rp.45.000an untuk 5 botol kemasan 5ml.

Nah itu dia Ma, 7 rekomendasi serum yang aman digunakan untuk remaja. Perlu diingat ya Ma, bahwa setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda, sehingga sesuaikan produk skincare anak dengan permasalahan kulitnya sendiri.

Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!