Bagaimana ambitus suara alto?

Jakarta -

Pembagian jenis suara manusia ditentukan berdasarkan jangkauan nada yang mampu dicapai. Ada orang yang dapat mencapai nada-nada tinggi, tetapi ada pula yang hanya mampu menjangkau nada-nada rendah sampai sedang. Kemampuan manusia menjangkau nada-nada itu disebut sebagai ambitus.

Pada dasarnya suara manusia dalam bernyanyi berdasarkan jenis kelaminnya dibagi menjadi 4 (empat) jenis, yaitu:

a. Sopran : jenis suara wanita dengan wilayah nada tinggi.
b. Alto : jenis suara wanita dengan wilayah nada rendah.
c. Tenor : jenis suara pria dengan wilayah nada tinggi.
d. Bass : jenis suara pria dengan wilayah nada rendah.


Pembagian jenis suara yang lebih detail lagi masih ada, misalnya Meso Sopran, adalah jenis suara wanita yang wilayah suaranya lebih rendah dari sopran tetapi lebih tinggi dari alto. Bariton adalah jenis suara pria yang wilayah suaranya lebih rendah dari tenor dan lebih tinggi dari bass.


Melansir dari buku "Teknik Vokal Paduan Suara" yang ditulis oleh N. Simanungkalit, jenis suara soprano, alto, tenor dan bass mempunyai sifat masing-masing dan karakter yang berbeda.

Baca juga: Ternyata Nyanyi di Kamar Mandi Beneran Bikin Suara Kita Lebih Merdu!

Berikut sifat dan karakter jenis suara manusia:

1. Soprano

Jenis suara perempuan yang berambitus tertinggi. Soprano dapat digolongkan sesuai mutu atau kualitas nada suara seperti;
a. Soprano dramatik, yaitu suara yang ekspresif dan bertenaga (powerful).
b. Soprano liris, yaitu suara ringan dan manis.
c. Soprano pewarna, yaitu ambitus bernada tinggi yang dinyanyikan amat tangkas.
d. Kualitas suara soprano seperti pembawaan gadis muda energik dan berwatak primadona.
e. Suara laki-laki yang mempunyai ambitus sama dengan perempuan, dimiliki anak laki-laki pada umur muda. jenis suara ini disebut soprano anak laki-laki.


2. Alto

Dalam paritur paduan suara, alto juga bisa disebut contralto, yaitu ambitus suara perempuan paling rendah. Biasanya alto ini membawakan suara kedua tertinggi dalam paduan suara. Suara alto harus berkarakter berat, dalam dan berwibawa sehingga dalam pementasan music opera, alto membawakan peran ratu yang bersuara dalam dan berwibawa.


3. Tenor

Tenor adalah suara laki-laki yang berambitus paling tinggi. Dalam paritur musik paduan suara, suara tenor tertinggi adalah soprano anak laki-laki. Suara tenor berada satu oktaf di bawah suara sopran. Jika watak dari sopran yaitu energik dan primadona, maka lakon padanannya adalah tenor yang berwatak jantan dan bertenaga.


4. Bass

Bass adalah suara laki-laki berambitus paling rendah. Penyanyi bass kadang-kadang digolongkan sesuai dengan kualitas suaranya;
a. Bass profondo, yaitu bass paling dalam dengan ambitus rendah dan suara bertenaga.
b. Bass cantante, yaitu bass sedang bernyanyi dengan kualitas suara ringan dan manis.
c. Bass buffo disebut juga bass comic, yaitu suara dengan penuh ketangkasan, sangat cocok untuk opera comic (lakon ringan, bercerita tentang kehidupan sehari-hari dengan unsur jenaka hingga happy ending)

d. Bass baritone, yaitu suara kuat dalam register suara atas dari ambitus bass.


Sifat dan karakter bass yang bersuara sangat rendah, besar, dan dalam dapat mengimbangi kewibawaan suara alto. Dalam music instrumental suara bass ini sering dijadikan dasar atau landasan dari garis-garis harmoni.

Nah, itulah jenis suara manusia dan karakteristiknya. Masing-masing jenis suara memiliki wilayah nada dan karakter yang berbeda antara jenis suara yang satu dengan lainnya.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Manusia Menghentikan Waktu?



Simak Video "NASA Rilis Rekaman Suara yang Terekam di Satelit Jupiter Ganymede"
NASA Rilis Rekaman Suara yang Terekam di Satelit Jupiter Ganymede

(lus/lus)

Video

Advertising