Bagaimana cara efektif dalam memelihara kesehatan pada alat pernapasan manusia?

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
pixabay.com - cara memelihara organ pernapasan

Di tengah deraan penyakit yang menyerang pernapasan di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, kewajiban untuk memahami cara memelihara organ penapasan menjadi semakin penting. Bukan hanya COVID, menurut buku Penyakit Paru-paru dan Pernapasan karya Frida N. 2020, ada banyak penyakit lain yang bisa saja menyerang organ pernapasan kita.

ADVERTISEMENT

Sebenarnya ada banyak cara memlihara organ pernapasan, hanya saja selama ini sepertinya banyak manusia yang abai akan kesehatan organnya. Padahal organ pernapasan adalah rangkaian sistem yang membantu kita untuk terus bernapas. Bila organ pernapasan terjaga kesehatannya, maka bisa dipastikan kita akan terhindar dari berbagai resiko penyakit pernapasan.

5 Cara Memelihara Organ Pernapasan Agar Kesehatan Terjaga

Beberapa cara memelihara organ pernapasan di bawah ini tidaklah susah untuk dilakukan. Pastikan untuk melakukannya secara rutin dan teratur. Cara tersebut antara lain:

  • Minum Air Putih

Minum air putih secara rutin dengan porsi yang tepat adalah salah satu cara memelihara organ pernapasan yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Bila Anda banyak minum air putih, maka mukus atau lendir yang menumpuk di saluran pernapasan akan mudah larut sehingga tidak menyumbat atau bahkan menimbulkan gejala gangguan pernapasan.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Sumber foto: https://pixabay.com/p
  • Rajin Olahraga

ADVERTISEMENT

Rajin berolahraga secara rutin ternyata mampu memelihara organ pernapasan. Cara ini pun dirasa cukup efektif karena saat Anda bergerak secara aktif, sirkulasi di tubuh akan berjalan dengan lancar. Bila sirkulasi tubuh lancar maka organ pernapasan terutama paru-paru akan selalu dalam keadaan baik.

  • Tidak Merokok

Kita semua tahu bahwa kebiasaan yang paling sering menyebabkan rusaknya organ pernapasan adalah merokok. Maka dari itu, salah satu cara memelihara organ pernapasan adalah dengan tidak merokok. Sebagai cara memelihara organ pernapasan, yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari kerusakan organ pernapasan adalah dengan menjauhi asap rokok, baik sebagai perokok ataupun perokok pasif yang sering terkena asap rokok. Karena menjadi perokok pasif pun berbahaya bagi organ pernapasan Anda.

ADVERTISEMENT
  • Makan Makanan yang Bergizi

Makan makanan yang bergizi ternyata juga berpengaruh pada kesehatan organ pernapasan. Manusia yang hidup dengan kurangnya asupan gizi dan nutrisi terbukti lebih gampang mengalami berbagai gangguan pernapasan. Vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga organ pernapasan manusia antara lain adalah: Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Zinc, dan Magnesium.

6. Mengurangi Terpapar Polusi

Bila Anda secara kontinyu terpapar polusi, maka bisa saja hal itu akan membuat kesehatan paru-paru terganggu. Polusi yang dimaksud di sini bukan hanya asap kendaraan. Asap rokok, asap pabrik, atau bahkan partikel bahan kimia yang terlepas ke udara juga termasuk dalam golongan polusi yang mampu merusak sistem pernapasan. Usahakan untuk tidak terlalu lama berada di luar atau juga dalam ruangan yang kualitas udaranya buruk. Jauhi asap rokok. Bersihkan rumah Anda setidaknya sekali dalam satu minggu. Buka jendela rumah sesering mungkin agar terjadi pertukaran udara. Jangan lupa untuk membuat banyak ventilasi di dalam rumah agar udara yang masuk tidak berputar di situ-situ saja.

ADVERTISEMENT

Anda harus ingat bahwa saat kita bicara soal organ pernapasan, yang dimaksud bukanlah hanya paru-paru. Mulut, hidung, dan tenggorokan pun termasuk dalam organ pernapasan manusia yang harus dipelihara kesehatannya. Jadi, jangan sampai abai ya! (DNR)