Bagaimana cara mengembalikan foto Instagram yang terhapus?

JAKARTA - Instagram merupakan aplikasi berbagi foto dan video yang kini tengah naik daun dan kian digemari khususnya anak-anak muda. Melalui aplikasi ini, berbagai file bisa diunggah ke platform ini. Mulai foto sampai video yang berdurasi panjang.

Namun dalam penggunaannya banyak masalah sering ditemui. Misalnya tidak sengaja menghapus foto yang sudah tersimpan di dalamnya. Lalu bagaimana cara mengembalikannya?

Baca Juga: Instagram Uji Fitur Favorite, Ini Fungsinya!

Jangan khawatir, ternyata ada cara mudah mengembalikan foto Instagram yang terhapus. Pengguna hanya wajib memiliki akun Gmail dan tentunya akun Instagram. Berikut langkahnya:

Baca Juga: Tips Mengunduh Foto atau Video di Instagram Tanpa Aplikasi

1. Gunakan akun Gmail

Pertama adalah menyiapkan akun Gmail karena foto yang sudah terhapus nanti akan dikirim berupa folder ke dalam Gmail. Kemudian masuk/login ke aplikasi Instagram pribadi.

2. Masuk ke pengaturan

Setelah masuk ke aplikasi Instagram, klik menu profile lalu cari ikon tiga garis (opsi) yang berada di pojok kanan atas. Klik akun tersebut kemudian pilih menu setting (pengaturan) ada di paling bawah.

Nanti akan tampil sejumlah menu baru kemudian pilih menu security (keamanan) dan klik tulisan unduh data dengan ikon tanda panah ke bawah.

3. Masukkan email

Setelah itu pengguna diminta memasukkan email aktif beserta password-nya. Cek email di bagian inbox, spam, update, maupun social. Pengguna akan menemukan email masuk dari Instagram.

  • #Follower Instagram
  • #Bikin Foto Instagrammable
  • #Foto Instagrammable

Bola.com, Jakarta - Adakalanya Anda tidak sengaja menghapus postingan Instagram, lalu ingin mengembalikannya lagi. Hanya, Anda tidak tahu cara mengembalikan postingan Instagram yang sudah terhapus.

Bagi Anda yang memiliki permasalahan seperti di atas, jangan khawatir. Pihak Instagram telah meluncurkan fitur terbaru Recently Deleted.

  • Lirik Lagu Old Love - Yuji & Putri Dahlia
  • Lirik Lagu Perih - Vionita
  • 36 Kata Motivasi untuk Bangkit dari Kesedihan

Fitur tersebut memungkinkan pengguna mengembalikan postingan Instagram yang telah dihapus baik sengaja maupun tidak. Tidak hanya postingan, fitur ini juga dapat digunakan untuk Reels, IGTV dan juga Story yang baru dihapus.

Untuk mengembalikan konten Instagram Stories, Instagram memberikan waktu 24 jam sejak konten tersebut dihapus. Sementara konten lain yang muncul di feed, seperti foto, video, Reels, ataupun IGTV, bisa dipulihkan maksimal 30 hari setelah dihapus.

Sebagai informasi, Anda hanya bisa mengembalikan postingan yang dihapus jika Anda menghapusnya saat sudah mengunduh Instagram versi terbaru.

Lantas, bagaimana cara mengembalikan postingan Instagram yang terhapus lewat fitur bernama Recently Deleted?

Berikut ini cara mengembalikan postingan Instagram yang terhapus yang bisa Anda praktikan, dikutip dari laman Musdeoranje, Kamis (14/4/2022).

Berita video Andritany Ardhiyasa menjelaskan alasan APPI membuat Divisi Medis, Selasa (12/4/2022) malam hari WIB.

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Instagram – Instagram adalah platform paling populer untuk berbagi foto dan video yang dimiliki oleh Facebook. Instagram memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif harian di seluruh dunia.

Instagram telah menjadi platform favorit para influencer media sosial untuk konten berkualitas tinggi. Orang-orang mengupload foto mereka dan terus memperbaruinya. Bagaimana jika foto Anda terhapus dengan sengaja atau tidak?

Anda sedang membaca artikel yang tepat. Di artikel ini memiliki beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di Instagram dan dapat memulihkan foto Instagram Anda yang dihapus secara efektif.

Cara Mengembalikan Foto Instagram Yang Terhapus

Anda dapat mengambil foto Instagram yang dihapus dengan mengikuti beberapa langkah mudah yang akan kami sebutkan di bawah ini.

Dengan menggunakan aplikasi dan tool pemulihan foto dapat membantu Anda memulihkan foto yang dihapus di Instagram. Aplikasi tersebut memberikan proses yang mudah untuk Anda memulihkan foto Instagram yang terhapus.

Langsung saja, berikut 4 cara mengembalikan foto instagram yang terhapus.

1. Gunakan Fitur Arsip Instagram

Dalam bahasa yang mudah dimengerti, kita dapat mengatakan bahwa arsip itu seperti cadangan. Arsip memiliki kemampuan untuk menyimpan data dalam waktu yang lama. Anda mungkin pernah mendengar tentang fitur arsip Instagram, dan ini akan sangat berguna bagi Anda.

Arsip Instagram adalah tempat penyimpanan foto Anda yang hilang. Jadi tanpa membuang waktu Anda, kami sarankan Anda melakukan langkah-langkah yang disarankan di bawah ini untuk mengembalikan foto Instagram yang terhapus.

  • Jalankan aplikasi Instagram di perangkat Android atau iOS Anda. Jika Anda belum masuk ke akun Instagram Anda, masuklah ke akun Instagram menggunakan kredensial akun Anda.

  • Setelah itu, Anda pergi ke Profile Instagram. Ini dapat dilakukan dengan mengklik ikon profile yang terletak di sudut kanan bawah.

  • Sekarang Anda dapat melihat tiga baris di sudut kanan atas layar, klik bagian tersebut dan tekan pada pilihan pertama bernama Arsip / Archive.

  • Semua foto dan pesan yang baru saja Anda hapus akan muncul di sini. Yang harus Anda lakukan adalah mengklik dua kali pada foto yang Anda inginkan dan itu akan dikembalikan ke akun Instagram Anda dengan mudah.

2. Buka Galeri HP

Sebelum melakukan prosedur lebih lanjut, kami sarankan Anda memeriksa galeri HP Anda. Saat Anda mengunggah foto apa pun dari ponsel ke akun Instagram, salinan foto itu akan disimpan ke folder album yang secara otomatis dinamai Instagram.

Anda dapat melihat foto-foto Anda di folder Instagram di galeri. Ini adalah salah satu cara termudah yang dapat Anda ikuti untuk mengambil foto Instagram yang telah dihapus.

3. Menggunakan File Manager

Biasanya, Instagram membuat cadangan ke penyimpanan internal HP Anda setiap kali Anda mengunggah foto baru. Jadi ada peluang untuk memulihkan foto yang dihapus dengan mudah dengan bantuan file manager di perangkat Android.

Untuk memeriksa cadangan foto Instagram, Anda perlu menjalankan aplikasi pengelola file di HP Anda dan kemudian cari folder Pictures. Di sini Anda akan menemukan nama folder Instagram, masuk ke folder untuk mengakses foto cadangan Instagram.

4. Menggunakan Aplikasi Photo Recovery 

Cara terbaik untuk mengambil foto Instagram yang terhapus adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di pasaran.

Tetapi tidak semua aplikasi memberikan hasil yang maksimal alih-alih malah aplikasi tersebut mengandung malware dan virus. Jadi, penting untuk memilih menggunakan aplikasi recovery foto yang aman.

Di sini kami akan memberikan rekomendasi aplikasi pihak ketiga terbaik, aman dan memberikan hasil yang memuaskan bernama Stellar Photo Recovery.

Pertama, Anda harus mengunduh Stellar dari situs web resmi. Setelah itu, kami sarankan Anda melanjutkan dengan langkah-langkah berikut.

  • Pertama hubungkan HP Anda ke PC/Laptop yang sudah terinstal Stellar.
  • Buka aplikasi Stellar Photo Recovery. Pada layar awal software, pilih lokasi disk HP Anda, dan lalu tekan tombol Scan.

  • Ketika proses pemindaian selesai Anda akan melihat semua yang dihapus dari lokasi disk yang dipilih. Centang pada foto yang ingin Anda pulihkan lalu tinggal tekan tombol Recover.

Cara ini bisa memulihkan foto atau gambar apapun di perangkat Anda mulai PC/Laptop, HP maupun gadget lainnya.

Cara Backup Foto Instagram

Kami selalu menyarankan Anda untuk membuat cadangan data dan foto Anda. Mencadangkan data penting adalah langkah cerdas untuk menghindari masalah terhapusnya data di masa depan.

Tapi tantangan terbesarnya adalah kemana harus backup? Jangan khawatir, lihat informasi tambahan yang disediakan di bawah berikut.

  • Simpan foto yang diunggah di Instagram ke memori internal ponsel Anda. Untuk melakukannya, pertama buka aplikasi Instagram lalu login ke akun Anda.

  • Buka profil Anda dan klik pada tiga baris di sudut kanan atas layar.

  • Sekarang masuk ke pengaturan. Kemudian Anda perlu mengklik pilihan asli posting yang ditampilkan dalam daftar. Aktifkan ketiga opsi (simpan posting asli, simpan foto yang diposting, simpan video yang diposting). Lain kali setiap kali Anda mengunggah foto ke Instagram, itu akan secara otomatis menyimpan foto ke galeri Anda di folder bernama Instagram.

Baca Juga!

  • Cara Mengembalikan DM Instagram Yang Terhapus
  • Cara Download Foto Instagram Tanpa Aplikasi
  • Cara Menghapus Akun Instagram Permanen
  • Cara Mengaktifkan Kembali Akun Instagram Yang di Nonaktifkan
  • Cara Melihat Akun Instagram Private

Akhir Kata

Nah, itulah cara mengembalikan foto yang terhapus di Instagram.

Jika cara di atas tidak ada yang berhasil, Anda bisa mencoba menggunakan bantuan customer support Instagram untuk mengatasinya.

Kami harap artikel ini akan membantu Anda, semoga berhasil.

Artikel Lainnya

  • Aplikasi Penghasil Uang
  • Cara Mendapatkan Uang dari Internet
  • Aplikasi Trading Terbaik
  • Aplikasi Dropship Gratis
  • Aplikasi Reksadana Terbaik
  • Cara Beli Reksadana
  • Aplikasi Pembobol WiFi
  • Nomor Bot Stiker WA
  • Cara Download Stiker WA
  • Situs Nonton Anime Lengkap Sub Indo
  • Situs Nonton Drama Korea
  • Nonton Drama China
  • Nonton Drama Thailand
  • Drama Turki Sub Indo
  • Pelatihan Marketing Online
  • Wallpaper Keren HD
  • Cisco Packet Tracer Download
  • Download Photoshop CS4
  • MI Account Unlock Tool

Bagaimana cara memulihkan foto Instagram yang terhapus permanen?

Untuk mengembalikan postingan yang telah terhapus tersebut, klik buka terlebih dahulu, selanjutnya klik pada icon titik tiga sudut kanan atas. Klik "Pulihkan" untuk langsung mengembalikannya. Bila Anda klik "Hapus" maka postingan tersebut akan benar-benar dihapus secara permanen dan Anda tidak dapat memulihkannya lagi.

Apakah foto IG yang terhapus bisa dikembalikan?

Untuk mengembalikan postingan Stories, Instagram memberi waktu 24 jam sejak unggahan tersebut dihapus. Sementara konten lain seperti foto , video, reels, dan IGTV yang muncul di feed bisa dipulihkan kembali maksimal 30 hari sebelum dihapus secara permanen oleh Instagram.

Dimana letak recently deleted Instagram?

Dirangkum dari berbagai sumber, guna mengakses folder ini pilih Settings > Account > Recently Deleted.

Bagaimana cara mengembalikan foto yang sudah dihapus permanen?

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android.
Buka aplikasi Google photo..
Pilih ikon garis tiga yang berada di bagian atas..
Kemudian tekan ikon tempat sampah..
Pilih foto atau video yang ingin dipulihkan..
Klik ikon pulihkan atau recovery..
Tunggu sampai foto kembali ke galeri ponsel..