Bagaimana cara menggunakan putih telur untuk wajah

“Masker putih telur dan madu dikenal sebagai masker berbahan alami yang bermanfaat untuk mengencangkan kulit, mengeksfoliasi kulit mati, hingga mengatasi jerawat pada kulit wajah. Cara pembuatannya terbilang mudah, kamu hanya perlu menyiapkan putih telur dan madu asli kemudian campurkan kedua bahan tersebut hingga menyatu dengan baik.”

Halodoc, Jakarta – Menggunakan masker wajah alami bisa menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Selain aman, masker ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit, mulai dari mencerahkan hingga mengencangkan kulit wajah. 

Putih telur dan madu menjadi beberapa bahan alami yang sering digunakan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Putih telur bermanfaat untuk mengencangkan kulit, sedangkan madu bisa mengatasi jerawat yang meradang pada wajah.

Lalu, apakah kedua bahan alami tersebut bisa dijadikan masker wajah secara bersamaan? Putih telur dan madu bisa digunakan bersamaan sehingga manfaatnya semakin optimal. Yuk, simak ulasan cara membuat masker putih telur dan madu dalam artikel ini!

Baca juga: Ingin Wajah Cerah, Coba Masker Alami Ini

Cara Membuat Masker Putih Telur dan Madu

Selain menggunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit, kamu bisa merawat wajah kamu dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di rumah, loh. Kamu bisa menggunakan masker berbahan alami untuk membuat kulit wajah semakin sehat dan cerah. 

Masker berbahan alami untuk wajah biasanya digunakan menggunakan sayuran hingga buah-buahan. Tidak hanya itu, telur dan madu pun bisa menjadi beberapa bahan alami untuk masker wajah. Biasanya, bagian telur yang digunakan adalah putih telur.

Kandungan utama dari putih telur adalah protein. Putih telur dipercaya membuat kulit wajah semakin kencang dan cerah dengan penggunaan masker putih telur secara rutin. 

Sedangkan, madu menjadi bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat yang meradang hingga mengeksfoliasi kulit mati. Pastikan kamu menggunakan madu asli yang belum menggunakan campuran pemanis.

Baca juga: Ini 3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Jika kedua bahan alami ini digunakan secara bersama tentunya manfaat kedua bahan alami ini akan lebih maksimal. Lalu, bagaimana membuat masker putih telur dan madu yang baik untuk dijadikan masker wajah?

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan dalam membuat masker putih telur dan madu, yaitu:

  1. Siapkan putih telur yang sudah dipisahkan dari kuning telur dan satu sendok makan madu asli.
  2. Kemudian, masukkan putih telur dan madu ke dalam mangkuk bersih.
  3. Campur kedua bahan tersebut hingga benar-benar menyatu.
  4. Setelah menyatu, masker putih telur dan madu bisa digunakan untuk wajah.

Cara penggunaannya pun tidak terlalu sulit. Pertama, kamu harus membersihkan area wajah dengan mencuci wajah. Setelah itu, oleskan campuran putih telur dan madu di seluruh wajah, kecuali area mata dan mulut. Ketika masker sudah rata, diamkan dalam waktu 10-15 menit hingga masker mengering.

Setelah mengering, bilas wajah dengan air hangat hingga bersih. Kemudian, kamu bisa melanjutkan perawatan kulit wajah menggunakan skincare yang sesuai dengan kondisi kulit wajah kamu.

Yuk, tanyakan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk memastikan jenis perawatan yang tepat untuk kulit wajah kamu. Caranya, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Pahami Efek Samping Masker Putih Telur dan Madu

Meskipun alami, sebaiknya pahami efek samping yang mungkin terjadi ketika kamu menggunakan masker putih telur dan madu. Putih telur sendiri dapat memicu alergi pada seseorang yang memiliki riwayat alergi, khususnya dengan telur. 

Selain itu, telur mentah juga rentan mengandung bakteri Salmonella, maka dari itu kamu perlu memastikan untuk tidak mengoleskan masker di sekitar mulut agar tidak tertelan. Hindari mengoleskan masker putih telur dan madu pada area kulit yang memiliki luka terbuka.

Baca juga: 6 Masker Alami untuk Perawatan Kulit Kering

Begitu juga dengan madu yang bisa memicu alergi saat digunakan. Sebaiknya lakukan tes kecil saat kamu menggunakan masker putih telur dan madu. Oleskan masker putih telur dan madu pada bagian kecil di area tangan. 

Lalu, tunggu kira-kira selama 10-15 menit. Jika kulit mengalami kemerahan, gatal, atau tanda alergi lainnya sebaiknya hindari penggunaan masker putih telur dan madu.

Namun, jika tidak ada tanda alergi, kamu bisa menggunakan masker putih telur dan madu pada wajah. Setelah masker mengering, pastikan kamu membersihkan wajah secara maksimal agar tidak ada masker yang tertinggal di wajah. Masker putih telur dan madu yang tertinggal di wajah dapat menyebabkan gangguan kesehatan kulit wajah.

Masker putih telur sebaiknya dicampur apa?

Kocok putih telur terlebih dahulu hingga kaku, serta tampak putih dan berbusa, lalu tambahkan air jeruk lemon dan madu. 2. Setelah itu, oleskan masker ke kulit wajah yang sudah dicuci dengan air hangat menggunakan kuas atau kapas.

Apakah boleh memakai masker putih telur tanpa campuran?

Masker putih telur tanpa campuran Jika di rumahmu hanya tersedia telur tanpa ada bahan lain, kamu tetap bisa merawat wajahmu kok. Masker putih telur saja sudah cukup untuk membuat wajah kamu makin kencang, lembab dan juga putih alami. Caranya sangat mudah dan pastinya kamu juga tak perlu repot membuatnya.

Apa manfaat mengoleskan putih telur ke wajah?

Adanya kandungan zat astringent pada putih telur membantu mengecilkan pori-pori di wajah. Area wajah yang cenderung memiliki pori-pori besar adalah area T-Zone. Kamu bisa oleskan secara tebal pada bagian T-Zone dengan putih telur yang sudah dicampur dengan perasan air lemon.

Berapa lama waktu menggunakan masker putih telur?

Pertama, kamu harus membersihkan area wajah dengan mencuci wajah. Setelah itu, oleskan campuran putih telur dan madu di seluruh wajah, kecuali area mata dan mulut. Ketika masker sudah rata, diamkan dalam waktu 10-15 menit hingga masker mengering. Setelah mengering, bilas wajah dengan air hangat hingga bersih.