Bagaimana cara menghapus akun OVO yang sudah terdaftar?

Ilustrasi melakukan cara menghapus akun OVO permanen (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)

Cara menghapus akun OVO secara permanen harus kamu lakukan jika tidak membutuhkan dan menggunakannya lagi. Dengan menghapus akun OVO, maka nantinya keamanannya lebih terjamin.

Banyak orang yang ingin menghapus akun OVO. Alasannya pun beragam, seperti beralih ke dompet digital lain atau kesulitan menggunakan layanan pembayaran.

Menutup atau menghapus akun secara permanen sendiri memang penting dilakukan agar akun yang kamu miliki tidak digunakan orang lain untuk melakukan transaksi.

Dampak Menghapus Akun OVO Permanen

Sebelumnya, kamu harus mengetahui dampak dari penghapusan akun OVO. Berikut ini adalah ketentuan yang harus diketahui:

  • OVO Points akan hangus jika masih terdapat OVO Points pada akun yang digunakan.

  • OVO Cash akan hangus jika akun yang digunakan masih memiliki saldo dengan jumlah kurang dari Rp 10.000,-.

  • Jika OVO Cash yang masih kamu miliki berjumlah lebih dari Rp 10.000,-, maka OVO Cash akan melakukan transfer ke rekening bank yang kamu miliki dengan nama pengguna yang sama. Lalu, menyertakan dokumen tambahan berupa foto KTP dan selfie dengan KTP.

  • Seluruh sambungan ke aplikasi partner OVO yang kamu gunakan juga akan terputus.

Langkah dan Cara Menghapus Akun OVO di Aplikasi OVO

Dikutip dari situs resmi OVO, penyedia layanan ini memberikan rekomendasi sebelum kamu menghapus akunnya. Berikut ini adalah langkahnya:

  • Mengosongkan saldo OVO Cash dan OVO Points hingga dalam kondisi Rp 0,-.

  • Melunasi tagihan OVO PayLater jika kamu masih memiliki tagihan.

  • Melakukan pencairan investasi OVO Invest jika memiliki investasi.

  • Memutuskan sambungan OVO dari aplikasi partner, seperti HiCard, Matahari Card (MCC), First Media, Tokopedia, Grab, Kudo, dan lainnya yang kamu miliki.

Ilustrasi melakukan cara menghapus akun OVO permanen (Foto: Ketut Subiyanto via Pexels)

Beberapa poin tersebut harus kamu lakukan sebelum melakukan menghapus sekaligus menutup akun OVO.

Cara Menghapus Akun OVO yang Lama

Setelah memahami dampak dan langkah di atas, kamu bisa langsung melakukan menghapus akun OVO secara permanen.

Dikutip dari situs resmi OVO, cara menghapus akun OVO Grab bisa kamu lakukan dengan menghubungi Call Center OVO melalui 1500 696.

Kamu bisa melakukan cara menghapus akun OVO permanen ini kapan saja dan di mana pun. Call Center OVO siap melayani kamu mulai dari Senin hingga Minggu selama 24 jam.

Ilustrasi melakukan cara menghapus akun OVO permanen (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)

Demikian penjelasan dan tutorial cara menghapus akun OVO secara permanen yang bisa kamu lakukan kapan saja. Jadi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas untuk menghapus akun OVO dengan mudah dan simpel.

Buat kamu yang sedang mencari cara bagaimana menghapus akun OVO, maka kamu sudah berada ditempat yang tepat. Karena pada kesempatan kali ini saya akan mengajarkan langkah-langkah menonaktifkan akun OVO Premier secara permanen.

Perkembangan zaman yang semakin modern membuat aplikasi dompet digital OVO banyak digemari. Salah satu alasanya karena mudah digunakan sebagai metode pembayaran, jadi tidak perlu repot lagi transfer uang lewat Bank atau Indomaret.

Apabila akun OVO sudah kamu upgrade menjadi member Premier, kamu dapat menggunakanya untuk pembayaran di layanan E-Commerce seperti Tokopedia. Selain itu, fitur limit saldo akan dinaikan menjadi Rp. 10.000.000.

Sayangnya, proses upgrade ke member Premier tidak semudah yang dibayangkan, bahkan saya sering menjumpai banyak pengguna yang gagal ketika ingin melakukan upgrade akun dari member Basic ke Premier.

Maka dari itu, saya sangat menyarankan untuk segera menutup akun OVO yang sudah terdaftar dan beralih menggunakan aplikasi dompet digital lain. Proses penghapusan akun OVO juga sangat mudah, jadi simak artikel ini sampai selesai ya!

  • Cara Hapus Akun OVO Premier
  • Cara Menghapus Akun OVO di Tokopedia
  • FAQ

Sebelum mencoba tutup akun OVO, pastikan semua uang yang sudah kamu simpan didalam aplikasi ini sudah ditransfer atau pindahkan terlebih dahulu. Jika tidak, semua uang ada akan tertahan dan sulit dikembalikan.

Oh iya, karena tidak tersedia tombol hapus account didalam aplikasi OVO, maka proses penutupan hanya bisa dilakukan melalui dua cara yaitu lewat email Customer Service dan menghubungi layanan Call Center OVO.

Berikut cara menghapus akun OVO Premier yang sudah terdaftar :

  1. Pertama, buka aplikasi Gmail, bisa lewat HP Android atau iPhone.
  2. Kemudian buat email baru dan isikan alamat email tujuan dengan .
  3. Setelah itu, lampirkan semua data informasi akun OVO yang ingin kamu hapus.
  4. Selanjutnya, isi kolom Subjek dengan tulisan Permohonan Hapus Akun.
  5. Terakhir tinggal klik Kirim dan tunggu hingga proses penutupan akun disetujui.
  6. Selesai.

Cara Menghapus Akun OVO di Tokopedia

Kemudian untuk cara kedua bisa kamu coba apabila ingin menghapus akses pembayaran OVO yang terdaftar di layanan Tokopedia. Cara ini sangat mudah dan bisa langsung kamu praktekkan secara langsung lewat aplikasi ataupun website.

Langkah-langkah hapus akun OVO Premier di Tokopedia :

  1. Langkah pertama, silahkan buka situs Tokopedia terlebih dahulu.
  2. Kemudian klik Profil dan pilih opsi Pengaturan.
  3. Tepat dibawah nama akun Tokopedia kamu, silahkhan klik bagian OVO Cash atau OVO Points.
  4. Selanjutnya klik ikon Gerigi yang terletak di samping kanan atas.
  5. Setelah itu, kamu cukup klik tombol Stop Hubungkan Akun.
  6. Terakhir tinggal konfirmasi persetujuan lewat alamat email.
  7. Selesai.

FAQ

Kenapa akun OVO mau dihapus?

Salah satu alasan kenapa seseorang ingin menghapus akun OVO bisa dikarenakan gagal saat sedang melakukan proses upgrade akun dari Basic ke Premier.

Apa perbedaan akun OVO Basic dan Premier?

Akun OVO Basic merupakan jenis akun standar yang hanya dapat digunakan untuk membeli kebutuhan elektronik didalam aplikasi OVO. Berbeda dengan akun OVO Premier yang bisa digunakan untuk metode pembayaran hingga transfer antar Bank.

Mungkin itu saja sedikit artikel yang bisa saya sampaikan tentang cara hapus akun OVO Premier. Jangan lupa berikan pertanyaan apabila masih ada langkah-langkah yang belum kalian pahami, terimakasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.

Apakah akun OVO bisa di hapus?

Untuk melakukan penutupan akun, Anda dapat menghubungi Call Center OVO di 1500 696 (Senin-Minggu | 24 Jam) disarankan melalui nomor telepon Anda yang terdaftar di aplikasi OVO untuk mempercepat proses.

Bagaimana cara menghapus data OVO?

Cara Menghapus Akun OVO Permanen Kirim email ke [email protected]ovo.id dengan subject bagaimana cara menghapus akun OVO saya. Kalian akan mendapatkan balasan email dari CS OVO yang menjelaskan mengenai cara hapus akun OVO yakni dengan melampirkan capture KTP untuk penutupan akun OVO kalian.

Apakah bisa ganti KTP di OVO?

Cara Ganti NIK Lewat Call Center OVO Lala berlanjut cara kedua, setiap pengguna bisa hubungi call center OVO di nomor 1500 696. Selain melalui nomor call center, pengguna juga bisa melakukan pergantian NIK lewat alamat email [email protected]ovo.id.

Bagaimana cara menghapus akun OVO Premier?

Untuk membatalkan upgrade akun OVO Premier ini, maka kamu bisa menghubungi Call Center OVO di 1500 696 selama jam kerja senin sampai jumat selama 24 jam melalui nomor telepon kamu sendiri yang terdaftar di aplikasi OVO.