Bagaimana cara menghapus data cache?

Cara menghapus cache di HP Samsung untuk semua tipe agar memorinya lebih lega dapat Anda lakukan dengan mudah. Perangkat yang tiba-tiba menjadi lemot atau tidak dapat memasang aplikasi merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi.

Hal ini dikarenakan memori internal yang penuh. Salah satu faktor yang menyebabkan penuhnya memori internal pada suatu HP adalah banyak data cache yang tersimpan dalam memori perangkat.

Baca Juga : Aplikasi Pembersih Cache Terbaik yang Banyak Direkomendasikan, Solusi Hp Lemot

Seiring berjalannya waktu, cache akan menjadi membengkak dan besar, sehingga akan memakan ruang penyimpanan atau memori internal pada HP Android yang Anda gunakan. Hal ini juga juga berlaku pada produk Samsung untuk semua tipe.

Cara Menghapus Cache di HP Samsung Praktis untuk Semua Tipe

Membersihkan cache dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi perangkat HP yang lemot saat Anda gunakan. Cache adalah salah satu perekam data yang terdapat pada suatu aplikasi yang terinstall pada semua perangkat seperti Android serta PC.

Dengan banyaknya proses yang dilakukan oleh aplikasi, sistem maupun program dari perangkat, maka akan membuat data cache yang dimiliki semakin bertambah banyak.

Bukannya mempercepat kerja perangkat, data-data tersebut justru dapat membebani perangkat. Sebagai salah satu solusinya adalah dengan menghapus data cache dalam perangkat yang Anda gunakan. Khususnya bagi Anda yang menggunakan smartphone Samsung.

Dengan cara membersihkan data cache secara berkala, maka akan membuat performa serta keawetan dari HP Samsung yang Anda miliki akan selalu terjaga. Berikut ini cara menghapus cache di HP Samsung untuk semua tipe antara lain:

Cara Menghapus Cache di HP Samsung Melalui Device Care

Adapun langkah-langkah untuk menghapus data cache yang terdapat pada HP Samsung dengan menggunakan Device Care antara lain:

  • Langkah pertama buka pengaturan HP Samsung Anda
  • Kemudian Scroll ke bawah, temukan menu Device Care atau Pemeliharaan Perangkat.
  • Selanjutnya setelah jendela berikutnya terbuka, maka Anda dapat pilih opsi Storage atau Penyimpanan pada opsi menu yang telah tampil secara horizontal.
  • Langkah berikutnya tekan tombol Clean Now. Maka akan terdapat bagi data cache, file sampah atau file lainnya yang terdapat pada HP Samsung.
  • Dan perangkat pun akan menghapus data cache secara otomatis.

Cara Menghapus Cache di HP Samsung yang Terdapat pada Setiap Aplikasi (Manual)

Selain melalui Devices Care, cara membersihkan file sampah atau data cache yang terdapat pada HP Samsung selanjutnya adalah dengan menggunakan cara manual.

Cara tersebut adalah dengan menghapus data cache yang terdapat pada setiap aplikasi. Bagi Anda pengguna HP Samsung yang secara tiba-tiba mengalami memori internal HP Samsung penuh.

Baca Juga : Aplikasi Cleaner Android Terbaik Tanpa Iklan, Berikut Rekomendasinya!

Sedangkan Anda merasa tidak menginstal serta mendownload aplikasi, video atau musik secara berlebih, maka Anda dapat cek aplikasi apa saja yang sering Anda gunakan dalam beberapa waktu belakangan ini. Barangkali terdapat aplikasi yang telah tertumpuk data cache atau file sampahnya.

Berikut ini beberapa cara menghapus cache di HP Samsung dengan cara manual antara lain:

  • Masuk dalam menu Setting atau pengaturan, kemudian pilih aplikasi
  • Langkah berikutnya pilih salah satu aplikasi yang sering Anda gunakan.
  • Berikutnya pilih opsi penyimpanan atau storage
  • Selanjutnya tekan tombol Hapus memori.

Langkah yang sama dapat Anda terapkan pada aplikasi lain yang sering Anda gunakan. Seperti aplikasi Facebook, WhatsApp, TikTok dan lain sebagainya. Anda pun juga dapat melakukannya pada aplikasi system seperti Gallery atau yang lainnya.

Cara Menghapus Cache di HP Samsung Melalui File Manager

File Manager atau File Saya yang terdapat pada HP Samsung adalah salah satu aplikasi sistem yang berkaitan dengan pintasan yang berhubungan dengan berbagai kategori file yang tersimpan pada memori internal.

Mulai dari gambar, audio, video, dokumen, file instalasi, file unduhan dan lain sebagainya. Pada umumnya pengguna Samsung sering kurang memperhatikan file yang melalui File Manager ini.

Maka mulai saat ini, Anda dapat memeriksa File Manager pada ponsel Anda. Kemudian cek pada bagian dokumen file instalasi, unduhan. Kemungkinan di sana terdapat file atau berkas yang sudah tidak Anda perlukan. File Manager atau File Saya pada umumnya tersimpan pada bundelan Folder Samsung > My Files (File Saya).

Semua cara menghapus cache di HP Samsung diatas dapat Anda terapkan untuk semua tipe HP Samsung. Cara tersebut cukup simple dan mudah tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Performa HP Samsung Anda pun akan kembali lebih lancar. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

Video