Bagaimana cara menghitung angka atau nilai dalam permainan bulutangkis?

OLAHRAGA tepok bulu alias bulutangkis merupakan cabang olahraga yang populer di Indonesia, sebagian Asia dan Eropa. Indonesia pernah harum namanya di luar negeri dengan legenda-legenda yang pernah beredar seperti Rudi Hartono, Alan Budikusuma, Taufik Hidayat, Icuk Sugiarto atau Susi Susanti.

Warisan itu pun menurun di nomor ganda saat ini yang berisikan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, dan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari.

Bagi publik Indonesia, bulutangkis merupakan olahraga yang favorit di Tanah Air selain sepakbola. Hal itu terbukti dengan membludaknya Istora Senayan jika ada ajang internasional bulutangkis yang sedang berlangsung.

Meski begitu, apakah Anda tahu bagaimana peraturan-peraturan di bulutangkis? Bagaimana skor dihitung di bulutangkis?

Sistem Skor Bulutangkis

Sistem skor bulutangkis dibagi menjadi empat kategori. Yakni penilaian dasar, interval, tunggal, dan ganda. Bagaimana sistem penilaian skor bulutangkis itu berlangsung? Berikut rinciannya:

- Sebuah pertandingan terbagi tiga game dengan masing-masing game aka nada total 21 poin.

- Setiap kali ada servis ada juga poin yang dapat diraih.

- Kubu yang memenangi reli menambah poin yang dapat diraih.

- Saat kedudukan sama kuat 20, kubu yang memimpin dua poin pertama, memenangi laga.

- Saat kedudukan sama kuat 29, kubu yang mencapai 30 poin, memenangi pertandingan.

- Kubu yang memenangi set, memulai servis pertama di set berikutnya.

Interval

- Ketika memimpin dengan skor mencapai 11 poin, pemain punya 60 detik interval waktu.

- Interval dua menit di antara set diperbolehkan.

- Di set ketiga, perubahan pemain berakhir ketika kubu yang memimpin mencapai 11 poin.

Tunggal

- Pada awal mula pertandingan (kedudukan masih 0-0) dan ketika pebulutangkis melakukan servis (server) dan mencetak skor maka kedudukan imbang. Server juga melakukan servis dari kanan sisi lapangan. Ketika server mencatatkan skor yang ganjil, server mengambil servis dari sisi kiri lapangan

- Jika server memenangi reli, server mendapatkan poin dan kemudian kembali melakukan servis dari sisi lapangan servis alternatif.

- jika penerima servis memenangi reli, ia mendapat poin dan menjadi server yang baru. Mereka melakukan servis dari sisi lapangan yang tepat kiri jika mereka mencatatkan skor yang ganjil, dan kanan jika kedudukan imbang

Ganda

- Tiap kubu hanya punya satu servis

- Operan servis secara beruntun kepada pemain seperti yang ditunjukkan diagram

- Ketika awal pertandingan dan ketika kedudukan sama kuat, server melakukan servis dari sisi kanan lapangan. Ketika kedudukan ganjil, server melakukan servis dari sisi kiri lapangan.

- Jika tim yang melakukan servis memenangi rally, mereka mendapat poin dan server yang sama melakukan servis lagi dari sisi lapangan alternatif.

- Jika tim penerima memenangi reli, mereka mendapat poin. Kubu itu menjadi server yang baru

- Pemain tidak mengubah posisi servis hingga mereka memenangi poin ketika mereka melakukan servis.