Bagaimana cara menyisipkan video dan audio di Microsoft Power Point?

Cara Menyisipkan Gambar, Audio, dan Video Pada Slide Microsoft PowerPoint

Powerpoint merupakan bahan ajar yang memiliki file pendukung seperti gambar, animasi, audio dan video agar tampilannya tidak membosankan. Kendala yang dihadapi dalam memasukkan video pada power point adalah, tidak semua file video support pada power point, kalaupun support ukuran filenya besar, dan kadang tidak bisa di play saat ppt di buka.
Dan ini bisa membuat emosi anda memuncak, kadang harus banting meja atau lempar gelas untuk melampiaskan emosi anda. But dont worry be fvckinsad, wonojati akan sedikit membukadapur spacenyabuat anda. Karena wonojati masih pemula dalam hal beginian, sudi kiranya sobat blogger memberi masukan.
Ada banyak cara insert video ke ppt, namun kali ini saya akan coba kasih tahu cara penetrasi video format mp4 (mengapa mp4? karena menurut saya format ini yang paling aman dan paling mungkin bisa untuk di play di ppt).
Berikut adalah bagaimana cara menyisipkan video mp4 ke dalam tampilan presentasi Power Point 2007 dan PowerPoint 2010.

ü Pertama yang harus kita ingat adalah : tempatkan dalam satu folder dokumen powerpoint yang kita miliki dengan Video yang akan kita masukkan ke dalam PPT. Ingat !!! harus satu folder!!!.
o Kelebihan cara ini: lebih bebas memilih file (DAT, MPG, MPEG, AVI dll kecuali Mov) sehingga ukuran bisa disesuaikan.
o Kelemahan cara ini: untuk pemula akan terasa rumit karena banyak klik dan kontrol yang mesti dilakukan. namun lebih baik ada keinginan mencoba dari pada tidak tahu sama sekali.

Langsung saja menuju caranya :
· Step one Yang pertama yang paling penting adalah menampilkan menu Developer, cari Toolbox out control pada Power Point 2007, Klik Office button ->PowerPoint Options -> Popular -> centang "Show Developer tab in the Ribbon


Untuk Microssoft Office 2010, Klik "File" Klik "Option", setelah kotak dialog PowerPointoptions terbuka, cari "Cuztumize Ribbon", lihat Tab sebelah kiri, cari tulisan "Developer" lalu Centang, dan klik "OK" dan menu Developer akan muncul. Lihat screenshotnya dibawah ini.



· Step two Klik "Developer, klik icon "More Controls" gambar palu dan kunci pada kolom control




· Step three Kemudian pilih "Windows Media Player" (Disini saya lebih suka menggunakan media plyernya Windows Media player)pada kotak dialog popup. Dan kursor akan berubah menjadi seperti tanda +



· Step four Lalu arahkan pada slide, klik dimana anda akan meletakkan tampilan video tersebut, atur juga lebarnya.




· Step five Klik kanan pada area yang telah anda pilih tadi kemudian pilih Properties ya brow.



Akan muncul menu pop up seperti gambar di bawah, Klik Custom lalu akan muncul tanda "..." (titik 3) seperti yang ditunjukkan gambar arah anak panah dibawah, lalu klik gambar tersebut.



· Step sixth Akan muncul gambar pop up seperti ini




Arahkan ke posisi dimana anda menyimpan file video anda misalnya
H:\Nyun-Nyun\slimdog1\video.mpeg, lalu klik ok.
Tanpa diduga, ternyata ada opsi Automatically atau whenclicked, (tapi terkadang opsi tak muncul).
Maksudnya adalah: ketika dipresentasikan, apakah anda mau video itu otomatis berjalan (play) ataukah di-klik dulu baru berjalan (play). Katakanlah anda pilih yang kedua (when clicked).




· Last step Dan finally, video anda siap dimainkan.
Eitss.Jangan gembira dulu. Belum tentu bahwa file yang nampak sukses ini akan berjalan ketika dipresentasikan. Cobalah untuk lakukan presentasi (slideshow terus view show, lalu klik bagian video). Jika anda menemukan masalah ketika folder anda pindahkan ke komputer lain dan video anda tak bisa di play, jangan kwatir, lakukan langkah seperti diatas mulai langkah ke-5 (step five).







Sumber
https://support.microsoft.com/id-id/help/827745/how-to-change-the-export-resolution-of-a-powerpoint-slide
https://adagusindra.wordpress.com/2014/07/17/cara-mengubah-format-powerpoint-ke-format-gambar/

Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook

Video

Advertising