Bagaimana membuat kandang ayam yang baik

  • Teknologi Masa Kini

Cara Mudah dan Biaya Murah Membuat Kandang Ayam

Penulis
Redaksi
-
02/01/2021
Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp
Pembuatan Kandang AyamPembuatan Kandang AyamFoto: Doc

Cara membuat kandang ayam jadi hal yang banyak dicari saat ini seiring dengan semakin banyaknya peminat peternakan ayam. Bagaimana tidak, permintaan akan daging ayam dan telur tak pernah surut, bahkan bisa dibilang cukup tinggi.

Oleh karena itu, banyak orang mulai menggeluti bisnis dengan beternak ayam atau pun yang sekedar memelihara ayam untuk kebutuhan pribadi. Ketersediaan kandang yang layak menjadi kebutuhan pertama.

Adanya tempat atau kandang yang layak tentu akan membuat hewan ternak lebih sehat dan produktif sebagaimana dikutip berandatimur.com dari artikel Martha pada Sabtu, 2 Januari 2021.

Untuk menyediakan kandang, tak perlu mengeluarkan biaya besar dengan membelinya atau meminta jasa tukang untuk mengerjakannya karena bisa mengerjakan sendiri.

Pada dasarnya, karena kandang berfungsi sebagai rumah dan sekaligus jadi tempat berlindung bagi ayam, maka sudah seharusnya memperhatikan berbagai hal dalam pembuatan kandang.Misalnya saja jenis bahan yang digunakan.

Berbicara soal bahan, tak selalu harus mahal karena bisa saja menggunakan bahan-bahan seperti kayu bekas atau sisa, yang masih dalam kondisi layak.Biasanya kayu ini dijual dengan harga miring, sehingga bisa jauh lebih irit biaya.

Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membuat kandang ayam:

  • Ukuran

Tentunya ukuran kandang harus disesuaikan dengan jumlah ayam yang akan diternak. Sebagai gambaran sehingga bisa membuat kandang berukuran 10 meter persegi dengan kapasitas mencapai 100 ekor ayam.

  • Posisi

Hal ini perlu diperhatikan juga karena mempengaruhi kenyamanan Anda, bahkan juga tetangga sekitar. Idealnya posisi kandang ayam dibuat sejauh 250 meter.

Selain faktor kenyamanan, seperti terhindar dari aroma tak sedap, juga karena faktor kesehatan.

Dimana dengan membuat jarak, akan meminimalisir Anda dan keluarga maupun orang sekitar terinfeksi jika ayam terjangkit penyakit.

Oya, pastikan pula untuk membuat kandang ayam dengan posisi yang lebih tinggi, agar tidak digenangi air saat hujan.

Lalu usahakan mengarahkan kandang ke timur, karena selain bagus untuk kesehatan juga baik dalam menjaga insting alami ayam.

  • Material

Selain bisa menggunakan kayu bekas yang murah meriah sebagai bahan utama, perhatikan pula material untuk bagian-bagian lainnya. Misalnya saja bagian atap karena berfungsi untuk melindungi ayam dari panas dan hujan, pastikan untuk membuat atap dari bahan-bahan yang bisa melindungi hewan ternak Anda.

Baca Juga: PT Japfa Targetkan Kembangkan Bisnisnya di Kaltara

Contohnya Anda bisa memilih ijuk, seng, terpal atau beberapa bahan lain yang memang terbukti bagus dalam melindungi ayam di berbagai kondisi. Sementara bagian dinding juga tak kalah penting.

Untuk ini bisa menggunakan anyaman bambu maupun triplek. Bahan ini bisa digunakan pula untuk sekat antar kandang.

Lalu bagian lantainya lebih baik dicor semen dengan tujuan untuk mempermudah pembuangan kotoran.

Tapi kalau ini dirasa tidak memungkinkan, bisa menggunakan campuran serbuk gergaji, sekam dan kapur, yang diyakini bisa menjaga agar tetap bersih bahkan tidak becek kalau kena air. Jangan lupa untuk membuat lantai dengan ketinggian minimal 5 centimeter.

Meski desain kandang bermacam-macam, tapi secara umum bisa dibagi jadi dua tipe yakni tipe postal dan tipe baterai.

Untuk tipe postal, kandang ayamnya tidak memiliki sekat pemisah. Model ini cocok untuk anak ayam atau ayam hias. Tipe ini bentuknya juga bervariasi, mulai dari persegi hingga lingkaran.

Sebaliknya, tipe baterai merupakan kandang dengan sekat yang memisah-misahkan ayam. Tipe ini bisa dibuat dengan berbagai ukuran, bahkan bisa dibangun dalam ukuran sangat besar dan memiliki tingkat seperti halnya rumah manusia.

Buat sesuai kebutuhan
Ya, semua hal di atas tentu pada akhirnya ditentukan oleh kebutuhan masing-masing orang yang dipengaruhi jenis ayam hingga kemampuan finansial.

Misalnya jika Anda memelihara ayam dengan ukuran besar dan ingin membuat sekat pada kandang, maka ruang sekat tentu harus lebih besar sesuai ukuran tubuh ayam. Atau kalau memelihara ayam kampung, bisa membuat kandang postal ukuran kecil atau sedang saja, bahkan tak perlu membuat lantai.

Cukup menggunakan lantai tanah (alami), yang membuat ayam kampung lebih mudah beradaptasi.

Lagipula, lantai tanah bisa menyerap kotoran ayam dengan mudah dan membuat tanah di sekitarnya jadi gembur dengan sendirinya. Kalau tanah gembur, cacing akan muncul, lalu bisa jadi makanan alami ayam tersebut.

Kandang seperti ini tentunya lebih mudah pembuatannya dan memakan biaya yang lebih sedikit. Dianggap cocok bagi ayam kampung, karena kandang untuk ayam jenis ini hanya menggunakan kandang sebagai tempat berlindung saat malam dan berteduh saat hujan.

Baca Juga: Pelayanan Gmail Alami Gangguan, Pelanggan Mengeluh

Kalau untuk peternakan dalam skala besar yang tujuannya adalah hasil panen berlimpah, maka perlu pertimbangkan untuk membuat kandang ayam yang ideal meski memakan biaya relatif mahal.

Karena selain harga material yang terpilih dan berkualitas, Anda juga perlu konsultasi ke tukang yang sudah berpengalaman, khususnya mengenai desain kandang yang cocok. Tapi kalau Anda sedang mencari cara membuat kandang ayam petelur skala kecil, bisa mencoba beberapa langkah sederhana seperti di bawah ini.

Kandang Ayam KampungKandang Ayam KampungFoto: Doc

Berikut cara membuat kandang ayam skala kecil:

Persiapkan peralatan dan kumpulkan bahan
Untuk membuat kandang ayam, peralatan yang biasanya akan Anda butuhkan adalah gergaji untuk memotong balok kayu atau bambu, amplas, palu, paku dengan ukuran kecil dan sedang, hingga alat untuk mengukur seperti meteran dan pensil.

Jangan lupa juga menyiapkan sarung tangan untuk keamanan ya!
Setelah peralatan tersedia lengkap, saatnya mengumpulkan material alias bahan.

Ingin yang sederhana, Anda bisa coba cara membuat kandang ayam dari kayu dengan setidaknya menyediakan balok kayu berukuran 2 x 4 cm.

Lalu sediakan pula bambu secukupnya.
Sebagai tips, pilihlah bambu yang sudah cukup tua, karena diyakini akan lebih tahan lama.

Sementara untuk bagian atap, seperti yang dijelaskan sebelumnya, lebih baik gunakan bahan-bahan yang tahan air dan panas, misalnya seng, genteng atau ijuk.

Buat kerangka
Tentunya di tahap ini, sudah memiliki desain kandang sendiri. Kalau sudah, saatnya buat kerangka dengan memotong balok kayu sesuai kebutuhan.

Buat kerangka dengan tinggi kaki setidaknya 10 centimeter, kecuali kalau Anda ingin membuat kandang tanpa lantai. Jumlah kaki ini tentunya disesuaikan dengan panjang kandang. Jadi, kalau kandang yang dibuat cukup panjang, otomatis semakin banyak jumlah pasang kaki yang dibutuhkan.

Tinggi kerangka yang Anda buat di tahap ini juga sudah mencakup ruang untuk menampung kotoran ayam, dimana ini khususnya berlaku untuk cara membuat kandang ayam tingkat dengan tipe baterai. Dalam pembuatan ini juga sudah diperhitungkan ruang bagi pemasangan atap.

Sebagai tips dalam membuat kerangka, untuk balok kayu yang dipasang untuk panjang kandang, posisikan ukuran terpendek di bawah ya, tujuannya agar kayu tak mudah melengkung. Misalnya jika Anda menggunakan kayu ukuran 2x4cm, maka bagian yang 2cm ada di bawah.

Baca Juga: PT Japfa Targetkan Kembangkan Bisnisnya di Kaltara

Buat lantai kandang
Sebelum membuat dinding, pengerjaan akan lebih mudah jika Anda membuat lantai lebih dulu. Karena berfungsi sebagai penopang, maka sebaiknya pilihlah bahan yang kokoh, seperti bambu. Anda bisa manfaatkan yang berukuran kecil atau sedang tanpa perlu dibelah.

Gunakan amplas untuk menghaluskan permukaan bambu sebelum dipasang ke kerangka, sehingga aman dan tidak melukai kaki ayam. Tips saat membuat lantai ini, beri sedikit rongga alias jangan menyusun bambu terlalu rapat. Tujuannya agar kotoran ayam bisa jatuh ke bawah lebih mudah.

Selain bisa menyuburkan tanah di sekitar kandang, Anda juga bisa lebih mudah saat akan membersihkan kandang, karena kotoran ayam tidak menumpuk di lantai. Agar lantai lebih kokoh, Anda bisa memasang balok kayu di bagian tengah lantai bambu.

Pasang dinding
Material dinding bisa disesuaikan dengan ketersediaan bahan. Jika memperoleh bambu lebih mudah dan murah, maka gunakan bahan ini untuk dinding. Tapi kalau bambu terbatas, bisa gunakan ram kawat sebagai alternatif.

Misalnya jika menggunakan bambu, awali dengan membelah bambu jadi beberapa bagian dengan lebar 2-3 centimeter. Potong dengan panjang sesuai ukuran kandang, amplas dan paku ke kerangka.

Untuk dinding bagian depan, jangan lupa ya membuat pintu. Bahan untuk daun pintu juga bisa menggunakan kawat atau bambu, sementara kerangkanya bisa dibuat dari kayu.

Pasang atap
Untuk atap, sebaiknya dibuat miring di salah satu sisi. Dan bagian depan posisinya lebih tinggi dibanding bagian belakang.

Perhitungkan pula ukuran lebar dan panjang atap.

Tidak dianjurkan membuat atap dengan ukuran yang sama dengan kerangka, karena tentunya tidak bisa melindungi kandang dengan maksimal, terutama saat hujan. Jadi usahakan setiap sisi atap dibuat lebih panjang setidaknya 30 cm dari kerangka.

Nah, itu dia cara membuat kandang ayam sederhana dari bambu dan kayu. Semoga bermanfaat!

Editor: M Rusman

Pelayanan Gmail Alami Gangguan, Pelanggan Mengeluh
  • LABEL
  • ayam
  • bisnis
  • kandang
  • ternak
Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp
Berita sebelumyaCara Membuat Rumah Kayu Hemat Biaya, Sederhana Nan Cantik
Berita berikutnyaPemerintah Buka Lowongan 1 Juta Guru PPPK Pada 2021

Video

Advertising