Bagaimana perbedaan kehidupan manusia sebelum dan sesudah adanya teknologi

Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan dalam masyarakat. Lahirnya media sosial menjadikan pola perilaku masyarakat mengalami pergeseran baik budaya, etikan dan norma yang ada. Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar dengan berbagai kultur suku, ras dan agama yang beraneka ragam memiliki banyak sekali potensi perubahan sosial. Dari berbagai kalangan dan usia hampir semua masyarakat Indonesia memiliki dan menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana guna memperoleh dan menyampaikan informasi ke publik. Oleh sebab itu penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: apa pengertian media sosial, apa dampak media sosial terhadap masyarakat di Indonesia dan apa pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia.  Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian deskriptif adalah salah satu jenis penelitian yang tujuannya untuk menyajikan gambaran lengkap / eksplorasi dan klarifikasi mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial.

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Dampak positif dari media sosial adalah memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang, memperluas pergaulan, jarak dan waktu bukan lagi masalah, lebih mudah dalam mengekspresikan diri, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat, biaya lebih murah. Sedangkan dampak negatif dari media sosial adalah menjauhkan orang-orang yang sudah dekat dan sebaliknya, interaksi secara tatap muka cenderung menurun, membuat orang-orang menjadi kecanduan terhadap internet, menimbulkan konflik, masalah privasi, rentan terhadap pengaruh buruk orang lain. Adanya media sosial  telah mempengaruhi kehidupan sosial dalam masyarakat. Perubahan-perubahan dalam hubungan sosial (social relationships) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial dan segala   bentuk   perubahan-perubahan   pada   lembaga-lembaga kemasyarakatan didalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem  sosialnya,  termasuk  didalamnya nilai-nilai,  sikap  dan  pola perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Perubahan sosial positif seperti kemudahan memperoleh dan menyampaikan informasi, memperoleh keuntungan secara sosial dan ekonomi. Sedangkan perubahan sosial yang cenderung negatif seperti munculnya kelompok – kelompok sosial yang mengatasnamakan agama, suku dan pola perilaku tertentu yang terkadang menyimpang dari norma – norma yang ada.

Media Sosial Perubahan Sosial

Cahyono, A. S. (1). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI INDONESIA. Publiciana, 9(1), 140-157. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/79

  1. http://ptkomunikasi.wordpress.com/2012/06/11/pengertian-media-sosial-peran-serta-fungsinya/
  2. http://www.info-digitalmarketing.com/2013/12/sejarah-sosial-media-sejarah.html#sthash.K04wZepV.dpuf
  3. http://abcddy.blogspot.com/2013/12/makalah-bahasa-indonesia-pengaruh-media.html
  4. http://madces.blogspot.com/2011/10/pengaruh-media-social-network-terhadap.html
  5. http://ovaltinesusu.wordpress.com/2013/05/14/mediasosial-2/
  6. http://imasmulyarizee.blogspot.co.id/2014/06/karya-tulis-ilmiah-pengaruh-media.html
  7. http://ajrajr.blogspot.com/2011/10/pengaruh-media-sosial-terhadap.html
  8. http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
  9. http://ptkomunikasi.wordpress.com/2012/06/11/pengertian-media-sosial-peran-serta-fungsinya/
  10. http://hendrawan1.blogspot.com/2011/04/dampak-jejaring-sosial-bagi-masyarakat.html
  11. http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-internet/
  12. http://www.scribd.com/doc/21330504/Pengertian-Internet
  13. http://octahyuuga.wordpress.com/2009/03/02/dampak-negatif-dan-positif-dari-internet/
  14. http://yayang08.wordpress.com/2008/05/07/dampak-internet-bagi-pelajar/
  15. http://www.anneahira.com/pengaruh-internet-terhadap-prestasi-belajar-pelajar-5344.htm
  16. http://qotrinnidaaz.blogspot.com/2009/11/dampak-positif-dan-negatif-internet.html

JatimNetwork.com - Dalam artikel ini akan dibahas kunci jawaban tema 3 Kelas 6 SD MI halaman 7.

Adapun pertanyaan ataupun perintah yang akan dijawab melalui artikel ini adalah "apa perbedaan antara masa sebelum ada listrik dan setelah ada listrik?".

Soal ini terdapat pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI Tema 3 "Tokoh dan Penemuan", Subtema 1 Pembelajaran 1, Edisi Revisi 2017, terbitan Kemendikbud.

Baca Juga: Berikut Benda Elektronik di Rumah yang Menggunakan Energi Listrik, Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 SD Halaman 9

Sebelum menggunakan kunci jawaban ini sebagai acuan jawaban, ada baiknya adik-adik berusaha untuk menjawabnya sendiri terlebih dahulu.

Selain itu, artikel ini bisa dijadikan pembanding dan panduan bagi orang tua untuk memeriksa tugas anaknya.

Dikutip JatimNetwork.com dari berita KabarLumajang.com dengan judul KUNCI JAWABAN Tema 3 Kelas 6 SD MI Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, Subtema 1 Pembelajaran 1

Baca Juga: Kunci Jawaban Kelas 4 SD dan MI Tema 2 Halaman 77 Tentang Mendata Cara Temannya Berangkat Sekolah

Berikut adalah kunci jawaban tema 3 kelas 6 SD MI Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 7 yang ditulis alumnus Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta IKIP Negeri Surabaya, Indra Sukma, S.Pd.

Kunci jawaban halaman 7

Perhatikan bola lampu yang terdapat di dalam kelas dan nyalakan lampu tersebut! Menurutmu, apa perbedaan antara masa sebelum ada listrik dan setelah ada listrik?

Diskusikan jawabanmu secara berkelompok! Tuliskan hasil diskusimu pada bagan berikut!

Jawaban:

Sebelum ada listrik

- Malam hari akan gelap, tanpa penerangan dari lampu.

- Belajar dan beraktivitas saat gelap akan sulit, karena penerangan yang terbatas. Hanya menggunakan lilin atau api obor.

- Belum ada peralatan elektronik.

- Jangkauan komunikasi terbatas karena belum ada alat komunikasi.

- Harus menimba untuk mengisi bak air, karena belum ada pompa air.

- Karena belum ada televisi, hiburan rakyat dilakukan dengan berkumpul di suatu tempat untuk menyaksikan pertunjukan.

- Alat transportasi masih tradisional, dengan menggunakan tenaga hewan.

Baca Juga: Lengkapi Informasi Fungsi Organ-Organ Pencernaan Manusia, Kunci Jawaban Halaman 36 dan 37 Tema 3 Kelas 5 SD MI

Sesudah ada listrik:

- Masyarakat dapat menikmati hiburan dari rumah masing-masing, melalui televisi dan handphone.

- Malam hari tetap terang dengan lampu penerangan yang cukup.

- Tersedia alat-alat elektronik untuk memudahkan kegiatan.

- Jangkauan komunikasi tidak terbatas, karena tersedia alat komunikasi.

- Beraktivitas nyaman dilakukan kapan saja, baik malam atau siang.

- Mengisi bak air menjadi mudah, cukup menyalakan saklar pompa air listrik.

- Mobilitas masyarakat tinggi, dengan ditemukannya alat transportasi yang memudahkan perpindahan orang.

(Dwi Afrilianti/KabarLumajang.com)***

Disclaimer:

1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.


Page 2


Page 3


Page 4

Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Sedunia, Upaya Pengendalian Polusi?

Oleh Nurul Basmalah pada 04 Des 2016, 19:24 WIB

Diperbarui 04 Des 2016, 19:24 WIB

Perbesar

Persiapan Liburan (Ilustrasi/architectfeed.com)

Liputan6.com, Jakarta - Internet memasuki kehidupan manusia dengan tujuan mempermudah masyarakat. Jaringan yang dapat menghubungkan seluruh orang di dunia itu hampir ada dalam setiap aspek kegiatan. 

Seperti bermain, berbincang-bincang, hiburan, bahkan pendidikan, semuanya dipermudah oleh internet. 

Namun 'ketergantungan' masyarakat dengan internet menimbulkan pro dan kontra. Ada yang mengatakan itu adalah hal yang bagus, ada pula yang mengatakan jaringan tersebut menimbulkan dampak negatif. 

Seperti contohnya saja, cara bermain anak. Jika dulu mereka lebih banyak bermain di luar, kini anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu dengan handphone, dari pada bermain dengan teman. 

Tidak hanya itu, berikut Selengkapnya 10 ilustrasi kocak perbedaan kehidupan sehari-hari, sebelum dan setelah internet mendominasi kehidupan, seperti dikutip dari Architectfeed.com, Minggu (4/12/2016).

1. Pola Bermain Anak

Anak-anak yang besar pada tahun 1990-an tahu betul bagaimana asyiknya bermain di luar rumah. Dulu orangtua akan memarahi anak mereka karena susah diajak pulang. 

Sementara sekarang, anak-anak justru susah disuruh keluar rumah untuk bermain. Mereka lebih suka berdiam diri di dalam kamar, sambil memegang gadget mereka. 

2. Persiapan Liburan

Sebelum internet mendominasi kehidupan manusia, orang yang akan pergi berlibur pada umumnya akan menyiapkan kamera analog  lengkap dengan film rol. Teknologi lantas berkembang menjadikan kamera digital. 

Namun sekarang, mereka tetap mempersiapkan kamera, tapi lengkap dengan tongsis atau tongkat selfie. 

3. Berlibur

Sama halnya dengan persiapan liburan, bertamasya pun juga mengalami perubahan. Dulu, jika seseorang berlibur, mereka benar-benar mencari suatu tempat yang ingin mereka kunjungi dan menikmati perjalanan libur mereka.

Namun sekarang, tujuan utama berlibur adalah mendapatkan foto bagus untuk diunggah ke dalam akun media sosial seperti Instagram, Path, Facebook, dan Twitter.

4. Memasak

Saat mengalami kesulitan dalam memasak, seorang perempuan biasanya akan meminta bantuan dengan menelepon orangtuanya. Namun sekarang semuanya tinggal dicari dalam laman Google, dan Anda dapat masak apapun yang disuka. 

5. Meminta Bantuan

Pernahkah Anda mengalami kejadian lupa membawa handuk saat mandi? Atau kehabisan tisu toilet saat sedang buang air besar? Apa yang Anda lakukan?

Jawabnnya bisa berbeda-beda. Sebelum zaman serba modern seperti sekarang, seseorang yang berada dalam kondisi itu biasanya akan berteriak minta tolong.

Namun sekarang seseorang bisa menghemat energi dengan mengirimkan pesan singkat. 

6. Mencari Kekasih atau Tebar Pesona

Seorang pria yang tumbuh dewasa sebelum ada internet tahu bagaimana rasanya 'menggoda' pujaan hati mereka secara langsung tanpa bantuan orang lain. Mereka akan mendekati dan menanyakan hal-hal yang terkesan konyol. 

Namun sekarang, hal tersebut sudah jarang terjadi. Pria akan mencoba mendekati atau menggombali perempuan yang disuka melalui media sosial. 

7. Menyaksikan Film Bersambung

Anda yang tumbuh besar pada tahun 1990-an tentu tahu bagaimana rasanya menunggun kelanjutan film kesayangan Anda, yang ditayangkan ahanya satu kali seminggu. 

Berbeda dengan teknologi serba cepat sekarang, Tidak hanya 1 episode, dalam waktu beberapa hari saja Anda mungkin dapat menyaksikan 10 atau 15 episode sekaligus. 

Hanya saja Anda harus menunggu kelanjutan dari musim selanjutnya tahun depan.

8. Kecemburuan

Dulu kecemburuan seorang perempuan terhadap kekasihnya terjadi karena, sang pria mencoba melirik wanita lain di depannya. 

Kecemburuan itu masih ada hingga sekarang, hanya saja bertambah dengan adanya rasa tidak suka jika kekasihnya 'menyukai' status atau foto perempuan lain dalam media sosial. 

9. Pemberitahuan 

Pada zaman ketika surat kabar cetak masih berjaya, apapun akan dimuat orang ke lamannya. Termasuk informasi penjualan barang pribadi seperti mobil. 

Namun sekarang, dengan adanya internet sudah jarang ditemukan iklan pribadi dalam laman cetak. Seseorang biasanya akan menyebarkan informasi tersebut melalui pesan internet. 

10. Mendapatkan Informasi

Dulu mungkin Anda pernah berandai-andai, bagaimana jika manusia dapat mengakses seluruh informasi yang ada di dunia dalam sekejap.

Sekarang 'mimpi' itu terwujud, dengan adanya internet yang bisa menyambungkan dan memberikan semua informasi yang dibutuhkan. 

Lanjutkan Membaca ↓

  • Nurul BasmalahAuthor
  • Arie Mega PrastiwiEditor

TOPIK POPULER

POPULER

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10

Berita Terbaru

Berita Terkini Selengkapnya