Bagaimanakah kondisi bangsa indonesia pada masa penjajahan dan kemerdekaan beri 2 jawaban

Inilah Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan

11
Bendera Merah Putih berkibar di depan tugu Proklamator, Jakarta, Rabu (16/8). Jelang perayaan HUT RI ke-72, ratusan pelajar melakukan napak tilas perjuangan kemerdekaan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Bola.com, Jakarta - Indonesia mempunyai sejarah yang panjang demi menggapai kemerdekaan. Untuk bisa meraih kemerdekaan yang hakiki, bukan perkara mudah bagi bangsa Indonesia.

Apalagi tindakan sewenang-wenang penjajah menjadikan masyarakat Indonesia sengsara dan tak bebas menentukan nasibnya sendiri.

Baca Juga

  • 36 Kata-Kata Motivasi untuk Memulai Bisnis dan Jadi Pengusaha
  • Pengertian P3K, Tujuan, Tahapan, Prinsip, Jenis Obat, dan Peralatan yang Diperlukan
  • Pengertian Seni Rupa Tiga Dimensi, Unsur, Prinsip, Jenis, dan Contohnya

Pembacaan proklamasi menjadi tanda berakhirnya masa penjajahan sekaligus kemerdekaan untuk Indonesia. Proklamasi menjadi pernyataan resmi tentang kemerdekaan dan terbebas dari belenggu penjajah.

Setelah berhasil menyatakan kemerdekaannya, Indonesia resmi menjadi negara yang berdaulat. Indonesia bebas untuk menentukan nasib bangsa tanpa harus dibelenggu para penjajah.

Rangkaian peristiwa bersejarahtersebut yang membawa perubahan besar bagi Bangsa Indonesia.

Alasan Bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan bisa terwakili dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 pada alinea pertama, yang menyebutkan 'Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa'.

Untuk mengetahui lebih dalam, berikut ini rangkuman mengenai alasan bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan, seperti disadur dari Liputan6, Kamis (22/10/2020).

2 dari 4 halaman

Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan

Ilustrasi bendera Indonesia. (Photo by crysia . on Unsplash)

Seperti yangsudah disebutkan di atas, alasan Bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan sudah tertuang dalam Pembukaan UUD 1945. Pada alinea pertama, terdapat alasan Bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan, yaitu karena kemerdekaan merupakan hak segala bangsa.

Penjelasan mengenai alasan Bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan berlanjut pada alinea-alinea selanjutnya. Tak hanya itu, pada alinea keempat, tercantum alasan Bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan, yaitu demi negeri dan masa depan seluruh penduduk negeri.

Kemudian pada alinea keempat Pembukaan UUD 1945, didapatkan alasan Bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan adalah untuk melindungi segenap bangsa secara lahir dan batin. Dengan begitu, akan timbul rasa aman dan nyaman tinggal di Tanah Air tercinta.

Selanjutnya, alasan Bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan ialah untuk memajukan kesejahteraan umum, yaitu supaya rakyat Indonesia lebih makmur dan lebih sejahtera daripada masa sebelum kemerdekaan.

Selain itu, alasan Bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sendiri. Pendidikan akan diunggulkan sehingga lebih banyak orang pintar yang bisa membangun Indonesia sendiri.

Bangsa Indonesia yang sudah memperoleh kemerdekaan juga turut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berlandaskan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

3 dari 4 halaman

Isi Undang-Undang Dasar 1945

Alasan di balik perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Credit: unsplash.com/Nick

Sebelumnya sudah disebutkan, untuk mengenali alasan Bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan, kamu perlu menilik pada Pembukaan UUD 1945. Alasan Bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan tertera jelas pada Pembukaan UUD 1945

Berikut isi Pembukaan UUD 1945, seperti dikutip dari situs Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI):

UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945

PEMBUKAAN

( P r e a m b u l e)

Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

4 dari 4 halaman

Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan

Ilustrasi Bendera Indonesia. (Photo by eberhard grossgasteiger on Unsplash)

Alasan Bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan tentu tidak muncul secara tiba-tiba begitu saja. Ada berbagai penyebab yang membuat semangat untuk merdeka dan berdiri sendiri makin bergelora. Hal ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor dari dalam diri bangsa sendiri, maupun faktor dari luar Bangsa Indonesia.

Mengutip dari situs Kemdikbud, lahirnya nasionalisme di Indonesia didukung oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal.

Berikut beberapa faktor internal yang membuat berkembangnya semangat nasionalisme di Indonesia:

  • Adanya penjajahan yang mengakibatkan penderitaan rakyat.
  • Adanya kenangan akan kejayaan masa lalu, seperti kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.
  • Munculnya kaum intelektual yang menjadi pemimpin pergerakan nasional.
  • Adanya diskriminasi rasial.

Sedangkan faktor eksternal yang menyebabkan lahir dan berkembangnya nasionalisme Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Kemenangan Jepang atas Rusia pada 1905 yang menyadarkan dan membangkitkan bangsa-bangsa Asia untuk melawan bangsa barat.
  • Munculnya paham-paham baru di Eropa dan Amerika yang masuk ke Indonesia, seperti liberalisme, demokrasi, nasionalisme, dan sosialisme.
  • Kebangkitan nasional di Asia dan Afrika, contohnya All Indian National Congress 1885 dan Gandhisme di India, serta adanya Gerakan Turki Muda di Turki.

Sumber asli: DPR-RI, Kemdikbud

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Husnul Abdi, Editor: Fadila Adelin. Published: 19/8/2020)

Berita video SportBites kali ini akan membahas klub sepak bola yang memiliki akun TikTok, Barcelona dapat likes terbanyak.

  • Indonesia
    Negara
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    Lihat Selengkapnya
    Indonesia
  • Sportylife
  • Apa
  • kemerdekaan
  • Kemerdekaan Indonesia
  • bangsa Indonesia
  • merdeka
  • Artikel Bola
  • Bola.com
Bola Babes: Ketemu Langsung Jonatan Christie dan Marko Simic! Ini Sifat Asli Mereka
powered by
  • 0%suka
  • 0%lucu
  • 0%sedih
  • 0%marah
  • 0%kaget
  • 0%aneh
  • 0%takut
  • 0%takjub

Kredit

  • Faozan Tri Nugroho
    Author
  • Aning Jati
    Editor

Bagikan

11

Video Populer

05:13

VIDEO: Highlights BRI Liga 1, Persebaya Surabaya Lumat Persib Bandung 3-0

04:22

VIDEO: Highlights BRI Liga 1, Persik Kediri Tundukkan Barito Putera 2 Gol Tanpa Balas

01:57

VIDEO: Shin Tae-yong Pastikan Elkan Baggott Belum Bisa Jadi Starter di Laga Pembuka Piala AFF 2020

01:53

VIDEO: Semangat Berlatih Timnas Indonesia Jelang Laga Perdana di Piala AFF 2020 Melawan Kamboja

04:36

VIDEO: Eksperimen Ralf Rangnick untuk Manchester United Berbuah Hasil Imbang Kontra Young Boys di Liga Champions

01:18

VIDEO: Tanggapi Sulitnya Persaingan di Grup B Piala AFF 2020, Shin Tae-yong Tetap Yakin dengan Timnas Indonesia

Foto Populer

11

Foto: Mengulik Kisah 5 Klub Tertua yang Tampil di Liga Inggris Musim Ini

6

Foto: Ribut Antar Pemain, Persebaya Surabaya Akhirnya Libas Persib Bandung 3-0 di Pertandingan Pekan ke-16 BRI Liga 1

4

Foto: 5 Pemain Timnas Indonesia yang Absen di Laga Perdana Piala AFF 2020

8

Foto: 7 Pasang Kakak Beradik Peraih Trofi Liga Champions, De Boer dan Neville Bersaudara Meraihnya Secara Bersamaan di Satu Klub

7

Foto: 5 Pemain yang Menghasilkan Cuan Tinggi saat Dilepas Real Sociedad, Antoine Griezmann Tertinggi

7

Foto: Ekspresi Muram Skuat Barcelona usai Dikalahkan Bayern Munchen dan Terjun ke Liga Malam Jumat