Bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah..

tirto.id - Terdapat sejumlah jenis teks yang perlu dipahami dalam materi pelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Salah satu jenis teks tersebut adalah teks tanggapan.

Mengutip buku Bahasa Indonesia karya Engkos Kosasih dan Restuti (2018:93) pengertian teks tanggapan adalah teks yang berisi pendapat berupa kritik, sanggahan, ataupun pujian terhadap suatu hal, seperti karya milik orang lain, lingkungan, kondisi sosial, fenomena budaya, peristiwa, dan lain sebagainya.

Teks tanggapan lebih berporos kepada sudut pandang pribadi dalam penyampaian suatu pendapat. Penulis dapat menanggapi teks berupa karya sastra, artikel, berita, film, karya pertunjukkan. Teks tanggapan juga bisa dibuat u untuk merespons fenomena tertentu di kehidupan masyarakat.

Meskipun memuat pendapat pribadi, penyusunan teks tanggapan dianjurkan memuat penilaian atau analisis yang objektif, logis, jelas, mudah dimengerti, serta menggunakan bahasa yang sopan.

Dalam modul Bahasa Indonesia kelas 9 terbitan Kemdikbud, terdiri atas 3 bagian, yakni evaluasi, deskripsi, serta tanggapan.

Evaluasi merupakan bagian awal dari struktur teks tanggapan. Bagian ini, berisi pernyataan atau komentar umum terhadap permasalahan yang sedang dibahas dalam teks tanggapan.

Sementara itu deskripsi berada di struktur tengah teks tanggapan. Deskripsi memuat informasi yang berhubungan dengan alasan si penulis mengomentari suatu pernyataan, dalam bentuk sikap menolak maupun mendukung.

Adapun penegasan adalah pernyataan yang berisi penegasan ulang berupa kesimpulan dan saran dari penulis. Hal ini berarti penegasan ada di bagian akhir struktur teks tanggapan dan memuat gambaran umum pendapat penulis tentang suatu persoalan yang ditanggapi.

Rumusan perbedaan 3 struktur teks tanggapan di atas adalah sebagai berikut:

1. Letak

-Evaluasi : Awal kalimat

-Deskripsi : Tengah kalimat

-Penegasan : Akhir kalimat

2. Isi

-Evaluasi: Pernyataan umum

-Deskripsi: Deskripsi permasalahan

-Penegasan: Simpulan

3. Pokok pembahasan

-Evaluasi: Menjelaskan fokus permasalahan yang dibahas

-Deskripsi: Berisi identifikasi dan klasifikasi permasalahan yang dibahas

-Penegasan: Memuat kesimpulan dan saran terkait permasalahan yang dibahas.

Contoh Teks Tanggapan Singkat Beserta Strukturnya

Untuk lebih memahami gambaran 3 struktur teks tanggapan, bisa dengan membaca contoh penulisannya. Berikut ini contoh teks tanggapan berdasarkan strukturnya.

1. Contoh Teks Tanggapan Bagian Evaluasi

Pemanasan global saat ini semakin mengkhawatirkan sehingga menyita perhatian publik internasional. Salah satu penyebab pemanasan global adalah penumpukan gas karbondioksida di bumi akibat aktivitas manusia.

Tingginya penggunaan kendaraan bermotor dengan bahan bakar dari fosil (BBM) selama ini menjadi salah sumber terbesar polusi gas karbondioksida di bumi. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia berencana mengurangi polusi dengan mendorong penggunaan kendaraan bertenaga listrik. Namun, apakah kendaraan listrik adalah solusi yang efektif untuk mengurangi polusi dan pemanasan global?

2. Contoh Teks Tanggapan Bagian Deskripsi

Kehadiran kendaraan bertenaga listrik di Indonesia sudah gencar disampaikan pemerintah kepada masyarakat. Hal ini dikuatkan dengan adanya rancangan peraturan presiden tentang percepatan program kendaraan listrik untuk kepentingan transportasi.

Polusi udara yang dihasilkan dari kendaraan bermotor berbahan fosil menyebabkan kualitas udara menjadi buruk. Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, menetapkan standar kualitas udara baik mengandung konsentrasi particulate matter (PM) 2,5 rata-rata 15 mikrogram per meter kubik (ug/m3) secara harian. Sementara itu, berdasarkan data terbaru, udara di Kota Jakarta konsentrasi particulate matter PM 2,5 di udara Jakarta rata-rata bisa mencapai 26,9 ug/m3. Salah satu pemicu utama polusi udara di Jakarta adalah penggunaan kendaraan bermotor yang tinggi.

Maka dari itu, kendaraan listrik diharapkan bisa mengurangi polusi asap yang dihasilkan dari kendaraan berbahan bakar fosil. Namun, harga kendaraan bertenaga listrik selama ini masih terbilang mahal. Infrastruktur pendukung seperti fasilitas servis mesin dan pengisian baterai juga belum tersedia secara memadai. Selain itu, sebagian pihak masih meragukan kesiapan Indonesia untuk beralih ke pengunaan kendaraan listrik.

3. Contoh Teks Tanggapan Bagian Penegasan

Peralihan ke penggunaan kendaraan listrik di Indonesia memerlukan persiapan matang. Persiapan itu bisa berupa penerapan kebijakan pajak yang bisa menekan harga kendaraan listrik, hingga pengadaan sarana pendukungnya.

Pemerintah sebaiknya menjadi contoh utama dalam penerapan kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini dapat diawali dengan penggunaan mobil dinas yang berbahan bakar listrik. Selain itu, Perusahaan Listrik Negara (PLN) pun perlu segera menyediakan pasokan listrik dan fasilitas pengisian baterai kendaraan yang memadai.

Baca juga artikel terkait CONTOH TEKS ULASAN atau tulisan menarik lainnya Chyntia Dyah Rahmadhani
(tirto.id - cdr/add)


Penulis: Chyntia Dyah Rahmadhani
Editor: Addi M Idhom
Kontributor: Chyntia Dyah Rahmadhani

Subscribe for updates Unsubscribe from updates

2 menit

Ada beberapa jenis teks yang perlu kita pelajari, salah satunya teks tanggapan. Supaya lebih mudah dipahami, simak contoh teks tanggapan beserta penjelasannya, yuk!

Teks tanggapan adalah teks yang memuat komentar atau evaluasi tentang suatu hal.

Sederhananya, teks ini bertujuan untuk mengutarakan pendapat melalui sudut pandang pribadi.

Menurut M. Anderson & Kathy A. dalam “Text Types in English (1997)”, sebelum memutuskan apakah kita ingin menerima sudut pandang, kita harus bersikap kritis terlebih dahulu.

Seperti teks anekdot atau jenis teks lainnya, teks tanggapan juga memiliki strukturnya sendiri.

Lebih lengkapnya, simak contoh teks tanggapan beserta penjelasannya berikut ini!

Ciri-Ciri dan Struktur Teks Tanggapan

scholarsenglish.id

Ciri-Ciri Teks Tanggapan

Ada beberapa ciri-ciri teks tanggapan yang perlu kamu pahami:

  • Teks tanggapan memuat tanggapan terhadap suatu peristiwa atau fenomena yang terjadi dengan disertai fakta dan alasan
  • Mengandung kaidah kebahasaan atau ciri kebahasaan yang dimiliki oleh teks tanggapan
  • Terdiri dari tiga struktur, yakni evaluasi, deskripsi, dan penegasan ulang

Struktur Teks Tanggapan

Selain ciri-ciri, adapun struktur teks tanggapan yang juga perlu kamu ketahui:

Evaluasi adalah bagian yang berisi pernyataan umum mengenai apa yang disampaikan oleh penulis dalam teks.

Deskripsi adalah bagian yang berisikan informasi mengenai data dan pendapat yang mendukung pernyataan atau sebaliknya melemahkan pernyataan.

Penegasan ulang adalah bagian yang memuat penegasan ulang terhadap apa yang telah diputuskan atau dilakukan.

Contoh Teks Tanggapan

sumber: kuliahkanada.com

1. Contoh Teks Tanggapan tentang Pandemi Covid-19

Evaluasi

Pandemi Covid-19 tengah melanda seluruh penjuru negeri, bahkan dunia pun. Bahaya mengerikan dari virus ini adalah penyebarannya yang sangat cepat dan berlipat ganda. Namun di balik itu, tampaknya ada dampak yang jauh lebih buruk. Covid-19 mengoyak-ngoyak persatuan bangsa. 

Deskripsi

Tak dapat dipungkiri, rasanya kebijakan pemerintah pusat dan daerah sangat sulit untuk menemukan titik tengah yang dapat disepakati untuk menangani pandemi ini secara efisien. Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, mengapa banyak pihak yang justru saling menyalahkan? Contohnya, bagaimana ketika sebagian kecil menteri mengkritik kebijakan gubernur Jakarta untuk mengadakan lagi PSBB ketat di DKI Jakarta.

Padahal, saya kira pertimbagnan beliau masuk akal dengan perhitungan berdasarkan sisa kapasitas rumah sakit yang tersedia untuk menangani pasien. Apabila tidak dilakukan PSBB ketat, maka kapasitas tersebut akan habis dalam kurun waktu tiga bulan saja. Di samping itu, sebagian kecil menteri tersebut mengatakan bahwa kita masih memiliki kapasitas rumah sakit yang memadai.

Penegasan Ulang

Pada akhirnya, jika tetap terus-terusan menyalahkan satu pihak, maka semua akan menjadi salah. Inti tanggapan saya mengenai hal kondisi ini adalah hal tersebut. D tengah pandemi yang tak kunjung usai ini, sebaiknya kita berhenti saling menyalahkan dan bergotong-royong mengatasinya.

2. Contoh Teks Tanggapan tentang Pemerintahan

Evaluasi

Saya tidak setuju dengan rencana diberlakukannya hukuman mati. Eksekusi mati yang dilakukan pemerintah salah satunya untuk terpidana terorisme. Seberat apapun hukum yang dilanggar terpidana, tidak ada yang berhak untuk merenggut hak dasar untuk hidup, termasuk negara sekalipun.

Deskripsi

Amnesty Indonesia mencatat ada 52 negara termasuk Indonesia yang masih menerapkan praktik hukuman mati. Indonesia pun mencatat angka vonis hukuman mati tertinggi dalam enam tahun terakhir, yakni 96 vonis hukuman mati.

Hukuman mati tidak akan menghilangkan atau menurunkan angka terorisme. Sebaliknya, kebencian justru akan semakin mengakar pada kelompok atau pengikutnya.

Penegasan Ulang

Memutus rantai terorisme tidak bisa dilakukan dengan cara singkat seperti menerapkan hukuman mati. Maka, saya tidak sepakat dengan adanya hukuman mati in.

***

Semoga bermanfaat, Sahabat 99.

Simak informasi menarik lainnya di Berita 99.co Indonesia.

Kunjungi www.99.co/id dan rumah123.com untuk menemukan hunian impianmu dari sekarang.

Dapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan properti, karena kami #PastiBisa dan selalu #AdaBuatKamu.

Kunjungi dari sekarang dan temukan hunian favoritmu, salah satunya Griya Reja Residence!