Bayi 1 bulan susah tidur kalau malam

Bayi susah tidur sering kali membuat orang tua harus terjaga sepanjang malam. Hal ini tentu dapat membuat Anda kelelahan. Jangan panik, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar Si Kecil dapat dengan mudah tidur nyenyak.

Jadwal tidur bayi tidak sama dengan orang dewasa. Umumnya, bayi baru lahir menghabiskan sekitar 16 jam atau lebih per hari untuk tidur. Lalu mulai usia 3–4 bulan, bayi sudah dapat tidur setidaknya lima jam berturut-turut.

Namun, durasi tidur ini tak selalu sama pada tiap bayi. Ada bayi yang bisa tidur dalam waktu yang lama, sehingga Anda bisa beristirahat selama ia tertidur. Namun, ada pula bayi susah tidur atau tidur dalam durasi yang singkat, sehingga Anda selalu terjaga dan sulit untuk beristirahat.

Penyebab Bayi Susah Tidur

Bayi susah tidur merupakan kondisi yang tidak dapat Anda hindari, setidaknya dalam 6 minggu pertama setelah kelahiran. Kondisi ini merupakan hal yang normal. Bahkan, kondisi bayi susah tidur ini mungkin bisa Anda hadapi sepanjang tahun pertama.

Ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab bayi susah tidur, terutama di malam hari, antara lain:

  • Bayi belum mengenal siang dan malam
  • Bayi sangat sensitif terhadap suara bising
  • Adanya perubahan pada tubuh bayi, seperti kedinginan, sehingga ia merasa tidak nyaman
  • Bayi merasa lapar

Namun, memasuki usia 3–6 bulan, pola tidur Si Kecil mungkin sudah menjadi lebih teratur. Umumnya, bayi pada usia ini tidur selama 14–15 jam sehari, yang mana sebanyak 4–5 jam waktu tidurnya dihabiskan di siang hari. Hal ini tentu saja membuat bayi lebih banyak tidur di malam hari, sehingga Anda bisa beristirahat dengan cukup.

Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur

Menghadapi bayi susah tidur memang bukan perkara mudah, terutama bagi orang tua baru. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda coba agar Si Kecil bisa dengan mudah tidur nyenyak dan Anda pun bisa beristirahat dengan tenang, di antaranya:

1. Buat jadwal harian untuk Si Kecil

Jadwal harian tak hanya berlaku untuk orang dewasa, tetapi juga bayi. Buatlah jadwal harian bayi Anda, mulai dari bermain, minum ASI, tidur siang, hingga tidur malam. Pastikan Anda menempatkan setiap aktivitas di waktu yang sama setiap harinya, sehingga bayi akan terbiasa dan lebih mudah tertidur.

2. Tunjukkan perbedaan siang dan malam kepada Si Kecil

Agar memudahkan bayi tertidur di malam hari, Anda dapat menunjukkan kepadanya perbedaan siang dan malam.

Pada siang hari, usahakan untuk mengajaknya bermain dan berbicara. Selain itu, pastikan pencahayaan di dalam ruang selalu terang, dan biarkan ia mendengar suara yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari, seperti bunyi mesin cuci atau lainnya.

Sementara pada malam hari, usahakan untuk tidak berbicara atau mengajaknya bermain terlalu lama. Kurangi juga pencahayaan dan suara di dalam rumah, agar Si Kecil bisa tidur dengan nyenyak.

3. Ciptakan rutinitas sebelum tidur

Rutinitas sebelum tidur dapat membantu mengatasi bayi susah tidur. Rutinitas harian menjelang tidur ini dapat berupa memandikan bayi, membacakan buku, atau memperdengarkan musik. Anda bisa mulai mengenalkan rutinitas menjelang tidur ini saat usia bayi menginjak 3 bulan.

4. Kenali tanda-tanda Si Kecil mengantuk

Saat bayi sudah tampak mengantuk, segera tempatkan ia di tempat tidur. Bayi yang mengantuk dapat ditandai dengan menguap, mengucek mata, banyak meregangkan tubuh, bahkan menangis.

Jangan sampai terlambat menidurkan Si Kecil, karena kondisi fisik bayi yang terlalu lelah justru membuatnya lebih susah tidur.

5. Berikan susu segera saat Si Kecil terbangun karena lapar

Kelaparan merupakan alasan umum bayi bangun di malam hari. Hal ini karena susu, terutama ASI, dicerna dengan cepat dalam tubuh bayi, sehingga ia lebih mudah lapar.

Jadi saat bayi Anda terbangun di malam hari karena lapar, segera berikan susu. Susui bayi dalam ruangan yang redup, sehingga Si Kecil dapat dengan mudah tertidur kembali.

6. Jangan mengajak Si Kecil bermain ketika terbangun

Saat Si Kecil terbangun di malam hari, hindari mengajaknya berinteraksi atau merespons ajakannya untuk bermain. Hindari juga memberinya mainan, agar dia tahu bahwa malam hari bukan saatnya bermain.

Selain beberapa cara mengatasi bayi susah tidur di atas, Anda juga bisa memberikan Si Kecil pijatan ringan atau mengganti bajunya dengan pakaian tidur. Jika Anda konsisten dalam melakukan rutinitas ini, bayi juga akan terbiasa dan dapat tidur lebih nyaman.

Namun perlu diingat, tidak semua cara di atas akan berhasil dalam mengatasi bayi susah tidur, karena pola asuh dan kondisi setiap bayi berbeda-beda.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut cara mengatasi bayi susah tidur, Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter anak untuk mendapatkan saran yang sesuai, maupun tindakan medis tertentu jika diperlukan.

Terakhir diperbarui: 17 November 2021

Kenapa bayi 1 bulan susah tidur di malam hari?

Ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab bayi susah tidur, terutama di malam hari, antara lain: Bayi belum mengenal siang dan malam. Bayi sangat sensitif terhadap suara bising. Adanya perubahan pada tubuh bayi, seperti kedinginan, sehingga ia merasa tidak nyaman.

Kenapa bayi umur 40 hari susah tidur?

Sulit tidur pada bayi berusia 40 hari seringnya sangat wajar terjadi sebab pola adaptasi bayi seusia ini masih kurang baik menyikapi lingkungan sekitarnya yang tidak senyaman saat di dalam rahim.

Bagaimana cara agar bayi tidur nyenyak di malam hari?

Trik agar Bayi Tidur Nyenyak Sepanjang Malam.
Ciptakan kebiasaan tidur yang membuat bayi nyaman. ... .
2. Iringi tidurnya dengan suara yang stabil. ... .
3. Ajak bayi lebih aktif di siang hari. ... .
4. Gendong bayimu sebelum tidur. ... .
Tenangkan bayi ketika menangis..

Apakah bayi 1 bulan jarang tidur?

Namun, mereka akan terbangun setiap beberapa jam untuk menyusu. Jam tidur ini sama halnya dengan jam tidur bayi 1 bulan berkisar antara 14 hingga 17 jam sehari, termasuk sekitar lima kali tidur siang. Jumlah jam tidur siang bayi 1 bulan ini adalah 6 hingga 7 jam.