beda m card dan e card jenius

Gw pernah baca kalo belanja di Steam atau bayar Netflix udah gampang & enak karena bisa pakai e-Card Jenius.

Emang bedanya apa kalau kartu yang didaftarin itu yang m-Card?

Kartu debit virtual Jenius untuk belanja online tanpa kartu kredit. e-Card tidak berupa kartu fisik melainkan virtual yang bisa diakses di dalam aplikasi Jenius.

SELENGKAPNYA

Sudah tidak asing lagi dengan rekening tabungan Jenius, iklan dan juga tim marketing sudah ada dimana-mana. Tabungan yang satu ini bisa dibilang sangat lengkap dan tabungan masa kini, cocok bagi milenial zaman now. Kegunaan dan perbedaan m-Card, e-Card, x-Card Jenius harus Anda pahami, jika Anda sudah berhasil membuat Jenius card.

Bagi Anda yang belum mempunyai Jenius card segera buka tabungan Jenius secara gratis, baca postingan panduan Cara Membuat Jenius Card yang sudah saya bahas beberapa hari yang lalu.

Saking lengkapnya terkadang Anda sampai dibuat bingung oleh Jenius mengenai rekening tabungan yang dibuat, mulai dari m-Card, e-Card dan juga x-Card. Maka dari itu Anda harus mengerti kegunaan dari masing-masing kartu tersebut.

Fungsi dan Kegunaan m-Card, e-Card, x-Card pada Tabungan Jenius

1. m-Card

m-Card Jenius adalah kartu debit utama yang dapat digunakan untuk transfer, tarik tunai di ATM Bersama/PRIMA/Mancanegara dan juga bertransaksi online/offline di seluruh merchant Visa. Kartu m-Card Jenius akan langsung dikirimkan ke alamat Anda, jika sudah mengaktifkan akun Jenius.

Anda juga dapat bertransaksi/tarik tunai dengan mata uang asing USD, SGD & JPY. Untuk menggunakan mata uang asing Anda bisa mengaktifkannya selama hari kerja setiap pukul 08.00 WIB s.d 16.00 WIB, langsung dari aplikasi Jenius.

2. e-Card

e-Card Jenius adalah kartu debit virtual yang digunakan untuk bertransaksi online tanpa menggunakan kartu kredit di seluruh merchant Visa, seperti halnya belanja online di AliExpress, verifikasi Paypal dan membayar tagihan musik streaming. e-Card tidak memiliki bentuk fisik, hanya tersedia di aplikasi Jenius setelah Anda aktifkan.

Untuk mengaktifkan e-Card sangatlah mudah, silahkan tunggu m-Card Jenius yang dikirimkan ke alamat Anda, jika sudah sampai silahkan lihat dibelakang kartu ada kode CVV sebagai verifikasi kartu e-Card Anda dan buat pin Anda.

3. x-Card

x-Card Jenius adalah kartu debit tambahan yang memiliki fungsi hampir sama dengan m-Card dan dapat digunakan untuk mengatur pengeluaran yang lebih spesifik, seperti belanja atau membayar transportasi. x-Card bisa Anda dapatkan secara gratis pada aplikasi Jenius dengan maksimal pembuatan 3 x-Card.

Perbedaan m-Card, e-Card dan x-Card Jenius

Sangatlah jelas mengenai perbedaan m-Card, e-Card dan x-Card Jenius, berikut ini perbedaanya yang sudah saya rangkum:

  • Untuk m-Card Jenius memiliki kartu fisik sebagai kartu debit utama dan ada nama Anda pada kartu tersebut.
  • Sedangkan e-Card tidak memiliki kartu fisik yang tujuan utamanya digunakan sebagai pembayaran online di merchant Visa (kartu debit virtual).
  • Kalau x-Card merupakan kartu tambahan yang memiliki bentuk fisik seperti m-Card akan tetapi tidak ada nama Anda pada kartu tersebut, Anda juga dapat request pembuatan x-Card GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) untuk melakukan transaksi offline seperti pembayaran, transfer uang, atau tarik tunai tanpa biaya di semua mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau Electronic Data Capture (EDC) mana pun yang berlogo GPN di seluruh Indonesia.

Eirudo balik lagi dengan tips-tips finansial kamu agar kehidupan kamu lebih nyaman dan tentram. Siapa sih yang gak mau urusan finansialnya tentram? Woh... Menyangkut duit loh ini. Apalagi soal keamanan.

Bicara soal keamanan nih, Eirudo mau ingetin barangkali kamu belum tahu. Apa tuh? Jangan pernah pakai m-Card Jenius untuk verifikasi akun PayPal! Loh? Kenapa kok jangan?

Seperti yang kita tahu, Jenius dari Bank BTPN ini memiliki vitur VISA debit online yang bisa kita gunakan selayaknya kartu kredit. Jadi bisa digunakan untuk bertransaksi online. Karena bisa digunakan untuk transaksi online, tentu saja juga bisa digunakan untuk verifikasi PayPal.

PayPal sendiri, baru akun kamu terverifikasi dan menaikkan limitnya jika kamu menghubungkan kartu kreditmu ke akun PayPal yang kamu punya. Bisa menggunakan VISA ataupun Master Card. Apakah harus menggunakan kartu kredit? Nggak kok. Kartu debit pun juga bisa.

Nah, semenjak kemunculan Jenius yang membawa fitur-fitur keren dari sekedar perbankan pada umumnya, semua kartu Jenius juga telah dibekali oleh VISA debit online ini. Yang sudah aktif dan bisa langsung digunakan. Semua jenis kartu fisik Jenius maupun yang virtual, semua bisa digunakan.

Sayangnya nih, mungkin sebagian dari kalian terlalu seneng karena telah memiliki rekening Jenius dan segera memverifikasi akun PayPal kalian dengan kartu Jenius yang kalian punya. Hingga melupakan sesuatu yang penting. Karena sangat berbahaya jika menggunakan m-Card Jenius untuk verifikasi PayPal.

Apakah keamanan Jenius sangat lemah?

Tidak, bukan soal keamanan Jenius yang aku bahas di sini. Semua debit online Jenius sudah dilengkapi dengan 3D Secure yang memerlukan authentikasi kode OTP, yang akan dikirimkan melalui sms kepada nomor HP yang terhubung dengan kartu setiap kali melakukan transaksi. Jadi setiap kalian menggunakan VISA Debit Online Jenius nih, kalian akan diminta memasukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS. Jadi keamanan kartu Jenius ini sangat terjaga.

Lalu? Masalahnya di mana?

Nah, dari pengalamanku bertransaksi menggunakan VISA Debit Jenius, kode OTP yang melalui sms hanya dikirimkan jika aku menggunakannya untuk bertransaksi pada online shop, marketplace, maupun merchant yang ada di Indonesia saja.

Aku sudah pernah menggunakan Jenius untuk Verifikasi PayPal, beli domain di Namecheap/Exabytes/LCN, bayar hosting, bayar di H&B, dan lainnya yang situs luar Indonesia. Tidak semuanya sih, namun sebagian besar. Dan semua transaksi/pembayaran terproses begitu saja tanpa harus memasukkan kode OTP terlebih dahulu. Karena mereka tidak mendukung 3D-secure. Ya, ada sih merchant luar yang menggunakan 3D-secure. Namun sepertinya tidak banyak. Karena rata-rata merchant Indonesia yang mendukung 3D-secure.

Karena itulah aku sarankan jangan menggunakan m-Card Jenius untuk verifikasi PayPal maupun untuk transaksi online.

Mengapa sebaiknya tidak menggunakan m-Card untuk verifikasi PayPal?

Jenius memiliki beberapa kartu yang berbeda seperti m-Card, e-Card, maupun x-Card. Nah, m-Card adalah kartu ATM utama Jenius. Yang terhubung langsung dengan akun Jenius kamu/rekening kamu. Menggunakan m-Card otomatis menggunakan saldo utama yang ada di rekening kamu. Berbeda dengan e-Card yang sifatnya virtual, dan x-Card yang sebagai kartu ATM tambahan. Sebelum digunakan, harus Top Up terlebih dahulu.

Karena m-Card terhubung langsung dengan semua saldo utama Jenius kamu, maka kamu harus berhati-hati menggunakannya untuk transaksi online. Ataupun verifikasi PayPal. Mengapa? Kita tidak bisa tahu (dan tidak bisa menjamin) semua situs di mana kita bertansaksi. Bayangkan jika informasi nomor Kartumu tercuri, kemudian carder tersebut menggunakan nomor kartumu. Bisa-bisa semua uang di rekening Jenius kamu habis.

Kartu yang terhubung pada akun PayPal

Apalagi untuk PayPal. PayPal akan mengambil dan dari kartu kita jika kita tidak memiliki saldo yang cukup. Bayangin aja nih, jika suatu saat (misal loh ya) akun PayPal kamu udah kena phising. Email dan password kamu sudah tercuri. Kemudian seseorang menggunakan akun PayPal kamu. Dia bisa dengan mudah loh menguras semua uang di rekening Jenius kamu. Kok bisa? karena kamu verifikasinya menggunakan m-Card. Alias kartu ATM utama di rekening Jenius kamu. Yang terhubung langsung dengan saldo utama.

Jika akun PayPal kamu tercuri, otomatis saldo di rekening Jenius kamu juga bisa dikuras dengan mudah. Karena PayPal menggunakan kartumu tanpa memerlukan kode OTP yang dikirim melalui SMS sebagai authentikasi.

Lalu? Verifikasi akun PayPal pakai apaan dong?

Lebih amannya, kamu gunakan e-Card (kartu virtual) atau x-Card (kartu tambahan) Jenius. Yang mana sebelum digunakan harus Top Up terlebih dahulu. Dengan begitu, resiko terkurasnya semua uangmu bisa diminimalisir. Karena e-Card dan x-Card Jenius tidak terhubung langsung dengan saldo utama di rekening kamu. Jadi lebih aman kan? Daripada menggunakan m-Card.

Berlaku juga untuk transaksi online

Tepat sekali. Hal ini juga berlaku untuk transaksi online. Berjaga-jaga jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti tercurinya informasi kartumu. Kalaupun e-Card atau x-Card kamu tercuri misalnya. Kalau ternyata saldonya cuman sedikit bahkan 0, kan aman-aman saja. Kamu cukup blokir kartumu, dan kamu akan mendapatkan ganti nomor kartu yang baru dari Jenius.

Bedanya m-Card, e-Card, dan x-Card Jenius apa sih?

m-Card Jenius adalah kartu ATM utama yang kamu terima setelah akun Jenius kamu diaktivasi. Yang warnanya Orange. Kartu tersebut terhubung langsung dengan semua saldo di rekening Jenius kamu. Makanya informasi kartunya jangan digunakan online. Kurang aman lah.

e-Card adalah kartu virtual. Semua nasabah Jenius diberikan 1 buah e-Card. Kamu bisa cek di aplikasi Jenius kamu. Nomor kartunya bisa kamu gunakan untuk bertransaksi online. e-Card menurutku yang paling cocok untuk transaksi online. Karena sifatnya virtual. Dan harus Top Up dulu sebelum digunakan. Jadi meskipun informasi kartunya tersadap/tercuri, akan aman saja jika kartunya belom kamu Top Up. Karena tidak ada isinya. Hehe.

Kalau sudah terlanjur Top Up, kemudian informasi kartunya tercuri, bagaimana dong? Ya kamu bisa refund atau mengembalikan saldo pada kartu kamu tadi ke saldo utama. Jadi pakai Jenius itu udah enak banget. Kamu bisa Top Up maupun refund dana antar kartu sesuka hati sesuai kebutuhan. Dan jangan lupa, jika info kartumu tercuri sebaiknya kamu blokir dengan segera langsung dari aplikasi Jenius kamu. Maka secepatnya kamu akan mendapatkan nomor kartu yang baru.

x-Card Jenius adalah kartu fisik tambahan Jenius. Sama seperti e-Card namun yang ini ada kartu fisiknya. Jadi bisa digunakan untuk tarik tunai di ATM maupun bayar di merchant juga. Informasi kartunya juga bisa digunakan online. Namun kurang cocok ya. Kenapa? Kalau kamu memblokir x-Card, maka nggak akan langsung dapet nomor kartu baru seperti e-Card. Kamu harus nunggu lagi untuk kartu barunya dikirim ke alamat kamu.

Jadi, yang paling cocok untuk verifikasi PayPal ataupun transaksi online adalah e-Card Jenius.

Untuk jelasnya, kamu bisa cek gambar di bawah ini.

Bagaimana? Sudah tau alasannya kan jangan pakai m-Card Jenius untuk bertransaksi online? Bukan soal Jenius yang gak aman kok. Namun apa salahnya berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan 🙂

Catatan

Postingan ini ditulis berdasar opini/pendapat pribadi saya, atau cara saya menjaga keamanan akun. Jika kalian memiliki cara yang berbeda, sah-sah aja kok 🙂

Jadi kalian gak wajib mengikuti cara seperti diatas. Diatas hanyalah "caraku" untuk menjaga akun tetap aman. Jika kalian suka cara yang lain, ya boleh aja. Gak ada yang ngelarang kok 😀