Berapa gambar hasil tahap-1 sebagai berikut yang dideteksi sebagai wajah tersenyum

berapa peluang munculnya sisi bukan angka dari percobaan dilambungkan dua logam Pake cara yaa

Tolong di jawab ya nanti saya kasih bintang 5 ​

tolong di bantu ya kak mau di kumpulin bentar lagi ​

apabila panjang p=15cm d=17cm r=11cm panjang r adalah​

Rita menabung disebuah bank Rp.6.000.000.00 setelah 8 bulan uangnya menjadi Rp.636.000,00 berapakah jumlah uang Rita jika ia menabung selam a 12 bulan … ?​

Dalam keranjang terdapat 6 bola warna oranye, 5 bola berwarna merah, dan 4 bola berwarna putih jika di ambil sebuah bola secara acak maka peluang tera … mbilnya bola berwarna oranye adalah

sebuah kolam renang berisi penuh dengan air mempunyai ukuran panjang 20m dan lebar 5m kedalam air yang ujung dangkalnya 1m dan yang paling dalam 3m be … rapa liter volume air pada kolam.

Ahmad les berenang setiap 5 hari, banu setiap 6 hari, dan citra setiap 3 hari. mereka bertiga les berenang berbarengan keenam kali pada tanggal 29 okt … ober 2019. mereka bertiga les berenang kedua kali pada tanggal .

Air dalam kemasan plastik bersuhu 21o c dimasukkan ke lemari es sehingga suhunya menjadi -15o c. beberapa saat kemudian, air yang telah membeku ini di … keluarkan dari lemari es sehingga suhunya naik 4 o c. selisih suhu awal dengansuhu air sekarang adalah

Ahnaf memiliki uang rp. 30.000,00 untuk membayar pembeliani 2 buah buku tulis dan 3 buah pencil. jika harga sebuah buku tulis rp. 6.500,00 dan harga s … ebuah pensil rp. 1.250,00, maka ia akan menerima uang pengembalian uang sebanyak …. * rp. 26.750,00 rp. 16.750,00 rp. 14.250,00 rp. 13.250,00

PengantarTantangan Bebras Indonesia adalah kompetisi yang dilaksanakan secara online dan serentak denganmemberikan soal-soal yang telah dipersiapkan dalam Workshop Bebras Internasional, pada periodebebras week di minggu kedua bulan November.Tantangan Bebras Indonesia dibagi dalam 3 kategori, yaitu:1. Siaga, untuk siswa SD dan yang sederajat2. Penggalang, untuk siswa SMP dan yang sederajat3. Penegak, untuk siswa SMA dan yang sederajat.Untuk kategori Siaga [SD] diberikan 10 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 40 menit. Untukkategori Penggalang [SMP] dan Penagak [SMA] masing-masing diberikan 12 soal yang harus diselesaikandalam waktu 45 menit.Tantangan Bebras Indonesia 2017 dapat berjalan lancar berkat dukungan penuh dari GDP Labs yangmenyediakan dan mengelola //olympia.id sebagai sistem aplikasi untuk lomba online. Selain dariitu juga LAPI Divusi yang membantu mengelola situs //bebras.or.idSelain dari itu para Koordinator Bebras Biro dan tim yang tersebar di 33 perguruan tinggi di seluruhIndonesia yang langsung berhubungan dengan para siswa dalam menyelenggarakan Tantangan BebrasIndonesia 2017.Penyiapan soal-soal dan pengelolaan Tantangan Bebras Indonesia 2017 dilaksanakan oleh TimOlimpiade Komputer Indonesia [TOKI], yaitu: Inggriani [ITB], Adi Mulyanto [ITB], Suryana Setiawan [UI],Julio Adisantoso [IPB], Rully Soelaiman [ITS]. Yudhi Purwananto [ITS], Yugo K. Isal [UI], dan Fauzan JokoSularto [UPJ]. Penyiapan soal juga dibantu oleh Mewati Ayub [UKM], Cecilia Nugraheni dan VaniaNatalia [Unpar], serta penyiapan buku ini dibantu oleh Inez Perera, dan Rana R. Natawigena.Bahan belajar Computational Thinking Tantangan Bebras Indonesia 2017 ini dibagi dalam tiga bukusesuai kategori, yaitu buku untuk Tingkat SD [Siaga], Tingkat SMP [Penggalang], dan Tingkat SMA[Penegak].Karya ini dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-Non CommercialNo Derivatives 4.0 International [CC BY-NC-SA 4.0]Hal ini berarti Anda bebas untuk menggunakan dan mendistribusikan buku ini, dengan ketentuan:- Attribution: Apabila Anda menggunakan materi-materi pada buku ini, Anda harus memberikan kreditdengan mencantumkan sumber dari materi yang Anda gunakan.- Non Commercial: Anda tidak boleh menggunakan materi ini untuk keperluan komersial, sepertimenjual ulang buku ini.- ShareAlike: Apabila Anda mengubah atau membuat turunan dari materi-materi pada buku ini, Andaharus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.Tantangan Bebras Indonesia 2017 – Tingkat SMP [Penggalang]1

Computational ThinkingKemampuan berpikir kreatif, kritis dan komunikasi serta kolaborasi adalah kemampuan yang palingpenting dalam [21st century learning] pembelajaran di abad kedua-puluh-satu, di antara kemampuankemampuan lainnya seperti membaca, matematik, sains. Siswa zaman sekarang perlu untukmengembangkan keterampilan berpikir, menguasai pengetahuan tentang konten dari persoalan yangdihadapi [content knowledge], dan mempunyai kompetensi sosial dan emosional untuk mengarungikehidupan dan lingkungan kerja yang semakin kompleks.Di bidang “Computing” [diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “Informatika”], kemampuanberpikir yang perlu dikuasai sejak pendidikan dasar adalah “Computational Thinking“ [CT]. CT adalahproses berpikir untuk memformulasikan persoalan dan solusinya, sehingga solusi tersebut secara efektifdilaksanakan oleh sebuah agen pemroses informasi ["komputer", robot, atau manusia]. CT adalahsebuah metoda dan proses berpikir untuk penyelesaian persoalan dengan menerapkan: Dekomposisi dan formulasi persoalan, sedemikian rupa sehingga dapat diselesaikan dengancepat dan efisien serta optimal dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu; Organisasi dan analisis data secara logis; Representasi data melalui abstraksi dalam bentuk model, dan melakukan simulasi; Otomasi solusi melalui berpikir algoritmik [langkah-langkah yang terurut]; Identifikasi, analisis, dan implementasi solusi yang mungkin dengan tujuan langkah dansumberdaya yang efisien dan efektif; Pengenalan pola persoalan, generalisasi serta mentransfer proses penyelesaian persoalan kesekumpulan persoalan sejenis.CT adalah sebuah cara berpikir untuk memecahkan persoalan, merancang sistem, memahami perilakumanusia. CT melandasi konsep informatika. Di dunia saat ini dimana komputer ada di mana-mana untukmembantu berbagai segi kehidupan, CT harus menjadi dasar bagaimana seseorang berpikir danmemahami dunia dengan persoalan-persoalannya yang semakin kompleks. CT berarti berpikir untukmenciptakan dan menggunakan beberapa tingkatan abstraksi, mulai memahami persoalan sehinggamengusulkan pemecahan solusi yang efektif, efisien, “fair” dan aman. CT berarti memahamikonsekuensi dari skala persoalan dan kompleksitasnya, tak hanya demi efisiensi, tetapi juga untukalasan ekonomis dan sosial.Di negara maju, “Computer Science” [yang di Indonesia diterjemahkan sebagai “Informatika”] sudahmulai diajarkan sejak usia dini di tingkat pendidikan dasar, dengan materi dan kegiatan yang dirancangdengan mengacu ke kerangka kurikulum yang disusun oleh persatuan guru-guru, asosiasi profesiinformatika, perusahaan terkemuka di bidang informatika dan TIK, serta organisasi-organisasi nirlabayang peduli terhadap perlunya edukasi tentang informatika sejak usia dini [//k12cs.org].Kerangka kurikulum Informatika tersebut mendefinisikan lima bidang pengetahuan yaitu: SistemKomputer [CE], Jaringan Komputer [NW], Analisis Data [DA], Algoritma dan Pemrograman [AP], danAspek Sosial dari pemanfaatan Informatika [SOC]. Selain pengetahuan, juga didefinisikan praktekpraktek komputasi untuk mengemas pengetahuan dan memraktekkannya, yaitu: pembinaanmenumbuhkan budaya komputasi, menciptakan artifak, berkolaborasi untuk mewujudkan suatu produkTIK, menguji dan memperbaiki/menyempurnakan artefak TIK, mengenali dan mendefinisikan problemaproblema komputasi, berkomunikasi tentang komputasi, dan mengembangkan serta menggunakanabstraksi.Gambar 1. Hubungan Computational Thinking, Informatika dan TIKTantangan Bebras Indonesia 2017 – Tingkat SMP [Penggalang]2

Bagaimana Belajar Computational Thinking?Berpikir itu dapat dipelajari dan diasah dengan berlatih, serta mengkonstruksi pola pikir berdasarkanpengalaman. Computational Thinking juga dapat dipelajari dengan cara berlatih menyelesaikanpersoalan-persoalan yang terkait komputasi, melalui persoalan sehari-hari. Lewat latihan-latihan yangmenarik, siswa menerapkan teknik yang cocok [dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola, representasidata, algoritmik] untuk mendapatkan solusi. Setelah latihan, siswa diharapkan melakukan refleksi sertamengkonstruksi pengetahuan berpikir, kemudian membentuk pola berpikir komputasional, yangsemakin lama semakin tajam, cepat, efisien, dan optimal.Apa perbedaan ICT/TIK [Teknologi Informasi dan Komunikasi] dengan Informatika?Sejalan dengan itu, ICT [Information and Communication Technology, dalam bahasa Indonesia disebutTeknologi Informasi dan Komunikasi/TIK] mulai dibedakan dengan Informatika. TIK mengarah kepenggunaan teknologi dan perangkat/gadget, sedangkan Informatika mengarah ke keilmuan dan desainproduk-produk informatika baik yang nyata [piranti pintar], maupun yang abstrak seperti programaplikasi, dan algoritma.Kemampuan TIK lebih mengarah ke penggunaan teknologi dan perangkat/gadget, sedangkanInformatika mengarah ke keilmuan komputasinya. Penggunaan TIK yang dimaksud bukan hanyaketrampilan menggunakan gadget dan aplikasinya, tetapi juga kemampuan untuk menggunakan danmemanfaatkan konten dengan bijak.Agar bangsa Indonesia mampu bersaing dengan negara lain, anak Indonesia tidak cukup menjadipengguna teknologi saja, melainkan harus lebih kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk-produkTIK. Untuk ini, siswa perlu mempelajari informatika.Tantangan Bebras Indonesia 2017 – Tingkat SMP [Penggalang]3

Tantangan Bebras[Bebras Computational Thinking Challenge]Situs: //bebras.orgBebras challenge [semula adalah Algoritmic Challenge kemudian menjadi Computational ThinkingChallenge], diinisiasi oleh Prof. Valentina Dagiene dari Lithuania sejak tahun 2004, adalah kompetisiyang diadakan tahunan bagi siswa berumur 5 s.d. 18 tahun dan sudah diikuti oleh sekitar 1.3 juta siswayang berasal dari 50 negara. Komunitas Bebras sebagian besar adalah para pembina IOI seperti halnyaIndonesia, adalah sekumpulan akademisi yang peduli ke pendidikan informatika bagi siswa sekolahdasar dan menengah.Bebras mengikuti perkembangan CT, lewat “challenge” atau tantangan yang diberikan untuk problemsolving terkait informatika untuk kehidupan sehari-hari, yang disajikan secara menarik dan lucu. LewatTantangan Bebras, siswa diajak “membangun” ketrampilan berpikir untuk menyelesaikan persoalan,yaitu melalui pendekatan constructionism yang diperkenalkan oleh Seimort Papert dari MIT. Siswadiajak belajar dengan mencoba menjawab tantangan. Jadi, tantangan Bebras bukan lomba sekedaruntuk menang tetapi yang lebih penting adalah untuk belajar berpikir dan menyelesaikan persoalan.Kepada peserta yang meraih peringkat tinggi, akan diberikan sertifikat.Tujuan Tantangan Bebras: Memotivasi siswa Untuk mulai tertarik ke topik-topik informatika dan memecahkan persoalandengan menggunakan informatika Men-stimulasi minat siswa ke informatika Mendorong siswa untuk menggunakan “TIK” dengan lebih intensif dan kreatif dalam aktivitasbelajarnya Menyemangati siswa untuk berpikir lebih dalam dari pada sekedar ke komputer/alatnya danTIK.Tantangan bebras diselenggarakan sekali setahun pada saat hampir bersamaan di seluruh dunia,sepanjang pekan Bebras, yang ditetapkan pada minggu pertama bulan November.Tantangan Bebras Indonesia 2017 – Tingkat SMP [Penggalang]4

Bebras IndonesiaSitus: //bebras.or.idBebras dikelola oleh pembina Pusat/Nasional TOKI. Indonesia mulai bergabung ke komunitasinternasional bebras, dan untuk pertama kali mengadakan Tantangan Bebras dalam bahasa Indonesiapada tahun 2016. Tantangan diselenggarakan secara online digelar di 12 kota dengan 1553 peserta yangterdiri dari 193 peserta kategori Siaga [SD], 198 peserta kategori Penggalang [SMP], dan 968 pesertakategori Penegak [SMA/SMK/MAN] yang berasal dari 125 Sekolah [23 SD, 27 SMP, 75 SMA].Penyelenggaraan Tantangan Bebras dikoordinasi oleh Perguruan Tinggi yang menjadi Mitra bebrasIndonesia, dan dapat diselenggarakan di Perguruan Tinggi Koordinator atau di sekolah. Peserta adayang menggunakan komputer, tablet, bahkan handphone.Bagaimana Berpartisipasi pada Tantangan Bebras 2018?Pembina Bebras Indonesia bekerja sama dengan Perguruan Tinggi mitra dengan dukungan supporter.Perguruan Tinggi [diutamakan Program Studi Informatika dan Matematika] yang berminat untukmenjadi mitra Bebras akan dihubungkan dengan Perguruan Tinggi Pembina Utama TOKI, dan sekolahyang berminat untuk mengikut-sertakan siswa dapat menghubungi Perguruan Tinggi Mitra Bebrasterdekat. Sebagai bersiapan, Pembina Bebras tingkat Nasional juga bersedia menjadi narasumberuntuk pelatihan dosen/guru yang akan akan bergabung.Silahkan kontak via email ke [email protected] soal dan latihan online dalam bahasa Indonesia dapat diakses di //olympia.id.Untuk Latihan di arena Bebras IndonesiaSiapapun dapat berlatih secara mandiri di situs //olympia.id dengan langkah:1. Akses "Create New Account", atau dari: //olympia.id/login/signup.php2. Setelah mengisi data diri secara lengkap dan password benar, anda menekan "Create NewAccount", kemudian anda harus membuka email untuk konfirmasi.3. Buka email anda4. Klik link yang diberikan oleh Olympia ke email anda5. Anda melakukan "Enroll" ke Bebras Challenge.Tantangan Bebras Indonesia 2017 – Tingkat SMP [Penggalang]5

Negara-Negara KontributorSetiap soal di buku ini diberi bendera yang menandakan negara asal penyusun soal. Namun banyakpihak yang terlibat dalam mengedit, menerjemahkan, dan menyediakan material tambahan.Bebras Indonesia berterima kasih kepada komunitas Bebras internasional karena memungkinkan kamiuntuk menggunakan soal-soal yang telah mereka kembangkan.Bendera Negara Kontributor Soal-Soal pada Buku SMP Tantangan Bebras 2017Tantangan Bebras Indonesia 2017 – Tingkat SMP [Penggalang]6

DAFTAR SOALooooooooooooooooooooMembangun BendunganSenyumUpah MembantuKode KartuPedang dan PerisaiKursi MusikPesta Ulang TahunKiri KananLampu Merah BiruKota Penuh PutaranMenari Sesuai Sorakan PenontonMemindahkan DaduArea ParkirRobot Pengumpul PermenKurungJembatan HonomakatoMajalah DindingMembangun BendunganBarisan AnjingRobot[halaman 8][halaman 9][halaman 10][halaman 12][halaman 13][halaman 14][halaman 16][halaman 18][halaman 19][halaman 20][halaman 22][halaman 24][halaman 26][halaman 28][halaman 30][halaman 32][halaman 33][halaman 35][halaman 37][halaman 38]Tantangan Bebras Indonesia 2017 – Tingkat SMP [Penggalang]7

Membangun BendunganPENGGALANG [SMP]I-2017-IR-02Bebras Jordan menebang pohon dan memotongnya sehingga setiap pohon menghasilkan batang pohonyang panjangnya 10 meter.Bebras Ali ingin membangun bendungan dan membutuhkan kayu sepanjang 4 meter sebanyak 7batang, dan kayu sepanjang 3 meter sebanyak 7 batang. Ali dapat memotong batang pohon yang sudahdipotong Jordan sesuai dengan keperluannya. Jordan ingin memberikan batang pohon kepada Alidengan jumlah sesedikit mungkin.Tantangan:Berapa banyaknya batang pohon minimal yang dapat dipakai Ali untuk membangun bendungan?Pilihan Jawaban:o 5o 6o 7o 8Jawaban:Jawaban yang tepat adalah 6.Ini Informatika!Masalah “memotong-material” [“cutting-stock” problem] adalah persoalan untuk memotong materialyang panjangnya standar seperti pipa, atau batang kayu menjadi potongan-potongan material berbagaiukuran, dengan sesedikit mungkin material yang dipotong. Ini adalah contoh persoalan optimasi dalamindustri. Persoalannya dapat diformulasikan sebagai persoalan pemrograman linier.[//en.wikipedia.org/wiki/Cutting stock problem]Tantangan Bebras Indonesia 2017 – Tingkat SMP [Penggalang]8

SenyumPENGGALANG [SMP]I-2017-DE-02Berang-berang menemukan suatu alat untuk mendeteksi wajah tersenyum dengan kamera. Alattersebut bekerja dengan 2 langkah:Tahap-1: transformasi foto wajah menjadi semacam "smiley" yang diberi duatitik dan garis yang menunjukkan posisi mata dan mulut.Tahap-2: deteksi apakah wajah tersenyum dengan mencocokkan gambar hasil tahap-1dengan pola yang terdiri dari garis merah dan titik hijau. Wajah dideteksi sebagai wajahtersenyum, jika dan hanya jika gambarnya menyentuh semua titik hijau dan tidakmenyentuh garis merah.Tantangan:Berapa gambar hasil tahap-1 sebagai berikut, yang dideteksi sebagai wajah tersenyum?Jawaban:Jawaban yang benar adalah 4.Penjelasan: Gambar yang ditandai dengan x terdeteksi sebagai senyumIni Informatika!Ilmuwan/Ahli Informatika mengembangkan sistem yang dapat mengenali sesuatu [misalnya wajahmanusia] pada foto, atau kamera yang selalu hidup untuk menangkap citra. Teknologi ini sekarangmengadopsi konsep yang disebut mesin pembelajar, atau bahkan deep learning. Teknologi ini jugamemasukkan tahap pra pemrosesan citra, memodelkan, dan memakai aturan seperti yang diberikancontohnya pada tantangan ini.Adalah sangat penting bahwa pendekatan yang digunakan dalam latihan ini sangat disederhanakan, danmempunyai beberapa kekurangan. Misalnya, empat wajah yang diberikan sebagai alternatif jawaban,hanya dua yang secara tepat merepresentasi senyum. Anda harus mengingat baik-baik, bahwa kelak,rancangan sistem pengenalan citra yang sebenarnya, tidak menghasilkan seperti ini.Robot passport checker rejects asian man's photo having closed eyesResearch shows smartphone fingerprint scanners aren't as secure as we think they areTantangan Bebras Indonesia 2017 – Tingkat SMP [Penggalang]9

Upah MembantuPENGGALANG [SMP]I-2017-SI-05Untuk mengisi liburannya selama 6 hari, Ana dan Bobi merencanakan tinggal di desa nenek. Kebetulan,di sana ada tiga petani A, B, dan C yang membutuhkan bantuan untuk menggarap sawahnya masingmasing. Mereka menawari Ana dan Bobi upah jika mau membantu mereka. Masing-masing petanitersebut memberikan penawaran yang berbeda: Petani A menawarkan 10 ribu rupiah buat masing-masing [Ana dan Bobi] setiap hari. Petani B hanya akan memberi Bobi sepuluh ribu rupiah pada hari pertama kemudian setiapberikutnya menaikkan sebesar 10 ribu menjadi 20 ribu, 30 ribu, dan seterusnya, sementara iaakan memberi Ana di hari pertama 100 ribu rupiah dan kemudian diturunkan 10 ribu rupiahsetiap hari berikutnya menjadi 90 ribu, 80 ribu, dan seterusnya. Petani C tidak tertarik dibantu Bobi, sehingga ia hanya akan memberi 1 ribu rupiah di haripertama saja dan tidak akan memberi apapun di hari berikutnya. Sementara untuk Ana, ia akanmemberikan seribu rupiah pada hari pertama, lalu setiap hari berikutnya dua kali lipatsebelumnya. Jadi Ana akan mendapatkan seribu rupiah, 2 ribu rupiah, 4 ribu rupiah, 8 riburupiah dan seterusnya.Mereka berniat untuk melewati setiap hari masa liburnya di desa nenek dengan membantu petani, danmereka berdua sudah berjanji untuk bekerja pada petani yang sama. Mengenai upah, mereka jugadiam-diam sudah sepakat untuk membagi sama rata dari yang diperoleh berdua.Tantangan:Kepada petani yang mana mereka bekerja sehingga mendapat upah yang paling banyak ?Pilihan Jawaban:o Ao Bo Co A atau BJawaban:Jawaban yang tepat adalah B.Perhitungan upah petani A sangat sederhana. Masing-masing mendapat upah 50 ribu per hari, sehinggamasing-masing akan memperoleh 500 ribu rupiah selama 10 hari.Petani B lebih rumit perhitungannya: Bobi mendapat 10 20 30 40 50 60 70 80 90 100 Anna mendapat 100 90 80 70 60 50 40 30 21 10Bagaimana mendapatkan hasil penjumlahannya? Pada hari pertama, keduanya memperoleh 110rupiah, demikian juga 110 rupiah pada hari kedua . Secara keseluruhan, selama 10 hari keduanya akanmemperoleh 1100 rupiah, sehingga masing-masing akan mendapat 550. Hore!Petani C lebih sulit lagi. Ini hasil penjumlahan upah Ana dan Bobi:1 1 2 4 8 16 32 64 128 256 512 2 2 4 8 16 32 64 128 256 512 4 4 8 16 32 64 128 256 512 8 8 16 . . wah ada pola,Mari abaikan sisanya,Akan berakhir dengan: 512 512 1024Jika mereka membagi 1024 untuk mereka berdua, setiap anak akan memperoleh 512.Maka, jawabannya adalah Petani BTantangan Bebras Indonesia 2017 – Tingkat SMP [Penggalang]10

Ini Informatika!Ilmuwan/Ahli informatika seringkali melakukan perhitungan seperti yang dilakukan untuk pemecahanpersoalan ini. Misalnya jika ingin menghitung waktu eksekusi dari sebuah algoritma [upah adalahanalogi dari waktu eksekusi]. Upah yang diperoleh adalah waktu eksekusi dari operasi yang diperlukanuntuk suatu algoritma.Selain itu, perhatikan betapa efisien menjumlahkan upah petani B. Menjumlahkan semua angka,jumlahkan secara paralel dari depan dan belakang pada saat yang sama, dan membagi duaPada kasus ini, kasus terakhir menguatirkan, karena jumlah operasi berlipat dua setiap hari, yangmencerminkan dua kali jika data bertambah. Kalau Ana dan Bobi mempunyai waktu 1 hari lebih,mereka berdua akan mendapatkan upah dengan upah Bobo ditambah kelipatan dari upah.Tantangan Bebras Indonesia 2017 – Tingkat SMP [Penggalang]11

Kode KartuPENGGALANG [SMP]I-2017-CZ-02Terdapat lima kartu yang diletakkan berderet. Setiap kartu berisikan lambang hati dalam jumlahtertentu, dari kiri ke kanan secara berurutan adalah 16, 8, 4, 2, dan 1 hati. Di bagian bawah kartuterdapat tulisan angka 0 atau 1. Angka 1 dituliskan jika kartu diatasnya terbuka [dan terlihat gambarhatinya!]. Angka 0 dituliskan jika kartu tertutup. Kartu-kartu dapat digunakan untuk membangkitkankode-kode untuk angka-angka. Sebagai contoh, terdapat 9 gambar hati yang dapat terlihat padagambar berikut ini, sehingga kode untuk angka 9 adalah 01001.01001Tantangan:Temukan kode untuk 26 gambar hati.Jawaban:Jawaban yang benar adalah 11010.Ini Informatika!Hati ditempatkan di kartu sehingga hanya ada satu hati pada kartu sebelah kanan, dan setiap kartu disebelah kiri sesudahnya mengandung dua kali hati. Maka, akan ada 1, 2, 4, 8, dan 16 hati saat dibacadari kiri ke kanan.Dapat dibuktikan bahwa setiap angka dari 0 s.d. 31 dapat direpresentasikan dengan kombinasi tertentumenggunakan kartu tsb. Kita juga dapat melakukan perhitungan dengan menggunakan kartu-kartu ini.Pengaturan dari hati dipakai dalam sistem bilangan biner yang hanya menggunakan 0 dan 1, yangdipakai komputer untuk menyimpan informasi. Kita juga dapat mengkode teks, gambar, video, musikdengan hanya menggunakan bilangan 0 dan 1.Tantangan Bebras Indonesia 2017 – Tingkat SMP [Penggalang]12

Pedang dan PerisaiPENGGALANG [SMP]I-2017-JP-02Taro sedang bermain pedang dan perisai dengan 7 teman-temannya dan mem-foto-nya. Diagramberikut ini menunjukkan foto-foto posisi kesukaan mereka masing-masing.Mereka ingin memiliki foto-foto tersebut yang telah disusun menjadi satu gambar bersama, agar dapatdipasang di halaman sekolah. Dalam susunannya, setiap pedang harus menunjuk pada berang-berangyang lain, dan setiap perisai harus menghalangi pedang yang ditunjukkan kepadanya. Nah, Taro sudahmenempati suatu posisi I di pojok kanan bawah pada dalam gambar tersebut.Tantangan:Padankanlah foto-foto ke-7 teman-teman Lucia[bilangan 1 sampai dengan 7] dengan ruang-ruangyang masih kosong [huruf A, B, ., G] agar susunanyang diharapkan.Jawaban:Jawaban yang benar adalah:Ini Informatika!Ini sebenarnya adalah teka-teki yang sangat rumit. Hanya beberapa gambar yang mengarah padapencarian yang sangat memakan waktu di antara semua solusi yang mungkin [tetapi tidak benar]. JikaAnda menambahkan hanya satu gambar ke teka-teki 6 buah, Anda akan memiliki 6 kali lebih banyakkemungkinan berbeda untuk menempatkan 7 kartu di tempat-tempat kosong. Untuk n kartu, Andamemiliki [n-1]! 1 * 2 * 3 * . * [n-2] * [n-1] kemungkinan solusi yang berbeda. Jadi dalam hal ini ada720 kemungkinan solusi yang berbeda [tetapi hampir semuanya salah].Namun, dengan menggunakan pemikiran logis, ruang pencarian dapat dipangkas oleh banyak hal.Misalnya, semua berang-berang dengan tongkat menunjuk ke bawah harus ditempatkan di baris atas,dan hanya ada satu berang-berang yang dapat ditempatkan tepat di atas Lucia.Pencarian lengkap dapat dilakukan dengan menggunakan algoritma yang disebut backtracking. Ketikamenggunakan algoritma backtracking, ruang pencarian bisa menjadi sangat besar. Inilah sebabnyamengapa pemangkasan itu penting.Tantangan Bebras Indonesia 2017 – Tingkat SMP [Penggalang]13

Kursi MusikPENGGALANG [SMP]I-2017-MY-01Kelompok berjumlah 7 berang-berang memainkan "kursi-musik" yaitu berpindah kursi saat musikdimainkan.Saat musik dimulai, setiap berang-berang harus berpindah ke kursi searah dengan putaran jarum jam.Satu kursi dapat ditempati oleh lebih dari satu berang-berang.Pada setiap putaran, Berang-berang besar [A] akan berpindah tiga [3] kursi berlawanan arah jarum jam.Berang-berang sedang [C dan D] akan berpindah dua [2] kursi berlawanan arah jarum jam, sedangkanBerang-berang kecil [E, G, dan F] hanya akan berpindah satu [1] kursi searah jarum jam.Tantangan:Jika pada awalnya posisi masing-masing sebagaimana terlihat pada gambar di atas, kursi mana yangTIDAK diduduki berang-berangnya tepat setelah putaran ke-3?Pilihan Jawaban:Ο 2 dan 7Ο 3 dan 7Ο 1 dan 2Ο 1 dan 4Jawaban:Jawaban yang benar adalah 2 dan 7.Berang-berang besar pindah 9 kursi melawan arah jarum jam.Jadi A akan berpindah dari kursi 1 ke 6.B berpindah dari kursi 6 ke kursi 4.Berang-berang sedang pindah 6 kursi melawan arah jarum jam.C berpindah dari kursi 4 ke 5.D berpindah dari kursi 3 ke kursi 4.Berang-berang kecil pindah 3 kursi searah jarum jam.E akan pindah dari kursi 2 ke kursi 5, F dari kursi 7 ke 3, dan G dari kursi 5 ke 1.Tantangan Bebras Indonesia 2017 – Tingkat SMP [Penggalang]14

Jadi setelah putaran ke-3, kursi 1, 3, dan 6 akan ditempati oleh 1 berang-berang di setiap kursi,sedangkan kursi 4 dan 5 akan ditempati oleh 2 berang-berang di setiap kursi.Hanya 2 kursi yang kosong, yaitu kursi 2 dan 7.Ini Informatika!Salah satu cara untuk memecahkan masalah ini adalah dengan mengingat bahwa semua gerakan setiapberang-berang tetap sama sepanjang putaran. Penguraian informasi tersebut memungkinkan kita untukfokus pada masalah mereka tanpa terganggu oleh pengulangan yang menyertainya. Dengan melakukanini, Anda dapat menyederhanakan algoritma dan mengidentifikasi polanya.Tantangan Bebras Indonesia 2017 – Tingkat SMP [Penggalang]15

Pesta Ulang TahunPENGGALANG [SMP]I-2017-SK-07Patra tinggal di desa Beaveral. Ia ingin mengundang teman-temannya untuk merayakan ulangtahunnya.Namun ia hanya mengundang teman-teman yang tinggal tidak lebih dari 20 km dari rumahnya agar takkemalaman pulang. Jarak rumah teman-temannya dimunculkan dalam angka pada peta ssebagaiberikut.Tantangan:Teman-teman yang diundang, dan rumahnya berjarak lebih dari 17 akan disediakan jemputan.Tentukan teman-teman Patra yang diundang dan akan dijemput.Pilihan Jawaban:o Ranbyo Stowo Moldo Blytho Sarono Holto RandJawaban:Jarak paling pendek dari Beaveral ke setiap desa lainnya dapat diperoleh dengan menjumlahkan jalurantara desa-desa yang dilalui, dan menentukan yang minimal. Hanya desa dengan jarak lebih kecil dari20 km yang akan dicatat.Urutan mulai dari paling dekat sampai terjauh dicatat untuk meyakinkan bahwa semua sudah diperiksa.Inilah cara algoritma Dijkstra's bekerja:Wells 2 Bath 8 Ranby 12 Rand 13 2 11 [Bilby 13 8 21 terlalu jauh lewat jalan ini] Saron 16 8 8 [Penmon 16 8 24 terlalu jauh lewat jalan ini] Mold 17 [Weir 17 8 25 terlalu jauh lewatjalan ini] Stow 17 12 5 Blyth 18 8 10 [Holt 18 3 21 terlalu jauh lewat jalan ini] Holt 19 17 2Cara mengikuti jalan ini sesuai dengan algoritma Dijkstra, yang dijelaskan secara sederhana pada videosebagai berikut: //www.youtube.com/watch?v aBym6p-coic. Ini tambahan kecil, karena kitapunya batasan jarak saat kita mengeksplorasi graf.Tantangan Bebras Indonesia 2017 – Tingkat SMP [Penggalang]16

Ini Informatika!Informatika adalah ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan penyimpanan dan representasi informasi.Pada tantangan ini, sebuah peta merepresentasikan sebaran desa dan jarak di antaranya. Persoalan inibukan hanya tentang matematika sebab membutuhkan komputasi dan membandingkan, yangmerupakan bagian dari informatika. Teknik yang sama dapat dipakai untuk struktur yang lebihkompleks, misalnya peta. Selain menghitung jarak tempuh, harus memperhatikan desa tetangga yangmemenuhi persyaratan tertentu. Tantangan ini menguji anda apakah dapat mempunyai pandanganbenar mengenai struktur data ini, dan dapat memanfaatkan dengan data yang disimpan di dalamstruktur data tsb.Penjelasan lebih lanjut tentang “breadth-first search”, salah satu teknik untuk meneliti jalur dalamstruktur data graf, dapat ditermukan -first-search-and-its-usesTantangan Bebras Indonesia 2017 – Tingkat SMP [Penggalang]17

Kiri KananPENGGALANG [SMP]I-2017-BE-03aBerang-berang menciptakan sistem pengkodean kata yang disebut kode berang-berang, denganmemakai peta di atas: Setiap pohon di taman diberi nama dengan satu huruf. Kode untuk setiap huruf ditemukan dengan cara mencapai pohon tersebut dengan berbelok kiri [L]dan kanan [R]. Kode untuk setiap huruf selalu dimulai dari pintu masuk taman [bertanda panah].Contoh-contoh : Contoh 1: Kode untuk A adalah LL karena untuk mencapai pohon A dari pintu masuk taman kamuharus berbelok kiri dua kali. Contoh 2: Kode untuk kata BAR adalah LRLLLR.Tantangan:Berapa banyak huruf dalam kode berang-berang tersebut untuk kata BEAR? [Tuliskan angkanya!]Jawaban:Jawaban yang benar adalah 9.Tabel berikut ini berisi kode kiri/kanan untuk semua huruf:Sehingga BEAR akan dikode menjadi LRLLRRLLR yang terdiri dari 9 huruf.Ini Informatika!Jika suatu komputer mengganti huruf L dalam kode kiri/kanan dengan 0 dan huruf R dengan 1, makakode kiri/kanan menjadi apa yang disebut kode biner. Peta untuk taman menjadi suatu struktur datakomputer yang disebut pohon biner.Hal ini berarti rute yang panjang dan rumit dapat disimpan oleh komputer dengan sangat mudahmenggunakan ruang yang sangat kecil. Hal menarik mengenai kode ini adalah bahwa tidak diperlukankoma atau pemisah.Cobalah mengubah kode [decode] jawaban untuk melihat bahwa kamu tidak perlu spasi untukmenunjukkan kode untuk setiap huruf cukup dan mulai dengan kode baru. Jenis kode seperti ini disebutprefix code. Hal ini berarti kode menjadi lebih singkat.Tantangan Bebras Indonesia 2017 – Tingkat SMP [Penggalang]18

Lampu Merah BiruPENGGALANG [SMP]I-2017-CA-10Berang-berang Beta mengirimkan pesan kepada temannya menggunakan 7 lampu, setiap lampu bisaberwarna merah atau biru. Beta menggunakan 5 lampu pertama untuk menunjukkan huruf yangdikirimkan. Untuk menunjukkan bahwa pesan itu benar, Beta memakai 2 lampu sisanya sebagai berikut: Lampu ke 6 berwarna biru jika jumlah lampu biru di antara lima lampu pertama adalah genap;jika tidak maka lampu ke 6 berwarna merah. Lampu ke 7 berwarna merah jika jumlah lampu merah di antara enam lampu pertama adalahgenap; jika tidak maka lampu ke 7 berwarna biru.Ingatlah, 0 adalah bilangan genap. Sebagai contoh, jika Beta sudah menentukan lima lampu pertamasebagai:Maka lampu ke 6 harus berwarna biru [karena ada 2 lampu biru di antara 5 lampu pertama], dan lampuke 7 harus berwarna biru [karena terdapat 3 lampu merah di antara 6 lampu pertama]. Jadi, dia harusmemakai pola berikut ini:Tantangan:Manakah pola berikut ini yang merupakan pesan yang benar?Pilihan Jawaban:a]b]c]d]Tantangan Bebras Indonesia 2017 – Tingkat SMP [Penggalang]19

Jawaban:Jawaban yang benar adalah a]Terdapat 1 lampu biru di antara 5 lampu pertama, jadi lampu ke 6 harus berwarna merah. Dengandemikian terdapat 5 lampu merah diantara 6 pertama, jadi lampu ke-7 harus berwarna biru. Untukjawaban yang lainnya:o Untuk [A], lampu ke 7 seharusnya biru, karena terdapat 1 lampu merah diantara enam lampupertama;o Untuk [B], lampu ke 6 seharusnya bi

Siaga, untuk siswa SD dan yang sederajat 2. Penggalang, untuk siswa SMP dan yang sederajat . Apabila Anda menggunakan materi-materi pada buku ini, Anda harus memberikan kredit . o Pesta Ulang Tahun [halaman 16] o Kiri Kanan [halaman 18]

Video yang berhubungan

Bài mới nhất

Chủ Đề