Berapa kali sehari memberi makan ikan hias

Memberi makan mas koki dan komet sebaiknya secukupnya saja karena ikan ini kotorannya banyak.

Banyak orang terutama yang baru di hobi ikan hias belum paham cara memberi makan mas koki dan komet (selanjutnya saya sebut goldfish). Mereka termasuk ikan rakus yang akan terus makan berapapun banyaknya.

Padahal goldfish kotorannya banyak, kotorannya besar dan panjang. Kadang kotorannya sampai mengambang di permukaan akuarium karena saking banyaknya. Bila salah dalam memberi makan bisa-bisa akuarium jadi cepat kotor karena kotoran-kotoran ini.

Maskoki dan goldfish lain memiliki ukuran lambung sebesar ukuran bola mata
Cara Memberi makan goldfish yang baik

Sama seperti ikan-ikan pada umumnya, memberi makan goldfish dapat dilakukan 2 hingga 3 kali sehari. Pemberian pakan juga disesuaikan dengan umur ikan karena ikan kecil tentu membutuhkan makanan lebih banyak karena sedang dalam masa pertumbuhan.

Lambung goldfish ukurannya hanya sebesar matanya, jadi jumlah makanan yang sebaiknya diberikan adalah sesuai dengan ukuran lambungnya. Sebaiknya beri makan goldfish dengan pakan seukuran bola matanya agar tidak membuat lambung kelebihan makanan.

Soalnya kalau lambung kelebihan makanan malah pencernaan tidak berjalan maksimal dan akan lansung di buang menjadi kotoran. Selain itu pada ikan mas koki kelebihan makan bisa menyebabkan penyakit kembung sehingga ikan menjadi berenang terbalik.

Pemberian makan 2 sampai 3 kali sehari

Untuk ikan kecil dalam masa pertumbuhan sebaiknya diberi makan 3 kali sehari agar ikan itu cepat besar. Kalau ikan kecil hanya diberi sedikit makan nanti pertumbuhannaya tidak akan maksimal, ikan jadi kunteten alias terlambat besar.

Sedangkan untuk ikan dewasa cukup beri makan 2 kali sehari, pada waktu pagi dan sore. Ini karena ikan dewasa pertumbuhan tubuhnya sudah melambat jadi makanan sebagian besar hanya diperlukan untuk kebutuhan energi saja.

Namun bila teman-teman berniat mengawinkan ikan tersebut, sebaiknya diberi makan 3 kali sehari. Karena dalam persiapan kawin ikan sangat membutuhkan nutrisi untuk membentuk telur dan sperma. Jadi agar proses budidaya bisa maksimal perlu diberi makan yang sedikit lebih banyak dari kondisi biasa.

Jenis pakan yang baik untuk goldfish

Ada banyak sekali jenis makanan goldfish dan umumnya ikan ini gampang makan apa saja. Namun untuk dipelihara dalam akuarium biasanya pakan yang diberikan adalah pelet apung, pelet tenggelam, flakes, atau sayuran.

Semua jenis makanan itu bagus untuk goldfish yang penting jumlahnya tidak terlalu berlebihan. Khusus untuk sayuran seperti brokoli atau biji kacang polong yang telah direbus dapat diberikan sebagai selingan untuk memenuhi kebutuhan serat ikan.

Makan berlebihan itu tidak baik, bukan hanya pada ikan pada manusia pun juga sama. Orang yang kelebihan makan bisa jadi obesitas dan kalau sudah obesitas bisa muncul banyak penyakit seperti diabetes, jantung, kolesterol dll. Jadi menjaga pola makan itu sangat penting bagi kesehatan bagi semua makhluk hidup.
Tweet

Postingan terkait:

Ditulis Panji Tok 9:47 PM 1 Comment ikan hias, ikan mas, pakan