Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mining 1 Bitcoin?

KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa aktivitas "penambangan" mata uang kripto (cryptocurrency) mengandalkan sejumlah perlengkapan komputer atau mining rig yang terdiri dari banyak kartu pengolah grafis (GPU).

Untuk proses mining yang lebih optimal, seluruh GPU tersebut juga harus beroperasi selama 24 jam dan tentunya memakan daya listrik yang tidak sedikit.

Bahkan, menurut laporan Bitcoin Energy Consumption Index yang dirilis Digiconomist, proses penambangan satu keping Bitcoin saat ini memakan daya 1.820 kilo Watt per jam (kWh).

Angka tersebut diperkirakan setara dengan rata-rata pemakaian listrik rumah tangga di Amerika Serikat (AS) selama 62 hari atau sekitar 2 bulan.

Baca juga: Penambang Bitcoin di China Ramai-ramai Jual GPU dengan Harga Murah

Di AS sendiri, biaya pemakaian listrik per kWh berkisar 0,13 dolar AS atau sekitar Rp 1.800, sehingga pengguna harus membayar sekitar 236 dolar AS (sekitar Rp 3,4 juta) untuk pemakaian listrik 1.820 kWh.

Digiconomist Sumber daya yang dibutuhkan dan emisi karbon yang dihasilkan dari penambangan satu keping Bitcoin.

Selain daya listrik, Digiconomist juga mengklaim proses penambangan satu keping Bitcoin bisa menghasilkan emisi karbon dioksida sebanyak 864,93 kgCO2, yang setara dengan 1,9 juta transaksi Visa atau 144.000 ribu jam menonton YouTube.

Adapun transaksi satu keping Bitcoin juga disebut bakal menghasilkan sampah elektronik (e-waste) sekitar 77,80 gram.

Di samping daya listrik yang dibutuhkan untuk mendapatkan satu keping Bitcoin, Digiconomist juga mengungkap besaran sumber daya yang dihabiskan komputer-komputer di jaringan Bitcoin secara global.

Baca juga: Seberapa Besar Daya Listrik yang Digunakan oleh Bitcoin?

Menurut data Digiconomist, perkiraan konsumsi listrik jaringan Bitcoin saat ini mencapai 134,74 Terra Watt per jam (TWh), atau setara dengan pemakaian listrik di seantero negara Swedia. Padahal, angka tersebut "hanya" berkisar 78 TWh pada bulan Maret lalu. 

Sementara itu, transaksi Bitcoin secara global juga diperkirakan menghasilkan emisi karbon sebesar 64,01 Mt CO2 dan 5,76 kt e-waste per tahun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digiconomist, Senin (5/7/2021),

Perlu ditambahkan bahwa jumlah tersebut hanya mewakili perkiraan untuk Bitcoin saja, belum termasuk mata uang kripto lain, seperti Ethereum, Dogecoin, dan lain-lain.

Artinya, konsumsi energi listrik oleh keseluruhan jaringan cryptocurrency kemungkinan lebih besar lagi.

Informasi selengkapnya mengenai laporan Digiconomist ini bisa disimak di tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Menambang 1 Bitcoin – Seperti yang Anda ketahui, jaringan Bitcoin dikelola oleh web yang terdesentralisasi dari penambang Bitcoin. Penambang ini menggunakan sumber daya komputasi mereka untuk memverifikasi blok transaksi dan diberi imbalan atas layanan mereka dengan Bitcoins yang baru dicetak. Tapi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menambang 1 Bitcoin?

Inilah Jawaban Singkatnya

Jawaban singkatnya adalah tidak ada cara untuk memprediksi secara akurat berapa lama waktu yang diperlukan untuk penambang individu untuk menambang 1 Bitcoin. Ini karena penambangan Bitcoin bukan hanya tentang jumlah waktu yang diinvestasikan dalam proses; ini tentang bersaing dengan penambang lain.

Algoritme penambangan Proof-of-Work (PoW) Bitcoin mengharuskan penambang untuk berlomba melawan satu sama lain untuk memecahkan teka-teki komputasi yang sangat kompleks. Penambang pertama yang memecahkan teka-teki akan menambahkan blok baru ke blockchain dan menerima hadiah Bitcoin. Hanya satu penambang yang dapat berhasil memvalidasi setiap blok, yang berarti hanya satu penambang yang mendapat hadiah.

Karena sifat kompetitif dari proses, tidak ada jaminan bahwa penambang tertentu akan dapat berhasil menambang blok baru, terutama jika mereka tidak memiliki sumber daya komputasi yang diperlukan untuk mengalahkan penambang lainnya.

Mari kita lihat perhitungan yang lebih rumit, hadiah bagi yang berhasil menambang blok saat ini adalah 12,5 Bitcoin – bukan 1 bitcoin. Akibatnya, tidak ada cara yang pasti untuk mengatakan berapa lama waktu yang dibutuhkan penambang untuk menambang 1 Bitcoin.

Baca juga : Mau Raup Untung Dari Investasi Kripto, Yuk Intip Prospek Litecoin Atau Bitcoin!

Jawaban Yang Lebih Luas

Kompetisi Penambangan Bitcoin

Lamanya waktu yang dibutuhkan penambang individu untuk menambang Bitcoin bergantung pada sumber daya komputasi penambang dibandingkan dengan kompetisi. Jika penambang tersebut memiliki lusinan perangkat perangkat keras penambangan Bitcoin yang paling kuat, mereka mungkin dapat menambahkan blok baru di hari pertama penambangan mereka. Blok baru ditambahkan setiap 10 menit; jadi tidak ada kekurangan kesempatan untuk menjadi penambang beruntung.

Namun, jika penambang yang bersangkutan tidak memiliki perangkat keras penambangan khusus, maka tidak mungkin mereka akan dapat berhasil menambang blok. Mereka yang memiliki kekuatan komputasi terbanyak memiliki peluang terbaik untuk menyelesaikan blok dan memenangkan hadiah 12,5 BTC. Karena itu penambang kasual memiliki sedikit kesempatan untuk mengalahkan operasi penambangan skala besar.

Kembali pada hari-hari awal Bitcoin, sangat mungkin untuk menggunakan perangkat GPU dasar untuk mendapat bitcoin. Pada dasarnya, ini memberi semua orang kesempatan yang adil, karena biaya penambangan yang sangat rendah.

Namun, karena fenomena Bitcoin tersebar di seluruh dunia, begitu pula persaingan. Ini menghasilkan perlombaan untuk memproduksi perangkat keras khusus yang akan mengungguli GPU.

Perangkat khusus ini dikenal sebagai ASIC. Perangkat ASIC mampu menghasilkan daya hashing yang jauh lebih besar daripada rekan-rekan GPU mereka. Untuk menempatkan sesuatu dalam perspektif, pada Agustus 2018, ASIC Bitcoin terkuat di pasar adalah DragonMint T1, yang dapat menghasilkan tingkat hash 16TH / s. Sebaliknya, perangkat GPU yang paling kuat pun dibatasi hingga sekitar 30 MH / s, yang secara eksponensial kurang bertenaga.

Munculnya ASIC tidak akan menjadi masalah jika harganya terjangkau. Namun, perangkat ASIC yang kuat seperti DragonMint T1 akan membuat Anda harus mengeluarkan uang sebesar $ 2.700 – yang kemungkinan tidak dapat dijangkau oleh kebanyakan orang.

Organisasi penambangan skala besar beroperasi dengan puluhan perangkat ASIC ini. Akibatnya, sektor pertambangan Bitcoin sekarang didominasi oleh sejumlah kecil kolam penambangan – yang sebagian besar berbasis di Cina di mana biaya listrik sangat rendah.

Seperti yang dapat Anda lihat dari bagan di atas, hampir 70% dari semua imbalan penambangan didistribusikan hanya untuk lima pool penambangan.

Bergabung dengan Pertambangan Bitcoin

Jika Anda masih tertarik dengan penambangan Bitcoin, Anda mungkin tertarik untuk bergabung dengan pool penambangan Bitcoin. Kumpulan penambangan memungkinkan orang dari seluruh dunia untuk ‘mengumpulkan’ sumber daya komputasi mereka bersama-sama untuk meningkatkan kekuatan hashing total organisasi. Yang berarti bahwa setiap kali penambangan berhasil memenangkan hadiah 12,5 BTC, Anda akan menerima potongan dari keuntungan tersebut.

Hadiah didistribusikan berdasarkan proporsi kekuatan hashing yang dapat Anda sumbangkan ke pool penambangan. Misalnya, jika Anda menghasilkan 1% dari kekuatan hashing total, maka Anda akan menerima proporsi penghasilan pool yang sama.

Jika Anda berpikir untuk bergabung dengan penambangan khusus, penting juga untuk melakukan banyak penelitian independen sebelum mengambil risiko. Meskipun banyak entitas yang sah, yang lain kurang kredibel. Selalu periksa ketentuan perjanjian penambangan dan pastikan bahwa model distribusi yang ditentukan sebelumnya adil.

Meskipun tidak ada aturan khusus dan cepat mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menambang 1 Bitcoin, peluang Anda untuk mendapatkan bitcoin saat ini masih terbuka dan selalu periksa pool penambangan yang cocok dengan karakter anda.

Join Telegram Informasi | Diskusi Cryptocurrency

Belum punya bitcoin? silakan anda buat rekening bitcoin telebih dahulu di Binance Dan Ambil bitcoin gratis setiap jam Disitus ini Kemudian anda bisa jual disini.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menambang satu Bitcoin?

Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan 1 bitcoin adalah sekitar 10 menit untuk setiap blok. Dalam waktu 10 menit tersebut juga dapat menghasilkan pencetakan sejumlah bitcoin baru per blok. Setiap blok saat ini ditetapkan dengan nilai 6.25 BTC.

Apakah mining bitcoin harus 24 jam?

Untuk proses mining yang lebih optimal, seluruh GPU tersebut juga harus beroperasi selama 24 jam dan tentunya memakan daya listrik yang tidak sedikit.

Apakah menambang Bitcoin bisa habis?

Jika menggunakan perhitungan kasar, stok terakhir Bitcoin mungkin baru ditambang sekitar tahun 2140. Saat Bitcoin terakhir sudah ditambang dan tidak ada Bitcoin baru, maka proses tambang Bitcoin pun akan selesai. Walaupun pasokan Bitcoin sudah habis, penambang Bitcoin tetap bisa mendapat keuntungan dari Bitcoin.

Berapa lama mining 1 ETH?

Dengan 1 Ethereum diperkirakan membutuhkan waktu setengah tahun untuk menambangnya.