Berapa penghasilan YouTuber 1000 subscriber?

Youtube adalah situs website berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal tahun 2005. Situs yang biasa digunakan sebagai hiburan dan sarana informasi ini kabarnya bisa menggaji para kreator alias Youtubernya dengan nominal uang yang fantastis. Benarkah demikian?

Di masa pandemi ini, banyak sekali artis danpublic figureyang mengaku bergantung penghasilannya kepada Youtube. Tidak heran kalau banyak orang awam yang kemudian berharap hinggaratusan juta perbulan dari AdSense tanpa perlu ngantor.

Adsense adalah produk jaringan periklanan dari Google yang keuntungannya ditentukan oleh banyak faktor. Penghasilan dari Youtube bukan hanya berdasarkan jumlah klik ataupun view pada iklan yang muncul, melainkan juga berdasarkan negara, topik video, dan harga iklan itu sendiri.

Selain adsense, youtuber juga mendapat penghasilan dari menjual produk sendiri, affiliate marketing, dan sponsor.

Kamu harus mengetahui lebih detil mengenai setiap sumber pemasukan youtuber agar tidak salah fokus dalam membangun kanal youtube. Karena membangun sebuah channel yang sukses adalah proses yang panjang!


Penghasilan Youtuber di Indonesia

Ada yang menyebutkan jika penghasilan youtuber kasarnya mendapatkan 1 USD per 1000 views.

Namun sayangnya angka ini merupakan angka yang ada bertahun-tahun lalu. Jujur saja, saat ini algoritma Youtube sudah jauh lebih pintar bila dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, sehingga seringkali sulit untuk menentukan pendapatan Youtuber hanya dariviewsmereka.

Bahkan dalam beberapa teori dikatakan bahwa semakin populer isi dari kontenmu maka semakin besar nilai yang bisa kamu dapatkan. Akan tetapi sebenarnya memang tidak ada yang benar-benar tahu berapa jumlah pendapatan dariadsenseperviewnya.

Tapi salah satu hal yang barangkali di antara kamu banyak yang mengeluhkan adalah jumlah views video sudah mencapai puluhan ribu, tetapi pendapatan masih diangka belasan dollar atau bahkan dibawah 10 dollar. Kenapa?

Hal tersebut terjadi dikarenakan Indonesia memiliki Effective cost per mille yang rendah dibandingkan dengan negara lain, apalagi Amerika yang bayaran per 1000 views nya bisa mencapai 1 sampai 7 USD.

Di Indonesia, perhitungan kasarnya adalah kamu bisa mendapat sekitar 7000 rupiah per 1000 tayangan. Maka kalau video kamu mendapat 1 juta views, pendapatan yang bisa diperoleh setidaknya adalah 550 USD atau sekitar Rp7.000.000. Angka tersebut merupakan perkiraan, namun lebih realistis dibanding 1 USD (13 ribu rupiah) per 1000 views.

Angka tadi bisa didapat berdasarkan dua faktor penting dalam penayangan iklan: CPM (Cost per Mille) dan CPC (Cost per Click)


Pembayaran Biaya per Seribu Tayang dan Biaya per Klik

Biaya per Seribu, adalah uang dihasilkan per 1000 view ke video kamu . Untuk youtuber Amerika, BPS biasanya berkisar di 2 USD per 1000 view.

Berbeda untuk pasar Indonesia yang tentunya lebih rendah, BPS youtuber Indonesia biasanya berkisar di 0,5 USD per 1000 view. Atau 7000 rupiah per 1000 tayangan.

Biaya per Klik adalah uang yang dihasilkan per klik iklan di video atau channel kamu . Untuk youtuber Indonesia, BPK berkisar di 5000 rupiah. Permasalahan yang ada disini adalah, untuk setiap 1000 tayangan kamu biasanya hanya akan mendapat 3 klik, alias CTR yang hanya 0,3%.

Rumus pendapatannya adalah RPM (Revenue Per Thousand Impression pendapatan rata-rata yang bisa di dapatkan dari setiap 1000 impresi) = penghasilan bersih/jumlah tampilan halaman x 1000.

Penghasilan Publisher Adsense (RPM) yang diperoleh youtuber indonesia berkisar antara $1 $5, ini juga tergantung dimana wilayah kamu tinggal, jenis konten, relevansi iklan, dan lamanya iklan tayang pada setiap video. (sumber)


Pendapatan Lain Seorang Youtuber

Nah dari banyaknya Youtuber yang menghasilkan pundi-pundi, sebagian besar ada yang menyebutkan dari mana saja mereka bisa mendapatkan penghasilan. Ternyataadsensemerupakan bagian kecil dari pendapatan mereka.

Adapun pendapatan lain yang bisa didapatkan oleh seorang Youtuber adalah dariendorsement, iklan,hingga saat kolaborasi. Ada pula beberapa Youtuber yang mengenakan tarif khusus apabila ingin dijadikan bintang tamu di kanal Youtube lain.

Selain itu Youtuber, khususnya yang sering melakukan review juga kadang mendapatkan kekayaan dalam bentuk produk. Sebut saja reviewer laptop dan ponsel cerdas, seringkali mendapatkan produk secara cuma-cuma untuk direview.

Cara Mengetahui Penghasilan Youtuber

kamu pasti penasaran kan dengan semua youtuber yang sudah sukses, kenapa dia bisa membeli ini itu sesuai dengan yang dia inginkan, dan rata-rata harganya juga mahal. Dibalik semua barang-barang branded yang bisa dibeli oleh youtuber pastinya ada banyak penghasilan yang didapat dari Youtube itu sendiri.

Jika kamu penasaran sebenarnya berapa sih penghasilan dari masing-masing youtuber, kamu bisa cek langsung penghasilan Youtuber itu melalui socialblade. Disana kamu bisa mengetahui semua tentang Youtuber yang kamu cari, mulai dari grade youtuber itu sendiri, estimasi penghasilan per bulan dan estimasi penghasilan per tahunnya juga.

Baca Juga: Berapa Penghasilan Pramugari di Indonesia?

Adapun beberapa perkiraan penghasilan Youtuber di Indonesia berdasarkan Social Blade adalah sebagai berikut ini:

  1. Deddy Corbuzier; sekitar Rp 280 juta hingga Rp 4,2 miliar per bulannya.
  2. Atta Halilintar; sekitar Rp 400 juta hingga Rp 7 miliar per bulannya.
  3. Dalang Pelo; sekitar Rp 50 juta hingga Rp 800 juta per bulannya.
  4. Jurnalrisa; sekitar Rp 56 juta hingga Rp 1 miliar per bulannya.
  5. Denny Caknan; sekitar Rp 140 juta hingga Rp 2,1 miliar per bulannya.
  6. Vincent Raditya; sekitar Rp 25 juta hingga Rp 420 juta per bulannya.
  7. Motomobi; sekitar Rp 7 juta hingga Rp 100 juta per bulannya.
  8. Jess No Limit; sekitar Rp 336 juta hingga Rp 5,6 miliar per bulannya.
  9. Jessica Jane; sekitar RP 220 juta hingga 3,6 miliar per bulannya.

Angka di atas memang hanyalah perkiraan saja. Lebih jauh lagi kebanyakan Youtuber mengklaim kalau penghasilan yang ditampilkan di Social Blade lebih akurat ke jumlah yang lebih kecil.

Akan tetapi toh, dengan jumlahsubscribersyang mencapai jutaan, danviewsyang sudah mencapai jutaan tentu saja biaya para sponsor dan brand yang ingin beriklan pada mereka pun sangat mahal.

Nah, apakah kamu masih tertarik untuk menjadi seorang Youtuber?

Beli Pulsa di Sepulsa

Video

Advertising