Berapa tebal baja ringan untuk atap?

Untuk mengetahui perbedaan dari ukuran baja ringan untuk atap, ukuran baja ringan untuk atap asbes, ukuran baja ringan untuk atap genteng, ukuran baja ringan untuk atap rumah sebagai penopang konstruksi atap sebuah bangunan, Silahkan simak ulasan dibawah ini.

Uuntuk penentuan jarak kuda-kuda baja ringan perlu diperhatikan karena akan memengaruhi kekokohan atap. Bahkan hal ini pun menentukan efektivitas pemasangan atap baja ringan.

Ukuran Baja Ringan Untuk Atap

Ukuran Baja Ringan Untuk Atap

Search keyword:ukuran baja ringan untuk atap, ukuran baja ringan untuk atap genteng,  ukuran baja ringan untuk atap asbes, dimensi baja ringan untuk atap, standar ukuran baja ringan untuk atap rumah, berapa ukuran baja ringan untuk atap, ukuran baja ringan kanal c untuk atap rumah, ukuran baja ringan buat atap, dimensi baja ringan atap, ukuran dynabolt untuk atap baja ringan

Banyak orang beranganggapan bahwa semakin rapat jarak kuda-kuda akan semakin memperkokoh dan membuat atap lebih stabil. Penilaian ini memang benar, tetapi biaya yang dikeluarkan akan semakin besar dan bajed yang harus disiapkan. Dalam hal ini, ada beberapa faktor penentu yang memengaruhi berapa ukuran baja ringan untuk atap yang ideal. Di antaranya sebagai berikut.

Standar Ukuran Baja Ringan Untuk Atap Rumah

Untuk konstruksi atap biasanya menggunakan baja ringan yang memiliki standar ukuran baja ringan ketebalan antara 0,75 mm sampai 1,00 mm. Sementara untuk reng yang digunakan umumnya memiliki ketebalan 0,40 sampai 0,60 mm. Perlu diketahui semakin tebal ukuran reng, maka biasanya jarak kuda-kuda dapat dibuat lebih renggang dari standar.

Ukuran Baja Ringan Untuk Atap Genteng Keramik

Jenis genteng juga dapat digunakan untuk menentukan berapa ukuran baja ringan untuk atap genteng keramik atau jenis genteng berat lainnya yang akan diterapkan pada konstruksi bangunan. Hal ini mengingat lebar, tebal, dan bobot masing-masing jenis genteng bervasiasi. Khususnya yang dapat ditopang oleh rangka baja ringan genteng keramik. Beberapa tukang bangunan juga mempertimbangkan beban air hujan serta terpaan angin guna mencegah ambruknya atap bangunan.

Ukuran Dynabolt Baja Ringan Untuk Atap

Saat ini, dynabolt atau baut jangkar sudah banyak dijual di toko-toko bangunan karena juga sudah mulai sering digunakan. Ukuran yang umum dijumpai mulai dari 8 mm, 10 mm, 12 mm, hingga 16 mm.

Dynabolt merupakan komponen penting dalam urusan konstruksi baja ringan atau sekadar pemasangan bracket.

Ukuran Ketebalan Baja Ringan Untuk Atap

Untuk panjenengan jika bangun rumah baru maupun rehab dan menginginkan dengan ukuran ketebalan baja ringan untuk atap yang terbaik, maka hubungi kami dengan klk Icon WA di bawah ini.

Bagikan ke

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pemasangan atap baja ringan, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu material konstruksi dari baja ringan itu sendiri, bentuk profil baja ringan dan juga jenis ukuran dari baja ringan yang akan digunakan tersebut.

Kami Petra Truss Atap baja Ringan akan membahas bentuk dan ukuran baja ringan di bawah ini

Dalam hal ini, sudah tidak heran kalau setiap orang tentu ingin harga atap baja ringan murah tapi berkualitas. Anda tidak perlu khawatir.

Kini telah banyak jasa konstruksi yang menghadirkan baja ringan berkualitas dengan low cost alias baja ringan murah.

Sudah banyak sekali yang menghadirkannya, Anda bisa dengan mudah menemukannya dengan mencari misalkan kanopi baja ringan murah depok, kanopi baja ringan murah bogor, atau juga kanopi baja ringan Jakarta, dan lain-lain.

Untuk penggunaan baja ringan, yang umum digunakan adalah baja ringan berbentuk “Canal” atau “C” dan “Omega”. Kesemua bentuk ini dapat dipergunakan sebagai penyusun konstruksi atap baja ringan sebagai rangka atap rumah atau gedung.

Baja ringan murah berbentuk canal dan omega ini sudah cukup mudah dan banyak tersedia di beberapa toko dan jasa konstruksi atau yang menyediakan jasa pemasangan kanopi baja ringan.

Selanjutnya untuk profil batang baja ringan yang palingan banyak digunakan yaitu profil “C”/”Canal”. Bentuk ini dianggap sebagai profil baja ringan. Profil Canal C merupakan profil tertua pada material batang baja ringan.

Penampang profil ini juga sudah digunakan pada baja konvensional jauh sebelum istilah baja ringan hadir yang hingga saat ini masih dipakai. Pada profil C kelebihan utamanya adalah pada saat digabungkan dua profil C yang saling berhadapan disatukan menjadi “box” atau “kotak”.

Jenis Ukuran Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan

Sementara terkait dimensi ukuran, tebal baja ringan yang lazim digunakan pada konstruksi baja ringan ini umumnya memliki ketebalan 0,75 mm hingga 1,00 mm pada batang utama kuda-kuda konstruksi.

Pasang Kanopi Baja Ringan Murah & Dapatkan Bonus Top Up OVO/GO-PAY Disini

Sedangkan pada batten/reng ketebalan yang digunakan mulai 0,40 hingga 0,60 mm. Baja ringan murah di daerah bogor banyak sekali menyediakan baja ringan dengan ketebalan yang telah disebutkan tadi.

Sementara untuk ukuran tinggi profil juga bervariasi mulai dari 70 mm hingga 100 mm dan pada batten/reng tinggi mulai 31mm hingga 60mm.

Variasi ukuran ini ditujukan menyesuaikan dengan beban/kekuatan yang disokongkannya.

1. TRUS/Kaso Metal Baja Ringan

Kaso berbahan plat baja gaya tarik tinggi (G550) / baja ringan yang dilapisi dengan seng dan alumunium atau sering disebut (Zincalume/Galvalume) namun ada juga yang berbahan Galvanis.

Tinggi profil C ini 75 cm panjang dengan 6 m dengan ketebalan bervariasi.

Mulai dari 0,60 mm, 0,65 mm, 0,70 mm, 0,75 mm sampai dengan 1 mm. Digunakan sebagai rangka atap baja ringan atau kuda-kuda utama baja ringan.

2. Reng Baja Ringan

Reng baja ringan berbentuk trapesium, digunakan sebagai peletakan atap. Umumnya ketebalan reng 0,45 mm dengan tinggi mulai dari 28 mm sampai dengan 40 mm.

Semakin tinggi profil reng maka semakin kuat. Jika Anda menggunakan genteng beton atau keramik disarankan menggunakan reng minimum tinggi 30 mm.

Ketahui Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan untuk Atap Rumah

3. Baja Ringan Taso

Baja ringan dengan merk taso memiliki ketebalan 0,75 mm dan 1 mm dengan tinggi 7,5 cm dan lebar kaki 3,5 cm dan panjang 6 meter perbatang.

Aksesoris Meliputi :

  • Bracket L, profil tebal 1,5 mm
  • Dynabolt, diameter 12 mm, panjang 100 mm
  • Baut, type self drilling screw. (Ukuran : 12-14×20 bright zinc (untuk truss) 10-16x bright zinc (untuk reng )

Lihat Harga Baja Ringan Per Batang Disini

Berapa ketebalan atap baja ringan?

Baja ringan kaso atau truss berfungsi sebagai rangka atap agar bisa ditaruh genteng. Selain itu, kaso atau truss berfungsi sebagai komponen penguat tiang dan kuda-kuda. Baja ringan kaso sangat kuat karena memiliki tebal 0,75 sampai 1 mm.

Apakah baja ringan kuat untuk genteng?

Melalui penjelasan di atas, sudah jelas bahwa baja ringan kuat untuk atap genteng tanah liat. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama terkait ketebalan material, jarak kuda-kuda, hingga jarak reng. Hal tersebut untuk meminimalisir ambruknya atap.

Berapa saja ukuran baja ringan?

4. Baja Ringan Andal Prima.
Baja Ringan Truss 0.65 mm. Ukuran. Panjang 6 m, lebar 7.5 cm, tinggi 3.5. ... .
Baja Ringan Truss 0.70 mm. Ukuran. Panjang 6 m, lebar 7.5 cm, tinggi 3.5. ... .
Baja Ringan Truss 0.75 mm. Ukuran. ... .
Baja Ringan Truss 1.00 mm. Ukuran. ... .
Reng 0.40 mm. Ukuran. ... .
Reng 0.45 mm. Ukuran. ... .
Reng 0.75 mm. Ukuran..

Berapa jarak reng baja ringan untuk atap spandek?

6. Genteng Galvanum/ Spandek/ Trimdek Jarak reng baja ringan yang dianjurkan untuk genteng jenis ini adalah 60 cm.