Berikan 3 contoh manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal dan baik bagi manusia

Tubuh Sehat dengan Makanan Bergizi sesuai ajaran Islam

Penulis: Siti Nur Awwalu Lathifatul Marfuah

Menjaga kesehatan tubuh sangat penting bagi berlangsungnya kehidupan, apalagi di era pandemi Covid-19 ini. Mempertahankan kondisi tubuh sehat merupakan bagian dari ibadah, baik dari sisi menjalankan sunah agar terhindar dari sebaran virus corona dan memenuhi kebutuhan tubuh agar sehat dan kuat tidak mudah tertular virus serta kuat dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Allah mencintai mukmin yang kuat daripada mukmin yang lemah. Selain itu bagian dari wujud rasa syukur kita kepada Allah yang telah memberikan karunia kenikmatan tubuh yang sehat sehingga wajib kita jaga dan rawat.

Merawat tubuh agar sehat bisa dengan berbagai cara, seperti menjaga kebersihan, olahraga, istirahat cukup, tidak stres, makan makanan yang halal dan thoyyib. Cara-cara tersebut sudah dianjurkan Allah SWT, misalnya dalam hal menjaga kebersihan, kita telah diperintahkan Allah SWT pada Qur’an Surat Al Muddatsir : 4-5 “Dan pakaianmu bersihkanlah dan perbuatan dosa tinggalkanlah”. Rosulullah juga memberikan contoh bahwa beliau setiap pagi hari bersiwak untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi. Olahraga adalah aktifitas yang dianjurkan bagi kesehatan. Tidak stres identik dengan jiwa yang tenang yang terdapat pada hati yang tenang, bisa dengan mengingat Allah hati akan menjadi tenang.

Menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makan dan minum yang halal dan thoyyib merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim. Makanan yang halal dan thoyyib artinya makanan dan minuman yang diizinkan untuk dikonsumsi menurut Islam, menurut jenis makanan dan cara memperolehnya. Halal dalam pemahaman fuqaha adalah halal dari segi zatnya dan prosesnya. Disebut thoyyib juga jika makanan tersebut aman, baik, dan tidak menimbulkan masalah apapun jika dikonsumsi, baik jangka pendek maupun jangka panjang dan dapat memberi manfaat bagi tubuh. Sesuai dengan firman Allah SWT : “Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi…”(QS. Al Baqarah, 2:168). Adapun ketentuan makan dan minum yang cukup juga dijelaskan dalam Al Qur’an Surat Al A’raf ayat 31: “…makan dan minumlah dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan…” artinya makan dan minum yang cukup, dijelaskan untuk tidak berlebihan.

Muslim hanya boleh mengkonsumsi makanan yang halal dan thoyyib (baik). Makanan yang harus kita hindari yaitu makanan yang haram. Berikut contoh makanan haram dari segi zatnya adalah bangkai ataupun daging hewan yang disembelih tanpa mentebut nama Allah SWT (kecuali bangkai ikan dan belalang), khamar, babi, binatang buas bertaring, binatang pemakan kotoran, darah, dan sebagainya. Makanan yang haram dari segi prosesnya, contohnya makanan yang diperoleh dengan cara haram seperti korupsi dan lain lain. Jadi pastikan apapun yang masuk ke dalam tubuh kita adalah produk-produk yang halal dan thoyyib.

Berikut beberapa contoh makanan bergizi yang berguna bagi tubuh yang termuat dalam Al Quran;

Allah berfirman, “…kami tumbuhkan biji-bijian” (QS. Abasa : 27). Nasi terbuat dari beras yang merupakan biji-bijian hasil bumi, selain beras ada gandum, jagung, dan lainnya. Di Indonesia beras adalah makan pokok.

  1. Lauk Daging dan ikan
  2. Daging Hewan

Allah berfirman, “Dan Dia telah menciptakan binatang ternak (unta, sapi, kerbau, domba, kambing) untuk kamu; padanya ada (bulu) yang menghangatkan dan berbagai-bagai manfaat, dan sebagainya kamu makan” (QS. An Nahl:5). Agar tubuh sehat, konsumsi jenis makanan daging yang kaya akan protein hewani. Lemak yang terdapat didalamnya mengandung zat besi, fosfor, vitamin B, C, bagian hati kaya vitamin A dan zat besi.

Allah berfirman, Dan Dialah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), ...” (QS. An Nahl:14). Ikan merupakan bahan makanan yang paling baik bagi manusia. Kelebihannya mengandung kadar protein tinggi, minyak ikan kaya akan vitamin A&B, ikan merupakan sumber paling baik bagi kalsium.

  1. Sayur dan buah
  2. Buah Kurma

Allah berfirman, “Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya yang demkian itu benar-benar ada tanda (Kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan” (QS. An Nahl : 11). Nilai gizi buah kurma meliputi; gula sekitar 70-78% zat gula yang mudah diserap dan dicerna dalam tubuh, 2% protein, 2-3% lemak, mineral, vitamin A, D, B1, B2. 100 gram buah kurma mengandung : 40-72 mlg fosfor, 65-71 mlg kalsium, 65 mlg magnesium, 2-4 mlg zat besi, 0,9 mlg sodium, 790 potasium, 65 mlg sulfat, 283 mlg khlorine, dan 3 mlg khlor. 1 kg kurma mengandung 3470 kalori.

Allah berfirman, “Dan pohon kayu yang keluar dari Thursina (pohon zaitun), yang menghasilkan minyak, dan pemakan makanan bagi orang-orang yang makan” (QS.Al Mu’minuun:20). “Dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa”. (QS. Al An’am : 99). Buah zaitun adalah bahan makanan yang mengandung lemak yang tinggi, protein yang cukup, garam kapur, zat besi, fosfat, vitamin A,B, B Komplek. Buah ini diambil minyaknya yaitu jenis minyak nabati paling baik kualitasnya, nilai gizi yang tinggi, kalori yang besar, lemak tidak jenuh.

Allah berfirman, “Berada diantara pohon bidara yang tidak berduri dan pohon pisang yang bersusun-susun buahnya” (QS. Al Waqi’ah : 28-29). Buah pisang kandungan gulanya tinggi, energi besar, mineral, kalsium, fosfor, tembaga, besi, vitamin C, B komplek, A, D, dan sebagainya.

Allah berfirman; “anggur dan sayuran” (QS. Abasa: 28). mengandung glukosa tinggi, jika fermentasi menghasilkan gula anggur kalori tinggi.

Sayuran juga disebut dalam firman-Nya. Kandungan sayuran yang mengandung banyak vitamin dibutuhkan bagi tubuh.

  1. Susu yang dihasilkan Hewan

Allah berfirman, “Dan sesungguhnya pada binatang ternak terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu…” (QS. An-Nahl : 66). Susu merupakan makanan yang sempurna, murni, lengkap kandungannya, warna putih, rasa manis dan kandungannya kaya akan asam amino yang pokok, mineral seperti fosfor, tembaga, kapur, zat besi, vitamin A, B, D.

Selain jenis makanan tersebut tubuh membutuhkan unsur air dengan minum minuman halal yang cukup. Mari hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi demi menjaga karunia nikmat sehat. Semoga bermanfaat. (Fa)

Makanan dan minuman yang halal adalah jeis makanan dan minuman yang dianjurkan oleh syariat Islam untuk dikonsumsi. Foto: Freepik.com

Ada banyak manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal yang dapat diperoleh umat Islam. Hal ini merupakan alasan mengapa makanan dan minuman halal dianjurkan untuk dikonsumsi.

Makanan dan minuman halal adalah jenis makan dan minuman yang tidak memberikan dampak berupa mudarat atau keburukan bagi manusia.

Dalam ajaran Islam, makanan dan minuman halal diperbolehkan untuk dikonsumsi agar umat Islam dapat memperoleh energi untuk melakukan berbagai macam aktivitas, tetapi tidak membahayakan bagi tubuh manusia.

Untuk mengetahui apa saja manfaat dari mengonsumsi makanan dan minuman yang halal, simak penjelasan di bawah ini.

Makanan dan Minuman Halal

Makanan dan minuman yang halal adalah jenis makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi menurut ketentuan syariat atau hukum Islam. Makanan dan minuman dikatakan halal apabila meliput hal-hal berikut ini:

  • Halal dari segi wujudnya atau zat yang terkandung dalam makanan atau minuman itu sendiri, yaitu tidak termasuk atau makanan yang diharamkan oleh Allah SWT.

  • Halal dari segi cara mendapatkannya, yakni minuman dan makanan yang dikonsumsi diperoleh menggunakan cara yang benar.

  • Halal dalam proses pengolahan atau pembuatannya. Misalnya, makanan yang halal adalah makanan yang disembelih atas nama Allah SWT.

Dalil Hukum Makanan dan Minuman Halal

Mengonsumsi makanan dan minuman halal adalah perintah Allah SWT. Foto: Munandy/Kumparan

Dikutip dari buku Moslem Traveler: Korea Selatan karya Fitriana Astuti, mengonsumsi makanan dan minuman halal adalah salah satu kewajiban yang harus dipatuhi oleh setiap muslim, kapan pun dan di mana pun.

Mengonsumsi makanan yang halal telah diterangkan dalam Alquran pada surah Al-Baqarah ayat 168. Adapun bunyi dari ayat ini ialah sebagai berikut:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. (QS. Al Baqarah: 168).

Selain itu, perintah mengonsumsi makanan dan minuman halal disebutkan dalam surah Al-Baqarah ayat 172, yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُوا لِلَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah. (QS. Al Baqarah: 172)

Salah satu manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah mendapatkan rida dari Allah SWT. Foto: Pexels.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa manfaat yang akan didapatkan dari mengonsumsi makanan dan minuman yang halal.

Mengutip dari buku Suara Khatib Baiturrahman (Edisi 16) yang diterbitkan oleh CV. Naskah Aceh, berikut macam-macam manfaat yang diperoleh makanan dan minuman halal:

  • Memperoleh rida dari Allah SWT karena mengonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah perintah-Nya.

  • Umat Islam akan memiliki akhlakul karimah karena mengonsumsi makanan dan minuman yang halal untuk menjadi energi agar dapat melakukan berbagai macam aktivitas dan ibadah.

  • Kesehatan tubuh manusia akan terjaga karena mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak berbahaya dan baik untuk tubuh.