Berikut ini merupakan contoh yang benar mengenai kerjasama penanganan bencana alam di ASEAN adalah

Selangor, Malaysia:Penanganan bencana alam dan bantuan kemanusiaan di ASEAN telah berkembang sangat baik. Negara Anggota ASEAN telah sepakat untuk memperkuat kerja sama regional penanganan bencana misalnya dengan kesepakatan ASEAN Agreement on Disaster Management and Emergency Response (AADMER) tahun 2005, pembentukan ASEAN Coordinating Center for Humanitarian Assistance on Disaster Management (AHA Center) di Jakarta pada 2011, serta ASEAN Declaration on One ASEAN One Response pada tahun 2016". Demikian tutur Direktur Jenderal (Dirjen) Kerja Sama ASEAN, Jose Tavares pada pertemuan ke-31 ASEAN-US Dialogue yang diselenggarakan di Selangor, Malaysia pada 2-3 April 2018.

Lebih lanjut dijelaskan pula sejumlah pencapaian penanganan bencana alam dan bantuan kemanusiaan di kawasan ASEAN. Semenjak didirikan, AHA Center telah bekerja menangani 19 bencana alam yang terjadi di 7 negara ASEAN. Di luar mandat utama dalam penanganan bencana alam, AHA Center juga telah menyalurkan bantuan kemanusiaan di Marawi, Filipina (Juli 2017) dan Rakhine, Myanmar (Oktober 2017-Januari 2018)", jelas Dirjen.

Kerja sama ASEAN dan Amerika juga cukup kuat. ASEAN, misalnya telah bekerja sama dengan U.S. Pacific Disaster Center (PDC), U.S. Forest Service on Incident Command System (ICS) serta melalui U.S. PROGRESS", jelas Indonesia. Selanjutnya Indonesia mengharapkan agar kerja sama tersebut semakin diperkuat misalnya dalam dukungan AS pada pengembangan ASEAN Standardization and Certification for Experts in Disaster Management (ASCEND), dimana Indonesia sebagai lead country dalam bidang sertifikasi dan standardisasi profesional di bidang penanggulangan bencana di ASEAN.

Terkait dengan hal tersebut, Susan Thornton, ketua Delegasi Amerika menyambut baik usulan Indonesia tersebut. Amerika juga memandang penting kerja sama dengan ASEAN di bidang penanganan bencana alam dan bantuan kemanusiaan ini. AS akan ikut berkontribusi mendukung implementasi Rencana Kerja AADMER 2016-2020, dan memperkuat kerja sama melalui berbagai kerangka yang ada seperti ASEAN Regional Forum (ARF) dan East Asia Summit (EAS)", jelasnya.

Selengkapnya Kementerian Luar Negeri RI



ke website