Berikut ini yang bukan merupakan upaya pelestarian lingkungan hidup yang bisa kita lakukan adalah

Aksi Selamatkan Hutan Indonesia. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

SUMUT | 1 Oktober 2021 10:45 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Kita hanya memiliki satu planet tempat kita tinggal. Planet ini penuh dengan sumber daya, beberapa dapat diperbarui dan beberapa tidak. Tetapi sayangnya, kita memiliki populasi yang terus bertambah yang menimbulkan ancaman besar bagi semua sumber daya ini. Oleh sebab itu penting untuk melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup.

Pelestarian lingkungan pada dasarnya berarti melindungi lingkungan kita dan menggunakannya secara berkelanjutan. Pelestarian lingkungan adalah praktik kita sebagai manusia untuk menyelamatkan lingkungan dari hilangnya spesies, dan perusakan ekosistem, terutama karena polusi dan aktivitas manusia.

Konservasi sangat penting dalam menyelamatkan dan membantu hewan dan pohon karena kita semua bergantung satu sama lain untuk bertahan hidup.

Pohon mengubah karbon dioksida yang dihasilkan oleh pabrik menjadi oksigen, yang membantu kita bernapas. Hilangnya spesies, yang membuat mereka punah, berarti mereka selamanya hilang dan tidak dapat dilihat oleh mata yang ingin tahu, atau dipelajari oleh pikiran ilmiah. Selain itu, hilangnya atau rusaknya ekosistem seperti itu akan mengganggu jaring makanan, mengacaukan keseluruhan ekosistem secara umum.

Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk membangun kembali dan melindungi sisa sumber daya alam dan keanekaragaman hayati di dalam ekosistem kita. Pelestarian lingkungan adalah istilah umum yang mendefinisikan apa pun yang kita lakukan untuk melindungi planet kita dan melestarikan sumber daya alamnya sehingga setiap makhluk hidup dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Lantas apa yang bisa kita lakukan? Berikut merdeka.com merangkum upaya pelestarian lingkungan yang bisa dilakukan pemerintah dan masyarakat:

2 dari 4 halaman

Upaya pelestarian lingkungan hidup yang pertama bisa dilakukan dengan membuat dan memastikan adanya regulasi yang mendukung lingkungan lestari. Pemerintah harus membuat undang-undang yang mempromosikan pelestarian lingkungan. Hal ini juga harus dilakukan di tingkat internasional yang dipimpin oleh badan-badan internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa dengan Program Lingkungan PBB -nya.

Di Indonesia, melansir dari laman Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Paser, usaha pemerintah melalui regulasi dituangkan dalam beberapa peraturan di antaranya yaitu:

 1. Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1982 tentang Ketentuan- Ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup.

2. Surat Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 148/11/SK/4/1985 tentang Pengamanan Bahan Beracun dan Berbahaya di Perusahaan Industri.

3. Peraturan Pemerintah (PP) Indonesia Nomor 29 Tahun 1986 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup.

4. Pembentukan Badan Pengendalian Lingkungan Hidup pada tahun 1991. 

Konservasi hutan

Upaya pelestarian lingkungan hidup berikutnya yaitu dengan konservasi hutan. Aforestasi dan reboisasi membantu melestarikan hutan, yang bertanggung jawab untuk menjebak menyerap sejumlah besar karbon dioksida dari mencapai atmosfer. 

Kita harus menjadikan misi hidup kita untuk menanam pohon sebanyak mungkin, baik di lahan publik maupun pribadi, dan merawatnya. Selain itu, undang-undang yang melindungi hutan harus disorot, sehingga kita membantu dalam pelestarian lingkungan.

Konservasi tanah

Upaya pelestarian lingkungan hidup yang tak kalah penting dilakukan yakni konservasi tanah. Konservasi tanah membantu mengendalikan erosi dan memperbaiki tanah untuk tujuan pertanian. 

Kita harus menanam lebih banyak pohon, melindungi padang rumput, dan menanam tanaman penutup yang mengatur pengikisan tanah. Kita juga harus meminimalkan penggunaan bahan kimia, menggunakan pupuk kompos dan pertanian teras di lahan miring.

3 dari 4 halaman

Upaya pelestarian lingkungan hidup selanjutnya yakni dengan mengelola sampah. Limbah padat dihasilkan oleh area pasar, industri, rumah, pemukiman, dan banyak lokasi lainnya. 

Oleh karena itu, kita harus mengelola limbah padat kita dan membantu menjaga lingkungan tetap sehat. Pemerintah kota juga harus melakukan program pengelolaan sampah padat, membuat tempat sampah di seluruh kota dan mengumpulkan sampah secara teratur. Selain itu, kita harus mengajari diri kita sendiri bagaimana mengelola sampah kita tanpa membuang sampah sembarangan.

Daur Ulang

Kita harus belajar mendaur ulang semua yang kita bisa selama mungkin. Kaca, kertas, plastik, dan bahkan logam dapat digunakan kembali, dan tidak boleh dibuang setelah penggunaan aslinya. 

Sekitar 90% dari semua botol plastik tidak mencapai unit daur ulang dan ini sangat disayangkan. Mereka tidak dapat terurai secara hayati dan sekitar 500 miliar di antaranya digunakan setiap tahun. Menggunakan kembali botol, wadah, tas, dan lainnya akan membantu pelestarian lingkungan.

Mengurangi konsumsi air kita

Upaya pelestarian lingkungan hidup yang bisa dilakukan semua orang adalah mengurangi konsumsi air. Air bersih, segar dan aman sangat berharga dan tidak mudah didapat. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghemat air sebanyak mungkin, dan mencegah pencemaran air, jika tidak, air akan menjadi langka di tahun-tahun mendatang. 

Kurangi jumlah mandi, mandi, gunakan mesin cuci saja, jangan buang limbah di badan air tawar, dan daur ulang, sehingga kita menghemat sedikit air tawar yang kita miliki sekarang.

4 dari 4 halaman

Kita harus secara teratur merawat mobil kita dan meninggalkannya di rumah sebanyak mungkin karena merupakan sumber utama polusi udara. Menggunakan baterai isi ulang membantu lingkungan karena kita tidak akan cenderung membuangnya begitu kosong.

Pengomposan juga menghindari membuang sampah sembarangan, dan tidak hanya melindungi lingkungan, tetapi juga merupakan sumber pupuk alami yang dapat diandalkan. Hindari pupuk kimia, herbisida, pestisida dan insektisida yang mencemari lingkungan. Kita harus mengendalikan polusi sebanyak mungkin, untuk melestarikan lingkungan.

Ciptakan kesadaran publik

Membuat orang sadar akan konsekuensi dari kegiatan kita melalui berbagai cara yang tersedia seperti media sosial, seminar, dan media tradisional. Juga, diskusikan perlindungan lingkungan dengan teman dan anggota keluarga sehingga semua orang sadar akan pelestarian lingkungan, cara melestarikan lingkungan dan konsekuensi potensial jika kita tidak menjaga lingkungan.

(mdk/amd)

Akibat Tidak Menjaga Lingkungan.

Top 1: Yang bukan termasuk usaha-usaha pelestarian lingku... - Roboguru

Pengarang: roboguru.ruangguru.com - Peringkat 184

Ringkasan: Lingkungan hidup semakin terancam oleh peradaban manusia yang rakus. Oleh sebab itu dibutuhkan upaya pelestarian lingkungan hidup. Pelestarian lingkungan hidup adalah serangkaian upaya untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap tekanan perubahan dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh berbagai fenomena agar tetap mampu mendukung kehidupan mahluk hidup. Upaya pelestarian dilakukan agar sumber daya pada lingkungan hidup dapat bertahan selama mungkin dan dapat dinikmati oleh ge

Hasil pencarian yang cocok: Yang bukan termasuk usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup adalah... ...

Top 2: Berikut ini yang bukan merupakan upaya-upaya peles... - Roboguru

Pengarang: roboguru.ruangguru.com - Peringkat 197

Ringkasan: Jawaban benar pada soal ini adalah E. Berikut adalah penjelasannya. Pelestarian lingkungan hidup adalah dengan membuang sampah pada tempatnya, melakukan penebangan pohon denga sistem tebang pillih, melakukan reboisasi, menggunakan kendaraan ramah lingkungan. Upaya pelestarian lingkungan hidup dengan cara menghemat penggunaan kertas dan pensil, memanfaatkan barang-barang hasil daur ulang, dan menghemat penggunaan listrik, air, dan BBM. Jadi, melakukan penebangan untuk lahan industri adalah k

Hasil pencarian yang cocok: Berikut ini yang bukan merupakan upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup adalah .... ...

Top 3: Pernyataan berikut yang bukan merupakan upaya pelestarian ...

Pengarang: brainly.co.id - Peringkat 97

Ringkasan: . Berdasarkan sejarah nya negara-negara tetangga dulunya adalah bagian dari wilayah nusantara. Jelaskan bagaimana proses terbentuknya wilayah-wilayah te. … rsebut menjadi sebuah negara yang terpisah dari nusantara​ . karena kekalahan jepang terhadap sekutu untuk mencari dukungan dari indonesia maka jepang akan memberi kemerdekaan di kemudian hari. salah satu lang. … kah yang dilakukan jepang membentuk.... * a. putera b. knpi c. ppki d. bpupki 1. negara be

Hasil pencarian yang cocok: Pernyataan berikut yang bukan merupakan upaya pelestarian lingkungan hidup yang bisa kita lakukan adalah A. menanam pohon muda untuk ... ...

Top 4: dibawah ini yang bukan merupakan usaha pelestarian lingkungan ...

Pengarang: brainly.co.id - Peringkat 101

Ringkasan: . tujuan konsumen dari kegiatan konsumsi adalah​ . jenis sumber daya alam yang dimanfaatkan para perajin kayu adalah​ . 20. Kedaulatan atas wilayah Indonesia yang meliputi wilayah Jawa, Madura, dan Sumatra, merupakan hasil prsetujuan antara Pemerintah Belanda dengan Ind. … onesia pada Perundingan...​ Berikan contoh 3 aktivitas dalam air . 12. Deklarasi Bangkok sebagai tonggak berdirinya ASEAN ditandatangani oleh menteri luar negeri dari kel

Hasil pencarian yang cocok: Dibawah ini yang bukan merupakan usaha pelestarian lingkungan hidup yang dapat kita lakukan adalah a mengurangi pemakaian busa untuk kursi ... ...

Top 5: Pelestarian Lingkungan | Science Quiz - Quizizz

Pengarang: quizizz.com - Peringkat 125

Hasil pencarian yang cocok: Upaya yang dapat kita lakukan untuk mengurangi dampak pemanasan global adalah ... Usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian batu bara pada masa ... ...

Top 6: IPA 4 | Science Quiz - Quizizz

Pengarang: quizizz.com - Peringkat 89

Hasil pencarian yang cocok: Usaha pelestarian Sumber daya alam hayati yang dapat dilakukan, kecuali ... dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam lingkungan adalah ... ...

Top 7: 41 Soal Sumber Daya Alam Beserta Jawaban - balkopites.com

Pengarang: balkopites.com - Peringkat 122

Ringkasan: . . 1. Kegiatan penambangan sumber daya alam pada suatu wilayah disebut ... a. Ekstensifikasi b. Ekspansi c. Eksplorasid. Eksploitasi 2. Sumber daya alam yang berasal dari tumbuhtumbuhan disebut sumber daya alam ... a. Hidroponik b. Nabati c. Hewanid. Natural 3. Usaha perlindungan SDA hayati beserta Ekosistemnya yang ada bumi dengan bertujuan untuk mengusahakan terwujudnya kelestarian SDA hayati serta keseimbangan ekosistemnya, sehingga dapat lebih mendukung upaya peningkatan kesejahteraan

Hasil pencarian yang cocok: Usaha perlindungan SDA hayati beserta Ekosistemnya yang ada bumi dengan bertujuan ... kelestarian SDA hayati serta keseimbangan ekosistemnya, sehingga dapat ... ...

Top 8: Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Usaha Pelestarian Lingkungan ...

Pengarang: adnice.id - Peringkat 180

Ringkasan: Berikut ini yang bukan merupakan usaha pelestarian lingkungan yang dapat kita lakukan adalah? Aturan untuk mengambil hasil hutan secukupnya di Suku Demak. Larangan menebang pohon secara sembarangan. Aturan pembatasan hasil berburu hewan. Bentuk tiang-tiang pada rumah adat suku Nias Kunci jawabannya adalah: A. Aturan untuk mengambil hasil hutan secukupnya di Suku Demak.. Menurut ensiklopedia, berikut ini yang bukan merupakan usaha pelestarian lingkungan yang dapat kita lakukan adalah aturan

Hasil pencarian yang cocok: 17 Apr 2022 — Berikut ini yang bukan merupakan usaha pelestarian lingkungan yang dapat kita lakukan adalah? · Aturan untuk mengambil hasil hutan secukupnya di ... ...

Top 9: 8 Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup yang Bisa Dilakukan ...

Pengarang: m.merdeka.com - Peringkat 179

Ringkasan: Merdeka.com - Kita hanya memiliki satu planet tempat kita tinggal. Planet ini penuh dengan sumber daya, beberapa dapat diperbarui dan beberapa tidak. Tetapi sayangnya, kita memiliki populasi yang terus bertambah yang menimbulkan ancaman besar bagi semua sumber daya ini. Oleh sebab itu penting untuk melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup. Pelestarian lingkungan pada dasarnya berarti melindungi lingkungan kita dan menggunakannya secara berkelanjutan. Pelestarian lingkungan adalah praktik kit

Hasil pencarian yang cocok: 1 Okt 2021 — Pelestarian lingkungan adalah praktik kita sebagai manusia untuk menyelamatkan lingkungan dari hilangnya spesies, dan perusakan ekosistem, ... ...

Top 10: Melestarikan Alam Sekitar (Upaya Pengembangan Pariwisata)

Pengarang: eticon.co.id - Peringkat 104

Ringkasan: Sebagai makhluk hidup yang meninggali bumi, sudah seharusnya kita bersama-sama bersatu untuk melestarikan alam sekitar. Hal tersebut sebagai penunjuk bahwa kita telah merawat bumi dengan baik. Karena sebagian besar kerusakan lingkungan yang terjadi tidak lain adalah akibat atau ulah dari manusia itu sendiri yang tidak peduli dengan kelestarian alam.Menjaga kelestarian alam sekitar juga merupakan salah satu upaya yang digunakan untuk membantu pengembangan pariwisata berkelanjutan. Dengan adanya p

Hasil pencarian yang cocok: 15 Sep 2021 — Sehingga dapat menjamin kestabilan pariwisata di masa depan tanpa adanya dampak kerusakan lingkungan. Pelestarian lingkungan juga merupakan ... ...