Berikut ini yang tidak termasuk dalam kerjasama asean di bidang politik adalah

Oleh:

Bentuk Kerjasama ASEAN di Bidang Politik yang Perlu Diketahui (freepik)

Bisnis.com, JAKARTA - Kerjasama Asean di bidang politik sangat berpengaruh di negara Indonesia dan negara lain yang tergabung dalam organisasi ini.

Salah satu tujuan dari dibentuknya ASEAN yaitu untuk meminimalkan masalah yang bisa terjadi akibat interaksi antar negara dari berbagai bidang salah satunya yaitu politik.

Lalu, apa bentuk kerjasama negara-negara ASEAN dalam bidang politik? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga : Catat! Ini Faktor Pendorong Kerja Sama Antar Negara Asean

Tujuan Kerjasama ASEAN di Bidang Politik dan Contohnya

Secara umum, alasan negara negara Asean melakukan kerjasama di bidang politik yaitu menciptakan stabilitas, keamanan, dan perdamaian antar negara yang tergabung di dalam Asean . Hal tersebut sesuai dengan tujuan dari pembentukan negara ASEAN ini yang sudah tercantum di dalam deklarasi Bangkok. 

Tentu saja setiap negara memiliki tujuan kerjasama Asean di bidang politik. Beberapa bentuk dari kerjasama tersebut menjadi upaya menghindari pertikaian. Berikut ini beberapa contoh kerjasama dalam bidang politik antara Indonesia dan negara Asean lainnya.

Kerjasama dalam bidang politik yang pertama yaitu pengiriman duta dan konsulat menjadi wakil negara di Asean. Pengiriman duta ini dilakukan oleh negara yang menjadi anggota dari Asean .

Fungsi dari duta dan konsulat sebagai wakil dari negara asal dalam melakukan diskusi dan juga berperan dalam stabilitas politik di negara yang tergabung dalam Asean. Pengiriman wakil duta dan konsulat termasuk rutin dilakukan sehingga tiap negara memiliki peran dalam menjalankan fungsinya sebagai anggota Asean. 

Kerjasama selanjutnya yang terjalin yaitu perjanjian kawasan bebas nuklir. Perjanjian ini melarang penggunaan senjata nuklir di kawasan ASEAN. Tak hanya itu, dalam perjanjian ini negara Asean dilarang keras untuk melakukan perancangan pembuatan senjata nuklir. 

Kerjasama Asean di bidang politik lainnya yaitu ADMM. Perlu diketahui, ADMM adalah kerjasama yang dilakukan dalam bidang politik di negara Asean. Kerjasama ini merupakan pertemuan yang rutin digelar antara menteri keamanan dari setiap negara yang tergabung dalam Asean. 

Baca Juga : Daftar 10 Negara Asean Beserta Pendiri dan Fakta Menariknya

Pertemuan yang rutin digelar ini membahas terkait kerjasama serta diplomasi politik dalam bidang pertahanan dan keamanan negara yang tergabung dalam Asean. 

Perjanjian ini merupakan bentuk kerjasama negara-negara yang ada di Asean untuk saling menjaga agar negaranya tetap damai. Bebas dalam perjanjian ini memiliki makna bahwa setiap negara yang tergabung dalam Asean memiliki hak untuk melakukan segala sesuatunya secara bebas.

Sedangkan netral berarti negara yang tergabung dalam Asean mengintervensi konflik atau tidak ikut campur dalam konflik yang terjadi di negara lain. Termasuk negara yang menjadi anggota dari Asean.

Perjanjian ini merupakan kerjasama dalam bidang politik yang menangani pelarian tersangka kejahatan ke negara kawasan Asean. Adanya perjanjian ini membuat negara yang tergabung dalam ASEAN akan bekerja sama untuk pengembalian tersangka ke negara asal.

Dengan demikian, stabilitas politik di negara yang tergabung di Asean tetap terjaga. Perjanjian ini juga mempermudah negara anggota untuk menangkap penjahat yang kabur. 

Sementara itu, beberapa bentuk perjanjian kerjasama ASEAN di bidang politik diantaranya ada SEATO (Southeast Asia Treaty Organization), ZOPFAN (Zone of Peace, Freedom and Neutrality), AFTA (Asean Free Trade Area), dan ASA (Association of Southeast Asia).

Itulah beberapa kerjasama ASEAN di bidang politik yang perlu diketahui. Kerjasama tersebut bisa saling menguntungkan antar anggota ASEAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini : asean, kerja sama, kerja sama ekonomi, kerja sama bilateral

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Editor: Mia Chitra Dinisari

Kerjasama yang dilakukan oleh negara di Asia tenggara adalah ASEAN, di organisasi ini berkumpul negara Asia tenggara yang bergabung, tujannya untuk melakukan kerjasama yang baik, semua kerjasama di ASEAN dilakukan sesuai bidangnya. Kerjasama dibidang politik artinya kerjasama yang dilakukan untuk mengembangkan sistem pemerintahan bersama, tujuannya menguntungkan bidang politik masing - masing, seperti hubungan yang baik antar pejabat, perjanjian bersama, dan deklarasi bersama. Kerjasama dibidang keamanan artinya kerjasama meningkatkan kesejahteraan, pendamaian, dan membuat keadaan tertib sesuai hukum yang berlaku. Kerjasama dibidang keamanan di ASEAN bukan berarti ikut campur urusan negara tersebut tetapi hanya mendamaikan dan mendeklarasikan di meja bundar sesuai hukum internasional.

Dengan demikian, 

Contoh kerjasama ASEAN dibidang politik

  1. Deklarasi perdamaian ZOPFAN
  2. Perjanjian Traktat persahabatan
  3. Hukum HAM bersama di ASEAN
  4. Perjanjian bebas nuklir
  5. Rapat politik bersama menteri ASEAN
  6. Perjanjian ekstradisi ASEAN
  7. Organisasi AFTA (Asean Free Trade Area) anggota ASEAN
  8. Organisasi EAEC (The East Asia Economic Caucus or East Asia Economic )
  9. Organisasi politik - keamanan ARF (ASEAN Regional Forum )
  10. Organisasi politik - ekonomi Integrasi de facto economic

Contoh kerjasama ASEAN dibidang keamanan

  1. Membuat organisasi keamanan bersama, ASC ( ASEAN Security Comunnity)
  2. Mendamaikan pemberontakan di Filipina Selatan
  3. Mendamaikan pemberontakan di Thailand Selatan
  4. Mendamaikan konflik di Myanmmar
  5. Mendamaikan konflik di Papua Barat
  6. Ikut serta mendamaikan kasus Laut China Selatan
  7. Pemberantasan kasus terorisme bersama
  8. Pemberantasan penyelundupan ilegal di kawasan perdagangan bebas
  9. Mendamaikan sengketa tekanan antar anggota
  10. Pertemuan menteri pertahanan untuk kerjasama dibidang keamanan oleh perwakilan masing masing menteri pertahanan

Dengan demikian, kerjasama ASEAN bertujuan untuk menciptakan perdamaian dan keamanan. Diantara contohnya, Deklarasi Perdamaian ZOPFAN dan membuat organisasi keamanan bersama (ASC).

Mengapa kita membutuhkan peraturan dan peraturan perundang-undang jelaskan?tolong di jawab yg bener weee besok mau di kumpulin ​

Kalo bus sekolah jalannya kearah mana?

Contoh bagan: Logam Benda dari Logam, Kaca, dan Karet Pengelompokan Benda Kaca Karet​

Pancasila sebagai.... bangsa Indonesia

Mengutama kan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi merupakan pengamalan sila.....

Dalam musyawarah bila pendapat nya tidak di terima maka sikap peserta musyawarah sebaiknya....

1.tulislah masing masing 5 hal yang mempengaruhi hak kita di rumah, di sekolah, dan di masyarakat(maksud nya 5 drumah, 5 disekolah,5dmasyarakat)2.Tuli … slah 5 contoh kewajiban di sekolah dan 5 pula di masyarakatbantu dongg​

1. Apakah kampanye hemat energi merupakan kewajibanmu sebagai warga negara? Jelaskan. 2.Sebutkan manfaat yang kamu dapatkan dari kampanye yang kamu la … kukan. 3. Apa yang akan kamu lakukan jika melihat lampu kelas menyala pada siang hari? 4. Bagaimana cara kamu menegur temanmu yang memainkan air keran di halaman sekolah? 5. Menurutmu, perilaku apa saja yang harus dilaksanakan di sekolahmu agar hemat dalam penggunaan energi listrik?​

mbel 1.2 Perbedaan antara BPUPKI dan PPKI Pernyataan Waktu Pembentukan Jumlah Anggota usunan Organisasi BPUPKI PPKI Tugas Waktu Persidangan Hasil Pers … idangan ​

Bagian kulit yang pling peka terhadap rasangan yaitu....