Berikut ini yang tidak termasuk dalam macam-macam sikap berdiri kuda-kuda pada pencak silat adalah

Ilustrasi pencak silat, bela diri. (Photo by Thao Le Hoang on Unsplash)

Bola.com, Jakarta - Pencak silat merupakan cabang olahraga beladiri yang sudah diajarkan di berbaga jenjang pendidikan, mulai tingkat dasar sampai perguruan tinggi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pencak silat yaitu permainan (keahlian) dalam mempertahankan diri dengan keahlian menangkis, menyerang serta membela diri menggunakan atau tanpa senjata.

Di Indonesia, pencak silat menjadi satu di antara tradisi yang diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Dalam pencak silat ada beberapa teknik dasar yang wajib dikuasai.

Materi latihan yang harus dikuasai pesilat pemula ialah sikap dan gerak dasar. Sikap dasar pencak silat adalah sikap-sikap statis yang dilakukan untuk melatih kekuatan otot-otot tungkai, dan kaki

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam sikap dasar dalam pencak silat yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman journal.uny.ac.id, Selasa (14/12/2021).

Ilustrasi pencak silat, bela diri. (Photo by Thao Le Hoang on Unsplash)

Ada tiga sikap berdiri dalam pencak silat, antara lain sikap berdiri tegak, sikap berdiri kuda-kuda, dan sikap pasang. Sikap berdiri tegak terdiri dari empat sikap tegak, yaitu:

a. Sikap tegak 1, kedua lengan dan tangan lurus di samping badan.

b. Sikap tegak 2, kedua tangan mengepal berada di samping pinggang.

c. Sikap tegak 3, kedua tangan mengepal di depan dada.

d. Sikap tegak 4, kedua tangan silang di depan dada.

Ilustrasi bela diri. Credit: pexels.com/Rodnae

Pada dasarnya, sikap kuda-kuda berfungsi untuk melatih otot kaki, khususnya untuk meningkatkan keseimbangan badan pada saat melakukan tendangan atau serangan lawan.

Saat melakukan kuda-kuda, keseimbangan badan harus diperhatikan. Jika keseimbangan badan tidak bagus, akan mudah jatuh, apalagi penyerang bertenaga kuat.

Adapun sikap berdiri kuda-kuda terdiri atas:

Kuda-kuda depan dimulai sikap berdiri tegak, kemudian kaki kiri/kanan bergerak dengan berat badan ditumpukan pada kaki depan.

Kuda-kuda belakang dimulai dari sikap berdiri tegak, kemudian kaki kiri/kanan bergerak dengan berat badan ditumpukan pada kaki belakang.

Kuda-kuda tengah dimulai dari sikap berdiri tegak. Kemudian kaki kangkang dan titik keseimbangan badan terletak di tengah-tengah.

Pelaksanaannya, badan tegak pandangan ke depan, kedua lutut sedikit ditekuk segaris tegak lurus dengan ibu jari kaki kiri dan kanan.

Kuda-kuda samping dimulai dari sikap berdiri tegak. Kemudian posisi sama dengan kuda-kuda, tetapi pandangan menyamping.

  • Kuda-Kuda Menyamping Kiri/Kanan

Kuda-kuda menyamping kiri/ kanan dimulai dari sikap berdiri tegak. Kemudian kaki kiri/kanan menggeser ke samping kiri/kanan. Berat badan bertumpu badan pada kaki kiri dan sebaliknya.

Kuda-kuda silang, terdiri dari kuda-kuda silang depan, dan kuda-kuda silang belakang. Kuda-kuda silang dimulai dari sikap berdiri tegak.

Kemudian berat badan bertumpu pada satu kaki, sedang kaki yang lain ringan sentuhan dengan ibu/ujung jari kaki.

Ilustrasi pencak silat. (Photo by AgusTriyanto on Pixabay)

Sikap duduk merupakan sikap dasar dari permainan bawah. Ada lima sikap duduk dalam pencak silat, yang terdiri dari duduk biasa, sila, trapsila/ mengorak sila, simpuh, dan sempok/ depok.

Kedua kaki dilipat silang, sedangkan kedua tangan bersatu di depan dada, pandangan rileks ke depan.

Kedua kaki dilipat, kedua tangan bersatu diletakkan di atas lutut, pandangan rileks ke depan.

Kedua kaki ditekuk, tangan bersatu diletakkan di atas lutut, pandangan rileks ke depan.

Duduk dengan satu di antara kaki dilipat ke dalam dan kaki lainnya dilipat keluar, tangan kiri bertumpu di lantai sedang tangan kanan siap di depan dada, pandangan sedikit menyamping.

Duduk dengan kedua lutut bertumpu di lantai sedangkan kedua tangan bersatu diletakkan di atas lutut, pandangan rileks ke depan.

Ilustrasi pencak silat, bela diri. (Photo by SOON SANTOS on Unsplash)

Sikap pasang adalah kelanjutan dari sikap kuda-kuda dan merupakan sikap penting dalam melakukan bela serang pada pertandingan pencak silat. Sikap pasang dapat dimulai dari kaki kiri atau sebaliknya dimulai dari kaki kanan.

Sikap pasang 1 dilakukan kuda-kuda depan yaitu kaki kiri depan ditekuk rileks, badan tegak kedua tangan rileks di depan dada, dan pandangan lurus ke depan.

Sikap pasang 2 dimulai dari kuda-kuda depan dilanjutkan badan dan kaki tumpu depan diputar 45 derajad ke arah kiri, sedang kaki belakang sedikit jinjit.

Sikap pasang 3 dimulai dari kuda-kuda depan dilanjutkan kaki kanan belakang ditarik serong kanan serta kedua tangan rileks di depan dada.

Sikap pasang empat dilakukan dengan kuda-kuda kangkang dan berat badan bertumpu pada kedua kaki. Badan petarung lurus ke depan serta kedua tangan rileks ke depan.

Sikap pasang lima dilakukan dengan kuda-kuda silang belakang. Kaki kanan dilangkahkan ke depan, lalu menyilangkan kaki kiri lurus di belakang kaki kanan.

Pada sikap pasang lima, berat badan bertumpu pada kaki kanan. Pandangan petarung menyamping serta kedua tangan rileks di depan dada.

Sikap pasang 6 adalah kuda-kuda tengah menyamping pandangan ke arah samping kiri serta kedua tangan rileks di depan dada.

Sikap pasang 7 dilakukan dengan menggunakan kuda-kuda silang depan yaitu dari sikap kuda-kuda tengah menyamping, kaki kanan disilangkan ke depan kaki kiri, pandangan ke arah samping kiri serta kedua tangan rileks di depan dada.

Sikap pasang 8 dilakukan dengan mengangkat kaki kiri dan kaki kanan sebagai tumpuan, pandangan ke lurus ke depan serta kedua tangan rileks di depan dada.

Sumber: uny.ac.id