Berikut merupakan unsur estetis yang berupa tulisan dalam pertunjukan teater non tradisional adalah

201 Seni Budaya

2. Teater Nontradisional

Teater Nontradisional atau sering disebut dengan Teater Modern merupakan jenis teater yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat kota besar dan sangat dipengaruhi oleh teori-teori barat, terutama pada kaum terpelajar. Teater Modern di Indonesia sudah dikenal sejak abad ke-19. Bentuk-bentuk pertunjukannya yang diakomodir, antara lain: Baca Puisi, Deklamasi, Dramatik Reading , Visualisasi Puisi, Musikalisasi Puisi, Monolog, Teater Konvensional, Teater Eksperimen, Teater Alternatif, Pertunjukan Posmodernisme, Teater Jalanan, Jeprut, Happening Art . Drama Televisi, Sinetron, Dunia Sineas dan Perilman, dst.. Teater sebagai seni pertunjukan berdasarkan ciri-ciri pokok seninya, dapat dibedakan ke dalam dua jenis: teater tradisional dan teater nontradisional. Perbedaan ciri-ciri pokoknya dapat dikemukakan dalam bentuk tabel berikut ini. Tabel 8.1 Perbedaan Teater Tradisional dan Teater Nontradisional Teater Tradisional Teater Nontradisional 1. Karya Teater lebih bersifat “anonim”, artinya tidak diketahui penciptanya. 1. Karya Teater lebih bersifat “anonim”, artinya diketahui penciptanya. 2. Pewarisan seni bersifat turun temurun dan abadi 2. Karya seni bersifat temporal. 3. Tidak ada naskah baku atau naskah tertulis. 3. Ada naskah baku atau naskah tertulis. 4. Pertunjukan bersifat spontan tanpa latihan. 4. Pertunjukan direncanakan dengan matang dan dilakukan melalui proses latihan. 5. Pertunjukan lebih mengutamakan isi seni dari pada bentuk seni. 5. Bentuk Pertunjukan lebih beragaman tergantung stile senimannya; apakah mengutamakan isi seni, atau mengutamakan bentuk seni atau menghadirkan keduanya. 6. Tempat pertunjukan bersifat bebas di arena terbuka. 6. Tempat pertunjukan bersifat khusus yakni di panggung dengan keragaman bentuk stage. Sumber: Dok Kemdikbud Gambar 8.7 Pemeran “Lorong Waktu“ Karya Sinetron Indonesia Di unduh dari : Bukupaket.com 202 Kelas X SMA MA SMK MAK 7. Peralatan pentasnya lebih sederhana. 7. Peralatan pentasnya lebih modern dan lengkap dengan beberapa unsur artistik penunjangnya. 8. Waktu pertunjukan dilakukan semalam suntuk. 8. Waktu pertunjukan lebih pendek dan terbatas 2 sampai 3 jam. 9. Peristiwa pertunjukan dibangun penuh keakraban dan tanpa jarak dengan penontonnya. 9. Peristiwa pertunjukan dapat dilakukan dengan kecenderungan adanya jarak estetis dan atau lebur menjadi satutanpa jarak dengan penontonnya. 10. Penonton bersifat bebas tanpa harus membayar. 10. Penonton bersifat khusus dan membayar. 11. Menggunakan bahasa daerah setempat. 11. Menggunakan unsur bahasa lebih bebas; bahasa daerah, bahasa Indonesia, bahasa asing dan campuran. 12. Fungsi pertunjukannya terkait upacara pada kegiatan masyarakat secara adat. 12. Fungsi pertunjukannya mengarah pada seni tontonan hiburan. diadaptasi oleh: agus supriyatna. Berdasarkan perbedaan ciri-ciri pokok seni dan hubungan seni yang mendasari pertunjukannya dapat disimpulkan bahwa teater tradisional keberadaan seninya tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat pendukungnya, baik masyarakat suku pedalaman, masyarakat pedesaan, perkampungan pertanian huma dan pesawahan dan masyarakat istana atau pendopo atau keraton. Dalam perkembangannya Teater sebagai salah satu bentuk karya seni pertunjukan ditinjau dari media yang digunakannya, Sumardjo 2000, mengatakan dapat dibedakan ke dalam; teater boneka dan teater manusia. Teater boneka adalah bentuk pertunjukan teater dengan media ekspresi seninya menggunakan alat boneka atau disebut teater muffet. Contohnya, wayang golek, wayang kulit, dst. Teater dengan media manusia, yakni dapat dibedakan menjadi teater orang dan teater tutur. Teater dengan medium utama manusia atau orang, banyak ditemukan pada jenis dan bentuk teater tradisional dan non tradisonal dengan ciri utama manusia ditempatkan sebagai pemeran, aktor, aktris di Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 8.9 Seni Pantomim Teater Non Tradisional Di unduh dari : Bukupaket.com 203 Seni Budaya atas pentas. Teater Tutur memiliki kekhasan penyajian pada penyampaian teks dialog berupa kata-kata yang dibawakan melalui tokoh pemeran diungkap dengan cara bernyanyi, dilagukan, seperti juru dongeng atau bercerita. Contohnya; Kentrung Jawa Timur, Seni Pantun, Beluk Jawa Barat, MPToh Aceh, dst. Teater berdasarkan bentuk dikenali dua bentuk, yakni Teater verbal dan nonverbal. Teater verbal, menekankan tokoh cerita pemeran melakukan dialog percakapan antar tokoh atau sendiri dengan alasan bahwa pesan cerita yang ingin disampaikan kepada penonton digambarkan atau disampaikan dengan bahasa kata-kata. Contohnya. Teater Tutur, Sandiwara Radio, Mendongeng, Standing Up Comedy. Story Toling , dst. Teater non verbal, artinya pesan cerita yang akan disampaikan kepada penonton dapat digambarkan laku dramatiknya melalui kekuatan ekspresi gerak tubuh pemeran. Contohnya. Teater Gerak, Teater Tubuh, Kelompok Payung Hitam, Rachman Sabur – Bandung; Teater Kubur, Dindon-Jakarta, dan Teater Mini Kata Teater Rendra, Jakarta Seni Pantomin.

C. Aspek – Aspek Teater

Teater sebagai seni merupakan salah satu jenis seni pertunjukan dengan medium utamanya manusia dibangun oleh beberapa unsur pembentuknya, antara lain; Naskah, Pelaku Seni dan Pentas

1. Naskah atau lakon

Naskah atau lakon Teater, khususnya teater non tradisional ditangan sang kreator, yakni Sutradara peramu Drama, atau Teater merupakan bahan baku yang perlu diolah secara seksama. Yakni dari teks tulisan menjadi wujud pertunjukan. Setelah kamu belajar tentang jenis teater, jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini 1. Apa saja yang kamu ketahui tentang ragam jenis dan bentuk teater yang ada disekitarmu? 2. Apa perbedaan teater tradisional dengan teater non tradisional? Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 8.10 Cut Nyak Dien Karya Film Indonesia Di unduh dari : Bukupaket.com

Berikut merupakan unsur estetis yang berupa tulisan dalam pertunjukan teater non tradisional adalah

 SENI TEATER

1. Teater modern berkembang pada umumnya memperoleh pengaruh dari budaya....a. primitifb. pendatangc. kosmopolitan

d. barat

e. hedonisme 2. Berikut ini yang bukan termasuk unsur sastra dalam sebuah drama adalah...a. perwatakanb. tema

c. tata musik

d. penokohane. alur 3. Salah satu contoh dari teater modern yang pernah dipentaskan oleh dramawan Indonesia adalah seperti di bawah ini, kecuali....a. Manusia Barub. Lukisan Massac. Dokter Bismad. Taufan di Atas Asia

e. Ramayana

4. Ciri khas dari teater modern, diantaranya dapat terlihat dari....a. para pemainnyab. penulis skenarionyac. bahasa yang digunakannya

d. penataan panggung dan dekorasi

e. nilai yang disuguhkan 5. Tuan Amin adalah salah satu contoh karya teater modern yagn merupakan hasil karya....a. Sanoesi Paneb. Armyn Panec. El Hakimd. Idrus

e. Amal Hamzah

6. Bentuk drama yang pemainnya berbicara sendiri tanpa ada lawan bermain disebut drama...

a. monolog

b. drama absurdc. drama minikatad. kontemplasie.meditasi 7. Pemilihan pemain dalam sebuah drama disebut....a. aktorb. shooting

c. casting

d. editinge. cutting 8. Pengarang drama absurd yang terkenal di Indonesia adalah....a. Idrusb. Sanoesi Panec. Muhammad Yamin

d. Iwan Simatupang

e. W.S. Rendra 9. Berikut adalah salah satu persamaan dari drama tradisional dan drama modern, yaitu....

a. memiliki pementasan dan dekorasi

b. memiliki naskahc. cerita berdasarkan sumber yang samad. mengandalkan tariane. diiringi musik yang sama 10. Teater modern ide ceritanya biasanya berasal dari....a. kisah kerajaanb. dongengc. Hikayatd. legenda

e. kehidupan bermasyarakat sehari-hari

11. Teater terkini yang sudah jauh meninggalkan teater tradisional adalah....Jawaban: teater kontemporer 12. Jenis teater dikelompokkan menjadi dua, yaitu....Jawaban: teater tradisional dan nontradisional 13. Jenis drama yang diperankan oleh seorang pemain disebut....Jawaban: monolog 14. Salah satu pengarang drama absurd adalah....Jawaban: Iwan Simatupang 15. Drama yang menggunakan kata seminim mungkin disebut drama....Jawaban: minikata 16. Seorang dramawan, penyair, sekaligus budayawan terkenal yang dijuluki “Si Burung Merak” adalah....Jawaban: W.S. Rendra 17. Seorang yang dikenal sebagai sutradara yang bertangan dingin adalah....Jawaban:  Arifin C. Noer 18. Keindahan cerita dalam drama atau teater terletak pada permasalahan yang disebut....Jawaban: Isi cerita 19. Rangkaian cerita yang saling berhubungan dengan menggunakan hukum sebab akibat adalah....Jawaban: alur cerita/plot 20. Nilai yang dihubungkan dengan makna sebuah benda/kebendaan adalah....Jawaban: nilai material 21. Jelaskan perbedaan teater tradisional dengan teater modern! Jawaban: perbedaan teter tradisional dengan teater modern adalah sebagai berikut: a. Teater tradisional- bertolak dari sastra lisan- tidak ada naskah- sumber cerita dari kerjaan/dongeng- bersifat improvisasi- mengandalkan segi tari dan lagu- bersifat statis b. Teater modern- bertolak dari sastra drama- ada naskah drama- sumber cerita dari kehidupan masyarakat sehari-hari- peran sudah dibagi sesuai naskah,- mengandalkan segi gerak dan dialog- bersifat dinamis 22. Sebutkan beberapa naskah drama modern yang pernah dipentaskan!

Jawaban:

naskah drama yang pernah dipentaskan adalah sebagai berikut.a. Dokter Bismab. Manusia Barue. Ken Arokd. Taufan di Atas Asiae. Tuan Amin 23. Sebutkan tokoh-tokoh teater nontradisional!
Jawaban:  Tokoh-tokoh teater nontradisional adalah sebagai berikut.a. Armyn Paneb. Sanusi Panec. Idrusd. Usmar Ismail 24. Sebutkan keunikan teater modern!
Jawaban: keunikan teater modern adalah sebagai berikut.a. naskah sudah b. cerita lebih bervariasic. perencanaan lebih kompleksd. tidak lagi mengandalkan tari dan lagu 25. Sebutkan persamaan teater tradisional dengan teater modern!

Jawaban: 

persamaan teater tradisional dan teater modern adalah sebagai berikut:a. memiliki perlengkapan pementasan yang sama, seperti dekorasi, tata busana, tata musik, dan tata rias.b. memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai media ekspresi, sarana hiburan, dan media pendidikanc. memiliki anatomi drama yang sama, yaitu babak, adegan, dan dialog 26. Teater sebagai kegiatan berkesenian yang mengacu kepada kegiatan dan pertunjukkan mengandung unsur-unsur sebagai berikut, kecuali …. a. lakon        b. Pemeran     c. Sutradara     d. Pentase.

e.sponsor

27. Unsur pertama yang terdapat dalam kegiatan teater  adalah ….

a. naskah       

b. penonton      c. publik    d. promotor       e. produser 28. Bagian pembuka dalam sebuah drama yang maksudnya untuk  memberikan pengarahan kepada pembaca  atau penonton disebut ….a.dialog   

b. prolog    

c. epilog     d. solilokui      e. monolog 29. Orang yang bertugas mewujudkan gagasan penulis drama di atas pentas secara utuh dan benar adalah ….a. produser   b. dramawan    c.  sastrawan   

d. Pemeran

e. promotor 30. Bentuk teater  yang secara tegas memisahkan tempat antara pentas dan tempat penonton disebut ….a.  nonprosenium    b. apron   

c. prosenium       

d. interior       e.pentas portabel    31. Kehadiran seorang penonton sama pentingnya dengan permainan terbaik dari seorang aktor jika hal itu dilihat dari segi keberhasilan sebuah pementasan.Pernyataan tersebut dinyatakan oleh….

a. Richard Bouleslavsky        

b. Arifin C. Noor c. Umar Khayam           d. Samuel Becket e. Aris Toteles 32. Faktor-faktor yang mempengaruhi kehadiran jumlah penonton pada saat pagelaran berlangsung, kecuali ….a. Publikasi yang gencar        b. Popularitas kelompok c. kualitas pemain baik     d. kerja sama yang baikdengan berbagai pihak

e.  kostum mewah

33. Bentuk setting yang sama sekali tidak menggunakan alat-alat tertentu selain tempat di mana lakon dimainkan,termasukjenis setting….a. konvensional  set                   b. interior set   c. natural set        

d. tradisional set

e. modern set 34. Dalam merias seorang pemain, penata rias harus mempertimbangkanaspek-aspek berikut ini, kecuali….a. gambaran fisik pelaku           

b. harga bahan rias murah  

c. warna kebangsaan d. efek sinar lampu pentas yang mungkin dihasilkan   e. pemilihan bahan rias     35. Berikut ini yang tidak termasuk fungsi dari teater rakyat adalah ….a. Sebagai alat pendidikan masyarakatb. Sebagai alat penebal perasaan solidaritaskolektif

c. Sebagai alat mempertahankan suatu budaya bangsa

d. Sebagai alat yang memungkinkan seseorang biasa bertindak dengan penuh kekuasaan terhadap orang yang menyelewenge. Sebagai alat untuk mengeluarkan protes terhadap ketidakadilan yang terjadi di masyarakat 36.    Secara umum, teater tradisional rakyat memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali….

a.      Cerita digarap berdasarkan fenomena terbaru.       

b.      Unsur lawakan selalu muncul.c.       Nilai dan laku dramatik dilakukan secara spontan.d.      Penonton mengikuti pertunjukkan secara santai.e.      Tempat pertunjukkan teruka dalam bentuk arena. 37. Menurut Dr. A.H. Nasution, suatu hasil karya seni dituntun untuk memiliki kriteria-kriteria berikut ini,kecuali….a.  Etika        b. estetika        c.  konsultatif       

d. Efektif      

e. edukatif  38. Perkembangan tater Barat di Indonesia sudah mulai tumbuh dan berkembang pada masa pemerintahan….a. Jepang                    b. Indo-Eropa

c. Hindia Belanda           

d. Portugis e. Yunani Kuno 39. Teater Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia mulai tumbuh dan berkembang secara baik pada masa pendudukan ….

a. Jepang                 

b. Portugis  c. Indo-Belanda       d. spanyol e. Indo-Eropa 40. Teater klasik barat bersumber dari teater  …..a. Amereka Serikat                   b. Roma c. Portugis                d. Belanda 

e. Yunani Kuno 
 

41. Era kebangkitan teater modern Indonesia ditandai oleh kelompok teater bernama ….

a. teater dardanella          

b. teater klasik c. teater  Orion        d. teater beling e.  teater Tjahaya Timoer 42. Terlahirnya seniman-seniman teater dan film Indonesia yang berkualitas dan mengabdikan diri sepenuhnya bag perkembangan teater ditandai dengan munculnya ….a. CHAOS                       b. LEKRA

c. ASDRAFI               

d. AMI e. HSBI 43. Pada akhir abad XX , berkembang pula gaya absurdisme dalam teater Indonesia. Absurdisme  artinya …. a. rasional               

b. tak masuk akal   

c. normal     d. tabu e. ekpresionis 44. Tokoh-tokoh teater absurd adalah sebagai berikut, kecuali….a.  Jean Paul Sartre               b.  Eugene Lonesco c. Albert Camus       

d. Ares Toteles

e. Samuel Becket 45. Dalam pementasan drama, plot dan karakter diwujudkan melalui ….a. kostum                      b. panggung  c. properti          d. amanat

e. laku (action)
 

46. Pelaku yang menyebabkan timbulnya konflik dalam cerita adalah ….a. tritagonis              b. sampingan c. figuran         d. sentral

e. antagonis

47. Garis laku menurut Aris Toteles adalah sebagai berikut, kecuali ….

a. exposition               

b. epitasio c. protasis       d. catastasis e. catastrophe 48. Permasalahan yang paling dominan menjiwai suatu naskah drama dari awal sampai akhir cerita disebut ….a. tema minor                  

b. tema mayor

c. subtema            d. tema  cabang e. tema sampingan 49.  Dilihat dari cara menyusun bagian-bagiannya, alur  atau plot cerita dapat dibedakan menjadi beberapa macam, kecuali ….a. progresif           

b. alur cabang

c. alur sorot balik               d. alur campuran e. flashback 50. Gambaran umum bagian alur yang menggambarkan kehadiran beberapa tokoh yang belum mempunyai masalah atau menggambarkan suasana yaitu bagian ….a.  resolusi             b. klimaks   

c. paparan (eksposisi)

d. peleraian e. penggawatan (komplikasi) 51.    Ada tiga unsur utama dalam proses pengakuan sebuah benda untuk dapat disebut karya seni, yaitu….a. peragaan, properti, seniman        b. publik seni, benda seni, penonton    c. struktur batin, pesan, seniman d. benda seni, panggung, lighting

e. seniman, benda seni,publik seni
 

52. Dalam pemindahan atau penyaduran karya drama dituntun persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi, kecuali…. a. Plot cerita tidak boleh berubah   

b. Karakterisasi hanya sebagian yang boleh diubah

c. Latar budaya harus utuh    d. Karakterisasi dalam keseluruhan teks tidak boleh berubah  e. Persoalan-persoalan yang terdapat dalam teks asli kemungkinan terjadi pula di dalam konteks budaya yang diadaptasi 53. Secara garis besar, latar dalam drama dapat dikelompokkkan menjadi tiga bagian pokok, yaitu ….

a.  latar waktu, latar tempat, latar sosial   

b.  latar politik, latar geografis, latar sosial   c.  latar waktu, latar zaman, latar sosial d.  latar waktu, latar tempat, latar ekonomi e. latar intern, latar tempat, latar strata 54.    Konflik-konflik yang muncul dalam cerita drama saling berkaitan satu dengan lainnya, kecuali ….a.  Adanya hukum kausalitas(sebab-akibat)    b.  Kesatuan rangkaian peristiwa( unity)    c.  Terjadinya kejutan (suspensi) d. Aspek kemasukakalan (plausibiliti)

e.  Masalah kejiwaan

55.  Dalam menciptakan nama penokohan drama cerita drama, dapat mengacu hal-halberikut ini,kecuali ….a.  berdasarkan asal-usul daerah       b.  berdasarkan profesinya            c.  berdasarkan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan tokoh.

d. berdasarkan status sosial

e. berdasarkan kondisi fisik 56. Cara memilih pemeran dilakukan dengan Jawaban: casting 57. Bagian kahir naskah disebut... Jawaban: epilog 58. Ekspresi termasuk terknik olah... Jawaban: tubuh 59. Dalam melakukan kegiatan teater perlu diutamakan prinsip... Jawaban: kerja sama 60. Waktu, tempat, dan suasana yang melatarbelakangi terjadinya suatu cerita disebut.... Jawaban: setting 61. Tahapan yang paling dinanti-natikan pemain adalah tahap...Jawaban: pementasan 62. Teknik yang berhubungan dengan dialog-dialog yang dilakukan oleh tokoh dan harus menggambarkan karakter dari tokoh tersebut disebut teknik..Jawaban: memberi isi 63. Pentas atau arena untuk bermain drama dinamakan...Jawaban: panggung64. Pemandangan yang menjadikan latar belakang dari suatu tempat yang digunakan untuk memainkan lakon disebut.... Jawaban: dekorasi 65. Pemilihan naskah merupakan bagian....pergelaranJawaban: persiapan 66. Sebutkan hal-hal yang dilakukan dalam tahap persiapan pementasan teater!

Jawaban:

a. memilih naskah dramab. memilih sutradarac. memilih pembantu sutradarad. memilih pemain (casting) 67. Jelaskan yang dimaksud dengan olah tubuh, pikiran, dan suara!

Jawaban:

1. Olah tubuh adalah latihan gerakan guna melatih tubuh untuk memainkan tindakan tokoh di depan penonton. 2. Olah suara adalah latihan pengucapan dalam kegiatan teater 3. Olah pikiran adalah latihan yang dilakukan guna menghayati karakter tokoh. 68. Sebutkan unsur-unsur apa saja yang bersentuhan dengan naskah!

Jawaban:

a. pimpinan artistikb. stage managerc. property masterd. penata cahayae. penata kostumf. penata settingg. penata riash. penata musik 69. Sebutkan dan jelaskan ketiga tahap latihan!

Jawaban:

1. Pemanasan, yaitu tahapan dalam latihan yang dilakukan dalam bentuk latihan pernapasan, dan konsentrasi 2. Inti, yaitu kegiatan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan skill dalam memainkan peran yang meliputi:- Latihan membaca- Latihan blocking- Latihan karya- Latiha pengucapan- Latihan umum 3. Penenangan, yaitu kegiatan yang dilakukan dengan konsentrasi dan pernapasan untuk mengembalikan pada kondisi semula sebelum latihan. 70. Tuliskan lima saja langkah yang harus dilakukan dalam bermain peran menurut Rendra!

Jawaban:

1. Mengumpulkan tindakan-tindakan pokok yang harus dilakukan oleh sang pemeran dalam drama itu. 2. Mengumpulkan sifat-sifat (watak) sang peran, lalu dihubungkan dengan tindakan pokok. Tentukan tindakan mana yang harus ditonjolkan. 3. Mencari sifat-sifat yang harus ditonjolkan oleh pemeran. 4. Mencari tekanan-tekanan kata pada kalimat yang harus diucapkan oleh pemeran. 5. Memadukan gerakan-gerakan (pantomimik) dengan air muka (mimik) agar dapat mengekspresikan watak tokoh yang diperankan.Sumber soal dan jawaban : Nur Fadillah (SMAN 1 KENDARI)

Wallahu a'lam