Bikin nasi lembek di rice cooker

Source images : instantpot.com

Di zaman sekarang kita sudah mengenal rice cooker sebagai peralatan penanak nasi yang modern serta praktis dalam penggunaannya. Namun meski sudah terbilang modern dan praktis dalam penggunaannya, tetap saja apabila kita melakukan kesalahan saat memasak maka bisa membuat nasi yang dimasak matang dengan kurang sempurna misalnya nasi terlalu lembek.

Mungkin anda sudah pernah mengalami ketika memasak nasi di rice cooker nasinya matang namun terlalu lembek?

Jika pernah maka saya sarankan untuk tidak langsung membuangnya karena nasi yang lembek tersebut sebenarnya masih bisa anda selamatkan dengan melakukan beberapa tips yang akan saya bagikan berikut ini.

Berikut ini adalah beberapa tips cara memperbaiki tekstur nasi yang lembek menjadi lebih keras dan pulen, antara lain :

1. Masak Lagi Di Rice Cooker Menggunakan Mode Cook

Source images : www.tampahomebody.com

Jika memang nasi yang anda masak matangnya lembek atau masih berair, maka tidak ada salahnya untuk memanaskannya lagi menggunakan rice cooker, dengan memanaskannya lagi di dalam rice cooker maka kadar air yang terdapat pada nasi anda yang lembek tersebut akan berkurang karena proses pemanasan di rice cooker.

Pastikan anda menggunakan mode cook (memasak) agar proses pemanasan berjalan lebih cepat. Jika anda sudah melakukan proses tersebut jangan lupa untuk selalu cek kondisi nasinya agar tidak terlalu kering.

2. Mengeraskan Nasi Dengan Bantuan Lemari Es Dan Microwave

Source images : www.cookinglight.com

Selain dari cara diatas, anda juga bisa mengeraskan nasi yang lembek dengan menggunakan cara berikut ini yaitu dengan memanfaatkan cara kerja lemari es dan microwave.

Caranya yaitu pertama letakkan nasi ke atas baki panggangan dengan dialasi kertas minyak dibawah nasi, serta ratakan nasi menggunakan sendok. Ratakan nasi sampai tipis agar kadar air dalam nasi lebih cepat kering, lalu kemudian masukkan ke dalam kulkas selama 20-30 menit dan setelah itu panaskan kembali di microwave tanpa menggunakan kertas minyak yang tadi.

3. Mengeraskan Nasi Menggunakan Oven

Source images : www.cnet.com

Cara lain untuk mengeraskan nasi yang lembek adalah dengan menggunakan oven, suhu panas yang tinggi pada oven ini dapat dimanfaatkan untuk mengeraskan nasi yang lembek.

Caranya pun hampir sama seperti yang sebelumnya, yaitu letakkan serta ratakan nasi diatas baki dengan dilapisi kertas minyak dibawah nasinya. Setelah itu, atur suhu ovennya ke yang terendah selama beberapa saat. Sambil menunggu jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi nasinya secara berkala untuk memastikan tekstur nasi apakah sudah cukup keras.

Setelah proses pemanggangan selesai, jangan keluarkan nasinya, diamkan dulu selama 2 menit dengan kondisi oven telah dimatikan.

4. Menggunakan Garam

Source images : m.timesofindia.com

Memang jika kita menambahkan garam disaat memasak nasi akan membuat tekstur nasi menjadi lembek, Namun disisi lain garam juga bisa menjadi penyelamat, kita bisa memanfaatkannya untuk mengeraskan tekstur nasi yang lembek, itu karena garam bisa menyerap kelembaban air pada nasi.

Cara memperbaiki tekstur nasi yang lembek menjadi keras dengan menggunakan garam adalah dengan cara meletakkan semangkuk garam di atas loyang penanak nasi paling atas. Kemudian diamkan selama 10-15 menit agar kandungan air yang berlebih pada nasi dapat terserap oleh garam tersebut.

5. Menggoreng Nasi

Source images : youtube.com

Nasi yang lembek juga bisa diperbaiki dengan cara menggorengnya, nasi yang lembek bisa menjadi keras saat digoreng dalam wajan yang panas. Anda bahkan bisa membuat olahan nasi goreng yang lezat dengan menambahkannya beberapa bumbu khusus di dalamnya.

Dengan demikian anda tidak perlu membuang nasi yang lembek tersebut, karena masih bisa dipakai untuk membuat olahan nasi goreng yang lezat.

6. Mengkreasikannya Menjadi Olahan Makanan Lain

Source images : www.surfandsunshine.com

Jika anda tidak ingin mengeraskan nasi yang lembek tersebut, sebenarnya masih ada cara lain agar nasi tidak terbuang percuma yaitu dengan mengkreasikan nasi menjadi olahan makanan lain, seperti dibuatkan olahan nasi kepal, nasi bakar atau bahkan jajanan pasar.

Dengan mengolahnya menjadi berbagai kreasi makanan seperti diatas, maka nasi  yang lembek tersebut akan terasa lebih enak dan lezat ketika dimakan.

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki tekstur nasi yang lembek, jadi jangan membuang nasi lembek anda, karena masih bisa diperbaiki lagi atau bahkan dimanfaatkan untuk keperluan olahan makanan lain.

Anda juga bisa membaca artikel saya yang lainnya, tentang cara memasak nasi di rice cooker agar tidak lembek dibawah ini.

Artikel Terkait : Inilah 5 Cara Memasak Nasi Di Rice Cooker Agar Tidak Lembek

Oke cukup sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.

Bagaimana caranya agar nasi tidak kering di rice cooker?

Trik agar Nasi yang Dimasak dengan Rice Cooker Tidak Cepat Kering.
Cuci beras hingga bersih. ... .
Menggunakan rice cooker berkualitas. ... .
Menggunakan air jeruk lemon. ... .
Masak nasi dengan cukup air. ... .
Masak untuk sekali makan. ... .
6. Jangan menyimpan nasi terlalu lama. ... .
7. Aduk nasi setelah matang..

Kenapa nasi di magic com lembek?

Penyebab utama magic com berair adalah uap air di dalam beras yang seharusnya naik ke tutup dan keluar melalui lubang atau penampung air tidak bekerja dengan baik. Hal ini menyebabkan uap air menetes kembali ke dalam beras, sehingga membuat nasi tidak awet dan menjadi lembek.

Kenapa nasi bisa jadi lembek?

Jika air yang digunakan terlalu banyak, maka akan menyebabkan nasi menjadi terlalu lembek dan cepat basi. Begitu pula ketika airnya kurang, maka nasi menjadi terlalu kering dan keras.

Berapa lama nunggu nasi di rice cooker?

Berapa lama masak nasi di rice cooker? Kurang lebih 20-35 menit cukup untuk memasak nasi hingga matang. Pastikan untuk membersihkan beras terlebih dahulu ya, sebelum dimasukkan pada wadah dan dipencet tombol 'Cook'.