Bisakah gitar klasik diganti senar string?

Gitar akustik merupakan jenis gitar yang paling sering digunakan untuk mereka yang baru mulai belajar bermain gitar. Ada beberapa alasan mengapa gitar akustik cukup digemari, pertama gitar tersebut dijual dengan harga lebih terjangkau dibanding gitar listrik, terutama bagi kamu berpikir belum saatnya membutuhkan sebuah amplifier.

Alat Musik Gitar

Alasan kedua masih ada hubunganya dengan alasan pertama,  yaitu gitar akustik hanya butuh lebih sedikit aksesoris. Karena tidak membutuhkan amplifier, membuat gitar akustik lebih mudah dibawa kemanapun sekaligus bisa langsung dimainkan. Pada dasarnya gitar akustik bisa disebut sebagai instrumen klasik, namun seiring meningkatnya keahlian kamu dalam memainkan gitar, ada baiknya kamu kemudian mentransfernya pada gitar listrik.

Bermain Gitar

Hampir semua gitar akustik bila diperhatikan terlihat memiliki luas dan besar yang sama dan tersedia dalam berbagai macam model, semuanya dengan konstruksi, fitur dan dimaksudkan untuk tujuan penggunaan berbeda. Namun, gitar akustik ini terbagi dalam dua kelompok utama, yaitu gitar senar nilon atau terkadang disebut dengan gitar klasik atau spanyol dan gitar senar baja.

Gitar Senar Nilon

Gitar senar nilon yang disebut gitar klasik atau spanyol erat kaitannya dengan gitar enam senar. Gitar ini biasanya memiliki tubuh yang lebih kecil dari saudaranya yang menggunakan senar baja meski ada juga beberapa pengecualian.  Nama nilon mengacu pada bahan senar yang terbuat dari nilon yang lebih tipis dari senar baja.

Gitar Akustik Senar Nilon

Getar senar nilon lebih disarankan sebagai gitar pertama bagi kamu yang baru mulai belajar bermain gitar. Salah satu alasan utama ialah karena gitar tersedia dalam berbagai ukuran seperti setengah, tiga perempat atau empat perempat ukuran. Anak usia 8 tahun mungkin akan kesulitan memainkan gitar ukuran penuh, karena body dan leher gitar bisa jadi lebih besar sehingga tidak bisa dijangkau tangan mereka. Sebaliknya orang dewasa bisa jadi kurang menyukai gitar setengah ukuran.

Alasan lain gitar senar nilon merupakan pilihan terbaik bagi pemula, karena senar nilon lebih lembut dibanding senar baja, sehingga lebih nyaman dimainkan jari pemain gitar pemula karena umumnya jarang dimainkan menggunakan pick gitar. Kelemahan gitar akustik dengan senar nilon ialah leher gitar yang cenderung menjadi sedikit lebih lebar dan gemuk bila dibanding gitar senar baja, sehingga terkadang menyulitkan mereka dengan ukuran tangan yang kecil. Selain itu, gitar senar nilon kurang populer untuk jenis musik pop dan rock.

Gitar Senar Baja

Gitar senar baja sering disebut juga sebagai gitar folk dan tidak diragukan lagi merupakan jenis gitar akustik paling populer. Daya tarik utama dari gitar senar baja ialah sering digunakan sebagai instrumen musik pop dan rock. Jadi kamu bisa belajar memainkan lagu favorit dengan gitar tersebut sehingga menghasilkan suara  yang sama seperti rekaman asli. Selain itu, gitar akustik senar baja memiliki leher ramping dengan jarak antara senar dengan fingerboard yang lebih dekat sehingga tidak perlu terlalu ditekan.

Gitar Senar Baja

Namun, senar baja gitar akustik umumnya memiliki bentuk lebih tebal dari model tali nilon dan mungkin sedikit berat bagi anak-anak atau gitaris dengan ukuran tubuh yang mungil. Sebenarnya tersedia model yang lebih kecil, tapi harganya sedikit lebih mahal. Meski gitar senar baja bisa dimainkan langsung dengan jari tapi gitar tersebut lebih sering dimainkan dengan pick atau plectrum gitar.

See More: Gitar Akustik

Anda telah bermain dengan gitar Anda selama beberapa jam dan tiba-tiba salah satu senar lepas.

Saatnya bagi Anda untuk menggantinya! Apakah Anda seorang pemula dalam bermain gitar atau pemain yang sudah profesional, mengganti senar gitar adalah wajib.

Sebagai pemula, Anda perlu memperoleh pengetahuan ini dengan meminta bantuan di toko musik atau toko gitar.

Senar gitar menua dan patah karena penggunaan dan ini berlaku untuk senar gitar listrik, senar gitar akustik, senar gitar klasik, dan senar bass. Dan itu akan terjadi terlepas dari alat musik Anda, apakah Gretsch, Ibanez atau Stratocaster.

Tetapi berapa biaya perbaikannya?

Senar nilon, senar baja, senar bass ... tidak peduli apa pun jenis senar gitar yang dibutuhkan instrumen Anda, berikut ini adalah ulasan kecil tentang berapa biaya Anda untuk mengubah senar gitar Anda. Selain itu, kami memiliki ikhtisar risiko yang diwakili oleh perubahan jika Anda tidak melakukannya dengan benar, masalah dengan pemutaran, intonasi, dan ketegangan yang seimbang.

Tersedia guru-guru Gitar terbaik

Mengapa Mengganti Senar Gitar?

Banyak orang menunggu salah satu senar gitar mereka patah sendiri.

Jangan membuat kesalahan ini!

Gitar listrik, gitar akustik, gitar folk, gitar bass, gitar akustik elektro, ukulele, mandolin, bass listrik, gitar jazz, atau gitar klasik, apa pun itu! Semua gitar ini harus dimanjakan. Mereka mengatakan bahwa senar adalah salah satu elemen penting bagi gitar untuk menghasilkan suara yang bagus dan bekerja dengan lancar.

Ini mutlak benar. Mengganti senar berarti memainkan instrumen yang lebih keras, yang memiliki resonansi harmonik yang lebih besar dan nada yang lebih kaya. Jujur, Anda bukan yang paling pintar jika Anda memiliki beberapa gitar klasik dengan beberapa Fender atau sesuatu oleh Taylor Guitars dan Anda telah mengabaikan rangkaian senar atau memasangnya dengan ukuran senar yang salah.

Anda tidak dapat menyebut diri Anda seorang pemain gitar Anda tidak akan pernah menjadi pemain gitar terbaik yang Anda bisa jika Anda tidak dapat merawat gitar. Atau jika Anda tidak dapat membedakan senar nilon dari senar gitar akustik.

Meski begitu, terlalu banyak orang mengabaikan aspek gitar yang satu ini! Terutama karena mereka tidak tahu bagaimana melakukannya atau senar mana yang harus dibeli.

Tidak selalu mudah untuk meluangkan waktu untuk mengubah senar Anda, namun, ketika Anda melakukannya, Anda akan segera melihat perbedaannya.

Rawat senar-senar yang indah itu, bisa jadi Anda harus mengeluarkan biaya untuk gitar Anda.

Tetapi kapan perlu Mengganti senar gitar?

Banyak pemula gitar menanyakan pada diri sendiri pertanyaan ini. Dan itu semua tergantung pada penggunaan gitar Anda. Sementara beberapa bersiap untuk mengganti senar setiap enam bulan, yang lain akan menggantikannya sebelum setiap konser. Terserah Anda untuk menilai frekuensi yang tepat untuk mengubahnya. Ini benar-benar hanya tentang seberapa banyak Anda memainkan alat musik Anda.

Tapi jangan biarkan mereka sampai berkarat! Keringat di tangan Anda pada fingerboard bersifat korosif dan karenanya secara bertahap akan merusak.

Jika senar gitar putus, itu hanya karena keausan yang biasa. Atau mungkin Anda bereksperimen dengan tala edgy. Berhati-hatilah dan jangan terlalu sering mengalami insiden. Jika senar Anda terlalu sering patah, Anda perlu memeriksa kondisi gitar secara umum. (Mungkin senarnya terlalu tinggi, atau kamu menggunakan tremolo bar terlalu tidak beraturan.)

Tetapi Anda juga harus mengubah senar Anda dalam kasus lain. Misalnya jika senarnya teroksidasi. Tentu saja ini hanya berlaku untuk kabel logam tetapi paket senar gitar nilon memiliki senar logam juga. Memang, jari-jari yang berkeringat dapat membuat benang berkarat seiring waktu.

Anda akan melihat bahwa fret pertama pada fretboard gitar Anda lebih berkarat daripada yang lain. Ini hanyalah tempat di mana jari-jari Anda paling sering ditemukan. Mengubah senar Anda akan meningkatkan kenyamanan.

Jika suara gitar Anda berubah bahkan jika disetel dengan baik, itu mungkin ada hubungannya dengan senarnya.

Dengan menggantinya akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan suara yang lebih terang, lebih lembut.

Dan jika Anda sedang dalam proses memilih gitar, ketahuilah bahwa banyak penjual tidak menggunakan senar yang terbaik di luar sana. Karena itu, disarankan untuk membeli satu set senar baru bersamaan dengan gitar Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk memulai awal yang baik di kelas kursus gitar.

Bagaimanapun, mengubah senar bervariasi dari satu musisi ke yang lain. Terserah Anda untuk menyesuaikan jadwal.

Tersedia guru-guru Gitar terbaik

Berbagai Jenis Senar dan Label Harga mereka

Hari ini Anda menetapkan sendiri resolusi baru. Anda ingin merawat gitar Anda dan mengubah senar-senarnya lebih teratur sehingga terdengar seperti gitar baru.

Hanya saja, Anda tidak yakin senar apa yang harus dibeli. Anda telah melihat ada banyak jenis senar yang dijual di toko-toko dan internet.

Ada Dean Markley, fosfor dan perunggu fosfor, Ernie Ball Slinky, String Elixir, Elixir Nanoweb string, Dr Strings, string Dunlop, string datar (atau flatwound), senar dari sutra dan baja, senar baja polos, senar baja polos, senar Rotosound, senar inti hex, Senar Martin, senar nilon hitam, senar nikel murni, senar baja karbon tinggi, senar perunggu, senar ukuran berbeda, senar tegangan tinggi, senar tegangan rendah, ekstra tipis dan ultra tipis, dan yang masih terbuat dari senar.

Ahh! Bagaimana Anda bisa mengidentifikasi senar yang akan disesuaikan dengan instrumen Anda? Anda mengira gitar itu alat yang datar!

Senar dapat dibuat dari berbagai bahan.

Senar gitar dapat dibuat dari berbagai bahan. Ada:

  • senar nilon (terutama untuk gitar klasik),
  • senar baja,
  • nikel,
  • sutra,
  • logam
  • atau perunggu.

Bagaimanapun, harga rata-rata dari serangkaian string adalah 150 ribu rupiah.

Beberapa senar diperlakukan dengan antioksidan, sementara yang lain tidak. Ini menambah beberapa puluh ribu rupiah ke dalam tagihan Anda.

Jadi apa gunanya?

Senar yang dirawat secara kimia akan terlindung dari keringat tangan Anda. Mereka akan teroksidasi lebih cepat dan Anda harus menggantinya lebih jarang. (Mereka disebut 'tahan korosi'.) Di sisi lain, ini kadang-kadang dapat mempengaruhi suara gitar Anda tergantung pada kualitasnya.

Elixir adalah merek paling umum yang dijual di toko. Namun, Anda akan menemukan banyak merek lain seperti Hannabach, Savarez, atau D'Addario. Dengan pengalaman, Anda akan belajar mengenali suara yang Anda sukai dan memilih senar Anda berdasarkan suara ini.

Tergantung pada jenis gitar Anda, dari dreadnought sampai parlor, dari archtop ke gitar baja lap, dari gitar flamenco ke gitar baja pedal senar terbaik dapat berubah. Coba konsultasi dengan para profesional!

Di mana sebaiknya Anda membeli senar?

Sama seperti ketika memilih gitar Anda, senar juga dapat ditemukan di toko musik atau di internet.

Ketahuilah bahwa Anda tidak akan pernah menemukan senar tunggal untuk dijual. Senar dijual dalam set enam (enam enar yang terkenal), dua belas, atau lebih.

Anda harus tahu bahwa ketika Anda mengganti senar, sangat disarankan untuk mengubah semua senar dalam instrumen. Ini untuk menghindari mereka memiliki suara yang berbeda dan untuk menghindari ketidakseimbangan ketegangan senar di headstock, leher gitar, papan suara dan bridge.

Ini berlaku untuk senar gitar bass sama halnya dengan senar akustik.

Anda harus mengganti semua senar secara bersamaan.

Internet.

Di web, sangat mungkin untuk menemukan apa yang Anda cari. Ada banyak pilihan senar. Namun, lebih mudah untuk memesan dari internet ketika kita sudah tahu apa yang ingin dibeli!

Anda bahkan dapat menemukan gitar yang berkualitas dengan harga yang murah di internet!

Anda tentu saja tidak akan pernah menemukan senar bekas di internet. Tidak mungkin untuk menggunakan kembali senar yang telah diregangkan ke gitar lain.

Toko musik.

Jika Anda tidak membeli set senar pertama Anda bersamaan dengan gitar Anda, mungkin lebih bijaksana bagi Anda untuk pergi ke toko gitar dan bertanya pendapat ahli.

Dan jika Anda tidak yakin bagaimana melakukannya sendiri, Anda bahkan dapat meminta penjual untuk mengganti senar untuk Anda.

Ini akan dikenakan biaya sekitar 150 ribu rupiah di samping set senar.

Ini mungkin cara yang baik untuk melihat bagaimana hal itu dilakukan, dan kemudian menggantinya di rumah saat Anda perlu mengganti senar.

Anda juga dapat mengunjungi luthier, spesialis alat musik gesek.

Anda bisa mencoba untuk mengubah senar sendiri.

Percayalah, dengan tutorial di Youtube yang bagus dan tang potong yang bagus Anda bisa melakukan keajaiban!

Saat Anda berbelanja, Anda dapat mencari aksesoris gitar untuk mengisi kotak peralatan gitar Anda dengan ... (Kami menyertakan percakapan di sini tentang tuner, mikrofon, penggulung string, plectrum, pemotong kawat, dan ampli gitar)

Bagaimana cara merawat Senar?

Untuk membuatnya bertahan selama mungkin dan menghindari terlalu sering membeli senar, Anda harus merawat gitar Anda.

Ingatlah untuk selalu mencuci tangan sebelum setiap sesi permainan musik dengan instrumen Anda. Gunakan sabun dan jangan lupa untuk mengeringkannya dengan baik. Jika tangan Anda masih basah, ini dapat mempercepat proses oksidasi.

Keringat bukan satu-satunya yang dapat melukai senar gitar Anda. Sepanjang hari, tangan Anda menumpuk debu atau minyak. Anda menempelken kotoran di jari-jari Anda ke gitar Anda.

Senar instrumen Anda layak terlihat mengkilap dan bersih

Di akhir sesi Anda, juga bisa menyeka senar Anda dengan kain kering. Bersihkan seluruh senarnya, bukan hanya bagian yang terlihat.

Pastikan juga sabuk gitar Anda masih dalam kondisi baik ...

Ada juga beberapa produk untuk merawat senar secara teratur. Mintalah saran dari guru gitar, guru musik, atau profesional musik lainnya. Ia akan tahu produk mana yang paling sesuai.

Ingatlah untuk secara teratur menyetel gitar Anda sehingga senar Anda mempertahankan ketegangan yang mereka butuhkan selama kursus gitar. Anda dapat menyetel gitar dengan telinga atau dengan tuner gitar. Tuner menangkap nada dari masing-masing senar gitar Anda dan menunjukkan kepada Anda jika perlu untuk meregangkan atau mengendurkan senar untuk mendapatkan suara yang lebih atau kurang akurat.

Dan pilihlah dengan bijak! Pick akan bergesekan dengan senar Anda dan karenanya memengaruhi kondisinya. Temukan keseimbangan yang tepat antara pick yang tidak terlalu lunak atau terlalu kaku.

Akhirnya, jangan lupa untuk selalu merawat instrumen dan aksesorinya sesuai keinginan.

Sekarang, siapa yang siap untuk mencari kursus gitar di Jakarta?

Sekarang baca panduan lengkap kami untuk membeli gitar pertama Anda ...

Butuh guru kursus gitar? Cek di sini untuk kursus gitar Jakarta Selatan