Bukti bahwa islam datang ke indonesia berasal dari mekkah adalah

Terdapat beberapa bukti yang mendukung Teori Arab, di antaranya: 1.    Pada abad ke 7 Masehi, di Pantai Timur Sumatera memang telah terdapat perkampungan Islam khas dinasti Ummayyah, Arab. 2.    Madzhab yang populer kala itu khususnya di Samudera Pasai adalah madzhab Syafii yang juga populer di Arab dan Mesir.

3.    Adanya penggunaan gelar Al-Malik pada raja-raja Samudera Pasai yang hanya lazim ditemui pada budaya Islam di Mesir.



KONTAN.CO.ID - Islam merupakan salah satu agama yang diakui dan banyak dianut oleh masyarakat Indonesia. Masuknya ajaran Islam ke Indonesia didukung oleh beberapa teori.  Mengutip dari Modul Sejarah Indonesia Kelas X Kemendikbud Ristek, ajaran agama Islam masuk ke Nusantara pada abad ke-5 Masehi.  Penyebaran ajaran dari Nabi Muhammad SAW di Indonesia tidak lepas dari hubungan perdagangan dan pelayaran antarbenua yang ramai pada masa itu.  Ada empat teori masuknya ajaran Islam ke Indonesia yang dipercaya paling benar menurut beberapa ahli. Berikut ini rangkuman teori-teori dan bukti yang memperkuat bagaimana ajaran Islam bisa masuk ke Indonesia: Baca Juga: H-2 Penutupan Registrasi Akun LTMPT Jalur SBMPTN 2022, Simak Ketentuan Upload Fotonya

Teori Gujarat

Berdasarkan teori ini, agam Islam dibawa ke Indonesia oleh orang-orang Arab yang sudah lama tinggal di Gujarat atau India.  Ilmuwan Belanda yang mendukung teori ini adalah Pijnappel dan Moqette. Menurut mereka, Islam masuk ke Indonesia pada awal abad ke-13 Masehi, bersamaan dengan terjalinnya hubungan perdagangan dengan pedagang Gujarat yang datang melalui jalur Indonesia-Cambay-Timut Tengah-Eropa.  Selain itu, ilmuwan Belanda Snouck Hurgronje berpendapat, hubungan dagang antara pedagang Gujarat dengan masyarakat Indonesia sudah terjalin lebih lama dibandingkan dengan orang-orang Arab.  Bukti-bukti sejarah yang memperkuat teori Gujarat tentang masuknya ajaran Islam ke Indonesia di antaranya:
  • Batu nisan Sultan Samudera Pasai Malik As-Saleh (1297) dan batu nisan Syekh Maulana Malik Ibrahim di Gresik, Jawa Timur, yang memiliki corak yang sama dengan batu nisan di Cambay. 
  • Keterangan Marcopolo dari Venesia, Italia, yang pernah singgah di Perlak (Perureula) tahun 1292. Dia mengatakan, ada banyak penduduk di Perlak yang menganut ajaran Islam dan banyak pedagang Islam dari India yang menyebarkan ajaran Islam.
Baca Juga: Pendaftaran Program Sarjana Terapan ITS 2022 Jalur Prestasi Dibuka, Cek Syaratnya Ini

Teori Persia

Teori ini dicetuskan oleh Umar Amir Husen dan Hoesein Djajadiningrat. Berdasarkan teori Persia, ajaran Islam sudah masuk ke Indonesia pada abad ke-7 Masehi.  Ajaran Islam menurut teori ini dibawa oleh kaum Syiah dari Persia. Teori ini diperkuat dengan beberapa bukti sebagai berikut:
  • Peringatan 10 Muharram atau Asyura atas meninggalnya Hasan dan Husein cucu Nabi Muhammad, yang sangat di junjung oleh orang Syiah/Islam Iran.
  • Di Sumatra Barat peringatan tersebut disebut dengan upacara Tabuik/Tabut. Sedangkan di pulau Jawa ditandai dengan pembuatan bubur Syuro.
  • Kesamaan ajaran Sufi
  • Penggunaan istilah Persia untuk mengeja huruf Arab
  • Kesamaan seni kaligrafi pada beberapa batu nisan
  • Bukti maraknya aliran Islam Syiah khas Iran pada awal masuknya Islam di Indonesia.
  • Adanya perkampungan Leren/Leran di Giri daerah Gresik.

Teori Mekkah atau teori Arab

Teori ini didukung oleh beberapa tokoh, diantaranya: Van Leur, Anthony H. Johns, T.W Arnold, Buya Hamka, Naquib al-Attas, Keyzer, M. Yunus Jamis, dan Crawfurd.  Bersumber dari Modul Sejarah Indonesia Paket C Kemendikbud Ristek, teori Arab menyebutkan jika ajaran agama Islam datang langsung ke Indonesia melalui orang-orang Arab (Mesir) pada abad ke-7 Masehi.    Bukti dari kebenaran teori Arab, diantaranya sebagai berikut: 
  • Pada abad ke 7 yaitu tahun 674 di pantai barat Sumatera sudah terdapat perkampungan Islam (Arab), dengan pertimbangan bahwa pedagang Arab sudah mendirikan perkampungan di Kanton sejak abad ke-4. Hal ini juga sesuai dengan berita Cina.
  • Kerajaan Samudra Pasai menganut aliran mazhab Syafi’i, dimana pengaruh dari aliran terbesar pada waktu itu adalah Mesir dan Mekkah. Sedangkan Gujarat/India adalah penganut mazhab Hanafi.
  • Adanya penggunaan gelar Al Malik pada raja-raja Samudera Pasai yang umum ditemui pada budaya Islam di Mesir.
Hingga saat ini teori Arab atau teori Mekkah merupakan teori masuknya ajaran Islam ke Indonesia yang paling kuat.  Baca Juga: BUMN Waskita Karya Masih Buka Lowongan Kerja 2022, Lulusan D3 hingga S2 Bisa Daftar

Teori Cina

Teori masuknya Islam ke Indonesia selanjutnya adalah teori Cina. Teori ini dicetuskan oleh Slamet Mulyana dan Sumanto Al Qurtuby yang menyebutkan jika Muslim Cina datang ke Indonesia dan mengajarkan ajaran Islam pada penduduk Indonesia.  Teori Cina didukung beberapa bukti yang di antaranya:
  • Ada perpindahan orang-orang muslim Cina dari Kanton ke Asia Tenggara, khususnya Palembang pada tahun 879 M
  • Terdapat masjid tua beraksitektur Cina di tanah Jawa
  • Raja pertama Demak yang merupakan keturunan Cina yaitu Raden Patah
  • Gelar raja-raja demak yang ditulis menggunakan istilah Cina
  • Catatan dari Cina yang menyatakan bahwa pelabuhan-pelabuhan di Nusantara pertama kali diduduki oleh para pedagang Cina 
Demikian penjelasan tentang teori-teori masuknya ajaran Islam ke Indonesia. Masuknya agama Islam membawa banyak pengaruh pada kebudayaan Indonesia, mulai dari seni hingga pendidikan. 

Bukti bahwa islam datang ke indonesia berasal dari mekkah adalah

Ilustrasi Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia. Foto: Freepik

Indonesia adalah negara dengan pemeluk agama Islam terbanyak di dunia. Karena itu, Indonesia memiliki sejarah tersendiri tentang proses masuknya Islam ke negara ini. Bagaimana sejarah masuknya Islam ke Indonesia?

Menurut Nana Supriatna dalam buku Sejarah, masuknya agama Islam ke Indonesia diawali oleh pedagang asal Gujarat, Persia, dan Arab. Para pedagang tersebut dapat masuk ke Indonesia karena adanya kegiatan perdagangan yang terjadi pada saat itu.

Ada yang menyebutkan bahwa agama Islam mulai masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M. Namun, ada pula yang mengatakan jika Islam baru masuk ke Indonesia pada abad ke-13 M.

Teori Masuknya Islam ke Indonesia Beserta Buktinya

Ilustrasi Teori Masuknya Islam ke Indonesia. Foto: Freepik

Secara geografis, Indonesia terletak di kawasan yang sangat strategis dalam saluran perdagangan dunia. Hal inilah yang menjadi faktor utama agama Islam dapat dengan mudah masuk ke wilayah Indonesia.

Ada banyak teori yang menjelaskan tentang dari mana Islam berasal dan menyebar di Nusantara. Beberapa teori masuknya Islam ke Indonesia di antaranya adalah teori Gujarat, Mekah, dan Persia.

Teori Gujarat adalah teori masuknya Islam ke Indonesia yang pertama kali dikemukakan oleh Snouck Hurgronje dan J. Pijnapel. Dalam teori ini disebutkan bahwa Islam di Indonesia sebenarnya berasal dari Gujarat (India) dan mulai masuk sejak abad ke 8 M.

Islam masuk ke Indonesia melalui wilayah-wilayah di anak benua India, seperti Gujarat, Bengali, dan Malabar. Seperti diketahui bahwa Bangsa Indonesia pada masa itu memang telah menjalin hubungan dagang dengan India melalui saluran Indonesia-Cambay.

Berdasarkan teori ini, masuknya Islam ke Indonesia pertama kali diyakini berasal dari Gujarat. Salah satu bukti sejarah yang mendukung teori masuknya agama Islam ini adalah ditemukannya batu nisan Sultan Samudera Pasal, yaitu Malik as-Saleh berangka tahun 1297 H yang bercorak Gujarat.

Selain itu, bukti lain dari teori Gujarat juga didasarkan pada corak ajaran Islam yang cenderung memiliki warna tasawuf. Ajaran ini diterapkan oleh orang muslim di India Selatan yang mirip dengan ajaran Islam di Indonesia pada awal berkembangnya Islam.

Sejarah masuknya Islam di Jawa dibahas dalam teori Persia yang dikemukakan oleh Hoessein Djajadiningrat. Teori ini menyebutkan bahwa Islam yang masuk ke Indonesia adalah Islam yang berasal dari Persia (Iran), Islam diyakini dibawa oleh para pedagang Persia mulai pada abad ke 12.

Teori Persia berlandaskan pada bukti maraknya paham Syiah pada awal masuknya Islam ke indonesia. Selain itu, ada kesamaan tradisi budaya Persia dengan budaya masyarakat Islam Indonesia. Budaya tersebut adalah peringatan 10 Muharam atau hari Asyura.

Adanya suku Leran dan Jawi di Persia juga menunjukkan bukti bahwa orang orang Persia yang membawa ajaran islam ke Indonesia. Suku ini disinyalir merujuk pada orang-orang Leran dari Gresik dan suku Jawa.

Selain itu, dalam suku Jawa juga terdapat tradisi penulisan Arab Jawa atau Arab Pegon sebagaimana diadopsi oleh masyarakat Persia atas Tulisan Arab. Hal ini diperkuat dengan istilah Jer yang lazim digunakan masyarakat Persia.

Teori Arab atau Teori Mekah ini diyakini berasal dari Arab, yaitu Mekkah dan Madinah pada abad pertama Hijriah atau abad ke-7 M. Dasar pendapat ini berupa adanya bukti perkampungan Islam di Pantai Barus, Sumatera Barat, yang dikenal sebagai Bandar Khalifah.

Wilayah tersebut dikenal dengan wilayah Ta-Shih. Ta Shih adalah sebutan orang-orang China untuk orang Arab. Bukti ini terdapat dalam dokumen dari Cina yang ditulis oleh Chu Fan Chi yang mengutip catatan seorang ahli geografi, Chou Ku-Fei.

Chou Ku-Fei mengatakan bahwa adanya pelayaran dari wilayah Ta-Shih yang berjarak 5 hari perjalanan ke Jawa. Dalam dokumen China tercatat bahwa keberadaan komunitas Muslim Arab di Pantai Barus ada sekitar pada 625 M.

Melihat tahun tersebut, berarti hanya sembilan tahun dari rentang waktu ketika Rasulullah SAW menetapkan dakwah Islam secara terbuka kepada penduduk Makkah. Kala itu, beberapa sahabat Rasulullah SAW juga telah berlayar dan membentuk perkampungan Islam di Sumatera.

Pelayaran ini sangat mungkin terjadi mengingat adanya perintah Rasulullah SAW agar kaum Muslimin menuntut ilmu sampai ke negeri Cina. Hal ini berarti Islam masuk ke Indonesia saat Rasulullah masih hidup.

Bukti arkeologis juga ditemukan di Barus, yakni berupa sebuah makam kuno di kompleks pemakaman Mahligai, Barus. Pada salah satu batu nisannya tertulis nama Syekh Rukunuddin yang wafat pada 672 M.

Para arkeolog dari Ecole Francaise D'extreme-Orient Prancis dan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional menyatakan bahwa sekitar abad ke-9 sampai 12 Masehi, Barus pernah menjadi sebuah perkampungan dari berbagai suku bangsa. Di antaranya seperti Arab, Aceh, India, Cina, Tamil, Jawa, Bugis, dan Bengkulu.

Bukti lain yang mendukung teori masuknya Islam ke Indonesia adalah munculnya kerajaan Islam pertama di Indonesia, yaitu Kerajaan Perlak yang diteruskan oleh Kerajaan Samudera Pasai. Kerajaan Samudera Pasai adalah kerajaan bercorak paham Syafi'i yang kala itu dianut banyak penduduk Mesir dan Mekah.

Bagaimana Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia?

Ilustrasi Proses Masuknya Islam ke Indonesia. Foto: Freepik

Penyebaran agama Islam di Indonesia dilakukan melalui berbagai media. Lantas, bagaimana proses masuknya Islam ke Indonesia? Berikut penjelasannya seperti dihimpun dari buku Sejarah Islam Nusantara oleh Rizem Aizid.

Pedagang-pedagang Islam dari Arab, Persia, dan Gujarat memegang peranan penting dalam penyiaran agama Islam di Indonesia. Masuknya Islam ke Indonesia salah satunya melalui media perdagangan yang terjadi ketika ramainya lalu lintas perdagangan laut pada abad ke 7 M hingga abad ke-16 M.

Pada masa itu, para pedagang Muslim yang berdagang ke Indonesia semakin banyak, sehingga akhirnya membentuk sebuah pemukiman yang disebut pekojan. Dari tempat inilah mereka saling berinteraksi dan berasimilasi dengan masyarakat setempat atau penduduk asli seraya menyebarkan ajaran agama Islam di Indonesia.

Para pedagang Islam yang datang ke Indonesia banyak yang menikah dengan wanita-wanita pribumi. Sebelum perkawinan berlangsung, wanita-wanita pribumi yang belum beragama Islam diminta untuk mengucapkan syahadat sebagai tanda menerima Islam sebagai agamanya.

Melalui proses perkawinan inilah kaum Muslim di Indonesia semakin besar dan lambat laun berkembang. Bahkan, perkawinan ini pun juga berhasil membuat keturunan yang mampu menyebarkan Islam hingga menjadi kerajaan di zaman itu.

Penyebaran Islam dengan pendidikan dilakukan melalui pesantren pesantren, khususnya oleh para kiyai. Semakin terkenal kiyai yang mengajar di sebuah pesantren itu, semakin besar pula pengaruh pesantren tersebut di tengah-tengah masyarakat.

Beberapa pesantren yang terkenal di Indonesia di antaranya:

  • Pesantren Ampel Denta yang didirikan oleh Sunan Ampel (Raden Rahmat)

  • Pesantren Sunan Giri yang didirikan oleh Sunan Giri, yang kebanyakan muridnya berasal dari Maluku.

Selain mengajar di pesantren-pesantren, para kiyai juga sering kali menjadi penasihat para raja ataupun bangsawan.

Penyebaran Islam yang tidak kalah penting adalah melalui tasawuf. Tasawuf merupakan ajaran atau cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tasawuf lebih mudah bagi orang yang telah mempunyai dasar ketuhanan untuk mengerti dan menerima ajaran agama Islam.

Di samping itu, ajaran tasawuf ini juga dinilai mampu memelihara unsur-unsur budaya yang diteruskan dalam kehidupan Islam, sehingga Islam pun mudah diterima oleh masyarakat.

Ajaran tasawuf ini banyak dijumpai dalam cerita-cerita babad dan hikayat masyarakat setempat. Beberapa tokoh penyebar tasawuf di antaranya, Hamzah Fansuri, Syamsuddin, Syekh Abdul Shamad, dan Nurdin al-Raniri.

Penyebaran agama Islam di Indonesia juga dilakukan melalui budaya dan kesenian, seperti peninggalan seni bangunan, seni musik, seni pahat, dan seni sastra. Hasil-hasil karya seni ini dapat dilihat pada bangunan masjid masjid kuno di Demak, Banten, Cirebon dan Aceh.