Cara melihat file sampah di Android

Pengguna komputer pasti tidak asing dengan Recycle Bin, nah untuk android pun ada lho fitur recycle bin seperti komputer. Keuntungan fitur recycle bin atau tempat sampah untuk android ini tentu dapat mengembalikan data atau file yang terhapus. Cara kerja dari aplikasi tempat sampah android ini sebenarnya sederhana yaitu dengan menyimpan cache file yang didelete / dihapus dengan masih memberi kesempatan untuk mengembalikan kembali ke tempat asalnya.

Aplikasi Dumpster Tempat Sampah Android Seperti KomputerAplikasi Tempat Sampah Android Seperti Komputer

Tempat Sampah / Recycle Bin Pada Android

Android sendiri sebenarnya tidak memiliki fitur ini secara bawaan aslinya. Jika Anda menghapus file, maka file tersebut terhapus secara permanen. Jadi jika secara tidak sengaja Anda menghapus file gambar, video ataupun lainnya, maka file tersebut akan hilang selamanya. Nah, meskipun Android tidak menawarkan fitur wadah sampah seperti komputer, namun ada aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan untuk menambahkan fitur recycle bin pada Android. Salah satu aplikasi terbaik recycle bin versi android ini adalah Dumpster. Tidak jauh bedanya cara kerja aplikasi ini yaitu mampu mengembalikan gambar yang terhapus, musik, video, dan file lainnya. Jadi tidak perlu takut lagi akan kehilangan data jika aplikasi ini terinstal di Android Anda.
Catatan: perlu diingat bahwa istilah mengembalikan file atau restore pada aplikasi ini beda dengan recovery. Istilah recovery berarti mengembalikan file yang terhapus permanen. Adapun bagaimana cara dan aplikasi apa yang digunakan, silahkan baca pada Recovery Data Terhapus Android Root / Non Root.

Cara Memasang Fitur Tempat Sampah Android
Untuk menambahkan fitur tempat sampah pada android silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download terlebih dahulu dan pasang Aplikasi Dumpster
  2. Jika muncul dialog yang meminta persetujuan, setujui saja Terms and Conditions-nya.
  3. Penting, pada halaman awal pengaturan / setup pilih semua tipe file sehingga semua jenis file akan bisa diselamatkan oleh aplikasi ini, lalu klik tombol Next.
  4. Jika kebetulan Android Anda sudah root, Anda juga bisa mengaktifkan opsi izin akses root agar kinerja aplikasi ini lebih baik lagi,

Selesai dan gampang saja kan. Jika nantinya Anda secara tidak sengaja menghapus file, tinggal buka saja aplikasi Dumpster ini. Cari file yang terhapus tadi dan pilih restore untuk mengembalikannya lagi. Dengan aplikasi Dumpster ini Anda tidak perlu takut kehilangan data di Android lagi. Selain itu Anda bisa sortir data yang sekiranya tidak diperlukan atau masih berguna dan bisa dikembalikan setiap saat, selamat mencoba

Updated 29 Agustus 2020

Video

Advertising