Cara membuat grade nilai di javascript

#Javascript

Mungkin kalian akan bertanya:

Apa itu percabangan dan kenapa dinamakan percabangan?

Buat yang belum pernah kuliah atau belajar tentang algoritme dan flowchart, mungkin ini istilah yang baru pertama kamu dengar.

Isitilah ini sebenarnya untuk menggambarkan alur program yang bercabang.

Pada flow chart, logika “jika…maka” digambarkan dalam bentuk cabang.

Karena itu, ini disebut percabangan.

Selain percabangan, struktur ini juga disebut: control flow, decision, struktur kondisi, Struktur if, dsb.

Percabangan akan mampu membuat program berpikir dan menentukan tindakan sesuai dengan logika/kondisi yang kita berikan.

Pada pemrograman Javascript, terdapat 6 bentuk percabangan yang harus kita kitahui.

Apa saja itu?

Mari kita bahas…

1. Percabangan if

Percabangan if merupakan percabangan yang hanya memiliki satu blok pilihan saat kondisi bernilai benar.

Coba perhatikan flowchart berikut ini:

Flowchart tersebut dapat kita baca seperti ini:

“Jika total belanja lebih besar dari Rp 100.000, Maka tampilkan pesan Selamat, Anda dapat hadiah

Kalau dibawah Rp 100.000 bagaimana?

Ya pesannya tidak ditampilkan.

Mari kita coba dalam program Javascript:




    Percabangan if


    
        var totalBelanja = prompt["Total belanja?", 0];

        if[totalBelanja > 100000]{
            document.write["

Selamat Anda dapat hadiah

"
];
} document.write["

Terimakasih sudah berbelanja di toko kami

"
];

Hasilnya:

Perhatikan bagian ini:

if[totalBelanja > 100000]{
    document.write["

Selamat Anda dapat hadiah

"
];
}

Ini yang disebut blok.

Blok program pada Javascript, diawali dengan tanda buka kurung kurawal { dan diakhiri dengan tutup kurung kurawal }.

Apabila di dalam blok hanya terdapat satu baris ekspresi atau statement, maka boleh tidak ditulis tanda kurungnya.

if[totalBelanja > 100000]
    document.write["

Selamat Anda dapat hadiah

"
];

2. Percabangan if/else

Percabangan if/else merupakan percabangan yang memiliki dua blok pilihan.

Pilihan pertama untuk kondisi benar, dan pilihan kedua untuk kondisi salah [else].

Coba perhatikan flowchart ini:

Ini adalah flowchart untuk mengecek password.

Apabila password benar, pesan yang ada pada blok hijau akan ditampilkan: “Selamat datang bos!”

Tapi kalau salah, maka pesan yang ada di blok merah yang akan ditampilkan: “Password salah, coba lagi!”

Kemudian, pesan yang berada di blok abu-abu akan tetap ditampilkan, karena dia bukan bagian dari blok percabangan if/else.

Perhatikan arah panahnya, setiap blok if/else mengarah ke sana…

Untuk lebih jelasnya, mari kita coba dalam program:




    Percabangan if/else


    
        var password = prompt["Password:"];

        if[password == "kopi"]{
            document.write["

Selamat datang bos!

"
];
} else { document.write["

Password salah, coba lagi!

"
];
} document.write["

Terima kasih sudah menggunakan aplikasi ini!

"
];

Hasilnya:

3. Percabangan if/else/if

Percabangan if/else/if merupakan percabangan yang memiliki lebih dari dua blok pilihan.

Coba perhatikan flowchart berikut:

Perhatikan blok yang saya beri warna…

Ini adalah blok untuk percabangan if/else/if. Kita bisa menambahkan berapapun blok yang kita inginkan.

Contoh Program:




    Percabangan if/else/if


    
        var nilai = prompt["Inputkan nilai akhir:"];
        var grade = "";

        if[nilai >= 90] grade = "A"
        else if[nilai >= 80] grade = "B+"
        else if[nilai >= 70] grade = "B"
        else if[nilai >= 60] grade = "C+"
        else if[nilai >= 50] grade = "C"
        else if[nilai >= 40] grade = "D"
        else if[nilai >= 30] grade = "E"
        else grade = "F";

        document.write[`

Grade anda: ${grade}

`
];

Hasilnya:

Pada program di atas, kita tidak menggunaka kurung kurawal untuk membuat blok kode untuk if/else/if.

karena hanya terdapat satu baris perintah saja. Yaitu: grade = ....

Bila kita menggunakan kurung kurawal, maka program di atas akan menjadi seperti ini:


    var nilai = prompt["Inputkan nilai akhir:"];
    var grade = "";

    if [nilai >= 90]{
        grade = "A"
    } else if[nilai >= 80] {
        grade = "B+"
    } else if[nilai >= 70] {
        grade = "B"
    } else if[nilai >= 60] {
        grade = "C+"
    } else if[nilai >= 50] {
        grade = "C"
    } else if[nilai >= 40] {
        grade = "D"
    } else if[nilai >= 30] {
         grade = "E"
    } else { 
        grade = "F";
    }
    document.write[`

Grade anda: ${grade}

`
];

4. Percabangan switch/case

Percabangan switch/case adalah bentuk lain dari percabangan if/else/if.

Strukturnya seperti ini:

switch[variabel]{
    case :
        // blok kode
        break;
    case :
        // blok kode
        break;
    default:
        // blok kode
}

Kita dapat mermbuat blok kode [case] sebanyak yang diinginkan di dalam blok switch.

Pada , kita bisa isi dengan nilai yang nanti akan dibandingkan dengan varabel.

Setiap case harus diakhiri dengan break. Khusus untuk default, tidak perlu diakhiri dengan break karena dia terletak di bagian akhir.

Pemberian break bertujuan agar program berhenti mengecek case berikutnya saat sebuah case terpenuhi.

Contoh:




    Percabangan switch/case


    

        var jawab = prompt["Kamu beruntung! Silahkan pilih hadiahmu dengan memasukan angka 1 sampai 5"];
        var hadiah = "";
        
        switch[jawab]{
            case "1":
                hadiah = "Tisu";
                break;
            case "2":
                hadiah = "1 Kotak Kopi";
                break;
            case "3":
                hadiah = "Sticker";
                break;
            case "4":
                hadiah = "Minyak Goreng";
                break;
            case "5":
                hadiah = "Uang Rp 50.000";
                break;
            default:
                document.write["

Opps! anda salah pilih

"
];
} if[hadiah === ""]{ document.write["

Kamu gagal mendapat hadiah

"
];
} else { document.write["

Selamat kamu mendapatkan " + hadiah + "

"
];
}

Hasilnya:

Percabangan switch/case juga dapat dibuat seperti ini:

var nilai = prompt["input nilai"];
var grade = "";

switch[true]{
    case nilai 

Bài mới nhất

Chủ Đề