Cara mengaktifkan memori di hp oppo

recode.ID – Salah satu tips yang paling mudah dilakukan untuk mempercepat kinerja smartphone adalah dengan memigrasikan semua aplikasi yang terpasang dari memori internal ke ruang penyimpanan eksternal.

Termasuk untuk smartphone dari brand yang satu ini, Oppo. Sebagai  salah satu merk smartphone terbaik abad ini bersanding dengan Samsung, Redmi, hingga Vivo.

Dengan mengandalkan sektor kamera, dalam waktu singkat OPPO berhasil menarik minat generasi milenial, khususnya yang suka fotografi.

Jika kalian termasuk salah satu pengguna tipe dari brand yang satu ini, dengan kalian memindahkan aplikasi ke kartu SD di Hp Oppo milik kalian, ini adalah solusi yang tepat dan efektif agar kinerja hp tetap optimal.

Ketika memori internal penuh, efek yang paling terasa adalah ponsel atau Hp Oppo  akan terasa lemot ketika di operasikan.

Bahkan, ini jadi penghambat ketika mau install aplikasi baru, karena terbatasnya ruang penyimpanan internal.

Baca Juga :  Cara Download Story Instagram Dengan Mudah dan Cepat

Oleh karena itu, untuk mengurangi beban penyimpanan internal memory, berikut ini sudah redaksi siapkan artikel yang akan membahas tips atau cara memindahkan aplikasi ke kartu SD di hp OPPO.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD di Hp OPPO

Sampai saat ini OPPO telah menghadirkan banyak tipe smartphone canggih. Sebut saja A15s, A133, Reno4 F, dan yang terbaru Reno5 Pro.

Masing-masing punya keunggulan berbeda, seperti Reno5 yang sudah mendukung jaringan 5G.

Selain itu, hampir semua hp merk OPPO mendukung aktivitas berat karena dibekali RAM, prosesor, dan OS unggulan.

Dengan harga yang cukup terjangkau, tak heran dari tahun ke tahun penjualan hp OPPO terus meningkat.

Nah, untuk menghemat ruang penyimpanan, kita perlu memindahkan aplikasi yang sudah terinstal ke kartu SD.

Tapi sayangnya, masih banyak yang belum tahu akan hal ini. Sehingga ketika ada notif memori penuh, mereka lebih memilih menghapus aplikasi.

Untuk proses atau langkah-langkah bagaimana memindahkan aplikasi ke kartu SD di Hp OPPO, silahkan baca kelanjutan artikel ini di halaman selanjutnya dengan mengklik halaman 2 dibawah ini:

Untuk cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu sd hp oppo sendiri sangatlah mudah. Berbeda dengan ponsel merk lainnya yang tidak menyediakan fitur langsung untuk memindahkan penyimpanan internal ke microSD.

Semua ponsel OPPO, baik yang lama maupun baru sudah barang tentu di bekali dengan fitur untuk memindahkan penyimpanan ini. Seperti kita ketahui memori internal ponsel OPPO memang terbilang besar.

Meskipun terbilang besar namun jika digunakan setiap hari tentu saja akan habis. Terlebih jika digunakan untuk menyimpan berbagai file baik Video, gambar, dan aplikasi yang ukurannya semakin besar.

Untuk bisa mengatasi hal tersebut kita perlu melakukan beberapa cara mudah. Salah satu cara untuk mengatasi memori penyimpanan yang habis adalah dengan menggunakan Kartu SD di ponsel OPPO kamu.

Kemudahan dalam HP Oppo sendiri sama seperti Cara Mengembalikan Keyboard hp OPPO yang bisa di edit secara langsung. Kamu juga bisa mengatur fitur itu dengan mudah pada fitur yang ada di ColorOS milik ponsel Oppo.

Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Kartu SD HP OPPO

Untuk bisa memindahkan penyimpanan ke microSD kamu tidak perlu menggunakan ROOT. Fitur dari ColorOS memungkinkan kita bisa berkirim data internal dengan mudah. Ini merupakan suatu kelebihan dari HP OPPO.

Hal yang mungkin tidak bisa kita jumpai di ponsel android lain dengan memindahkan file ke MicroSD dengan mudah. Buat kamu yang masih penasaran bisa ikuti langkah mudah dari PROJEKTINO kusus untuk pengguna HP Oppo.

Proses Memindahkan

Sebelum nantinya memindahkan jelas ada beberapa proses yang mana kamu bisa memindahkan dengan cepat. Namun pastikan ruang memori yang akan digunakan dalam kondisi yang cukup.

Selanjutnya kamu bisa memindahkan file tersebut dengan mudah jika microSD dalam posisi yang cukup. Nah, pastikan kamu ikuti langkah-langkah mudah berikut ini untuk memindahkan memori penyimpanannya.

  1. Langkah pertama, silahkan buka menu Pengaturan hp Oppo
  2. Selanjutnya pilih menu Penyimpanan
  3. Kemudian dilanjutkan dengan memiliki menu Kartu SD
  4. Setelah masuk ke menu Kartu SD, kemudian klik menu Transfer Ke Kartu SD
  5. Setelah itu pilih file atau data yang ingin dipindahkan ke kartu SD. Jika sudah selesai, maka tinggal pilih Mulai Transfer
  6. Kemudian tinggal menunggu proses transfer selesai.
  7. Selesai

cara diatas juga bisa kamu aplikasikan dengan mudah disemua ponse android OPPO. Baik yang menggunakan sistem android lama atau UI lama sendiri sama saja bisa menggunakan cara yang satu ini.

Selama proses pemindahan data mungkin akan memakan waktu beberapa menit. Tergantung dengan ukuran file yang akan di pindahkan, jika file semakin besar maka ponsel tersebut akan membutuhkan proses Booting yang semakin lama.

Dalam proses pemindahan ini pastikan kamu juga tidak mematikan ponsel. Alangkah baiknya saat proses pemindahan sendiri ponsel sudah dalam kondisi baterai yang cukup atau penuh. Hal ini di harapkan saat ponsel tidak mengalami kendala mati saat proses pengiriman data.

Jika Gagal Melakukan Transfer

Saat kamu gagal melakukan Transfer, berarti ada beberapa hal yang mungkin belum atau salah. Jadi ada beberapa hal yang membuat transfer file menjadi gagal atau tidak bisa terjadi.

Mulai dari kondisi microSD yang buruk sampai dengan file yang error menjadi salah satu penyebabnya. Saat kamu gagal mungkin perlu cek beberapa cara yang mudah dari Projektino ini untuk mengatasinya.

  • Gunakan MicroSD terbaik
  • Pastikan MicroSD memiliki ukuran yang lebih untuk menyimpan data
  • Saat proses transfer jangan membuka aplikasi lain
  • Pastikan juga, File yang di Transfer di masukan ke folder kusus

Jika transfer sudah terjadi maka silahkan cek kembali memori penyimpanan di ponsel android kamu. Pastikan semua file sudah masuk ke memori penyimpanan di ponsel OPPO sebelum nantinya pasti terkirim.

Silahkan cek terlebih dahulu versi dari ColorOS kamu dengan cara masuk ke menu [Pengaturan] > [Tentang Ponsel]. Jika sudah nantinya kamu bisa mengetahui seri dari Color OS dan bisa mengetahui seri ColorOS.

KESIMPULAN

Dengan adanya fitur untuk bisa melakukan ekspansi data dari memori internal ke MicroSD jelas sangat membantu. Jadi saat memori internal terasa habis kamu bisa langsung melakukan ekspansi dengan cara diatas.

Memori internal sendiri memiliki fungsi sangat penting untuk smartphone, bahkan saat memori internal habis perfoma ponsel akan menurun. Oleh sebab itu kamu bisa menggunakan fitur ini untuk membuat perfoma ponsel Oppo menjadi semakin terjaga.

Semoga informasi kali ini menggenai Cara setting penyimpanan ke SD Card Oppo dan memindahkannya, semoga bisa di aplikasikan dengan baik. Pengguna HP oppo ketahui juga tutorial menggenai “Cara Mengatasi WiFi Menolak Akses di Hp Oppo” yang juga akan sangat berguna untuk kamu pengguna ponsel Oppo semua tipe saat ini.