Latest Blog
06.07.2022
MPI Component
Library untuk pengembangan multimedia interaktif dengan Flash/Animate
23.10.2020
Virtual Lab Flash
Library untuk pengembangan laboratorium virtual dengan Flash/Animate
06.10.2020
Game Among Us
Membuat gerakan karakter seperti pada game Among Us
01.10.2020
Membuat Kuis Essay
Mengecek jawaban kuis essay pada aplikasi pembelajaran interaktif
13.07.2020
Membuat Game Onet
Membuat game mencari gambar yang sama [onet] dengan JS/HTML5
11.06.2020
Membuat Kuis CBT
Membuat kuis CBT, menyimpan nilai ke server dengan PHP dan XML
ALL BLOG
Latest Games
;
Pendahuluan
Beberapa waktu yang lalu, saya mencoba menulis buku tentang pengembangan game RPG edukasi dengan Adobe Flash / Animate yang dapat di unduh pada link berikut. Pengembangan game RPG tersebut tergolong mudah, karena sebagian besar kode telah disusun
dalam library flashRPG.as. Namun demikian, seiring pengembangan game browser berbasis flash yang mulai menurun popularitasnya dan digantikan dengan HTML 5 Canvas, maka saya mencoba memporting kode flash tersebut menjadi file bertipe javascript. Adapun hasil akhir dari tutorial ini adalah sebagai berikut : [klik gambar untuk memainkan]
Buku Pengembangan game RPG
Tutorial pengembangan game RPG dengan HTML 5 Canvas, pada dasarnya memiliki proses dan teknik yang sama dengan pengembangan game RPG dengan Flash, yang saya jelaskan melalui buku gratis pengembangan game RPG. Buku ini dapat anda unduh gratis.
Di dalamnya terdapat beberapa metode yang sama, yaitu :
- Pengembangan peta dengan Map Maker
- Pengunaan grafik spite yang sama, yaitu grafik untuk tileset, avatas, karakter dan sebagainya
- Metode penambahan dialog NPC
- Battle system dan sistem kuis untuk menekankan konsep game edukasi
- Penggunaan suara
Porting ke Javascript
HTML 5 dengan fitur canvas menjadi alternatif untuk memainkan game di browser, seiring dengan dihentikannya Flash Player untuk web. Untuk memporting game flash ke javascript tidak terlalu rumit, mengingat kode Javascript hampir sama dengan kode action script. Kode flashRPG.as saya porting menjadi kode rpgJs.js yang memiliki fungsi dan fitur yang sama persis. Sedikit yang membedakan antara flashRPG dan rpgJS adalah :
- File Gambar dan Suara pada HTML Canvas diletakkan di luar aplikasi. Dimana pada flashRPG seluruh asset di import ke dalam library dan diidentifikasi melalui linkage
- rpgJS saat ini hanya saya set menggunakan Keyboard, untuk fungsi mouse tidak saya gunakan. Jadi untuk memilih jawaban saat battle, atau memilih item saat jual beli, digunakan keyboard dengan tombol spasi
- rpgJs lebih responsif dengan perubahan ukuran layar dan penskalaan yang lebih cepat dan dinamis.
- rpgJs lebih cepat dalam beberapa kasus. FlashRPG akan melambat jika peta yang digunakan terlalu besar. rpgJS hanya menampilkan area yang perlu digambar oleh canvas, sehingga memory grafis yang dibutuhkan lebih kecil
- rpgJs dapat dikembangkan hanya dengan Notepad dan internet browser [Chrome atau Mozilla], tidak butuh software komersial apapun dan dapat ditest dengan cepat
- rpgJs versi awal ini belum saya berikan fitur publish ke Android atau ke IOS, namun jika anda berminat mengembangkannya, saya bisa memberikan file JS versi fullnya
Penggunaan kode rpgJS, relatif sederhana. Hanya beberapa baris kode pengaturan sebagai berikut :
var canvas = document.getElementById["scene"]; var konten = canvas.getContext["2d"]; hapusLayar["#333"]; var fileGambar = { charImg: "images/char_sprites.png", tileSet: "images/tileset.png", bayangan: "images/char_shadow.png", npc1: "images/npc_sprites_1.png", npc2: "images/npc_sprites_2.png", npc3: "images/npc_sprites_3.png", npc4: "images/npc_sprites_4.png", npc5: "images/npc_sprites_5.png", npc6: "images/npc_sprites_6.png", npc7: "images/npc_sprites_7.png", enemy0: "images/enemy_sprites_1.png", enemy1: "images/enemy_sprites_2.png", enemy2: "images/enemy_sprites_3.png", enemy3: "images/enemy_sprites_4.png", enemy4: "images/enemy_sprites_5.png", enemy5: "images/enemy_sprites_6.png", avatar: "images/face_set.png", GUI: "images/UI_set.png", itemIcon: "images/item_set.png", bgBattle: "images/bg_forest.png", cover: "images/cover_bg.jpg" }; var fileSuara = { bgm1:"sound/village-snd.mp3", bgm2:"sound/forrest-snd.mp3", bgm3:"sound/battle-snd.mp3", bgm4:"sound/gameover-snd.mp3", attack:"sound/sword-snd.mp3", gold:"sound/gold-snd.mp3", correct:"sound/correct-snd.mp3", wrong:"sound/wrong-snd.mp3", victory:"sound/victory-snd.mp3" } preload[fileGambar, fileSuara, setup]; function setup[]{ aktifkanKeyboard[]; textWarning["Tekan untuk memulai",canvas.width/2, canvas.height-100, "bold 15pt Calibri", "#fff700"]; halamanJudul[dataGambar.cover, startGame]; } function startGame[]{ karakter = {img:dataGambar.charImg, shad:dataGambar.bayangan} setMap[1, 16, 8]; setNPC[7]; jalankanGame[]; }
OK silahkan memainkan gamenya disini KLIK UNTUK MEMAINKAN Jika ada pertanyaan, langsung ke email ya!!!.
Share [ Ayo Berbagi ]
Leave me a comment
untuk pertanyaan lebih baik di email langsung ke wandah [at] wandah [dot] com agar cepat direspon