Cara menggunakan mysql android

Hai guys kembali lagi dengan saya, masih di tutorial tentang pemrograman android. Pada artikel sebelumnya yang berjudul Tutorial Membuat Aplikasi Android Menggunakan Library Volley, saya telah menjelaskan cara menyiapkan dan mengambil data dari database ke dalam aplikasi Android menggunakan library Volley. Dan pada artikel ini akan saya lanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu menampilkan data yang telah diambil menjadi beberapa komponen sesuai data

Cara menggunakan mysql android



Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan tentang persiapan yang diperlukan untuk membuat aplikasi android dan menambahkan library volley untuk mengambil data dari database MySQL. Silahkan teman-teman yang belum mengetahui cara dan persiapannya bisa mempelajarinya terlebih dahulu di link berikut


Tutorial Pembuatan Aplikasi Android Menggunakan Volley Library


Pada tutorial kai kali ini saya akan mencoba membuat aplikasi android untuk menampilkan spesifikasi handphone. Data handphone telah tersimpan di database MySQL dan untuk mengirimkannya ke aplikasi android menggunakan file PHP sebagai server. Nantinya data yang ada di MySQL diambil oleh file PHP kemudian diolah menjadi bentuk JSON, nah JSON ini yang akan diambil oleh aplikasi kemudian diolah dan ditampilkan di layar aplikasi. Saya kira alurnya seperti itu gan, saya agak bingung ya 😅 tenang dan renungkan sendiri


Oke mari kita buat aplikasi android kita, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut


Persiapkan Databasenya

Untuk data yang akan kita simpan di database MySQL, silahkan install aplikasi web server seperti XAMPP dan aplikasi sejenis. Jika anda sudah membuat database dengan nama app_blogvolley, maka buatlah tabel baru dengan nama hape, untuk strukturnya sebagai berikut



Jika database sudah ada, sekarang di folder htdocs, buat folder baru dengan nama app_blogvolley, lalu tambahkan folder baru dengan nama img di dalamnya



Agar dapat terkoneksi ke database, kita buat file php sebagai koneksi utama, untuk membuatnya silahkan buka aplikasi text editor dan buat file baru dengan nama koneksi tersebut. php. Untuk kodenya sebagai berikut






Setelah bisa terkoneksi ke database, sekarang kita sudah bisa mengambil data dari database menggunakan file yang berisi query untuk menampilkan datanya, silahkan buat file baru dengan nama getdata. php dan salin kodenya sebagai berikut



 0){
 while ($row = mysql_fetch_array($hasil)) {
     $json_response[] = $row;
 }
 echo json_encode(array('handphone' => $json_response));
} 
?>
_

Nah, sekarang simpan semua file tersebut, kemudian buka aplikasi browser sobat dan coba akses file getdata tersebut. php yang baru saja dibuat. Kurang lebih jika diakses hasilnya akan seperti berikut



Buat Proyek Baru

Silahkan buat project baru dengan nama volley, untuk jenis aktivitas pilih aktivitas yang kosong


Menginstal Perpustakaan

Untuk mengambil data dari server, kita memerlukan library bernama Volley, untuk menggunakannya kita harus menginstall library tersebut di file build. grandle


Selanjutnya kita akan menampilkan gambar dari database ke dalam komponen ImageView aplikasi. Karena gambar yang akan kita tampilkan berasal dari server atau url, maka kita membutuhkan library sebagai penampil gambar (Image Loader). Disini kita akan menggunakan library sebagai pemuat gambar yaitu library Glide. Untuk lebih lengkapnya tentang Glide, Anda bisa membacanya di link berikut


Pustaka Meluncur

Setelah saya searching, saya menemukan library yang merupakan gabungan dari volley dan glide. Library ini dapat digunakan seperti library biasa, silahkan install library tersebut di build. grandle (Proyek), kodenya adalah sebagai berikut



compile 'com.github.bumptech.glide:volley-integration:1.4.0'


Setelah menambahkan library, jangan lupa pilih Sync Now untuk menyinkronkan project


Membuat Tampilan

Untuk tampilan nanti akan kami tampilkan gambar dan spesifikasinya. Nah untuk membuatnya silahkan masuk ke file activity_main. xml tambahkan satu komponen ImageView dan tiga komponen TextView, untuk kode speerti berikut






    

    

    

    




Membuat Logika Java

Setelah membuat tampilan, selanjutnya buat logika program pada file java. Buka file MainActivity. java, kemudian buat kodenya sebagai berikut



package com.aji.voley1;

import android.support.v7.app.AppCompatActivity;
import android.os.Bundle;
import android.widget.ImageView;
import android.widget.TextView;
import android.widget.Toast;

import com.android.volley.Request;
import com.android.volley.RequestQueue;
import com.android.volley.Response;
import com.android.volley.VolleyError;
import com.android.volley.toolbox.StringRequest;
import com.android.volley.toolbox.Volley;
import com.bumptech.glide.Glide;

import org.json.JSONArray;
import org.json.JSONException;
import org.json.JSONObject;

import java.util.ArrayList;
import java.util.HashMap;

public class MainActivity extends AppCompatActivity {

    private ImageView imghp;
    private TextView txtmerk, txttipe, txtketerangan;

    private RequestQueue requestQueue;
    private StringRequest stringRequest;

    ArrayList> list_data;

    @Override
    protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(R.layout.activity_main);

        String url = "http://192.168.95.91/app_blogvolley/getdata.php";

        imghp = (ImageView)findViewById(R.id.imghp);
        txtmerk = (TextView)findViewById(R.id.txtmerk);
        txttipe = (TextView)findViewById(R.id.txttipe);
        txtketerangan = (TextView)findViewById(R.id.txtketerangan);

        requestQueue = Volley.newRequestQueue(MainActivity.this);

        list_data = new ArrayList>();

        stringRequest = new StringRequest(Request.Method.GET, url, new Response.Listener() {
            @Override
            public void onResponse(String response) {
                try {
                    JSONObject jsonObject = new JSONObject(response);
                    JSONArray jsonArray = jsonObject.getJSONArray("handphone");
                    for (int a = 0; a < jsonArray.length(); a ++){
                        JSONObject json = jsonArray.getJSONObject(a);
                        HashMap map  = new HashMap();
                        map.put("id", json.getString("idhp"));
                        map.put("merk", json.getString("merk"));
                        map.put("tipe", json.getString("tipe"));
                        map.put("gambar", json.getString("gambar"));
                        map.put("keterangan", json.getString("keterangan"));
                        list_data.add(map);
                    }
                    Glide.with(getApplicationContext())
                            .load("http://192.168.95.91/app_blogvolley/img/" + list_data.get(0).get("gambar"))
                            .crossFade()
                            .placeholder(R.mipmap.ic_launcher)
                            .into(imghp);
                    txtmerk.setText(list_data.get(0).get("merk"));
                    txttipe.setText(list_data.get(0).get("tipe"));
                    txtketerangan.setText(list_data.get(0).get("keterangan"));
                } catch (JSONException e) {
                    e.printStackTrace();
                }
            }
        }, new Response.ErrorListener() {
            @Override
            public void onErrorResponse(VolleyError error) {
                Toast.makeText(MainActivity.this, error.getMessage(), Toast.LENGTH_SHORT).show();
            }
        });

        requestQueue.add(stringRequest);
    }
}

_

Pada kode di atas, terlebih dahulu kita mendeklarasikan variabel dari masing-masing komponen yang akan digunakan. Kemudian pada metode onCreate, kita menginisialisasi variabel yang telah dideklarasikan. Selanjutnya buat metode untuk mengambil data pada StringRequest dengan memasukkan url atau alamat server


Akan ada 2 metode lagi didalamnya yaitu onRespon dan Error. Pendengar. Pada metode onRespon, aplikasi akan mengambil data berupa json kemudian disimpan pada variabel response, kemudian dimasukkan ke dalam JSONObject dan di-parse menggunakan JSONArray. Data yang telah disimpan diambil berdasarkan field dan index dengan perulangan for, kemudian masing-masing data disortir dan dimasukkan ke dalam HashMap kemudian ke dalam ArrayList


Baca Juga "Membuat Notifikasi Aplikasi Android di Android Studio"


Setelah data dimasukkan ke dalam ArrayList, data dapat diambil dan kemudian ditampilkan ke setiap komponen. Pada metode Kesalahan. Listener kita bisa menampilkan perintah ketika terjadi error, disini saya membuat toast yang menampilkan teks error tersebut


Pemberian Izin Akses Internet

Agar aplikasi bisa mengambil data pada server, aplikasi membutuhkan izin utnuk mengakses internet. Untuk menambahkanya, silahkan buka AndroidManifest.xml dan tambahkan kode di bawah ini tepat di atas tag






Jalankan programnya

Jika semuanya sudah selesai, kini aplikasi sudah bisa dijalankan dengan memilih Run-app. Tampilan aplikasinya kira-kira akan seperti ini gan 👇👇




Nah seperti itu gan cara mengambil data dari database ke dalam aplikasi android cukup mudah bukan. Sekian artikel kali ini, semoga membantu dan bermanfaat. Silakan bagikan artikel ini jika Anda menyukai artikel ini. Anda juga bisa memberikan kritik, saran atau mengajukan pertanyaan dengan mengisi kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. 😁


Tutorial lebih lanjut "Menampilkan Banyak Data MySQL dengan RecyclerView menggunakan Volley Library"




  • Menciak
  • Membagikan
  • Membagikan
  • Membagikan
  • Membagikan

Cara menggunakan mysql android

Tentang Aji Setya

Ingin berbagi ilmu yang telah dipelajari dan dimiliki sehingga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat bagi orang lain. Teruslah belajar dan berbagi

Bagaimana cara menghubungkan android dengan database MySQL?

Cara Menghubungkan Aplikasi Android ke Database MySQL .
Pastikan Windows telah menginstal Java
Silahkan download RDC Server disini. Kemudian ekstrak di mana pun Anda bisa
Buka konfigurasi. properti. Kemudian sesuaikan konfigurasi database, seperti JdbcUrl, User, Password. Untuk yang lain (sementara) abaikan saja

Langkah-langkah pekerjaan MySQL?

Bagaimana Cara Kerja MySQL? .
MySQL membuat database untuk menyimpan dan memanipulasi data, serta menentukan hubungan antara setiap tabel
Klien membuat permintaan dengan mengetikkan pernyataan SQL tertentu di MySQL
Aplikasi server akan merespon dengan memberikan informasi yang diminta

Bagaimana cara membuat database di MySQL?

Untuk membuat database MySQL baru, masuk ke cPanel dan klik menu MySQL Databases. .
Pilih nama basis data. Awalan default adalah "yoururser_". .
Gulir ke bawah dan temukan Tambah Pengguna Baru. Masukkan nama pengguna dan kata sandi, lalu klik Buat Pengguna
Cari opsi Add User To Database untuk menghubungkan User ke Database. .
Selesai

Apakah MySQL cocok untuk bermain game?

Tidak cocok untuk game dan aplikasi seluler . Untuk itu, bagi para pengembang aplikasi game dan perangkat mobile, ada baiknya mempertimbangkan kembali MySQL.