Cara menggunakan view mysql adalah

View pada mysql adalah query yang disimpan pada database dengan nama tertentu untuk menghasilkan tabel virtual, biasanya view digunakan untuk mempersingkat dan mempermudah penulisan query yang biasanya terlalu panjang dan mungkin perlu dijalankan secara berulang, bentuk umum / format untuk membuat view mysql adalah sebagai berikut:


create view nama_view as query_select...;

Agar lebih mudah dipahami simak contoh berikut:

Dari skema tabel diatas penulis ingin menampilkan jadwal kuliah dimana sintaksnya dan hasilnya sebagai berikut:


mysql> select kelas.kelas as Kelas, jadwal_kul.hari as Hari, matkul.nama_matkul as "Mata Kuliah", jadwal_kul.waktu as Waktu, dosen.nama as Dosen from jadwal_kul inner join kelas on jadwal_kul.kelas_id = kelas.id_kelas inner join matkul on matkul.id_matkul = jadwal_kul.matkul_id inner join dosen on dosen.id_dosen = jadwal_kul.dosen_id where kelas.kelas="1IA02" order by field (jadwal_kul.hari, 'senin', 'selasa', 'rabu', 'kamis', 'jumat', 'sabtu'), jadwal_kul.waktu ASC;

Tentunya dengan query sepanjang itu akan terasa merepotkan jika semisal query tersebut harus di ulang berkali-kali, maka solusinya adalah dengan membuat tabel view untuk jadwal kuliah sebagaimana berikut ini:

mysql> create view jadkul as select kelas.kelas as Kelas, jadwal_kul.hari as Hari, matkul.nama_matkul as "Mata Kuliah", jadwal_kul.waktu as Waktu, dosen.nama as Dosen from jadwal_kul inner join kelas on jadwal_kul.kelas_id = kelas.id_kelas inner join matkul on matkul.id_matkul = jadwal_kul.matkul_id inner join dosen on dosen.id_dosen = jadwal_kul.dosen_id order by kelas.kelas, field (jadwal_kul.hari, 'senin', 'selasa', 'rabu', 'kamis', 'jumat', 'sabtu'), jadwal_kul.waktu ASC;
Query OK, 0 rows affected (0.16 sec)

mysql> select * jadkul where kelas = "1IA02";

Dapat dilihat bahwa dengan penggunaan view, query yang dihasilkan untuk menampilkan data jadwal kuliah menjadi lebih singkat dan lebih mudah untuk dilakukan berulang kali, sementara untuk menghapus view kita bisa menggunakan perintah drop view seperti contoh berikut:

mysql> drop view jadkul;
Query OK, 0 rows affected (0.08 sec)

mysql> select * from jadkul where kelas = "1IA02";
ERROR 1146 (42S02): Table 'geekasmedia.jadkul' doesn't exist

Maka sampai disini kita telah selesai membahas membuat view, untuk pembahasan lebih lanjut mengenai view seperti input dan update data pada tabel view bisa dicari dihalaman daftar isi.

Tutorial MySQL ini menjelaskan cara membuat, memperbarui, dan menghapus VIEWS di MySQL dengan syntax dan contoh.

Apa itu VIEW di MySQL?

di MySQL, VIEW MySQL adalah bukan tabel fisik, melainkan pada dasarnya adalah tabel virtual yang dibuat oleh query yang bergabung dengan satu atau beberapa tabel.

CREATE VIEW – Membuat VIEW MySQL

Syntax untuk statement CREATE VIEW di MySQL adalah:

CREATE[ORREPLACE]VIEW view_name AS

  SELECT columns

  FROM tables

  [WHERE conditions];

UPDATE VIEW MySQL – Meng-update VIEW MySQL

Teman-teman dapat memodifikasi definisi VIEW MySQL tanpa menghapusnya dengan menggunakan statement ALTER VIEW.

Syntax

Syntax untuk statement ALTER VIEW di MySQL adalah:

ALTER VIEW view_name AS

  SELECT columns

  FROM table

  WHERE conditions;

Drop VIEW MySQL – Menghapus VIEW MySQL

Setelah VIEWS MySQL telah dibuat, Teman-teman juga dapat menghapus VIEWS tsb dengan pernyataan DROP VIEW MySQL.

Syntax

Syntax untuk menghapus VIEWS MySQL menggunakan statement MySQL DROP VIEW adalah:

DROP VIEW[IFEXISTS]view_name;

Penjelasan Parameter
OR REPLACEPilihan. Jika Anda tidak menentukan klausul ini dan PANDANGAN telah ada, pernyataan CREATE VIEW akan mengembalikan kesalahan.view_nameNama VIEW yang ingin Anda buat di MySQL.WHERE conditionsPilihan. Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk catatan-catatan itu dimasukkan ke dalam VIEW.view_nameNama VIEWS MySQL yang ingin dihapus (drop).IF EXISTSPilihan. Jika teman-teman tidak menentukan klausa ini dan VIEWS tidak ada, maka statement MySQL DROP VIEW akan mengembalikan error.

Jelaskan apa itu view dalam MySQL?

Di dalam MySQL, View dapat didefenisikan sebagai 'tabel virtual'. Tabel ini bisa berasal dari tabel lain, atau gabungan dari beberapa tabel.

Apa itu view dalam database?

View dapat didefinisikan sebagai tabel maya (virtual) atau logical yang terdiri dari himpunan hasil query. Tidak seperti pada umumnya tabel di dalam basis data relasional, view bukanlah bagian dari skema fisik. View bersifat dinamis, ia mengandung data dari tabel yang direpresentasikannya.

Apa yang dimaksud dengan distinct apa kegunaannya jelaskan?

Fungsi Distinct mengevaluasi rumus di setiap rekaman tabel dan menghasilkan tabel satu kolom pada dengan nilai duplikat yang dihapus.

Apa itu trigger di SQL?

Trigger dapat didefinisikan sebagai himpunan kode (prosedural) yang dieksekusi secara otomatis sebagai respon atas suatu kejadian berkaitan dengan tabel basis data. Kejadian (event) yang dapat membangkitkan trigger umumnya berupa pernyataan INSERT, UPDATE, dan DELETE.