Cara menyimpan file di laptop menggunakan keyboard

Ilustrasi Menggunakan PowerPoint. Foto: Unsplash

Cara save file PowerPoint dengan keyboard merupakan metode pintasan untuk menyimpan dokumen dengan cepat. Biasanya, pintasan keyboard ini merupakan cara cepat mengakses fitur hanya dengan menekan tombol kombinasi di keyboard.

Sehingga, metode ini bisa digunakan sebagai alternatif cara jika touchpad atau mouse sedang rusak. Jika kamu mengalami hal yang sama, berikut ini cara save file PowerPoint dengan keyboard laptop.

Cara Save File Power Point dengan Keyboard

PowerPoint merupakan salah satu aplikasi Microsoft yang digunakan untuk membuat presentasi. Kamu bisa membuat slide presentasi sederhana atau pun kompleks di aplikasi ini agar presentasi yang dilakukan lebih menarik.

Berikut ini adalah tutorial cara save file PowerPoint melalui keyboard shortcut, dikutip dari halaman Support Microsoft:

1. Windows

Sebenarnya, menyimpan file melalui keyboard Windows dan macOS sama-sama mudah dilakukan. Berikut ini adalah tutorial cara save PowerPoint di sistem operasi Windows versi apa saja.

  1. Cara menyimpan file PowerPoint melalui keyboard dengan cara menekan tombol CTRL + S secara bersamaan. Kemudian, nantinya akan muncul jendela save.

Ilustrasi Cara Save File Power Point dengan Keyboard. Foto: Unsplash
  1. Setelah itu, isi nama file dan arahkan dengan tombol panah di keyboard untuk menentukan lokasi penyimpanan file. Selanjutnya, tekan 'Enter'.

2. macOS

Hampir sama dengan cara menyimpan file PowerPoint melalui keyboard di Windows, berikut adalah tutorialnya untuk laptop dengan sistem operasi macOS.

  1. Pada file Power Point yang baru saja kamu selesaikan, klik tombol Command + S di keyboard secara bersamaan dan nantinya akan muncul jendela save.

Ilustrasi Cara Save File Power Point dengan Keyboard. Foto: Unsplash
  1. Tulis nama file dan arahkan dengan tombol panah di keyboard untuk menentukan lokasi penyimpanan file. Setelah itu, tekan 'Enter'.

Cara Save File Power Point Secara Manual

Jika kamu ingin tahu cara menyimpan file PowerPoint dengan cara manual, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pada file PowerPoint yang baru saja selesai kamu kerjakan, klik tab 'File'. Kemudian, pilih 'Save' atau 'Save As' yang bisa kamu temukan tombolnya di sebelah kiri.

  2. Pilih lokasi penyimpanan yang kamu harapkan. Nantinya, akan muncul jendela 'Save', lalu masukkan nama file dan format file yang kamu inginkan. Jika sudah sesuai dengan harapanmu, klik tombol 'Save'.

Shortcut Keyboard PowerPoint Windows

Sama halnya dengan produk Microsoft Office lainnya, yaitu Word dan Excel, aplikasi presentasi PowerPoint juga dilengkapi dengan shortcut atau pintasan keyboard sebagai kemudahan penggunanya dalam mengoperasikan fitur aplikasi.

Berikut ini adalah shortcut keyboard untuk aplikasi PowerPoint di laptop Windows:

  • Membuat presentasi baru: Ctrl + N

  • Membuat slide baru: Ctrl + M

  • Mengubah gaya tulisan menjadi tebal: Ctrl + B

  • Cut atau memotong teks, obyek, slide, dan lainnya yang dipilih: Ctrl + X

  • Copy atau menggandakan teks, obyek, slide, dan lainnya yang dipilih: Ctrl + C

  • Paste atau menempelkan: Ctrl + V

  • Mulai presentasi atau slide show: F5

  • Mengakhiri presentasi atau slide show: Esc

Demikian uraian singkat cara save file PowerPoint dengan keyboard yang bisa kamu lakukan di Windows atau pun macOS. Keduanya memiliki pintasan keyboard berbeda, ya! Jadi, sesuaikan dengan perangkat yang kamu gunakan.

(SAN)

source https://kumparan.com/how-to-tekno/cara-save-file-powerpoint-dengan-keyboard-1x9rkKFxKZi