Ciri-ciri dari gerak spontan yang benar ditunjukkan oleh nomor

Lihat Foto

FREEPIK/COLORFUELSTUDIO

Ilustrasi.

KOMPAS.com - Makhluk hidup merupakan setiap entitas individu yang bisa menjalankan fungsi-fungsi kehidupan. Istilah makhluk hidup umumnya mengarah pada manusia, bintang, atau tumbuhan. 

Padahal makhluk hidup jenisnya banyak sekali di Bumi. Mulai dari irganisme yang sangat kecil, binatang melata, mamalia, tumbuhan, ganggang. lumut, hingga manusia itu sendiri. 

Setiap makhluk hidup memiliki ciri masing-masing yang khas dan membedakan dari satu individu dengan individu yang lainnya. Secara umum terdapat ciri-ciri makhluk hidup yang dirangkum dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sebagai berikut: 

  1. Bernapas
  2. Memerlukan makanan dan minuman
  3. Bergerak
  4. Tumbuh dan berkembang
  5. Berkembang biak (reproduksi)
  6. Peka terhadap rangsang
  7. Menyesuaikan diri terhadap lingkungan

Baca juga: Tiga Jenis Otot pada Manusia

Berikut ini penjelasannya:

Bernapas adalah menghirup udara yang di antaranya mengandung oksigen (O2) dan mengeluarkan udara dengan kandungan karbondioksida (CO2) lebih besar dari yang dihirup.

Jika seseorang mencoba untukmenahan napas untuk beberapa saat, maka tubuhnya akan terasa sesak. Rasa sesak tersebut sebagai tanda tubuh kekurangan oksigen. 

  • Memerlukan makanan dan minuman

Untuk melakukan aktivitas, setiap makhluk hidup memerlukan energi. Untuk memperoleh energi, makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman.

Kamu dapat berjalan, berlari, menggerakkan anggota badan bahkan berenang. Itu merupakan ciri bergerak. Tubuh dapat melakukan aktivitas karena memiliki sistem gerak. Sistem gerak terdiri atas tulang, sendi, dan otot. Ketika hal itu bekerja sama membentuk sistem gerak.

Setiap makhluk hidup mengalami tumbuh dan berkembang. Hal ini terlihat dari tinggi dan berat yang tidak akan pernah sama ketika masih kecil dan dewasa. Tidak hanya manusia yang mengalami tumbuh dan kembang, tetapi juga hewan serta tumbuhan. 

Contoh hewan yang tumbuh dan berkembang adalah kupu-kupu. Kupu-kupu akan bertelur, telur tersebut menetas menjadi ulat, ulat berubah menjadi kempompong. Ketika umurnya sudah pas, kepompong akan berubah bentuk menjadi kupu-kupu muda dan berkembang menjadi kupu-kupu dewasa. 

Baca juga: 8 Tahapan Pertumbuhan Manusia

Lihat Foto

indonesia.go.id

Tari Gambyong, tari tradisional dari Jawa Tengah

KOMPAS.com - Tari adalah jenis seni pertunjukkan terdiri dari gerakan-gerakan yang selaras dengan musik pengiringnya.

Tari yang lahir tumbuh berkembang dalam suatu masyarakat yang kemudian diturunkan atau diwariskan secara terus-menerus dari generasi ke generasi merupakan definisi dari tari tradisional. 

Tari tradisional adalah tarian yang merupakan perwujudan budaya di suatu daerah. Dilansir dari Authentic Indonesia, Indonesia memiliki lebih dari 300 jenis tarian tradisional yang berasal dari wilayah berbeda.

Ciri-ciri tari tradisional 

Ciri-ciri tari tradisonal dapat dilihat sebagai berikut: 

  • Menggunakan musik tradisional khas daerah
  • Menggunakan pakaian khas daerah
  • Menggunakan perlengkapan tari
  • Diajarkan secara turun-temurun
  • Berhubungan erat dengan budaya daerah
  • Pola gerakan yang khas dan pakem
  • Mengandung filosofi atau makna khas daerah
  • Memiliki aturan khusus dalam penyelenggaraannya

Fungsi tari tradisional

Tari tradisional tidak hanya berfungsi sebagai hiburan serta sarana komunikasi, melainkan sebagai upacara ritual adat, penobatan, kematian, dan acara penting lainnya.

Tari tradisional sejak zaman dahulu merupakan sarana hiburan yang sangat diminati. Terutama masyrakat dahulu belum mengenal televisi atau smartphone seperti sekarang.

Baca juga: Alat-Alat Musik Pengiring Tari Jawa

Tari tradisional merupakan sarana komunikasi massal. Pada perhelatan tari tradisional, masayarakat akan berkumpul dan menyaksikan sehingga dapat bertukar berbagai macam informasi ketika menonton.

Gerakan serta musik tari tradisional juga kerap kali berisi pesan berupa ajaran kehidupan ataupun dakwah keagamaan. Pesan tersebut lebih mudah dicerna dan diingat jika disampaikan melalui tari tradisional.

Tari tradisional berfungsi sebagai upacara ritual adat yang secara turun-temurun dilakukan dalam suatu budaya.

Misalnya upacara ritual kematian (Tari Mapeliang dari Sulawesi), ritual pembersihan hati (Tari Lummenese dari Sulawesi Tenggara dan Tari Babukungnya dari Dayak Kalimantan Tengah), ritual penobatan raja (Tari Ganjur dari Kutai Kertanegara Jawa), dan ritual perayaan panen padi (Tari Rokatenda dari Flores).

Keunikan tari tradisional

Tari tradisional memiliki daya tarik tinggi yang tidak akan lekang oleh waktu karena keunikannya.

Baca juga: Perbedaan Tari Modern dan Tari Tradisional

Keunikan tari tradisional melingkupi gerakan, musik iringan, busana, serta riasan yang berbeda dan mencerminkan budaya di setiap daerahnya. Contoh keunikah tari tradisional Indonesia:

  • Tari Bali memiliki keunikan pada gerakan mata yang disebut dengan seledet. Sembari menarikan tarian Bali, penari akan melakukan seledet dengan melirik ke kanan dan ke kiri dengan mata terbuka lebar, tidak berkedip, dan disertai gerakan alis yang mengangkat.
  • Tari Saman asal Aceh memiliki keunikan pada gerakannya. Tari Saman dilakukan secara berkelompok dan ditarikan dalam gerakan yang sangat harmonis. Gerakan penari saman sangatlah kompak, serempak, serta penuh makna, sehingga tarian Saman sangat terkenal hingga ke manca negara.
  • Tari Jaipong asal Jawa Barat memiliki keunikan pada gerakannya. Penari tari Jaipong bergerak sangat dinamis dan energi, memberikan kesan sensual namun kuat, humoris, dan semangat secara bersamaan.
  • Tari Piring asal Sumatera Barat memiliki keunikan dari properti yang digunakannya. Tari Piring menggunakan piring dalam gerak tarinya, penari Tari Piring menari dengan gerakan yang cepat dan indah tanpa menjatuhkan piringnya.
  • Tari Barong asal Bali memiliki keunikan dari propertinya. Tari barong menggunakan kostum besar berbentuk barong yang terlihat seperti gabungan singa dan harimau dengan sentuhan hiasan khas Bali.
  • Tari Selamat Datang asal Papua memiliki keunikan pada gerakan serta kostumnya. Tari Selamat Datang memiliki gerakan yang enerjik seperti meloncat, penuh kegembiraan, penghormatan, dan tidak ada satupun penari Selamat Datang yang terlihat murung. Kostum yang digunakan terdiri dari rok yang dibuat dari rumbai akar, penutup kepala, serta tubuh yang dilukis dengan ornament khas papua.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Unsur – unsur Gerak Tari .

Top 1: Tarian yang geraknya dilakukan secara spontan mengikuti irama ...

Pengarang: brainly.co.id - Peringkat 101

Ringkasan: .  Pengertian limbah keras organic Teknik pewarnaan Cara mengolah sisik ikan untuk kerajinan Pengertian kerajinan berbasis media campuran Jenis bah. … an alam untuk kerajinanberbasis media campuran  Ciri-ciri batu untuk kerajinan Kerajinan batu dengan kain Suhu tingkat pembakaran keramik dari tanah liat Alat kerajinan keramik​ Menunjukkan ciri- ciri karya seni rupa . Setelah mempelajari tata rias dan tata busana dalam tari tradisional, identifikasikanla

Hasil pencarian yang cocok: A.Tari Klasik B.Tari kreasi C.Tari tradisional - 2894… ... kreasi menciptakan gerakan spontan,dan tidak memiliki aturan baku dalam menari. ...

Top 2: tarian yang dilakukan secara spontan mengikuti irama dan tidak memiliki ...

Pengarang: brainly.co.id - Peringkat 111

Ringkasan: .  Pengertian limbah keras organic Teknik pewarnaan Cara mengolah sisik ikan untuk kerajinan Pengertian kerajinan berbasis media campuran Jenis bah. … an alam untuk kerajinanberbasis media campuran  Ciri-ciri batu untuk kerajinan Kerajinan batu dengan kain Suhu tingkat pembakaran keramik dari tanah liat Alat kerajinan keramik​ Menunjukkan ciri- ciri karya seni rupa . Setelah mempelajari tata rias dan tata busana dalam tari tradisional, identifikasikanla

Hasil pencarian yang cocok: Tarian yang dilakukan secara spontan mengikuti irama dan tidak memiliki aturan baku dalam melakukan gerak disebut... - 29969810. ...

Top 3: tari tradisional - Quizizz

Pengarang: quizizz.com - Peringkat 98

Hasil pencarian yang cocok: Ciri khas/keunikan pada tari kerajaan adalah... answer choices. Gerakan dilakukan secara spontan,mengikuti irama dan tidak memiliki aturan baku. ...

Top 4: UJIAN SEKOLAH SENI TARI | Arts Quiz - Quizizz

Pengarang: quizizz.com - Peringkat 124

Hasil pencarian yang cocok: Berikut yang bukan merupakan ciri-ciri tari klasik adalah …. answer choices. Setiap gerak atau pose memiliki nama. Tidak ada aturan yang mengikat. ...

Top 5: Tari Kreasi : Pengertian, Contoh, Jenis, Keunikan & Prosedur - serupa.id

Pengarang: serupa.id - Peringkat 102

Ringkasan: Tari kreasi adalah salah satu bagian dari perkembangan seni tari yang terus mengalami perubahan mengikuti perkembangan zaman. Perubahan seni tari termasuk tari kreasi juga terkait dengan perkembangan kehidupan masyarakat yang tak pernah berhenti, tidak terputus satu sama lain, melainkan saling berkesinambungan. Dalam semangat yang sama, tari kreasi juga hadir sebagai tari yang memiliki kebebasan serta dipengaruhi oleh perkembangan zaman serta interaksi antarruang dengan daerah-daerah lain. Lalu

Hasil pencarian yang cocok: 17 Jul 2021 — Sebagai hiburan hasil dari ekspresi diri, Tari dapat berfungsi sebagai hiburan pribadi memiliki ciri gerak yang spontan. Berfungsi sebagai ... ...

Top 6: Ciri Khas/keunikan Pada Tari Kerajaan Adalah | Kuismedia.id

Pengarang: kuismedia.id - Peringkat 131

Ringkasan: Ciri khas/keunikan pada tari kerajaan adalah Gerakan dilakukan secara spontan,mengikuti irama dan tidak memiliki aturan baku. Gerakan dilakukan secara bersama dengan iringan yang lembut. Gerakkan diciptakan oleh para penguasa. Gerakan mengacu pada aturan yang sudah ditentukan dari waktu ke waktu tarian tidak pernah berubah. Semua jawaban benar Berdasarkan pilihan diatas, jawaban yang paling benar adalah: D. Gerakan mengacu pada aturan yang sudah ditentukan dari waktu ke waktu tarian tidak

Hasil pencarian yang cocok: Gerakan dilakukan secara spontan,mengikuti irama dan tidak memiliki aturan baku · Gerakan dilakukan secara bersama dengan iringan yang lembut · Gerakkan ... ...

Top 7: Perbedaan Tari Modern dan Tari Tradisional Halaman all

Pengarang: amp.kompas.com - Peringkat 151

Ringkasan: . Lihat FotoKOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Ribuan peserta mengikuti Indonesia Menari 2017 di Mall The Park Solo Baru Grogol Sukoharjo Jawa Tengah, Minggu (19/11/2017). Acara seni tari tradisional ini digelar oleh Bakti Budaya Djarum Foundation dan dilakukan serentak di tiga Kota yaitu Jakarta, Bandung dan Solo. KOMPAS.com - Kesenian tari berkembang karena pengaruh banyak hal dan juga inovasi dari masyarakat.. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), seni tari merupakan seni mengenai

Hasil pencarian yang cocok: 26 Nov 2020 — Baca juga: Seni Tari: Pengertian dan Gerak Tari ... tari dikatakan kontemporer atau modern apabila memiliki ciri-ciri, yaitu:. ...

Top 8: Pengertian Tari Tradisional, Contoh dan Fungsinya - Sakersomu ...

Pengarang: sakersomu.blogspot.com - Peringkat 146

Ringkasan: Pengertian Tari Tradisional - Jika sebelumnya admin telah membahas secara lengkap materi seputar alat-alat musik, kali ini admin ingin menjelaskan seputar tari tradisional. Secara teori, tari tradisional kalian pastinya masih banyak yang belum mengetahuinya, maka dari itu kalian bisa melihat penjelasan secara lengkap apa itu tari tradisional pada artikel berikut ini Tahukah kamu bahwa setiap suku di Indonesia memiliki gerak tari yang berbeda-beda. Perbedaan gerak menunjukkan kekayaan dan keunika

Hasil pencarian yang cocok: 20 Mar 2017 — Pada tarian kerakyatan biasanya gerak yang dilakukan secara spontan mengikuti irama dan tidak memiliki aturan baku dalam melakukan gerak. ...

Top 9: Pengertian Gerak Tari Kreasi - 123dok

Pengarang: 123dok.com - Peringkat 128

Ringkasan: Tujuan Pembelajaran Dengan demikian, gerak merupakan unsur utama dalam tari. Namun gerak yang dimaksud adalah bukan gerak nyata sesuai dengan realita melainkan yang sudah mengalami stilasi dan distorsi yang sifatnya ekspresif. Bentuk gerak ekspresif adalah bentuk yang diungkapkan agar dapat dinikmati dengan rasa Berkaitan dengan hal tersebut, Susane K Langer dalam Soedarsono (1978) . menyatakan bahwa gerak-gerak ekspresif ialah gerak-gerak yang indah, yang dapat menggetarkan perasaan manusia

Hasil pencarian yang cocok: Dengan demikian, gerak merupakan unsur utama dalam tari. ... Bentuk tersusun serta memiliki aturan yang baku dan mengikat serta tidak dapat dilanggar. ...

Top 10: Seni Tari - Fungsi, Jenis, Peran, Konsep, Contoh, Para Ahli

Pengarang: gurupendidikan.co.id - Peringkat 102

Ringkasan: Seni Tari – Pengertian, Unsur, Fungsi, Jenis, Peran, Konsep, Contoh, Para Ahli : Seni tari adalah seni yang mengekspresikan nilai batin melalui gerak yang indah dari tubuh/fisik dan mimik. Seni tari secara umum memiliki aspek-aspek gerak, ritmis, keindahan, dan ekspresi . Pengertian Seni Tari. Seni tari adalah seni yang mengekspresikan nilai batin melalui gerak yang indah dari tubuh/fisik dan mimik. Seni tari secara umum memiliki aspek-aspek gerak, ritmis, keindahan, dan ekspresi. Selai

Hasil pencarian yang cocok: 30 Jan 2022 — Seni tari secara umum memiliki aspek-aspek gerak, ritmis, ... Seni tari merupakan ekspresi jiwa manusia yang diwujudkan dalam bentuk gerakan ... ...

Video yang berhubungan