Daftarkan nama nama alat penyusun rangkaian seri dan paralel

Lihat Foto

elektro.uma.ac.id

Contoh sebuah rangkaian listrik sederhana

KOMPAS.com - Rangkaian listrik dapat ditemui dalam peralatan elektronik yang sering kita gunakan. Rangkaian listrik terdiri atas berbagai komponen penting. Komponen ini diperlukan supaya rangkaian listrik dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Dikutip dari buku Rangkaian Listrik (2018) karya Khairunnisa, rangkaian listrik merupakan sambungan beberapa alat listrik sederhana, terdiri atas minimal atau paling sedikit satu jalan tertutup yang dapat dilalui arus.

Ada banyak jenis rangkaian listrik. Salah satunya rangkaian listrik sederhana. Dibanding jenis lainnya, rangkaian listrik ini cenderung lebih mudah dibuat dan diaplikasikan. Tidak hanya itu, pemilihan serta penggunaan komponennya juga sederhana.

Contoh peralatan elektronik yang menggunakan rangkaian listrik sederhana adalah senter. Berikut komponen-komponen listrik pada rangkaian listrik sederhana, yaitu:

Dalam buku Pembelajaran Konsep Listrik dan Magnet (2018) karya Saminan, resistor adalah komponen elektronik yang berfungsi untuk menghambat aliran listrik. Resistor sering juga disebut hambatan. Apabila nilai hambatan resistornya makin besar, maka aliran arusnya semakin kecil. Begitu pula sebaliknya.

Baca juga: Sumber Daya Alam Pembangkit Listrik

Dalam rangkaian listrik sederhana, baterai menjadi komponen penting yang wajib ada. Baterai merupakan sumber energi atau tegangan, sehingga suatu rangkaian bisa menghasilkan listrik. Contohnya pada lampu senter, tanpa baterai atau tegangan listrik, baterai tidak akan bisa menyala.

Adalah alat listrik yang digunakan untuk memutus serta mengalirkan arus listrik. Ketika sakelar dalam posisi hidup (on), arus akan mengalir.. Sebaliknya, saat sakelar dalam posisi mati (off), arus listrik tidak akan mengalir lewat rangkaian listrik.

Adalah alat listrik yang difungsikan sebagai sumber cahaya. Lampu akan menyala setelah dialiri listrik. Lampu dapat menyala ketika posisi sakelar on atau hidup. Agar bisa menyala, lampu membutuhkan baterai dan juga sakelar.

Adalah alat listrik yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik dari satu tempat ke tempat lainnya. Sebagai contoh, kabel dipasang antara baterai dengan lampu serta sakelar, ketika sakelar hidup, aliran listrik dari baterai akan dihantarkan lewat kabel ke lampu, supaya dapat menyala.

Baca juga: Ciri-Ciri Medan Listrik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Lihat Foto

KOMPAS.com/Gischa Prameswari

Ilustrasi rangkaian listrik

KOMPAS.com – Dalam kehidupan sehari-hari, manusia modern dibantu oleh alat elektronik untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mulai dari kulkas, microwave, pendingin ruangan, lampu, penanak nasi, ponsel pintar, hingga perangkat komputer semua adalah alat elektronik.

Namun bagaimanakah alat elektronik bisa menyala? Alat elektronik bisa menyala karena tersambung dengan sumber daya listrik. Alat elektronik bisa tersambung ke sumber daya listrik dan menyala tidak lepas dari keberadaan rangkaian listrik.

Apakah rangkaian listrik itu? Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pengertian tentang rangkaian listrik adalah jalur untuk mentransmisikan arus listrik.

Rangkaian listrik adalah serangkaian komponen-komponen elektronika yang dirangkai untuk mengalirkan listrik dari sumber daya ke perangkat yang diinginkan.

Baca juga: 10 Alat Rumah dengan Energi Listrik dan Fungsinya

Berikut adalah komponen-komponen dasar penyusun rangkaian listrik:

Resistor adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk menghambat arus listrik, sehingga sering disebut dengan hambatan.

Resisitor memiliki besar resistansi yang berbeda-beda sesuai dengan bahan pembuatnya. Semakin besar nilai resistor, maka akan semakin besar arus listrik yang dihambatnya. 

Dilansir dari How Stuff Works, kapasitor adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk menyimpan aliran elektron (muatan listrik) dan bisa melepaskannya nanti. Besar kapasitas penyimpanan muatan listrik suatu kapasitor disebut dengan kapasitansi dan memiliki satuan farad.

Induktor adalah komponen elektronika yang berfungsi menyimpan energi magnet. Kemampuan induktor dalam menyimpan medan magnet disebut dengan induktansi dengan satuan henry (H).  

Dioda merupakan komponen elektronika yang berfungsi untuk menyearahkan arus. Kemampuan menyearahkan arus, membuat dioda sering digunakan untuk mengontrol arus listrik.

18/08/2021 Nah, berikut ini jenis alat kelistrikan beserta gambar dan fungsinya yang wajib Anda ketahui. 1. Stop Kontak. Nama alat listrik pertama yang wajib ada di rumah Anda adalah stop kontak, yang titik penghubung listrik pada tembok rumah. Umumnya, stop kontak ditanam pada tembok untuk mengalirkan arus listrik ke perangkat elektronik.

04/08/2021 Mengenal Nama Alat Listrik Beserta Fungsi dan Kegunaannya. August 4, 2021 by Badi. Alat-alat listrik Di era modern ini, pastinya manusia tidak bisa terlepas dari penggunaan berbagai peralatan listrik. Baik alat-alat yang digunakan untuk membantu kehidupan sehari-hari, maupun alat yang dibutuhkan secara khusus untuk keperluan tertentu.

11/03/2022 Berikut merupakan pengaruh agama dan kebudayaan Hindu-Budha bagai masyarakat Indonesia, kecuali? Dalam pelaksanaan pemerintahan, wilayah Indonesia dibagi-bagi dari tingkat karesidenan sampai desa. Mengapa dan apa alasan Jepang? Bagaimana masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memerdekakan Indonesia?

baterai : sebagai penyuplai listrik . nomor :2 . lampu : untuk memunculkan cahaya. nomor:3. logam penghantar: untuk menghantakan arus listrik dari baterai ke lampu. nomor:4. saktar : alat menghubungan dan memutus arus listrik dari baterai ke lampu, sehingga lampu pada senter bisa nyala atau pun mati

31/08/2021 KOMPAS.com - Rangkaian listrik dapat ditemui dalam peralatan elektronik yang sering kita gunakan. Rangkaian listrik terdiri atas berbagai komponen penting. Komponen ini diperlukan supaya rangkaian listrik dapat berjalan sebagaimana mestinya.. Dikutip dari buku Rangkaian Listrik (2018) karya Khairunnisa, rangkaian listrik merupakan sambungan beberapa alat listrik sederhana, terdiri atas minimal ...

Dickson Kho Komponen Elektronika. Jenis-jenis Komponen Elektronika beserta Fungsi dan Simbolnya Peralatan Elektronika adalah sebuah peralatan yang terbentuk dari beberapa Jenis Komponen Elektronika dan masing-masing Komponen Elektronika tersebut memiliki fungsi-fungsinya tersendiri di dalam sebuah Rangkaian Elektronika.

Jenis-Jenis Komponen Elektronika. 1. Resistor. Resistor adalah komponen dasar elektronika pasif yang digunakan untuk membatasi jumlah arus yang mengalir dalam satu rangkaian. Sesuai dengan namanya resistor bersifat resistif dan umumnya terbuat dari bahan karbon. Satuan Nilai Resistor atau Hambatan adalah Ohm ().

10/09/2016 Dengan begitu maka kita akan lebih mudah mempelajari elektronika dan membangun suatu sistem elektronika yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah 5 jenis komponen dasar elektronika beserta fungsi dan simbolnya yang harus kamu ketahui, terdiri dari resistor, kapasitor, induktor, dioda, dan transformator. 1.

Rangkaian listrik campuran, merupakan rangkaian listrik yang komponennya disusun secara berjajar dan bercabang. 565. 5.0 (1 rating) Pertanyaan serupa. ... Tuliskan nama dan fungsi alat-alat penyusun rangkalan listrik di atas pada tabel berikut! 103. 0.0.

Alat Alat Listrik Dan Fungsinya Di zaman modern seperti sekarang ini, listrik telah menjadi kebutuhan utama bagi manusia. Apalagi, hampir seluruh peralatan yang ada di rumah menggunakan energi listrik. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk mengenal alat alat listrik dan fungsinya. Meskipun banyak yang sering menggunakan ...

24/05/2022 1. Pengertian Rangkaian Listrik. Rangkaian listrik adalah hubungan sumber listrik dengan alat-alat listrik lainnya yang. mempunyai fungsi tertentu. Berdasarkan susunan hubungan alat-alat listrik, rangkaian listrik. dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu rangkaian listrik seri, rangkaian paralel, dan.

11/03/2022 Tuliskan nama dan fungsi alat-alat penyusun rangkalan listrik di atas pada tabel berikut! Kalimat berisi tujuan yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah? Unsur-unsur yang harus terdapat dalam proposal ilmiah kegiatan ditunjukkan oleh nomor?

20/03/2022 Fungsi dari panel listrik adalah untuk menempatkan komponen listrik sebagai pendukung dari mesin-mesin listrik agar bisa beroperasi sesuai dengan prinsip kerja dari mesin listrik itu sendiri. Untuk mengamankan komponen listrik supaya terlindungi dari pengaruh di sekelilingnya.

26/05/2022 Komponen dari Rangkaian Listrik Nama Kelompok : Nama Anggota Kelompok : A. Tujuan Pembelajaran Melalui kegiatan mengamati, siswa mampu mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan kegunaanya pada rangkaian listrik dengan benar. B. Alat dan Bahan 1. Gambar Komponen Listrik pada Senter 2. Alat Tulis C. Langkah-langkah 1. Duduklah berkelompok! 2.

Fungsi lampu: lampu merupakan teknologi yang digunakannya untuk penerangan. Fungsi Saklar: Saklar adalah alat penyambung atau pemutus aliran listrik. Fungsi baterai: Batu baterai berfungsi untuk meyediakan atau menyuplai energi listrik bagi alat elektronik tanpa harus tersambung ke listrik. Penjelasan: semoga terbantu ( )

Tuliskan nama dan fungsi alat-alat penyusun rangkalan listrik di atas pada tabel berikut! 103. 0.0. Jawaban terverifikasi. Sebutkan kelemahan rangkaian listrik seri! 468. 5.0. Jawaban terverifikasi. Apa jenis rangkaian yang ditunjukkan oleh gambar di atas? Jelaskan!

08/03/2021 A.tuliskan komponen-komponen penyusun rangkaian listrik di samping beserta fungsinya! B.apa jenis - Brainly.co.id. Apa Perbedaan Antara Rangkaian Listrik Tertutup dan Terbuka Jelaskan - Teknik Elektro. Pemeliharaan dan perbaikan_rangkaian_listrik. Arus dan Rangkaian Listrik: Paralel, Seri dan Campuran - Belajar Mandiri Yuk!

11/03/2022 Jenis Jenis Rangkaian Listrik. Secara umum, rangkaian listrik terdiri dari 2 jenis yang berbeda, yakni Seri dan Paralel. Namun, ada pula gabungan dari 2 jenis rangkaian listrik yang disebut sebagai rangkaian campuran. Selengkapnya simak ulasan di bawah ini: 1. Rangkaian Listrik Seri.

Diantara alat-alat laboratorium kimia seperti; gelas ukur, Gelas Beaker, labu ukur, tabung reaksi dan plat tetes. Sedangkan alat Alat Laboratorium Biologi diantaranya adalah; Mikroskop, Kaca pembesar (lup), stetoscope, thermometer digital, anatomi manusia dan lain-lain. Daftar Isi. Alat Alat Laboratorium Kimia. 1.

Amatilah komponen pada senter baterai berikut! Baterai komponen nomor 1 pada gambar merupakan baterai. Tuliskan proses perjalanan arus listrik pada rangkaian listrik senter tersebut secara rinci dan. Energi listrik dari baterai kemudian diubah menjadi energi cahaya oleh komponen senter lainnya. Fungsi baterai sebagai sumber arus listrik.

25/02/2020 Rangkaian Terbuka : Rangkaian dengan saklar terbuka dan bola lampu tidak akan menyala. Umumnya Rangkaian listrik sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu rangkaian seri dan rangkaian paralel. Namun, ada juga kombinasi dari kedua jenis rangkaian listrik tersebut yang biasa dinamakan rangkaian campuran.

05/07/2017 1. Stator/Armature Coil. Stator termasuk komponen utama motor listrik. Karena komponen ini akan bersinggungan langsung dengan kinerja motor. Stator merupakan lilitan tembaga statis yang terletak mengililingi poros utama. Fungsi stator adalah untuk membangkitkan medan magnet pada di sekitar rotor. komponen ini terdiri dari lempengan besi yang ...

11/03/2022 Arus listrik searah (Direct Current atau DC) adalah aliran elektron dari suatu titik yang energi potensialnya tinggi ke titik lain yang energi potensialnya lebih rendah. Arus searah dulu dianggap sebagai arus positif yang mengalir dari ujung positif sumber arus listrik ke ujung negatifnya. Pengamatan-pengamatan yang lebih baru menemukan bahwa ...

Contoh-contoh penulisan satuan-satuan tersebut diantaranya seperti berikut ini : 1kV = 1 kilo Volt = 1.000 Volt. 1mA = 1 mili Ampere = 1/1000 Ampere atau 0,001 Ampere. 1M = 1 Mega Ohm = 1.000.000 Ohm. 1F = 1 micro Farad = 1/1.000.000 Farad. Elektronika Dasar. Satuan Listrik.

24/05/2022 K. Kalor : Panas. Kilowatt hour : Satuan energi listrik yang lebih besar. Kalori : Satuan energi (1 kal = 4,2 joule) L. Listrik : Gejala pemisahan muatan negatif dan positif dalam suatu. medan magnet. Listrik dinamis : Listrik yang dapat bergerak atau berubah-ubah atau yang. bisa juga disebut arus listrik.



Tok Tok Apk, Download Gta 5 Apk, Movie Apk, Golive Apk, Guardian Tales Mod Apk, Hublaagram Apk, Stray Cat Simulator Apk, Google File Manager Apk Download, Download Maxxspy Apk, Mediacast Apk, Tiktok For Android Apk, Human Fall Flat Download Android Apk, Pandora Android Apk, Funtv Box Apk, Tp Insta Stats Apk, Android Studio Where Is Apk, Yarn Chat Fiction Hack Apk, Free Music For Youtube Stream Apk, Check Apk Online, Laser Pointer Apk,