Dalam aktivitas nonlokomotor estafet kelereng siswa tidak diperkenankan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan : SDN Karangbokong 03 Kelas / Semester : III (Tiga) / 2 Tema 5 : Permainan Tradisional di Daerahku Sub Tema 2 : Olah Raga Tradisional Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit) KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga. KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR 1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta 2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia 3.5 Menggali informasi dari teks permainan /dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman. 4.5 Mendemonstrasikan teks permainan /dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian. Indikator Pencapaian Kompetensi 3.5.2 Menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait informasi tentang permainan/dolanan tradisional. 4.5.3 Menuliskan jawaban pertanyaan dengan menggunakan huruf tegak bersambung. 1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah 2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar 3.4 Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat. 4.4 Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat. Indikator Pencapaian Kompetensi 3.4.5 Menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah 4.4.2 Mempraktikkan bentuk kebarsatuan dalam permainan sederhana ‘Estafet Kelereng’. 1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianut 2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan. 3.2 Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 4.2 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional. Indikator Pencapaian Kompetensi 3.2.1 Mengidentifikasi konsep gerak kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan tradisional. 4.2.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan tradisional. ¡ Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi onsep gerak kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai permainan tradisional. ¡ Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa mampu mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan tradisional. ¡ Dengan melakukan permainan tradisional berkelompok siswa mampu menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah. ¡ Dengan melakukan permainan tradisional siswa mampu mempraktikkan bentuk kebersatuan dalam permainan sederhana. ¡ Dengan membaca teks yang tersedia siswa mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait informasi tentang permainan/ dolanan tradisional. ¡ Dengan membaca teks yang tersedia siswa mampu menuliskan jawaban pertanyaan dengan menggunakan huruf tegak bersambung. ¡ Permainan estafet kelereng. ¡ Wacana tentang permainan kelereng. ¡ Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan) ¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
H. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN ¡ Buku Guru dan Buku Siswa Tema 5 : ” Permainan Tradisional” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015). ¡ Sendok logam dan kelereng. I. PENILAIAN PEMBELAJARAN K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4 2. Keterampilan mempraktikkan kombinasi pola gerak lokomotor dalam permainan tradisional
3. Test pengetahuan menjawab pertanyaan mengenai sikap kerjasama dalam kelompok • Bobot nilai 2 jika jawaban dan alasan tepat • Bobot nilai 1 jika jawaban tepat alasan tidak tepat atau sebaliknya • Bobot 0 jika jawaban dan alasan tidak tepat 4. Test pengetahuan menjawab pertanyaan mengenai permainan kelereng • Bobot nilai 2 jika jawaban dan alasan tepat • Bobot nilai 1 jika jawaban tepat alasan tidak tepat atau sebaliknya • Bobot 0 jika jawaban dan alasan tidak tepat
|