Dalam alquran disebutkan ada empat kitab yang diturunkan kepada empat rasul ke-4 tersebut adalah

Dalam Alquran disebutkan ada empat kitab yang diturunkan kepada empat rasul ke-4 rasul tersebut adalah​

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Dalam Alquran disebutkan ada empat kitab yang diturunkan kepada empat rasul ke-4 rasul tersebut adalah​

Jawaban:

Taurat oleh Nabi Musa as.

Zabur oleh Nabi Daud as.

Injil oleh Nabi Isa as.

Al-Quran oleh Nabi Muahammad SAW.

Penjelasan:

Semoga membantu

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: Dalam Alquran disebutkan ada empat kitab yang diturunkan kepada empat rasul ke-4 rasul tersebut adalah​

Jawaban:

Kitab Zabur, diturunkan kepada Nabi Daud as. Kitab Taurat, diturunkan kepada Nabi Musa as. Kitab Injil, diturunkan kepada Nabi Isa as.

kitab Al-Qur’an diturunkan kepada nabi Muhammad Saw

Sekian tanya-jawab mengenai Dalam Alquran disebutkan ada empat kitab yang diturunkan kepada empat rasul ke-4 rasul tersebut adal…, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

ST Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions (MCQ) Easily at st.dhafi.link. with Accurate Answer. >>


Ini adalah Daftar Pilihan Jawaban yang Tersedia :

  1. Musa a.s, Ibrahim a.s, isa a.s, Muhammad Saw
  2. Nuh a.s, Dawud a.s, isa a.s, Muhammad Saw
  3. Nuh a.s, Dawud a.s, isa a.s, Muhammad Saw
  4. Musa a.s, dawud a.s, isa a.s, muhammad Saw

Jawaban terbaik adalah D. Musa a.s, dawud a.s, isa a.s, muhammad Saw.

Dilansir dari guru Pembuat kuis di seluruh dunia. Jawaban yang benar untuk Pertanyaan ❝Dalam Al-Qur’an disebutkan ada empat kitab yang diturunkan kepada empat rasul. Ke empat rasul tersebut adalah…❞ Adalah D. Musa a.s, dawud a.s, isa a.s, muhammad Saw.
Saya Menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan dan jawaban berikutnya, Yaitu Jika terdapat mim sukun bertemu dengan mim maka hukum bacaannya adalah… dengan jawaban yang sangat akurat.

Klik Untuk Melihat Jawaban

st.dhafi.link Merupakan situs pendidikan pembelajaran online untuk memberikan bantuan dan wawasan kepada siswa yang sedang dalam tahap pembelajaran. mereka akan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan di sekolah. Kami berusaha untuk menerbitkan kuis Ensiklopedia yang bermanfaat bagi siswa. Semua fasilitas di sini 100% Gratis untuk kamu. Semoga Situs Kami Bisa Bermanfaat Bagi kamu. Terima kasih telah berkunjung.

Ilustrasi kitab yang diturunkan oleh Allah menurut Al-Quran. Foto: dok. https://unsplash.com/

Nabi dan Rasul yang kita kenal melalui kisah yang diceritakan dalam Al-Quran maupun hadits rupanya telah diberikan mukjizat oleh Allah berupa kitab suci. Dalam Islam kita mengenal ada 4 kitab yang diturunkan Allah SWT kepada para Nabi dan Rasul yang diutus-Nya. Keempat kitab tersebut tentu diturunkan dengan fungsi dan tujuan tertentu.

Dalam buku berjudul Multiple Intelligences For Islamic Teaching yang ditulis oleh Ariany Syurfah (2017: 46) tertulis bahwa kitab-kitab Allah diturunkan oleh Allah dengan tujuan sebagai petunjuk bagi manusia untuk bisa beribadah dengan benar. Jika tidak menggunakan kitab-kitab Allah sebagai petunjuk, maka tentu akan membuat manusia menjadi hamba yang celaka. Apa saja 4 kitab yang diturunkan Allah SWT?

4 Kitab yang Diturunkan Allah SWT menurut Dalil dalam Al-Quran

Dalam Alquran yang digunakan sebagai pedoman hidup bagi umat Islam berisi berbagai kisah dan hukum syariat yang penting untuk diketahui umat Muslim, termasuk pembahasan tentang kitab yang diturunkan Allah. Dalam buku berjudul Pokok-Pokok Akidah yang Benar yang ditulis oleh H. A. Zahri (2019:148) memaparkan bahwa dalam Alquran telah disebutkan ada 4 kitab yang diturunkan oleh Allah SWT, antara lain:

  • Kitab Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa AS

  • Kitab Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud AS

  • Kitab Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa AS

  • Kitab Alquran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Ilustrasi pembahasan 4 kitab yang diturunkan oleh Allah menurut Al-Quran. Foto: dok. https://unsplash.com/

Keempat kitab tersebut dijelaskan dalam berbagai ayat dalam Alquran yaitu surat Ali Imran dan surat An Nisa. Berikut ini adalah dalil yang memaparkan tentang keempat kitab yang diturunkan Allah kepada para Nabi dan Rasul-Nya:

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُۗ . نَزَّلَ عَلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَاَنْزَلَ التَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَۙ . مِنْ قَبْلُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَاَنْزَلَ الْفُرْقَانَ ەۗ اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِاٰيٰتِ اللّٰهِ لَهُمْ عَذَابٌ شَدِيْدٌ ۗوَاللّٰهُ عَزِيْزٌ ذُو انْتِقَامٍۗ

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya. Dia menurunkan Alkitab (Al-Quran) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan Kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil, sebelum (Al-Quran), menjadi petunjuk bagi manusia, dan dia menurunkan al-Furqaan. Sesungguhnya orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah akan memperoleh siksa yang berat; dan Allah Maha Perkasa lagi mempunyai balasan (siksa).” (QS. Ali Imran: 2-4)

إِنَّآ أَوْحَيْنَآ إِلَيْكَ كَمَآ أَوْحَيْنَآ إِلَىٰ نُوحٍ وَٱلنَّبِيِّۦنَ مِنۢ بَعْدِهِۦ ۚ وَأَوْحَيْنَآ إِلَىٰٓ إِبْرَٰهِيمَ وَإِسْمَٰعِيلَ وَإِسْحَٰقَ وَيَعْقُوبَ وَٱلْأَسْبَاطِ وَعِيسَىٰ وَأَيُّوبَ وَيُونُسَ وَهَٰرُونَ وَسُلَيْمَٰنَ ۚ وَءَاتَيْنَا دَاوُۥدَ زَبُورًا

Artinya: Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma'il, Ishak, Ya'qub dan anak cucunya, Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud. (QS. An Nisa: 163)

Dengan mengetahui 4 kitab yang diturunkan Allah SWT yang disebutkan dalam ayat Alquran dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah sehingga menjadikan kita sebagai hamba Allah yang selalu dihujani rahmat dan kasih sayang-Nya. (DAP)