Dasar-dasar perjuangan yang dicetuskan oleh mahatma gandhi adalah

Siapa sih yang gak kenal dengan Mahatma Gandhi? Tokoh kemanusiaan yang satu ini menjadi ujung tombak masyarakat India dalam memperjuangkan kemerdekaannya melawan penjajah. Namun uniknya, Gandhi tidak menggunakan kekerasan sama sekali dalam melakukan perlawanan.

Hal itu tercermin dalam ajaran Mahatma Gandhi yang di antaranya adalah satyagraha, ahimsa, hartal, dan swadeshi. Agar kamu bisa belajar terkait ajaran yang cukup bijaksana seperti demikian, coba simak pembahasan berikut ini, ya!

1. Satyagraha

notevenpast.org

Satyagraha dapat diartikan sebagai sebuah “jalan kebenaran”. Pada ajaran ini, Mahatma Gandhi meyakinkan masyarakat India yang diperbudak oleh Inggris untuk menolak kerjasama sebab merasa berdiri sendiri. Hal ini dimaksudkan agar pemerintah yang berkuasa pada saat itu kesusahan untuk mendapatkan keinginannnya.

Dengan melakukan hal tersebut, pemerintah Inggris pun tidak bisa berkutik karena tak ada yang mau diajal kooperasi. Lambat laun perlawanana tersebut pun membuahkan hasil dan membuat penjajah dipukul mundur.

2. Ahimsa

aryaputr.com

Berbeda dengan Satyagraha, ajaran Ahimsa dimaksudkan untuk melawan penjajah tanpa melakukan kekerasan sama sekali. Gandhi lebih menekankan untuk tidak melakulan tindak kekerasan apapun baik itu penyiksaan maupun pembunuhan.

Secara harfiah, ahimsa memiliki dua suku kata yang bermakna berbeda. “Hims” berarti membunuh, sedangkan “A” digunakan untuk menunjukkan konotasi negatif. Dengan adanya hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ajaran Gandhi yang satu ini dimaksudkan untuk mewujudkan perlawanan dengan perdamaian.

3. Hartal

news18.com

Untuk memperkuat ajaran tanpa kekerasan, Gandhi pun mengajak masyarakat melakukan mohok kerja sebagai sebuah perlawanan. Hal tersebut ditujukan agar pemerintah Inggris mengalami kerugian akibat tidak ada yang mau bekerja.

Selain buruh yang mogok kerja, toko-toko pun ikut-ikutan tutup sehingga hasil industri dari pemerintah Inggris pun tidak laku sehingga membuatnya merugi. Langkah cerdas ini membuat penjajah sedikit demi sedikit mengalami kemunduran akibat kerugian secara materi yang dideritanya.

4. Swadeshi

dailypioneer.com

Jika suku katanya dipecah, ajaran swadeshi terdiri dari kata “swa” berarti diri sendiri, dan “desh” yang bermakna negara. Kedua istilah tersebut jika digabung memiliki artian bawa negara yang berdiri sendiri. Gandhi meyakini bahwa kunci kemerdekaan negaranya itu jika kendali Inggris atas industri India dihapuskan.Maksudnya adalah Gandhi mendorong masyarakat untuk memaksimalkan dalam memanfaatkan hasil buminya sendiri. Segala jenis barang ataupun faktor produksi buatan Inggris pun gak boleh digunakan agar India bisa berdiri secara independen.

Keempat ajaran di atas dapat membuat kita belajar bahwa sejatinya perlawanan tanpa kekerasan bisa saja membuahkan kemenangan melawan penindasan. Hal itu bisa dijadikan teladan untukmu agar senantiasa berbuat baik meskipun ada yang menindas!

"Gandhi" beralih ke halaman ini. Untuk kegunaan lain, lihat Gandhi (disambiguasi).

Mohandas Karamchand Gandhi (aksara Devanagari: मोहनदास करमचन्द गांधी; bahasa Hindustani: [ˈmoːɦənd̪aːs ˈkərəmtʃənd̪ ˈɡaːnd̪ʱi] (

simak); 2 Oktober 1869 – 30 Januari 1948) adalah seorang pemimpin spiritual dan politikus dari India. Gandhi adalah salah seorang yang paling penting yang terlibat dalam Gerakan Kemerdekaan India. Ia adalah aktivis yang menggunakan perlawanan tanpa kekerasan, mengusung gerakan kemerdekaan melalui aksi demonstrasi damai. Pada masa kehidupan Gandhi, banyak negara yang merupakan koloni Britania Raya. Penduduk di koloni-koloni tersebut mendambakan kemerdekaan agar dapat memerintah negaranya sendiri.

Mahatma
Mohandas GandhiLahirMohandas Karamchand Gandhi
(1869-10-02)2 Oktober 1869
Porbandar, Agen Kathiawar, Kemaharajaan Britania (sekarang
Porbandabar, Gujarat, India)[1]
Meninggal30 Januari 1948(1948-01-30) (umur 78)
New Delhi, India
Sebab meninggalPembunuhan oleh penembakanMakamDikremasi di Rajghat, Delhi
28°38′29″N 77°14′54″E / 28.6415°N 77.2483°E / 28.6415; 77.2483Nama lainMahatma Gandhi, Bapu, GandhijiAlmamaterSekolah Tinggi Alfred, Rajkot,
Kuliah Samaldas, Bhavnagar,
Kuliah Universitas, LondonDikenal atasKepemimpinan Gerakan Kemerdekaan India,
Filosofi Satyagraha, Ahimsa atau antikekerasan.
pasifismeGerakan politikKongres Nasional IndiaSuami/istriKasturba GandhiAnakHarilal
Manilal
Ramdas
DevdasOrang tuaPutlibai Gandhi (ibu)
Karamchand Gandhi (ayah)Tanda tangan

Gelar Mahatma (bahasa Sanskerta: "jiwa agung")[2] diberikan kepadanya pada tahun 1914 di Afrika Selatan.[3] Selain itu, di India ia juga dipanggil Bapu (bahasa Gujarat: panggilan istimewa untuk "ayah",[4] "papa"[4][5]).

Gandhi lahir pada 2 Oktober 1869 di negara bagian Gujarat di India. Beberapa dari anggota keluarganya bekerja pada pihak pemerintah. Saat remaja, Gandhi pindah ke Inggris untuk mempelajari hukum. Setelah dia menjadi pengacara, dia pergi ke Afrika Selatan, sebuah koloni Inggris, di mana dia mengalami diskriminasi ras yang dinamakan apartheid. Dia kemudian memutuskan untuk menjadi seorang aktivis politik agar dapat mengubah hukum-hukum yang diskriminatif tersebut. Gandhi pun membentuk sebuah gerakan non-kekerasan.

Ketika kembali ke India, dia membantu dalam proses kemerdekaan India dari jajahan Inggris; hal ini memberikan inspirasi bagi rakyat di koloni-koloni lainnya agar berjuang mendapatkan kemerdekaannya dan memecah Kemaharajaan Britania untuk kemudian membentuk Persemakmuran.

Rakyat dari agama dan suku yang berbeda yang hidup di India kala itu yakin bahwa India perlu dipecah menjadi beberapa negara agar kelompok yang berbeda dapat mempunyai negara mereka sendiri. Banyak yang ingin agar para pemeluk agama Hindu dan Islam mempunyai negara sendiri. Gandhi adalah seorang Hindu namun dia menyukai pemikiran-pemikiran dari agama-agama lain termasuk Islam dan Kristen. Dia percaya bahwa manusia dari segala agama harus mempunyai hak yang sama dan hidup bersama secara damai di dalam satu negara.

Pada 1947, India menjadi merdeka dan pecah menjadi dua negara, India dan Pakistan. Hal ini tidak disetujui Gandhi.

Prinsip Gandhi, satyagraha, sering diterjemahkan sebagai "jalan yang benar" atau "jalan menuju kebenaran", telah menginspirasi berbagai generasi aktivis-aktivis demokrasi dan anti-rasisme seperti Martin Luther King, Jr. dan Nelson Mandela. Gandhi sering mengatakan kalau nilai-nilai ajarannya sangat sederhana, yang berdasarkan kepercayaan Hindu tradisional: kebenaran (satya), dan non-kekerasan (ahimsa).

Pada 30 Januari 1948, Gandhi dibunuh oleh Nathuram Godse, seorang nasionalis Hindu yang marah kepada Gandhi dengan menggunakan pistol semi-otomatis karena ia diduga terlalu memihak kepada Muslim.

Lihat pula: Daftar penggambaran artistik Mahatma Gandhi

Gelar Mahatma sering disalahartikan di Barat sebagai nama kecil Gandhi. Mahatma merupakan sebuah kata dalam bahasa Sanskerta yang berasal dari maha (berarti besar) dan atma (berarti Jiwa). Rabindranath Tagore disebutkan sebagai orang yang pertama kali memberikan gelar tersebut untuk Gandhi.[6] Dalam otobiografinya, Gandhi mengatakan bahwa dia tidak pernah menyukai gelar dan sering terluka oleh hal itu.[7]

Kisah hidup Mahatma Gandhi telah banyak dituangkan ke dalam film, sastra, dan teater. Ben Kingsley yang memerankan Gandhi dalam film tahun 1982 Gandhi, memenangkan Academy Award untuk Aktor Terbaik. The Making of the Mahatma yang dirilis pada tahun 1996 mendokumentasikan kehidupan Gandhi di Afrika Selatan. Gandhi juga merupakan tema sentral dalam film Bollywood tahun 2006 Lage Raho Munna Bhai. Pada tahun 2007, sebuah film berjudul Gandhi, My Father menceritakan hubungan antara Gandhi dan putranya Harilal.

 

Patung Mahatma Gandhi (Józef Gosławski, 1932)

Gandhi tidak pernah menerima Penghargaan Perdamaian Nobel, meski dia dinominasikan lima kali antara 1937 dan 1948. Beberapa dekade kemudian, hal ini disesali secara umum oleh pihak Komite Nobel. Ketika Dalai Lama dianugerahi Penghargaan Nobel pada 1989, ketua umum Komite mengatakan bahwa ini merupakan "sebuah bentuk mengenang Mahatma Gandhi".

Museum elektronik Nobel mempunyai artikel mengenai hal tersebut. [1]

Sepanjang hidupnya, aktivitas Gandhi telah menarik berbagai komentar dan opini. Misalnya, sebagai penduduk Kerajaan Britania, Winston Churchill pernah berkata "Menyedihkan...melihat Mr. Gandhi, seorang pengacara Kuil Tengah yang menghasut, sekarang tampil sebagai seorang fakir yang tipenya umum di Timur, menaiki tangga Istana Viceregal dengan badan setengah-telanjang." Begitu juga dengan Albert Einstein yang berkomentar berikut mengenai Gandhi: "(Mungkin) para generasi berikut akan sulit mempercayai bahwa ada orang seperti ini yang pernah hidup di dunia ini."

Karya Mahatma Gandhi tidak terlupakan oleh generasi berikutnya. Cucunya, Arun Gandhi dan Rajmohan Gandhi dan bahkan anak cucunya, Tushar Gandhi, adalah aktivis-aktivis sosio-politik yang terlibat dalam mempromosikan non-kekerasan di seluruh dunia.

Kata kebajikan yang dikenang Mahatma Gandhi:

Cinta tidak pernah meminta, ia sentiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi tidak pernah berdendam, tak pernah membalas dendam. Di mana ada cinta di situ ada kehidupan; manakala kebencian membawa kepada kemusnahan.
Jadilah kamu manusia yang pada kelahiranmu semua orang tertawa bahagia, tetapi hanya kamu sendiri yang menangis dan pada kematianmu semua orang menangis sedih, tetapi hanya kamu sendiri yang tersenyum.
  • Rahul Gandhi
  • Jawaharlal Nehru
  • Indira Gandhi
  • Rajiv Gandhi
  • Sonia Gandhi
  • Abraham Lincoln
  • John F. Kennedy
  • Martin Luther King Jr.
  • Pembunuhan Mahatma Gandhi - suatu tragedi pembunuhan yang terjadi pada tanggal 30 Januari 1948.
  • Herbert Reiner Jr. - seorang diplomat Amerika Serikat dikenal atas menangkap pelaku pembunuh Gandhi, Nathuram Godse.
  • Pembunuhan Abraham Lincoln - suatu tragedi pembunuhan yang serupa dengan Gandhi terjadi pada tanggal 14 April 1865 di Washington, D.C..
  • Pembunuhan John F. Kennedy - suatu tragedi pembunuhan yang serupa dengan Gandhi terjadi pada tanggal 22 November 1963 di Dallas, Texas.
  • Pembunuhan Martin Luther King Jr. - suatu tragedi pembunuhan yang serupa dengan Gandhi terjadi pada tanggal 4 April 1968 di Memphis, Tennessee.

  1. ^ Gandhi, Rajmohan (2006) pp. 1–3.
  2. ^ McGregor, Ronald Stuart (1993). The Oxford Hindi-English Dictionary. Oxford University Press. hlm. 799. ISBN 978-0-19-864339-5. Diakses tanggal 31 Agustus 2013. 
  3. ^ Gandhi, Rajmohan (2006) p. 172.
  4. ^ a b McAllister, Pam (1982). Reweaving the Web of Life: Feminism and Nonviolence. New Society Publishers. hlm. 194. ISBN 978-0-86571-017-7. Diakses tanggal 31 Agustus 2013. 
  5. ^ Eck, Diana L. (2003). Encountering God: A Spiritual Journey from Bozeman to Banaras. Beacon Press. hlm. 210. ISBN 978-0-8070-7301-8. Diakses tanggal 31 Agustus 2013. 
  6. ^ Dutta, Krishna and Andrew Robinson, Rabindranath Tagore: An Anthology, p. 2.
  7. ^ Desai, Mahadev H. (1983). Autobiography: the story of my experiments with truth. Mineola, N.Y: Dover. hlm. viii. ISBN 0-486-24593-4. 

  • (Inggris) Yayasan GandhiServe/The GandhiServe Foundation – Mahatma Gandhi Research and Media Service
  • (Inggris) 100 foto Mahatma Gandhi terbaik
  • (Inggris) Arsip elektronik resmi & Pusat Referensi Mahatma Gandhi
  • (Inggris) Mahatma Gandhi dan keluarga Corea Family dari Chilaw Diarsipkan 2011-07-17 di Wayback Machine. Kunjungan Mahatma Gandhi ke Ceylon (Sri Lanka) pada 1927
  • (Inggris) mkgandhi.org
  • (Inggris) Mani Bhavan Gandhi Sangrahalaya Gandhi Museum & Library Mani Bhavan adalah tempat Gandhi tinggal kapanpun dia berada di Mumbai antara 1917 and 1934. Dari sinilah Gandhi memulai gerakan Pengingkaran Sipil, Swadeshi, Khadi dan Khilafat nya.
  • (Inggris) Yayasan Gandhi/The Gandhi Foundation
  • (Inggris) Mitos dan Legenda mengenai Gandhi Diarsipkan 2004-10-16 di Wayback Machine.
Persondata
Nama Gandhi, Mohandas Karamchand
Nama alternatif Gandhi, Mahatma
Deskripsi singkat Non-violent political leader during Indian independence and Hindu reformer
Tanggal lahir 2 October 1869
Tempat lahir Porbandar, Gujarat, India
Tanggal kematian 30 January 1948
Tempat kematian Birla House, New Delhi, India

Diperoleh dari "https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Mahatma_Gandhi&oldid=21061240"


Page 2

30 Januari adalah hari ke-30 dalam kalender Gregorian.

<< Januari >>
M S S R K J S
1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31  
2022
  • 1018 - Polandia dan Kekaisaran Romawi Suci menandatangani Perdamaian Bautzen.
  • 1607 - Diperkirakan 200 mil persegi (51.800 ha) sepanjang pesisir Bristol Channel dan Severn Estuary di Inggris oleh banjir besar, menewaskan sekitar 2.000 orang.
  • 1648 - Perang Delapan Puluh Tahun: Perjanjian Münster dan Osnabrück ditandatangani, mengakhiri konflik antara Belanda dan Spanyol.
  • 1649 - Raja Charles I dari Inggris dipenggal.
  • 1661 - Oliver Cromwell, Pelindung Persemakmuran Inggris, secara ritual dieksekusi lebih dari 2 tahun setelah ia meninggal, pada peringatan 12 tahun eksekusi raja yang ia sendiri gulingkan.
  • 1667 - Persemakmuran Polandia-Lithuania menyerahkan Kiev, Smolensk, dan tepi barat Ukraina kepada Kekaisaran Rusia dalam perjanjian Andrusovo.
  • 1703 - 47 Ronin, 47 orang samurai tanpa majikan di bawah komando Ōishi Kuranosuke, membalas kematian tuannya.
  • 1789 - Pasukan Tây Sơn mengalahkan pasukan Qing dan membebaskan ibu kota Thăng Long.
  • 1790 - Perahu pertama yang dikhususkan sebagai perahu penolong (lifeboat) diujicoba di Sungai Tyne, Tyne and Wear, Inggris.
  • 1806 - Jembatan Lower Trenton yang asli, yang membentang di atas Sungai Delaware antara Morrisville, Pennsylvania dan Trenton, New Jersey, dibuka.
  • 1820 - Edward Bransfield melihat Semenanjung Trinity dan mengklaim telah menemukan Antarktika.
  • 1826 - Jembatan Gantung Menai, dianggap sebagai jembatan gantung modern pertama di dunia, dibuka untuk menghubungukan pulau Anglesey ke pantai barat laut Wales.
  • 1835 - Percobaan pembunuhan Presiden Amerika Serikat Andrew Jackson yang pertama kalinya. Richard Lawrence mencoba menembak sang presiden, namun gagal dan ditaklukkan oleh kerumunan orang, termasuk beberapa orang anggota Kongres dan presiden sendiri.
  • 1841 - Kebakaran menghancurkan dua pertiga Mayagüez, Puerto Riko.
  • 1847 - Yerba Buena, California diganti namanya menjadi San Francisco.
  • 1862 - USS Monitor, kapal perang lapis baja (ironclad) Amerika Serikat yang pertama diluncurkan.
  • 1889 - Putra Mahkota Archduke Rudolf dari Austria, pewaris tahta Kekaisaran Austro-Hongaria, ditemukan tewas bersama wanita simpanannya, Baroness Mary Vetsera di Mayerling.
  • 1902 - Aliansi Inggris-Jepang pertama kali ditandatangani di London.
  • 1908 - Tokoh perdamaian dan pemimpin India Mohandas Karamchand Gandhi dilepaskan dari penjara oleh pemimpin Afrika Selatan Jan C. Smuts setelah diadili dan dihukum 2 bulan penjara.
  • 1911 - Kapal perusak USS Terry melakukan penyelamatan kecelakaan pesawat di laut yang pertama kalinya, menyelamatkan Douglas McCurdy 10 mil dri Havana, Kuba.
  • 1911 - Canadian Naval Service berubah menjadi Royal Canadian Navy.
  • 1913 - House of Lords Inggris menolak Rancangan Undang-undang mengenai hak otonomi Irlandia (Irish Home Rule Bill).
  • 1925 - Pemerintah Turki mengusir Patriarkh Konstantin VI keluar dari Istanbul.
  • 1930 - Politbiro Partai Komunis Uni Soviet memerintahkan pemusnahan Kulak.
  • 1933 - Adolf Hitler diambil sumpahnya sebagai Kanselir Jerman.
  • 1942 - Perang Dunia II: Pertempuran Ambon dimulai ketika300 tentara Jepang menendarat di pantai Hitu untuk mginvasi pulau Ambon di Hindia Belanda yang dipertahankan oleh 2200 tentara KNIL dan 1100 tentara Australia, yang berakhir dengan kemenangan Jepang. 300 orang tawanan perang Australia dan Hindia Belanda dibantai Jepang di lapangan terbang Laha.
  • 1943 - Perang Dunia II: Hari kedua Pertempuran Pulau Rennell. USS Chicago tenggelam dan sebuah kapal perusak AS lainnya rusak berat akibat serang torpedo Jepang.
  • 1944 - Perang Dunia II: Pertempuran Cisterna, bagian dari Operasi Shingle, dimulai di Italia Tengah.
  • 1944 - Perang Dunia II: Pasukan AS mendarat di Majuro, Kepulauan Marshall.
  • 1945 - Perang Dunia II: Kapal Wilhelm Gustloffdyangipadati dengan pengungsi Jerman, tenggelam di Laut Baltik setelah ditorpedo oleh kapal selam Uni Soviet, menewaskan sekitar 9.500 orang dan dianggap sebagai musibah pelayaran paling mematikan.
  • 1945 - Perang Dunia II: Penyerbuan ke Cabanatuan: 126 tentara Rangers AS dan gerilyawan Filipina membebaskan lebih dari 500 orang tentara Sekutu yang disekap di sebuah kamp tawanan perang Jepang di dekat kota Cabanatuan, Filipina.
  • 1948 - Mahatma Gandhi dibunuh seorang ekstremis Hindu.
  • 1956 - Rumah pemimpin pejuang hak-hak sipil Afrika-Amerika Martin Luther King, Jr. dibom untuk membalas Montgomery Bus Boycott.
  • 1959 - MS Hans Hedtoft, yang dianggap sebagai kapal teraman dan "tidak bisa tenggelam" seperti halnya RMS Titanic, mengalami kejadian yang sama, menabrak gunung es dalam pelayaran perdananya dan tenggelam, menewaskan seluruh penumpangnya sebanyak 95 orang.
  • 1960 - Partain Nasional Afrika (African National Party; ANP) didirikan di Chad, melalui merger partai-partai tradisionalis.
  • 1964 – Program Ranger: Ranger 6 diluncurkan.
  • 1964 - Dalam sebuah kudeta tak berdarah, Jenderal Nguyễn Khánh menggulingkan junta militer pimpinan Jenderal Dương Văn Minh di Vietnam Selatan.
  • 1965 - Sekitar 1 juta orang menghadiri pemakaman Sir Winston Churchill, mantan PM Inggris di masa Perang Dunia II.
  • 1968 - Perang Vietnam: Serangan Tet diluncurkan oleh pasukan-pasukan Viet Cong dan Angkatan Darat Vietnam Utara (NVA) melawan Vietnam Selatan, Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya.
  • 1969 - Penampilan The Beatles yang terakhir di depan publik, di atas atap Apple Records di London. Konser dadakan ini dibubarkan oleh polisi.
  • 1971 - Album Tapestry Carole King diterbitkan menjadi album berseri terpanjang yang dibuat seorang perajin perempuan secara mandiri dan terjual 24 juta buku di seluruh dunia.
  • 1972 - Konflik Inggris-Irlandia Utara: Bloody Sunday: Pasukan para Inggris menembaki dan menewaskan 14 orang demonstran hak-hak sipili/anti interniran di Derry, Irlandia Utara.
  • 1972 - Pakistan mengundurkan diri dari Persemakmuran (Commonwealth of Nations).
  • 1975 – The Monitor National Marine Sanctuary didirikan sebagai kawasan perlindungan laut nasional Amerika Serikat yang pertama.
  • 1979 - Pesawat kargo Boeing 707-323C milik maskapai Varig, diterbangkan oleh pilot yang sama dengan Penerbangan 820, hilang di atas Samudra Pasifik 30 menit setelah lepas landas dari Tokyo.
  • 1982 - Richard Skrenta menulis program virus komputer pertama di mana terdiri dari 400 baris dan menyerang komputer Apple. Virus ini disebut "Elk Clonner".
  • 1989 - Kedutaan Besar Amerika Serikat di Kabul, Afganistan ditutup.
  • 2013 - Batavia Air dinyatakan pailit (bangkrut) oleh putusan Pengadilan Niaga Jakarta.
  • 2017 - Adventure Time Islands Miniseries pertama kali tayang.
  • 1882 - Franklin Delano Roosevelt, presiden ke-32 AS, lahir di Hyde Park, Hudson Valley, ± 160 km sebelah utara kota New York (w. 1945)
  • 1917 - I Gusti Ngurah Rai, pahlawan nasional Indonesia (w. 1946)
  • 1981 - Dimitar Berbatov, pemain sepak bola Bulgaria
  • 1991 - Indah Dewi Pertiwi, penyanyi Indonesia
  • 1993 - Jessyca Stefani Auryn, personel Cherry Belle
  • 1997 - Christoffer Nelwan, penyanyi dan aktor Indonesia
  • 1948 - Mahatma Gandhi, politikus India (l. 1869)
  • 1991 - John Bardeen - fisikawan Amerika, pemenang Nobel Fisika pada tahun 1956 (l. 1908)
  • 2007 - Sidney Sheldon - pengarang Amerika Serikat (l. 1917)
  • 2016 - Francisco Flores Pérez - Presiden El Salvador periode 2000-2004 (l. 1959)
  • 2021 - Marco Panari - Aktor Indonesia (l. 1997)
  • 1892 - Tahun baru Imlek 2443.
  • 1911 - Tahun baru Imlek 2462.
  • 1930 - Tahun baru Imlek 2481.
  • 1968 - Tahun baru Imlek 2519.
  • 1998 - Idul Fitri 1418 Hijriah.
  • 2044 - Tahun baru Imlek 2595.
  • 2090 - Tahun baru Imlek 2641.
  • Yunani - Hari Guru
  • Hari Kusta Sedunia
  • Hari Jadi Adventure Time Islands

29 Januari - 30 Januari - 31 Januari 30 januari

Diperoleh dari "https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=30_Januari&oldid=20408388"

Video yang berhubungan