Di bawah ini manakah yang termasuk perangkat lunak pada komputer?

tirto.id - Perangkat lunak (software) adalah bagian tidak terpisahkan pada sistem komputer sebagai jembatan dengan perangkat keras (hardware) agar komputer bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan.

Sebuah komputer, baik PC maupun laptop, memiliki dua komponen utama yang dinamakan perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras adalah penyusun fisik dari sebuah komputer, seperti mainboard, alat penyimpan (harddisk), memori sementara (RAM), keyboard, mouse, dan sebagainya.

Di sisi lain, perangkat keras tidak akan bisa digunakan tanpa kehadiran perangkat lunak yang diinstal atau dipasang di dalam hardware.

Menurut Modul 01 Pengenalan Perangkat TIK Dasar oleh Kemdikbud, perangkat lunak adalah bagian dari sistem komputer yang tidak berwujud dan berupa data yang disimpan secara digital.

Di dalam software itu termasuk, misalnya, program komputer, dokumentasi, dan informasi lain yang dapat dibaca maupun ditulis melalui komputer.

Jenis Perangkat Lunak Komputer

Dalam modul E-Learning Universitas Bina Sarana Informatika pada laman Kemdikbud disebutkan, jenis perangkat lunak komputer memiliki tiga kategori utama, yaitu sistem operasi, perangkat lunak bahasa, dan program aplikasi.

1. Sistem Operasi

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang dipakai untuk mengendalikan pelaksanaan program-program komputer.

Menurut laman P4TK Pertanian Kemendikbud, pengontrolan itu dilakukan pada waktu proses, pengecekan kesalahan, mengontrol input dan output, perhitungan, kompilasi, penyimpanan, dan pengolahan data maupun berbagai layanan terkait American National Standart Institute (ANSI).

Saat ini ditemukan beberapa produk sistem operasi. Di antaranya yang cukup populer untuk komputer ialah DOS, Unix, Linux, Windows, dan MacOS. Ketika komputer pertama kali dihidupkan, sistem operasi yang paling awal akan berjalan.

Sistem operasi tertentu memerlukan penggunaan perangkat keras yang mendukung. Misalnya diperlukan prosesor tipe tertentu atau harus memiliki RAM ukuran tertentu. Sistem operasi yang ditunjang dengan perangkat keras yang sesuai, akan mengoptimalkan penggunaan komputer.

2. Perangkat Lunak Bahasa

Program ini merupakan aplikasi yang dipakai untuk menerjemahkan perintah-perintah dalam bahasa mesin. Dengan begitu, perintah dapat diterima dan dipahami komputer.

Program ini mengonversi arsitektur dan algoritma yang didesain manusia ke format yang bisa dijalankan perangkat komputer. Contoh perangkat lunak bahasa pemrograman yaitu Basic, Cobol, Pascal, C , dan Fortran.

3. Program aplikasi

Program aplikasi adalah perangkat lunak yang dibuat dengan kemampuan dan fungsi-fungsi tertentu mengikuti kebutuhan. Program aplikasi komputer sangat beragam.

Misalnya untuk keperluan mengetik di perkantoran, tersedia aplikasi MS Word, Open Office, dan sebagainya. Ada pula aplikasi pengolah angka dengan menggunakan MS Excel. Bagi orang yang menggeluti dunia desain terdapat aplikasi Corel Draw, Photoshop, dan sebagainya.

Berikut ini berbagai contoh jenis program aplikasi yang cukup populer digunakan dalam keseharian:

- Word processing software: MS Word, Wordpad, Notepad

- Database software: Oracle, MS Access dan sebagainya

- Spreadsheet software: Apple Numbers, Microsoft Excel

- Multimedia software: Real Player, Media Player

- Presentation software: Microsoft Powerpoint, Keynotes

- Enterprise software: Customer relationship management system

- Information worker software: Documentation tools, resource management tools

- Educational software: Encarta dan Britannica (kamus), MATLAB (matematika), Google Earth dan NASA World Wind (peta digital)

- Simulation software: Flight and Scientific Simulation

- Application suites: OpenOffice, Microsoft Office

- Software for engineering and product development: IDE atau Integrated Development Environments

Baca juga: Daftar Kombinasi Shortcut Keyboard dan Fungsinya di Windows

Baca juga artikel terkait KOMPUTER atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - ica/ibn)


Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ilham Choirul Anwar

Subscribe for updates Unsubscribe from updates

Hardware tidak akan bisa digunakan tanpa kehadiran software.

Video

Advertising