Diagram yang menggambarkan bagaimana even mengubah objek selama aktif adalah

33. Kata kunci dalam ketergantungan dalam sebuah class yang berarti sumber diambil dari target adalah:34. Sebuah class mempunyai 3 area yaitu:

35. Setiap objek / participant terhubung dengan garis titik-titik yang disebut:C. Recursive36. Diagram yang menunjukkan sejumlah contoh objek dan message yang diletakkan diantara objek-objek didalam use case disebut:C. Statechart Diagram37. Waktu dalam sequence diagram ditunjukkan dengan:38. Operator dalam sebuah frame yang berarti bahwa fragmen mungkin dijalankan berulang kali dan guard menunjukkan basis iterasi39. Sebuah objek yang mempunyai sebuah operation kepada dirinya sendiri disebut:C. Participant1. SIMULA Diperkenalkan pertama kali pada tahun . . .B. 19602. Hal penting dalam pengembangan berorientasi objek adalah . . .A. Konsep mengidentifikasi dan mengorganisasi domain aplikasi3. Fokus utama methodology berorientasi objek adalah . . .D. Objek4. Mobil berwarna merah melaju dengan cepat.Dari kalimat diatas manakah yang merupakan contoh dari karakteristik objek behavior, Yaitu...D. Melaju5. Dalam satu aksi dimungkinkan memiliki lebih dari satu metoda, merupakan karakteristik methodology . . .B. Polymorphisme6. Tehnik pemodelan objek terdiri dari . . .E. Model objek, Dinamik dan Fungsional7. Konsep Object Orinted adalah . . .C. Inheritance, Encapsulation, Polimorfisme8. Model yang berisikan data flow diagram adalah . . .

B. Model Fungsional9. Tema – tema Object Oriented adalah, kecuali . . .D. Class10. Model yang menggambarkan struktur statis dari suatu objek dalam system dan realisasinya adalah . . .E. Tidak ada yang benar11. Konsep abstraksi atau benda yang memiliki identitas dinamakan dengan . . .C. Objek12. Unified Method versi 0.8 dikemukakan pada tahun . . .B. 199513. Elemen Utama UML adalah . . .C. Benda, Hubungan, Diagram14. Dibawah ini merupakan bentuk-bentuk objek, kecuali . . .A. Classes15. Pedoman pemodelan Object Oriented adalah, Kecuali . . .B. Menentukan Subject16. Tiga diagram baru yang ada pada UML 2.0 adalah . . .C. Composite Diagram, Interaction Diagram, Timing Diagram17. Untuk menggambarkan interaksi antar objek dimana penekanan pada jalur menggunakan diagram . . .A. Communication18. Mekanisme pembayaran model menggunakan, Kecuali . .e. Accessibility19. Diagram yang menggambarkan bagaimana even mengubah objek selama aktif adalah . . .c. State Machine20. Dibawah ini adalah diagram-diagram yang termasuk kedalam behavior diagram adalah, Kecuali . . .

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

End of preview. Want to read all 22 pages?

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

You're Reading a Free Preview
Page 2 is not shown in this preview.

You're Reading a Free Preview
Page 4 is not shown in this preview.

1. SIMULA di perkenalkan pertama kali pada tahun …..

     a. 1950                                                             d. 1980

     b. 1960                                                             e. 1990

     c. 1970

2. Hal penting dalam pengembangan berorientasi objek adalah: ...                                                                    

    a. Konsep mengidentifikasi dan mengorganisasi domain aplikasi

    b. Konsep pemodelan

    c. Karakteristik objek

    d. Abstraksi

    e. Konsep mengidentifikasi model

3.Fokus utama metodologi berorientasi objek adalah :

    a. Analisa                                                         d. Objek

    b. Bahasa pemograman                            e. Implementasi

    c. Desain

4.  Mobil berwarna merah melaju dengan cepat

                Dari kalimat diatas manakah yang merupakan contoh dari             karakteristik objek behavior, yaitu : ...

    a. mobil                                                            d. melaju

    b. cepat                                                            e. merah

    c. berwarna

5. Dalam satu aksi dimungkinkan memiliki lebih dari satu metoda, merupakan karakteristik metodologi :

    a. pewarisan                                  d. abstraksi

    b. polymorphisme                       e. implementasi

    c. pengkapsulan

6.Tehnik pemodelan object terdiri dari..

     a. model dinamik, model class, model objek

     b. model fungsional, model class dan objek

     c. model class, dinamik dan fungsional

     d. model statis, dinamik dan class

      e. model objek, dinamik dan fungsional

7. Konsep Object Oriented adalah

    a. sharing, message, inheritance

    b. encapsulation, sinergi, message

    c. inheritance, encapsulation, polimorfisme

    d. polimorfisme, sinergi, sharing

    e. sharing, sinergi, message

8. Model yang berisikan data flow diagram adalah

    a. model statis

    b. model fungsional

    c. model objek

    d. model dinamis

    e. model kelas

9. Tema-tema Object Oriented adalah, kecuali :

    a. abstraksi

    b. menggabungkan data dengan prilaku

    c. sharing

    d. class

    e. pengkapsulan

10. Model yang menggambarkan struktur statis dari suatu objek dalam sistem dan relasinya adalah

    a. model objek

    b. model class

    c. model dinamik

    d. model fungsional

    e. tidak ada yang benar

11. Konsep abstraksi atau benda yang memilki identitas dinamakan dengan

                a. class                                                  d. UML

                b. use case                                                          e. diagram

                c. objek

12. Unified Method versi 0.8 dikemukakan pada tahun…

                a. 1994                                                  d. 1997

                b. 1995                                                  e. 1998

                c. 1996

13. Elemen utama UML (secara berurutan) adalah

                a. benda, relation, objek                              d. diagram, bagan, objek

                b. use case, objek, benda                            e. hubungan, objek, diagram

                c. benda, hubungan, diagram

14. Dibawah ini merupakan bentuk-bentuk objek, kecuali..

                a. classes                                             d. nodes

                b. interfaces                       e. deployment

                c. usecases

15. Pedoman pemodelan Object Oriented adalah, kecuali..

                b. menentukan atribut 

                c. menentukan subjek

                d. menentukan message

                e. menentukan metoda

16. Tiga diagram baru yang ada pada UML 2.0 adalah

    a. Composite Diagram, Class Diagram, Timing Diagram

    b. Class Diagram, Interaction Diagram, Composite Diagram

    c. Composite Diagram, Interaction Diagram, Timing Diagram

    d. Timing Diagram, Use case Diagram, Class Diagram

    e. Sequence Diagram, Class Diagram,

17. Untuk menggambarkan interaksi antar objek dimana penekanan pada jalur menggunakan diagram

                a. communication                                           d. specification

                b. class                                                  e. activity

                c. state machine

18. Mekanisme pembangunan model menggunakan, kecuali     

a. specification                                  d. extensibility

                b. adornments                                  e. accessibility

                c. common division

19. Diagram yang menggambarkan bagaimana even mengubah objek selama aktif adalah

                a. communication                                            d. specification

                b. class                                                  e. activity

                c. state machine

20. Dibawah ini adalah diagram-diagram yang termasuk kedalam behavior diagram adalah, kecuali

                a. activity diagram                                            d. class diagram

                b. interaction diagram                    e. use case diagram

                c. state machine diagram

21. Teknik untuk menjelaskan business process, procedural logic, dan work flow Bisa dipakai untuk menjelaskan use case text dalam notasi grafis

                a. activity diagram                                         d. use case diagram

                b. class diagram                                                e. state machine diagram

                c. sequence diagramc

22. Activity diagram biasanya digunakan untuk menggambarkan..

                a. proses                                                              d. objek bisnis

                b. proses bisnis                                 e. aktifitas

                c. aktifitas proses bisnis

23. Simbol diatas adalah simbol … pada activity diagram

                a. join                                                    d. end

                b. fork                                                   e. decision

24. Simbol diatas adalah simbol … pada activity diagram

                a. join                                                    d. end

                b. fork                                                   e. decision

                c. start

25. Simbol diatas adalah simbol … pada activity diagram

                a. join                                                    d. end

                b. activites                                                          e. decision

                c. start

26. Use case dinotasikan dengan gambarkan  :

    a. horizontal elips                                       d. persegi

    b. bujur sangkar                                           e. vertikal elips

    c. lingkaran

27. Use case biasanya menggunakan kata   :

    a. kata benda                                 d. kata perintah

    b. kata kerja            c. kata sifat                             e. kata petunjuk          

28. Menggambarkan orang, system atau external entitas / stakeholder yang menyediakan atau menerima informasi dari system disebut dengan

                a. use case                                          d. assosiation

    b. relation                                                       e. package

    c. actor

29. Actor biasanya menggunakan kata   :

    a. kata benda                                                d. kata perintah

    b. kata kerja                                   e. kata petunjuk

    c. kata sifat

30. Jenis relasi yang bisa timbul pada use case diagram    

      adalah, kecuali

                a. Association antara actor dan use case

b. Association antara use case

c. Generalization antara actor dan use case

d. Generalization/Inheritance antara use case

e. Generalization/Inheritance antara actors

31. Dalam multiplicity, istilah yang menunjukkan batas bawah yang bernilai 0 adalah:

                A. Optional                        D. Multi-valued

                B. Mandatory                    E. Asosiasi

                C. Single-valued

32. Yang merupakan sebuah garis solid antara dua class, ditarik dari class sumber ke class target adalah pengertian dari:

                A. Properti          D. Multi-valued

                B. Atribut             E. Asosiasi

                C. Class

33. Kata kunci dalam ketergantungan dalam sebuah class yang berarti sumber diambil dari target adalah:

                A. derive                                              D. realize

                B. instantiate                     E. refine

                C. permit

34.          Sebuah class mempunyai 3 area yaitu:

                A. Nama class, package, asosiasi

                B. Nama class, asosiasi, metode

                C. Nama class, atribut, operasi

                D. Nama class, multiplicity, properti

                E. Nama class, single-valued, multi-valued

35. Setiap objek / participant terhubung dengan garis titik-titik yang disebut:

                A. Message                        D. Sequence

                B. Lifeline                            E. Time

                C. Recursive

36. Diagram yang menunjukkan sejumlah contoh objek dan message yang diletakkan diantara objek-objek didalam use case       disebut:

                A. Class diagram               D. Package

                B. Sequence Diagram     E. Use Case

                C. Statechart Diagram

37. Waktu dalam sequence diagram ditunjukkan dengan:

                A. Garis Vertikal              D. Tanda panah tertutup

                B. Garis Horisontal           E. Kotak

                C. Tanda panah

38. Operator dalam sebuah frame yang berarti bahwa fragmen mungkin dijalankan berulang kali dan guard menunjukkan basis iterasi

                A. alt                                      D. loop

                B. opt                                    E. region

                C. par

39. Sebuah objek yang mempunyai sebuah operation kepada dirinya sendiri disebut:

                A. Sequence                            D. Loop

                B. Message                         E. Recursive

            C. Participant

1. Pada activity diagram pengabungan aktivitas menggunakn symbol

a.       Fork

b.      Decision

c.       Swinmlane

d.      End point

e.      Join

2.       Dibawah ini pernyataan yang salah mengenai actor adalah..

a.       Actor biasanya menggunkan kata kerja

b.      Tidak boleh ada komunikasi langsung antar actor

c.       Actor bisa saja menyediakan fungsi ke system

d.      Actor adalah eksternal terhadap ke system

3.       Symbol yang digunakan untuk memulai suatu aktivitas pada activity diagram adalah kunci

a.       Decision

b.      Fork

c.       Join

d.      Star

e.      Swinmlane

4.       Sebuah cara untuk menelompokkan activity bedasarkan acktor (mengelompokkan activity dalam sebuah urutan yang sama ) dinamakan

a.       Fork

b.      End point

c.       Decision

d.      Join

e.      Swinmlane

5.       Use case class memiliki objek use case yang dinamakan

a.       Extend

b.      Actor

c.       Relationship

d.      Scenario

e.      Superclass

6.       Untuk memperlihatkan batasan system dalam diagram use case menggunakan

a.       Extend

b.      Actor

c.       Relationship

d.      Scenario

e.      Superclass

7.       Hubungan antar secara strkuktural yang terhubung diantara objek dalam kesatuan objek dinamakan

a.       Association

b.      Dependency

c.       Whole part structure

d.      Realizations

e.      Generalization

8.       Hubungan mesin , Rangka spion dan lainya merupakan komponen yang terdapat pada motor merupakan hubungan yang dinamakan

a.       Gen –Spec Structure

b.      Analysis stracture

c.       Whole – part stracture

d.      Hirarki structure

e.      Design structure

9.       Untuk dapat memahami UML diperlukan pemahaman konsep bahasa pemodelan dan tiga eleman utama UML yaitu

a.       Objek , design  dan diagram

b.      Objek , diagram dan relationship

c.       Analisa , diagram dan relationship

d.      Design, diagram dan relation ship

e.      Analisa design dan implementasi

10.   Diagram yang menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu  state ke state lainnya suatu  objek pada system sebagai akiibat dari stimuliyang diterima adalah

a.       Deployment diagram

b.      Use case diagram

c.       Component diagram

d.      Statechart diagram

e.      Activity diagram 

11.   Dibawah ini yang tidak termasuk objek abstrak adalah

a.       Golongan

b.      Penjadwalan

c.       Mata kuliah

d.      Jabatan

e.      Sekolah

12.   Pada activity diagram percabangan activity menggunakan symbol

a.       Swimlane

b.      Join

c.       End point

d.      Fork

e.      Decision

13.   Untuk menggambarkan proses bisnis dan urutan dalam sebuah proses dapat menggunakan diagram

a.       Use case diagram

b.      Statechart diagram

c.       Deployment diagram

d.      Component diagram

e.      Activity diagram

14.   Dalam satu aksi dimungkinkan memiliki lebih dari satu metode , merupakan karakteristik metodologi

a.       Pewarisan

b.      Pengkapsulan

c.       Polymorphisme

d.      Abstraksi

e.      Implementasi

15.   Dibawah ini pertanyaan yang tidak  mengenai usecase adalah

a.       Tidak boleh ada usecase dengan nama sama

b.      Use case biasanya menggunkan kata benda

c.       Nama use case boleh terdiri dari beberapa kata

d.      Dinotasikan dengan gambar (horizontal  elipse)

e.      Sesuatu yang menyediakan hasil yang dapat diukur ke pemakai atau system ekternal

16.   Fungsi  di dalam kelas yang dikombinasikan bentuk tingkah laku kelas dinamakan dengan

a.       Metode

b.      Operasi

c.       Klasifikasi

d.      Generalisasi

e.      Atribut

17.   Dibawah ini yang bukan mekanisme umum pemodelan UML adalah

a.       Common division

b.      Extensibility mechanisms

c.       Adomments

d.      Specification

e.      Relationship

18.   Dibawah ini yang tidak termasuk kedalam structure diagram  adalah

a.       Sequence diagram

b.      Class diagram

c.       Package diagram

d.      Component diagram

e.      Deployment diagram

19.   Konsep awal programing (Basic ) dengan kekuatan GOTO statement dinamakan dengan

a.       Visual Object Oriented Programming

b.      Non Procedural Language

c.       Object Oriented Progrramming

d.      Visual Programming

e.      Procedural Language

20.   Jika usecase itu merupakan keharusan (reqiudred) terhadap usecase lainya dinamakan Association

a.       Extend

b.      Specification

c.       Parent usecase

d.      Generalization

e.      Include

1.       Dibawah ini yang tidak termasuk kedalam  structure diagram adalah

a.       Class diagram

b.      Deployment diagram

c.       Sequence diagram

d.      Package diagram

e.       Component diagram

2.       Dibawah ini pernyataan yang tidak tepat mengenai usecase adalah

a.       Dinotasi dengan gambar (horizontal elipse)

b.      Nama use case boleh terdiri dari beberapa kata

c.       Use case biasanya menggunakan kata benda

d.      Tidak ada boleh usecase dengan nama yang sama

e.      Sesuatu yang menyediakan hasil yang dapat diukur kepemakaiatau system  external

3.       Dibawah ini yang bukan mekanisme umum pemodelan UML adalah

a.       Adomments

b.      Specification

c.       Relationship

d.      Common divisions

e.      Extensibility mechanisms

4.       Jika use case itu merupakan keharusan (required) terhadap usescase lainnya dinamakan Association

a.       Extend

b.      Parent usecase

c.       Generalization

d.      Include

e.      Specification

5.       Dibawah ini  pernyataan yang salah mengenai actor adalah

a.       Actor bisa saja menyediakan fungsi ke system

b.      Actor biasanya menggunakan  kata kerja

c.       Actor adalah exsternal terhadap system

d.      Tidak boleh ada komunikasi langsung antar actor

e.      Actor bisa saja menyediakan informasi  ke system

6.       Fungsi didalam kelas yang dikombinasi bentuk tingkah lakukelas dinamakan dengan

a.       operasi

b.      atribut

c.       metode

d.      klasifikasi

e.      generalisasi

7.       Use case class memiliki objeck use case yang dinamakan

a.       Extend

b.       Skenario

c.       SuperClass

d.      Relationship

e.      Actor

8.       Hubungan mesin , Rangka , spion ,dan lainnya merupakan komponen yang terdapat pada motor merupakan hubungan yang dinamakan

a.       Analysis Structure

b.      Gen-Spec Structure

c.       Hirarki Structure

d.      Design Structure

e.      Whole-Part Structure

9.       Pada activity diagram penggabungan aktivitas menggunakan symbol

a.       Fork

b.      Decision

c.       Join

d.      Swimlane

e.      End point

10.   Dalam satu aksi dimunkinkan memiliki lebih dari satu metode,merupakan karateristik metodologi

a.       Pengkapsulan

b.      Implementasi

c.       Pewarisan

d.      Polymorphisme

e.      Abstraksi

11.   Dalam menggambarkan proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses dapat menggunakan program

a.       Activity diagram

b.      Use case diagram

c.       Commponet diagram

d.      Deployment diagram

e.      Statechart diagram

12.   Pada Activity diagram percabagan aktivitas menggunakan symbol

a.       End point

b.      Join

c.       Fork

d.      Swimlane

e.      Decision

13.   Symbol yang digunakan untuk memulai suatu aktivitas pada activity diagram adalah simbol 

a.       End point

b.      Join

c.       Fork

d.      Star

e.      Decision

14.   Untuk dapat memahami UML diperlukan pemahaman tentang konsep bahasa pemodelan dan tiga eleman utama UML yaitu

a.       Objeck , diagram dan relationship

b.      Design, diagram dan relationship

c.       Objeck, design dan diagram

d.      Analisa, design dan implementasi

e.      Analisa , diagram dan relationship

15.   Hubungan antar benda secara structural yang terhubung di antara objeck kesatuan objek dinamalan dengan

a.       Realization

b.      Generalization

c.       Association

d.      Whole part structure

e.      Dependency

16.   Konsep awal pemograming (Basic) dengan kekuatan GOTO statement dinamakan dengan

a.       Non procedural language

b.      Procedure language

c.       Visual object orient programing

d.      Visual programing

e.      Object oriented programing

17.   Diagram yang menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainya) suatu objek pada system sebagai akibat dari stimulti yang diterima adalah

a.       Activity diagram

b.      Use case diagram

c.       Commponet diagram

d.      Deployment diagram

e.      Statechart diagram

18.   Sebuah cara untuk menggelompokan activity bedarsarkan actor (mengelompokkan activyti dalam sebuah urutan yang sama ) dinamakan

a.       End point

b.      Join

c.       Fork

d.      Swimlane

e.      Decision

19.   Untuk memperlihatkan batasan system dalam diagram use case menggunakan

a.       Boundary boxes

b.      Extend

c.       Parant usecase

d.      Generalization


e.      Include 


Pertemuan 1

1. Strategi pembangunan perangkat lunak yang mengorganisasikan perangkat lunak

sebagai kumpulan objek yang berisi data dan operasi yang diberlakukan adalah

pengertian dari .....

a. Objek d. Pengertian objek

b. Metodelogi berorientasi objek e. Klasifikasi objek

c. Pengertian objek

2. Menyembunyikan kompleksitas dari luar dan hanya membuka operasi-operasi yang

diperlukan saja terhadap objek-objek yang lain adalah pengertian .....

a. Encapsulasi d. Clasification

b. Polymorfism e. Inheritance

c. Objek

3. Dimana dibawah ini yang merupakan contoh atribut .....

a. Merk d. Pegawai

b. Buku e. Atribut

c. Mobil

4. Tahapan SDLC menurut Ladjamudin adalah .....

a. Design, implementasi, coding d. Implementasi, design, coding

b. Analisa, design, implementasi e. Coding, design, implementasi

c. Analisa, design, coding

5. Kegiatan yang dilakukan pada tahap analisis yaitu .....

a. Deteksi design yang dibuat d. Analisa kebutuhan sistem

b. Merancang program e. Test sistem

c. Deteksi kesulitan program

Pertemuan 2

1. Bahasa standar yang digunakan untuk menuliskan blueprint perangkat lunak disebut

.....

a. Diagram d. Flowchart

b. UML e. Normalisasi

c. ERD

2. Salah satu dari bentuk dari Things yang diartikan sebagai interaksi dan hubungan

antara elemen yang satu dengan yang lainnya disebut .....

a. Collaboration d. Interface

b. Diagram e. Class

c. Use case

3. Hubungan terstruktur pada Class yang digambarkan menggunakan link, link

melakukan hubungan antara objek disebut .....

a. Realization d. Asociation

b. Relationship e. Generalization

c. Dependency

4. Diagram yang digunakan untuk merepresentasikan hubungan antara hardware yang

digunakan dalam infrastruktur sebuah sistem informasi disebut ...

a. Collaboration d. Package

b. Deployment e. Class

c. Use case

5. Yang termasuk interaction diagram antara lain ...

a. Class, Package dan Interaction Diagram

b. Sequence, Object dan Activity Diagram

c. Interaction, Sequence dan Activity Diagram

d. Deployment, Class dan Sequence Diagram

e. Sequence, Communication dan Interaction

Pertemuan 3

1. Sebuah diagram yang menggambarkan aktivitas dari sebuah sistem dan penggunaan

diagram ini untuk sebuah analisa sistem disebut .....

a. Deployment Diagram d. Class Diagram

b. Activity Diagram e. Use case Diagram

c. Collaboration Diagram

2. Diagram yang tidak digunakan dalam pemodelan berorientasi objek adalah .....

a. ERD d. Deployment Diagram

b. Activity Diagram e. Class Diagram

c. Use case Diagram

3. Sejenis diagram interaksi yang lebih menekankan pada link data diantara bermacammacam

participant pada interaksi tersebut disebut .....

a. Interaction Diagram d. Communication Diagram

b. Activity Diagram e. Use case Diagram

c. Collaboration Diagram

4. Pencangkokan secara bersama antara activity diagram dengan sequence diagram

disebut ......

a. Interaction Diagram d. Class Diagram

b. Activity Diagram e. Use case Diagram

c. Collaboration Diagram

5. Diagram UML yang digunakan dalam mendesain sebuah sistem informasi antara lain

.....

a. Activity Diagram dan Use case Diagram

b. Deployment Diagram dan Use case Diagram

c. Class Diagram dan Sequence Diagram

d. Sequence Diagram dan Deployment Diagram

e. Activity Diagram dan Deployment Diagram

Pertemuan 4

1. Activity Diagram adalah teknik untuk menggambarkan logika prosedural, proses

bisnis dan jalur kerja. Merupakan definisi Activity Diagram menurut .....

a. Rossa d. Salahuddin

b. Fowler e. Rossa dan Salahuddin

c. Fowler dan Rossa

2. Simbol yang menggambarkan pemisahan organisasi bisnis yang bertanggung jawab

terhadap aktivitas yang terjadi adalah simbol .....

a. Start Point d. Decision

b. Activity e. Swimlane

c. Join

3. Asosiasi percabangan dimana jika ada pilihan aktivitas lebih dari satu disebut .....

a. Join d. Fork

b. End Point e. Decision

c. Swimlane

4. Simbol yang digunakan dalam hal pengambilan keputusan adalah .....

a. Join d. Fork

b. End Point e. Decision

c. Swimlane

5. Activity Diagram adalah menggambarkan workflow (aliran kerja) atau aktivitas dari

sebuah sistem atau proses bisnis atau menu yg ada di perangkat lunak merupakan

definisi menurut .....

a. Rossa d. Salahuddin

b. Fowler e. Rossa dan Salahuddin

c. Fowler dan Rossa

Pertemuan 5

1. Teknik untuk merekam persyaratan fungsional sebuah sistem. Merupakan definisi use

case diagram menurut .....

a. Fowler d. Salahuddin

b. Rossa e. Rossa dan Salahuddin

c. Fowler dan Rossa

2. Peran yang dimainkan oleh pengguna dalam kaitannya dengan sistem disebut .....

a. Actor d. Decision

b. Object e. Class

c. Use case

3. Relasi Use Case tambahan ke sebuah use case dimana use case yg ditambahkan dapat

berdiri sendiri walau tanpa use case tambahan itu disebut .....

a. Asosiasi d. Actor

b. Include e. Extend

c. Generalization

4. Komunikasi antara aktor dan use case yg berpartisipasi pada use case disebut .....

a. Asosiasi b. Include c. Generalization d. Actor e. Extend

5. Relasi use case tambahan ke sebuah use case dimana use case yang ditambahkan

memerlukan use case ini untuk menjalankan fungsinya atau sebagai syarat dijalankan

use case ini disebut .....

a. Asosiasi d. Aktor

b. Include e. Extend   c. Generalization

Pertemuan 6

1. Pada proses pengembalian buku anggota dapat mengembalikan buku sesuai dengan

jadwal pengembalian kepada petugas. Jika terlambat maka akan dikenakan denda.

Berdasarkan prosedur diatas aktor yg menjadi kunci proses diatas adalah .....

a. Anggota dan Buku d. Anggota dan Petugas

b. Buku dan Denda e. Denda dan Petugas

c. Buku dan Petugas

2. Berapakah jumlah swimlane yang terbentuk berdasarkan prosedur diatas .....

a. 2 swimlane d. 3 swimlane

b. 4 swimlane e. 5 swimlane

c. Tidak ada swimlane

3. Berapa jumlah Aktor yang terbentuk dari prosedur diatas adalah .....

a. 1 d. 4

b. 2 e. 5

c. 3

4. Pada saat penggambaran activity diagram terdapat penggambaran simbol decision

yaitu pada kalimat .....

a. Anggota dapat mengembalikan buku sesuai dengan jadwal pengembalian

kepada petugas

b. Jika terlambat maka akan dikenakan denda

c. Petugas mencetak bukti peminjaman

d. Petugas melakukan laporan kepada kepala perpustakaan

e. Petugas mencatat data peminjaman

5. Pada saat penggambaran activity diagram terdapat penggambaran simbol relasi use

case yang bersifat extend yaitu pada kalimat .....

a. Anggota dapat mengembalikan buku sesuai dengan jadwal pengembalian

kepada petugas

b. Jika terlambat maka akan dikenakan denda

c. Petugas mencetak bukti peminjaman

d. Petugas melakukan laporan kepada kepala perpustakaan

e. Petugas mencatat data peminjaman

1. Konsep awal programming (basic) dengan kekuatan GOTO statement dinamakan dengan :

Jawab : non procedural languag

2. Fungsi di dalam kelas yang dikombinasikan bentuk tingkah laku kelas dinamakan dengan :

Jawab : operasi

3. Hubungan mesin, rangka, spion dan lainnya merupakan komponen yang terdapat pada motor merupakan hubungan yang dinamakan :

Jawab : whole-part structure

4. Dibawah ini yang tidak termasuk obyek abstrak adalah :

Jawab : sekolah

5. Dalam satu aksi dimungkinkan memiliki lebih dari satu metode, merupakan karakteristik metodologi:

Jawab : pewarisan

6. Untuk dapat memahami UML diperlukan pemahaman tentang konsep bahasa pemodelan dan tiga elemen utama UML yaitu :

Jawab : objek, diagram dan relationship

7. Hubungan antar benda secara struktural yang terhubung diantara objek dalam kesatuan objek dinamakan dengan

Jawab : Association

8. Diagram yang menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke          state lainnya) suatu objek pada sistem sebagai akibat dari stimuli yang diterima          adalah

Jawab : Statechart diagram

9. Dibawah ini yang tidak termasuk kedalam structure diagram adalah a. sequence diagram              Jawab : component diagram

10. Dibawah ini yang bukan mekanisme umum pemodelan UML adalah

Jawab : Relationship

11. Untuk Menggambarkan proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses dapat   menggunakan diagram

        Jawab : Activity diagram

12. Sebuah cara untuk mengelompokkan activity berdasarkan Actor (mengelompokkan activity         dalam sebuah urutan yang sama) dinamakan

        Jawab : Swimlane

13. Pada activity diagram percabangan aktivitas menggunakan simbol

        Jawab : Fork

14. Pada activity diagram penggabungan aktivitas menggunakan simbol

        Jawab : Join

15. Simbol yang digunakan untuk memulai suatu aktivitas pada activity diagram adalah simbol

        Jawab : Start

16. Use case class memiliki objek use case yang dinamakan

        Jawab : Skenario

17. Dibawah ini pernyataan yang salah mengenai aktor adalah

Jawab : Actor biasanya menggunakan Kata kerja

18. Jika usecase itu merupakan keharusan (required) terhadap usecase lainnya dinamakan Association

Jawab : Include

19. Untuk memperlihatkan batasan sistem dalam diagram use case menggunakan

Jawab : boundary boxes

20. Dibawah ini pernyataan yang tidak tepat mengenai usecase adalah

Jawab : Use case biasanya menggunakan kata benda

21. Dimensi vertikal pada sequence diagram adalah

        Jawab : Waktu

22. Sequence Diagram secara khusus berasosiasi dengan diagram

        Jawab : Usecase diagram

23. Loop dan conditional pada sequence diagram menggunakan kerangka interaksi dinamakan          Jawab : frame

24. Sebuah objek yang mempunyai sebuah operation kepada dirinya sendiri disebut

        Jawab : Loop

25. Operator fragmen hanya dapat mempunyai satu thread untuk menjalankannya adalah

        Jawab : region

26. Single value pada multiplicity adalah

        Jawab : Menunjukkan sebuah batas atas yang bernilai 1

27. Kata kunci dalam ketergantungan dalam sebuah class yang berarti target memungkinkan              sumber untuk mengakses fitur private target adalah:

        Jawab : permit

28. Kata kunci dalam ketergantungan dalam sebuah class yang berarti sumber memanggil    sebuah operasi pada target adalah:

        Jawab : call

29. Sebuah garis solid antara dua class, ditarik dari class sumber ke class target adalah             pengertian dari:

        Jawab : Asosiasi

30. Operasi pada class diagram dengan meletakkan nilai kedalam sebuah bidang dan tidak    melakukan hal lain selain itu menggunakan metode

        Jawab : setting

Diagram yang menggambarkan bagaimana even mengubah objek selama aktif adalah