Diantara senyawa berikut ini yang bersifat elektrolit dan berikatan kovalen adalah

Diantara zat elektrolit berikut, yang tergolong senyawa kovalen adalah HBr (A)

Penjelasan:

Ikatan Kimia dapat diartikan sebagai sebuah interaksi yang menjelaskan hubungan antar atom sehingga menjadi molekul, ion, kristal, senyawa, dan spesies yang stabil lainnya.

Pada dasarnya suatu atom atau unsur terdapat bebas di alam dalam berbagai sifat dan karakteristiknya masing-masing, atom atau unsur tersebut akan saling berinteraksi satu sama lainnya secara bebas untuk mencapai tingkat kestabilan atau stabilitasnya masing-masing salah satunya dikenal dengan "Ikatan Kimia".

Ikatan Kovalen adalah ikatan yang terbentuk akibat adanya interaksi antara dua atom atau unsur yang menggunakan pasangan elektronnya secara bersama-sama.

Contohnya adalah Hidrogen Klorida (HCl)

Ikatan kimia dalam HCl terjadi karena kedua atom tidak memiliki energi yang cukup untuk melakukan serah terima elektron walaupun secara fakta atom Klorin (Cl) memiliki keelektronegatifan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan Hidrogen.

Unsur atau atom yang membentuk ikatan kovalen tidak mampu melakukan tarik menarik sehingga terjadilan proses penggunaan pasangan elektron yang dimiliki secara bersama-sama.

Ikatan Kovalen hanya terjadi antara Unsur Non Logam dan Unsur Non Logam.

Ikatan kovalen terbentuk dari atom-atom unsur yang memiliki afinitas elektron tinggi serta beda keelektronegatifannya lebih kecil dibandingkan ikatan ion.

Atom non logam cenderung untuk menerima elektron sehingga jika tiap-tiap atom non logam berikatan maka ikatan yang terbentuk dapat dilakukan dengan cara mempersekutukan elektronnya dan akhirnya terbentuk pasangan elektron yang dipakai secara bersama.

Pembentukan ikatan kovalen dengan cara pemakaian bersama pasangan elektron tersebut harus sesuai dengan konfigurasi elektron pada unsur gas mulia yaitu 8 elektron (kecuali He berjumlah 2 elektron) (Kaidah Duplet dan Oktet).

Berdasarkan pada uraian diatas, maka kita coba analisis tiap pilihan jawaban yang ada yaitu:

a. HBr

   Senyawa HBr tersusun atas 2 jenis unsur yaitu Hidrogen (H) yang merupakan unsur golongan IA namun bersifat non logam dan bromin (Br) yang merupakan unsur golongan VIIA yang bersifat non logam. Berdasarkan karakteristik unsur pembentuknya maka HBr merupakan senyawa yang berikatan KOVALEN sehingga pilihan jawaban A adalah BENAR.

b. NaBr

    Senyawa NaBr tersusun atas 2 jenis unsur yaitu Natrium (Na) yang merupakan unsur golongan IA yang bersifat logam dan bromin (Br) yang merupakan unsur golongan VIIA yang bersifat non logam. Berdasarkan karakteristik unsur pembentuknya maka NaBr merupakan senyawa yang berikatan IONIK sehingga pilihan jawaban B adalah SALAH.

c. KCl

   Senyawa KCl tersusun atas 2 jenis unsur yaitu kalium (K) yang merupakan unsur golongan IA yang bersifat logam dan klorin (Cl) yang merupakan unsur golongan VIIA yang bersifat non logam. Berdasarkan karakteristik unsur pembentuknya maka KCl merupakan senyawa yang berikatan IONIK sehingga pilihan jawaban C adalah SALAH.

d. BaCl₂

   Senyawa BaCl₂ tersusun atas 2 jenis unsur yaitu barium (Ba) yang merupakan unsur golongan IIA yang bersifat logam dan klorin (Cl) yang merupakan unsur golongan VIIA yang bersifat non logam. Berdasarkan karakteristik unsur pembentuknya maka BaCl₂ merupakan senyawa yang berikatan IONIK sehingga pilihan jawaban D adalah SALAH.

e. CaCl₂

   Senyawa CaCl₂ tersusun atas 2 jenis unsur yaitu kalsium (Ca) yang merupakan unsur golongan IIA yang bersifat logam dan klorin (Cl) yang merupakan unsur golongan VIIA yang bersifat non logam. Berdasarkan karakteristik unsur pembentuknya maka CaCl₂ merupakan senyawa yang berikatan IONIK sehingga pilihan jawaban E adalah SALAH.

Demikian penjelasan terkait ikatan kovalen, semoga membantu.

Pelajari soal-soal Ikatan Kimia lainnya melalui link berikut:

Menjelaskan Perbedaan Ikatan Ionik dan Kovalen

brainly.co.id/tugas/33876476

Meramalkan Jenis Ikatan Kimia dan Rumus Molekulnya

brainly.co.id/tugas/19355584

Membedakan Senyawa Ionik dan Kovalen

brainly.co.id/tugas/1328186

Selamat Belajar dan Tetap Semangat!!!

#AyoBelajar

-----------------------------------------------------------------------------------------------------

Detail Jawaban:

Kelas     : X

Mapel    : KIMIA

BAB       : Ikatan Kimia

Kode     : 10.7.4.

----------------------------------------------------------------------------------------------------

Banyaknya endapan (g) yang dihasilkan dari reaksi antara 1 mol Na3PO4 dengan 0,5 mol Fe(NO3)3 adalah(MM: Na =23 g/mol; P = 31 g/mol; O=16 g/mol;Fe = 5 … 6 g/mol;N = 14 g/mol)​.

Konfigurasi secara elektron sub kulit tentukan sekaligus letak priode dan golongan c1-

Para ilmuan dapat menentukan umur fosil yang sudah hidup ratusan juta tahun lalu dengan menggunakan radioisotop atom karbon c-14. Contoh ini adalah pe … ran kimia dalam bidang .....

Pada saat reaksi korosi, logam berkedudukan sebagai reduktor yang mengalami oksidasi. Kelembapan yang tinggi akan .......

Pada saat reaksi korosi, logam berkedudukan sebagai reduktor yang mengalami oksidasi. Kelembapan yang tinggi akan .....

Nomor massa dari atom yang mengandung 5 buah proton dan 6 neutron yaitu .....

Nomor massa dari atom yang mengandung 5 buah proton dan 6 neutron yaitu ......

Nama senyawa hidrokarbon berikut yang memenuhi aturan tata nama alkana adalah .......

Nama senyawa hidrokarbon berikut yang memenuhi aturan tata nama alkana adalah .......

Tuliskan 5 hal apa saja yang di pelajari dalam ilmu kimia

Ikatan kovalen terdiri dari unsur-unsur nonlogam sehingga unsur-unsur yang berikatan dengan logam seperti K, Ba, dan Na pastilah salah. 

HCl dan H2SO4 merupakan elektrolit kuat yang mempunyai ikatan kovalen karena semua unsur yang ada dalam senyawaan tersebut merupakan nonlogam.


Jadi, jawaban yang tepat yaitu E.