Dimanakah kita berjalan ketika melakukan gerak berjalan jinjit lurus ke depan


Halo rekan-rekan pecinta pendidikan jasmani olahraga yang berbahagia, postingan kali ini akan membahas mengenai Berjalan. Ya siapa yang tidak mengenal dengan berjalan, setiap hari kita manusia normal melakukan gerakan berjalan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Berjalan merupakan salah satu gerak dasar. berjalan juga merupakan salah satu nomor di dalam cabang olahraga atletik.
Baik untuk menyingkat waktu kali ini akan dibahas mengenai berjalan. Untuk lebih jelas simaklah postingan ini mengenai Pengertian dan Bentuk-bentuk atau Perbedaan berJala. Let's Rock!!



Pengertian Berjalan

Jalan adalah suatu gerakan melangkah ke segala arah yang dilakukan oleh siapa saja dan tidak mengenal usia.

Bentuk-bentuk / Perbedaan Berjalan 

Jalan cepat adalah gerak melangkah ke depan sedemikian rupa tanpa terputus hubungan dengan tanah. Artinya, setiap kali kaki melangkah kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Pada periode melangkah di mana satu kaki harus berada di tanah maka kaki tersebut harus lurus/lutut tidak bengkok dan kaki tumpu dalam keadaan posisi tegak lurus.

Jalan serempak adalah suatu gerakan jalan berbaris yang dilakukan secara berkelompok atau beregu.

Jalan di Tempat adalah gerakan jalan ditempat dengan melakukan gerakan mengangkat lutut. Tujuan gerakan ini adalah memberikan rasa atau irama langkah yang terkendali satu sama lain.

Gerakan jalan mundur memberikan rangsangan untuk keseimbangan, melatih feeling terhadap suatu kondisi, memberikan dan merangsang rasa kewaspadaan diri terhadap lingkungan sekitar, serta menambah rasa percaya diri bagi pertumbuhan mental anak.

Jalan menyamping dapat dilakukan oleh semua anak dengan berbagai variasi untuk memupuk rasa percaya diri serta meningkatkan kematangan bergerak dalam berbagai bentuk aktivitas anak.

Jalan silang dapat dilakukan dengan dua macam cara, yaitu jalan silang maju ke depan dan jalan silang menyamping. Jalan silang ini memberikan kualitas atau tekanan pada kaki khususnya pada persendian pinggul dan persendian lutut serta persendian pada pergelangan kaki.

Jalan jinjit merupakan kontraksi dari otot kaki dengan bertumpu pada ujung kaki/telapak kaki depan di dukung dengan keluasan dari persendian pergelangan kaki.

Pada waktu berjalan posisi badan tegak, dada dibuka, perut agak ditarik kedalam supaya rata, kepala tegak, pandangan ke depan. Yang perlu diperhatikan dan waktu melangkahkan kaki ke depan, yang pertama kali terkena tanah adalah tumit, kemudian pindahkan berat badan melalui ibu jari kaki, serta telapak kaki lurus ke depan.

Dari permulaan sikap berdiri tegak, langkahkan kaki kiri ke samping kiri, setelah kaki kiri kontak dengan tanah segera kaki kanan langkahkan ke samping kiri dan rapatkan pada kaki kiri, demikian seterusnya.

 Demikianlah pengertian dan bentuk-bentuk/perbedaan dari gerak dasar Berjalan. semoga bermanfaat dan tidak lupa penulis ucapkan banyak terimaksih telah membaca postingan kali ini serta saran dan kritikan yang membangun demi postingan selanjutnya sangat di dambakan oleh penulis. 

Wasssalam

Salam Olahraga!!


Sumber:

Simanjuntak, Victor G., dkk. (2009). Pendidikan Jasmani Kesehatan 3 SKS. Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas: Jakarta.



Tamat, Tisnowati., dkk. (1998). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Depdikbud: Jakarta.


Page 2

4.gerak dasar melayangBerjalan jinjitKedua tangan merentang untuk menjaga keseimbangan.Setelah sampai di ujung palang, melompat sambil berputar 180 derajat meninggalkan palang5.gerak dasar mendaratBerdiri di atas peti menghadap ke depan.

Lutut di tekuk dan kedua tangan lurus ke belakang.Meloncat ke depan tangan diayun lurus ke atas.Bagian kaki yang pertama mendarat adalah ujung telapak kaki, diikuti dengan tumit dan persediaankaki, lutut dan pinggul dibengkokan6.Berdiri tegak tangan lurus ke bawah di samping badan, jari-jari rapat, kedua tumit kaki rapat,pandangan lurus ke depan.7.PemanasanSetelah sikap awal benar, mulailah dengan melakukan gerakan jalan di tempat, diikuti gerakan kepalamenoleh ke kanan dank ke kiri, menengadah dan menunduk dan juga gerakan memutar searah jarumjam dan juga sebaliknya.Gerakan IntiGerakan inti dalam latihan ini dapat dilakukan dengan meluruskan dan menekuk lengan; memanah,mengayun dan mengangkat kaki; meluruskan dan menarik lengan; koordinasi gerakan tangan dan kaki.Pada umumnya gerakan inti ini dilakukan selama 15-20 menit.PendinginanSeperti halnya gerakan senam lain, ini pun juga memakai tahap pendinginan yaitu dengan gerakanperegangan dinamis dan juga gerakan peregangan statis8.Gerakan kaki ini dimulai dengan kita menekuk kaki, kemudian tendangkan atau luruskan kaki denganposisi kedua kaki terbuka (yaitu kaki kanan dan kaki kiri saling berjauhan). Dalam keadaan kaki masihlurus kaki kita dirapatkan sampai telapak kaki kiri dan kaki kanan agak bersentuhan, ini dapatmenambah daya dorong kita saat berenang.9.Berlarilah pelan-pelan, sampai pada balok pertama melompatlah.Teruskan berlari ke balok kedua, kemudian melompatlah.Lakukan gerakan ini sampai balok kelima.10. “Ci-Wang: artinya mencium lutut dengan duduk sikap lari gawang.“Si-Lilin”:artinya melakukan sikap lilin“Ci-Ber”: artinya mencium lutut, dengan berdiri,

End of preview. Want to read all 5 pages?

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Jelaskan kehidupan soekarno hatta!

QuisTahun Berapa Piala Presiden Dibuat ?No Google ​

Pemain yang tertangkap lawan disebut ....Permainan bentengan di Yogyakarta disebut dengan nama ....Permainan bentengan dimulai dengan cara ....Alat ya … ng dipakai untuk bermain bentengan adalah ....Regu yang dinyatakan sebagai pemenang dalam bentengan adalah ....​

1. Ada dua dari 3 formasi standar dalam bola voli yang dikenal dengan formasi “4-2”, dan “5-1”, yang mana mengacu pada masing-masing jumlah hitters da … n setters. 4-2 adalah formasi yang paling dasar yang biasanya digunakan untuk pemula, sedangkan 5-1 untuk tingkat pemain yang lebih tinggi (ahli), sedangkan sisa formasi apakah yang belum terpakai dalam strategi…

sebutkan dua irama yang digunakan dalam gerakan senam ritmik......​

sebutkan 3 alat yang digunkan dalam senam ketangkasan.......​

Agar semakin menguasai renang gaya dada, kita harus menguasai gerak dasar berikut, kecuali ​

pemain dalam sepak bola di sebut? ​

Jelaskan tehnik renang gaya dada​

terjatuh smapai berdarah termasukjenis cidera​